Ketahui Khasiat Dari Daun Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

1048

Apakah anda mengenal tanaman herbal bernama Belimbing Wuluh ?

Belimbing Wuluh atau yang terkenal dengan nama Belimbing sayur adalah salah satu jenis buah – buahan yang rasanya sangat asam dan banyak mengandung air. Meskipun sekilas dengar memiliki kemiripan nama dengan Buah Belimbing / Star Fruit, Belimbing Wuluh mempunyai bentuk berbeda dengan Belimbing buah yang anda kenal selama ini.

Memiliki daun berbentuk kecil, berujung runcing dan berumpun, serta buah yang matang berwarna kuning hijau pucat dengan rasa sedikit asam. Di desa – desa, kerap dimanfaatkan sebagai bahan mencampur bumbu sayur atau sambal Belimbing Wuluh. Meskipun tidak dapat dimasukkan sebagai kategori buah meja namun di dalam daging buah banyak mengandung vitamin dan mineral juga daun Belimbing Wuluh ternyata bermanfaat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Apa sajakah khasiat / manfaat dari daun tanaman herbal Belimbing Wuluh tersebut di atas ?

Kami rangkum dari berbagai sumber berita menjelaskan tentang manfaat dari daun Belimbing Wuluh cukup banyak diantaranya adalah sebagai berikut :

1/Menurunkan sakit Demam / Panas Tinggi.

Daun Belimbing Wuluh berkhasiat untuk meringankan panas demam. Caranya adalah dengan mengaplikasikan sebagai kompres bagi si penderita panas demam dengan menumbuk daun Belimbing Wuluh secukupnya saja hingga membentuk pasta kasar lalu di tempel pada bagian dahi, belakang kuping dan bagian leher si sakit.

2/Mengobati penyakit Diabetes.

Meskipun tingkat penyembuhan secara total lamban, daun Belimbing Wuluh berkhasiat untuk mengobati Diabetes. Dengan rutin mengonsumsi daun Belimbing Wuluh, resistensi insulin si penderita Diabetes dapat dikurangi sekaligus mengurangi gejala – gejala Diabetes.

3/Meredakan Peradangan.

Daun Belimbing Wuluh yang direbus bermanfaat untuk meredakan peradangan. Efek anti pireutik yang terkandung di dalam rebusan daun Belimbing Wuluh ampuh untuk meredakan peradangan sehingga tidak menimbulkan demam.

4/Membersihkan gigi palsu.

Daun Belimbing Wuluh bermanfaat untuk membersihkan gigi palsu anda sehingga ketika akan dipakai menjadi bersih, sehat dan lebih putih. Caranya adalah tumbuk beberapa lembar daun Belimbing Wuluh lalu jadikan jamu tanpa dicampur dengan bahan – bahan lainnya, rendam gigi palsu anda di dalam air daun yang berwarna hijau, ternyata mampu berfungsi sebagai pembersih alami.

5/Sebagai pengobatan Reumatik.

Daun Belimbing Wuluh berguna sebagai obat herbal untuk menyembuhkan sakit reumatik. Reumatik adalah sebuah kondisi buruk dimana si penderita mengalami rasa sakit yang teramat sangat pada bagian otot – otot tubuh tertentu contohnya pinggang atau kaki sehingga kesulitan bergerak dengan leluasa. Penyakit ini muncul karena kurang asupan gizi dan faktor usia tua, nah caranya adalah sebagai berikut :

  • Ambil secukupnya saja daun Belimbing Wuluh lalu dicuci bersih,
  • Tumbuk daun tersebut hingga halus,
  • Beri secukupnya saja kapur sirih pada tumbukan daun,
  • Oleskan campuran kapur sirih dengan tumbukan daun Belimbing pada bagian tubuh yang terasa sakit.

6/Sebagai penyembuh sakit Batuk.

Manfaat keenam dari daun Belimbing Wuluh adalah ampuh untuk mengobati sakit Batuk. Nah bagaimana caranya ? Perhatikan langkah – langkah yang kami berikan tersebut di bawah ini :

  • Siapkanlah secukupnya saja / segenggam daun Belimbing Wuluh, secukupnya saja bunga Belimbing Wuluh dan 2 buah Belimbing Wuluh.
  • Rebus bahan – bahan tersebut di atas dengan memakai 2 gelas air bersih, lalu tambahkan gula batu secukupnya saja.
  • Gunakan api kecil, tunggu hingga mendidih dan air tersisa setengah.
  • Saring dan minum sehari sekali dengan rutin selama anda sakit Batuk atau secukupnya saja dianggap perlu.

7/Mengobati sakit Pegal Linu.

Caranya adalah balurkan secukupnya saja tumbukan daun Belimbing Wuluh, terutama pada bagian tubuh yang mengalami pegal linu.

8/Ampuh buat mengobati rasa gatal – gatal dan gangguan penyakit kulit lainnya.

Daun Belimbing Wuluh diyakini ampuh buat mengatasi rasa gatal – gatal pada kulit serta beberapa gangguan kesehatan pada kulit yang lainnya, contohnya adalah gigitan serangga, Jamur dan Bakteri, Bisul, Jerawat, serta penyakit Eksim dan kutu air. Cara mengobati adalah cuci bersih lalu tumbuk secukupnya saja daun Belimbing Wuluh, selanjutnya oleskan tumbukan daun Belimbing Wuluh pada bagian kulit yang mengalami gangguan sakit secara rutin setiap hari hingga penyakit sembuh.

9/Menghambat pertumbuhan dan perkembangan Bakteri jahat di dalam tubuh.

Pada selembar daun Belimbing Wuluh banyak mengandung senyawa yang bagus untuk kesehatan tubuh. Kandungan terbanyak adalah flavonoid menyimpan efek yang bermanfaat guna menghambat bahkan mematikan pertumbuhan beberapa bakteri jahat pada tubuh. Contohnya adalah Bacillus Cereus, Corney Bacterium Dipthera, dan Staphylococcus Aureus. Dimanfaatkan dengan cara dibuat jamu yang secara rutin diminum setiap pagi sehari – hari.

Nah itulah beberapa manfaat yang dapat kami jelaskan kepada anda dirangkum dari berbagai sumber berita agar anda mengetahui bahwa daun Belimbing Wuluh memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh anda.