4 Fungsi Asam Asetat Glasial Yang Harus Diketahui

Jika sebelumnya anda sudah mengetahui apa saja fungsi asam asetat pada artikel berikutnya kini pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai fungsi asam asetat glasial. Asam asetat glaseal merupakan nama trivial yang dimana asam asetat glasial merujuk pada asam aset yang bebas air atau bisa disebut anhidrat. Asam asetat glasial dapat membentuk kristal mirip es pada suhu 16,6°C, atau pada suhu dibawah suhu ruang. Adapun fungsi dari asam asetat glasial adalah sebagai berikut.

Fungsi asam asetat glasial

1. Monumer vinil asetat

Tahukah anda bahwa fungsi utama dari asam asetat glasial ini adalah digunakan untuk produksi monumer vinil asetat. Reaksi dari proses tersebut adalah etilena dan asam asetat dengan oksigen melalui katalis poladium hal ini dilakukan melalui fase gas. Selanjutnya vinil asetat dapat dipolimirisasikan menjadi berbagai polimer lain seperti polisinil asetat ataupun yang lainnya.

2. Anhidrida asetat

Anhindral asetat merupakan salah satu produk yang dihasilkan dari kondensasi dua molekul asam asetat. Dalam pembentukan anhidrida asetat ini proses utamanya melibatkan dehidrasi asam asetat. Yang dimana dehidrasi dari asam asetat tersebut menghasilkan ketena, ketena trrsebut kemudian direaksikan dengan asam asitat.

3. Produksi ester

Aam asetat glasial dapat berfungsi untuk produksi ester, yang dimana produksi ester utama dari asam asetat ini digunakan sebagai pelarut, diantaranya digunakan sebagai pelarut dalam tinta, pelapis dan juga digunakan dalam pelarut cat.

4. Sebagai pelarut

Asam asetat glasial dapat digunakan sebagai pelarut protik polar yang sangat baik. Asam asetat glasial sering dimanfaatkan untuk pelarut pada rekristalisasi yang dimanfaatkan untuk memurnikan senyawa organik.

Selain itu asam asetat glasial juga dapat digunakan sebagai pelarut dalam produksi asam tereftalat, digunakan sebagai pelarut pada bahan baku untuk polietilena tereftalat. Selain itubasam ini juga sering digunakan sebagai pelarut dalam reaksi yangbdimana reaksi tersebut melibatkan karbokation.

Itulah beberapa fungsi dari asam asetat glasial yang dapat anda ketahui dari artikel ini, semoga dengan adanya artikel fungsi asam asetat glasial dapat menambah wawasan serta menambah pengetahuan anda.

,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kimia
Popular Topic

# Difteri | # Rubella | # Sakit Gigi

Info Grafik Difteri

Info Grafik Difteri