8 Manfaat Jogging Siang Yang Langsung Dirasakan Tubuh

Olahraga yang aman, murah meriah dan bermanfaat untuk kesehatan anda terutama kesehatan sendi adalah lari atau jogging. Jogging yang anda lakukan baik pagi, siang, maupun sore memiliki fungsi yang sama yakni menjaga tubuh agar kebal dari serangan berbagai macam penyakit. Namun, tahukah anda ternyata jogging yang dilakukan pada waktu tersebut memiliki manfaat sendiri-sendiri lho bagi tubuh anda.

Namun demikian, artikel berikut akan fokus membahas tentang 8 manfaat jogging siang yang langsung dirasakan tubuh. Langsung saja ya, berikut manfaat jogging siang.

  1. Menguatkan Persendian Lutut

Otot lutut atau sekitar persendian ternyata membutuhkan lumasan cairan kalsium yang ada di tulang. Semakin sering anda menggerakkan kaki, maka tulang akan sehat dan mampu meluasi persendiaan dengan sangat baik. Hal itu akan terjadi jika sebaliknya anda jarang bergerak, maka bersiaplah untuk terserang penyakit persendian. Manfaat tersebut semakin optimal jika diimbangi dengan terpaan sinar matahari serta asupan protein pada susu. Nah, inilah mengapa jogging siang sangat bermanfaat untuk tubuh anda.

  1. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Panas matahari di siang hari memungkinkan utbuh untuk cepat mengeluarkan keringat. Dalam kondisi ini tubuh akan mendesak enzim pencernaan untuk bekerja lebih cepat dalam proses penghancuran lemak di tubuh. Nah, termasuk pada orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Bagi anda yang mengalami obesitas, jogging siang ini sangat dianjurkan dan terbukti ampuh sanggup menurunkan berat badan anda dalam waktu singkat. Namun, disarankan ketika anda melakukan jogging siang hari carilah tempat yang ditumbuhi dengan tanaman dan area teduh seperti taman kota. Tujuannya, agar asupan oksigen yang anda peroleh tercukupi.

  1. Kesehatan Jantung dan Metabolisme Stabil

Manfaat jogging siang selanjutnya adalah membuat kesehatan jantung dan metabolism tubuh anda tetap stabil. Hal itu disebabkan karena peredaran darah menuju jantung membuat katub jantung semakin kuat, dan mempertahankan keseimbangan metabolisme. Kondisi ini juga memungkinkan anda terhindar dari penyakit darah tinggi. Selain itu, kekuatan otot serta stamina untuk melakukan aktifitas semakin terjaga.

  1. Mencegah Stress

Stress yang berlebihan dapat membuat sistem metabolise tubuh dan jantung semakin kacau. Nah, untuk menurunkan stress maka jogging siang adalah solusi terbaik yang dapat anda lakukan. Disarankan ketika anda melakukan jogging siang untuk memilih area teduh yang ditumbuhi dengan hijau pepohonan. Kondisi ini akan membuat rileks dan ikut membantu menurunkan kadar stress yang ada derita.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Jantung

Jogging siang selain berfungsi mempercepat pembakaran lemak dan membuang racun tubuh melalui keringat, ternyata juga dapat mempercepat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga tubuh mampu memasok oksigen lebih banyak ke pembuluh darah menuju jantung. Jika kondisi ini terjadi maka sangat baik untuk kesehatan jantung anda dan menghindarkan anda dari penyakit jantung. Jantung anda akan memompa darah dengan lancar tanpa mengalami hambatan penyumbatan.

  1. Mencegah Tumbuh Sel Kanker

Tidak dipungkiri bahwa jogging siang akan menyebabkan tubuh anda cepat lelah, berkeringat dan memicu jantung lebih cepat. Namun, justru efek itu sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, apalagi bagi anda yang memiliki riwayat kanker dari keturunan. Melalui jogging siang, sel kanker tidak dapat berkembang dan tumbuh bahkan akan mati dan kondisi ini akan menghindarkan anda dari serangan kanker yang mematikan.

  1. Konsentrasi Tetap Fokus

Jogging siang mampu membuat aktif semua saraf dan pembuluh yang ada di jaringan kepala. Kondisi ini akan menyehatkan sel otak secara berkelanjutan. Nah, sel otak yang sehat dapat dengan mudah menerima rangsangan melalui pesan yang dikirim tubuh melalui pembuluh darah menuju saraf pusat. Kemudian otak akhirnya dapat memberikan respon cepat pesan tersebut. Dalam hal ini, konsentrasi anda tetap terjaga dan tetap fokus sehingga segala aktivitas pekerjaan anda dapat selesai dengan baik.

  1. Menyembuhkan Asma

Bagi anda yang sedang menderita asma, tidak usah khawatir berolahraga dengan melakukan jogging siang. Jogging siang terbukti bermanfaat untuk menyembuhkan asma anda. Disarankan jangan terlalu memforsir tenaga pada jogging siang ini, cukup lakukan rutin setiap hari selama lima sampai sepuluh menit. Dan ingat, pilihlah tempat yang rindang dan kaya dengan hijau pepohonan. Asma yang anda alami berangsur perlahan akan sembuh dengan jogging siang ini.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Olahraga