Sponsors Link

7 Gejala Polip Rahim Paling Berbahaya

ads

Gejala polip rahim merupakan indikasi adanya ketidaknormalan terhadap kesehatan dinding rahim pada wanita yang sedang atau telah memasuki masa menopause. Polip rahim adalah sebuah penebalan yang diakibatkan adanya benjolan kecil yang tumbuh pada dinding rahim bagian dalam yang disebabkan adanya jaringan sel tidak normal.

Berikut ini gejala gejala polip rahim yang harus diwaspadai para wanita :

1. Haid tidak lancar selama berbulan bulan
Gejala polip rahim yang paling sering dialami para wanita yang sedang dan telah memasuki masa menopause. Tanda-tanda berupa haid yang tidak lancar misalnya sebulan sekali atau sebulan dua kali adalah tanda awal seorang wanita mengalami serangan sel abnormal di dalam rahimnya.

2. Pendarahan saat tidak haid
Gejala polip rahim yang paling berbahaya adalah ketika Pendarahan yang terjadi saat seseorang tidak dalam masa haid perlu diwaspadai. Karena bisa menandakan bahwa ada pertumbuhan sel abnormal yang sedang terjadi perlahan didalam dinding rahim bagian dalam.

3. Pendarahan setelah menopause
Setelah menopause seharusnya haid sudah tidak aka pernah lagi muncul, Namun jika terjadi pendarahan mirip haid yang terjadi berulang ulang bisa menjadi tanda bahwa dinding rahim bagian dalam mengalami penebalan. Gejala polip rahim tersebut baiasanya dialami para wanita lansia yang telah masuk masa menopause lama.

4. Sering keguguran
Seorang wanita yang mengalami keguguran terus dan mengalami pendarahan setelahnya diakibatkan adanya ketidaknormalan dinding rahim sehingga kehilangan kekuatan untuk menampung telur yang telah dibuahi dalam waktu lama sehingga keguguran sering terjadi pada bulan satu dan dua masa kehamilan. Bahkan gejala polip rahim bisa diawali dengan adanya keguguran yang sewaktu waktu bisa terjadi saat janin baru berusia 3 minggu.

5.Sakit pada perut secara berulang
Gejala polip rahim bisa juga berbentuk nyeri yaitu kram otot perut, Perut sakit dan melilit terus menerus dan terkadang dibarengi dengan pendarahan diluar masa haid bisa menandakan bahwa telah terjadi peradangan akibat penebalan didalan dinding rahim.

6. Haid yang tak kunjung berhenti
Awal gejala polip rahim juga bisa berupa haid yang terus menerus terjadi adalah salah satu gejala paling sering dialami para wanita yang sedang atau telah memasuki masa menopause yang didalam rahimnya telah terjadi ketidaknormalan dinding rahim bagian dalam dan telah tumbuh jaringan tumor atau poliup disekitar rahim bagian dalam.

7. Kesulitan untuk hamil
Seorang wanita yang dinding rahim bagian dalamnya telah tumbuh jaringan sel abnormal maka akan mengalami penebalan dan rentan mengalami iritasi serta peradangan hebat. Kondisi tersebut menyebabkan seseorang kesulitan untuk punya anak. Rahim tidak akan mampu lagi menampung sel telur matang yang telah dibuahi untuyk dilindingi dalam rahim.

Sponsors Link

Faktor Pemicu
Ada 5 faktor yang dapat menyebabkan munculnya polip rahim

1.Usia
Wanita yang berusia diatas 40 tahun beresiko terserang polip rahim dimana usia tersebut adalah paling renytam rahim terserang bakteri, Virus atau mikroorganisme lain yang menyebabkan iritasi, Radang dan luka menahun.

2.Kegemukan
Seorang wanita yang sejak muda hingga tua memiliki berat tubuh berlebih tidak mau menjalani program diet sehataa maka rentan terserang tumbuhnya sel abnormal didalam rahimbnya secara bertahap.

3.Darah tinggi
Gejala polip rahim muncul karena seseorang wanita menderita penyakit darah tinggi selama bertahun tahun. Hipertensi dapat menyebabkan seorang wanita yang telah atau sedang memasuki masa menopause sangat mudah mengalami perubahan pada hormon dan rahimnya. Penebalan dinding rahim bagian dalam kerab muncul ketika tensi darah mengalami peningkatan sedikit demi sedikit selama berbulan bulan.

4. Penggunaan obat kanker
Seoerang wanita dewasa yang kerab mengkonsumsi obat obatan yang berhubungan dengan kanker misalnya obat kanker payudara dalam jangka panjang maka akan mudah tersrang pertumbuhan sel abnormal didalam rahimnya. Hal tersebut berhubungan dengan zat kimia obat kanker yang mampu masuk dan mengiritasi lapisan dinding rahim bagian dalam. Zat kimia obat kanker paling mudah menyerang organ reproduksi dan lapisan dinding rahim itu sendiri.

5. Pola hidup tidak sehat
Sejak muda biasakan hidup dengan pola makan yang sehat dan kebiasaan baik agar terhindar dari yumbuhnya sel abnormal pada lapisan dinding rahim bagian dalam, Misalnya tidak terus menerus mengkonsumsi makanan yang masuk dalam kategori junk food. Makanan yaang tidak sehat dapat mengendap, Mencemari lalu mengiritasi rahim lalu memicu perubahan sel didalam DNA menjadi pertumbuhan sel abnormal penyebab tumor jinak dan kanker rahim.

Pemeriksaan & Diagnosis
Langkah langkah yang diambil para dokter terkait yang berhubungan dengan penyakit polip rahim

1.Menggunakan USG Transvaginal
Gejala polip rahim awalntya bisa dilakukan pemerikasaan sederhana. Pemerikasaan akan dilakukan satu hingga beberapa kali untuk memastikan dan melihat langsung didalam lapisan rahim paling dalam agar diketahui ada tidaknya penebalan dinding rahim akibat pertumbuhan sel yang abnormal.

Sponsors Link

2. Melakukan pengkuretan
Pengkuretan untuk langkah pengambilan sampel jaringan yang dicurigai sebagai sel abnormal yang tujuanya agar polip atau tumor jinak yang telah menebal pada lapisan dinding rahim bagian daalam mudah untuk diangkat.

3. Histeroskopi
Dokter akan mengggunakan alat semacam kamera kecil yang berbentuk selang dan terhubung dengan monitor, Sehingga penebalan pada lapisan dinding rahim dapat jelas terlihat dan selanjutnya dokter akan melakukan antisipasi berikutnya berupa pembedahan atau pengkuretan.

Polip rahim berpotensi menjadi kanker 

  • Penebalan pada lapisan dinding rahim bagian dalam disebut polip rahim atau tumor jinak, Namun jioka tidak segera ditangani secara medis maka polip bisa semakin membesar dan berubah menjadi kanker. Kanker rahim bisa muncul ketika seorang wanita telah menaglami penebalan dan peradangan pada dinding rahimnya dan telah menghalangi sel telur matang yang telah dibuahi untuk tetap berkembang , Kondisi ini dapat menyebabkan seorang wanita mengalami keguguran atau pendarahan diluar siklus haid selama berbulan bulan.
  • Pengangkatan polip rahim sedini mungkin lebih baik karena tidak berpotensi menjadikan seseorang mengalami pendarahan setelah menopause dan bahkan dapat mempertahankan kesehatan rahim setelah pengangkatan dilakukan. Polip rahim paling sering menimpa wanita yang tidak pernah hamil selama hidupnya dan wanita yang masih gemar mengkonsumsi makana siap saji atau jenis junkfood agar terhindara dari gejala polip rahim.
  • Untuk menghindari sedini mungkin penyakit opilpo rahim sebaiknya dilakukan pada usia muda yaitu menjaga tekanan darah, Melakukan program diet sehat dan tidak menggunakan jenis obat kanker temoxifen dalam jangka panjang jika memang seorang wanita telah mengidap kanker payudara mendapatkan rekomendasi obat tersebut untuk dikonsumsi.
Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 22nd, July 2016 / 07:46 Oleh :
Kategori : Polip Rahim