Sponsors Link

15 Penyebab Mual Dipagi Hari Pada Pria dan Wanita

Sponsors Link

Penyebab mual di pagi hari merupakan indikasi bahwa seseorang telah melakukan hal yang seharusnya tidak di lakukan 1 sampai 2 jam sebelum berangkat tidur. Mual di pagi hari seringkali diiringi dengan rasa ingin muntah, Hal ini dapat menjadi penyebab mual di pagi hari karena jaringan perut mengalami nyeri yang biasanya diakibatkan oleh gaya hidup dan kebiasaan makan sebelum tidur.

ads

Pemicu yang menyebabkan mual di pagi hari :

1. Radiasi kemoterapi

Seseorang yang sedang atau sering menjalani proses kemoterapi kanker, Maka radiasi yang mengenai tubuh akan meninggalkan jejak secara kasat mata. Radiasi kemoterapi sangat kuat dan dapat merusak jaringan tubuh lain, Termasuk jaringan perut. Kondisi ini dapat menjadi penyebab mual di pagi hari karena berdampak pada jaringan perut ketika bangun pagi yaitu berupa mual mual dan muntah.

2. keracunan makanan

Kebiasaan makan makanan yang berbumbu berat dan berminyak 1 sampai 2 jam sebelum tidur dapat menyebabkan tekanan jaringan perut dan sistem pencernaan dipaksa untuk bekerja ekstra yaitu mencerna. Pencernaan yang masih belerja ketika seseorang tenagh tertidur ,Maka ketika bangun pada pagi hari perut akan mengalami kram otot pada beberapa bagian tubuh , Mual, Ulu hati tidak enak, Muntah dan pusing, bahkan sampai tidak sadarkan diri.

3. Stres ringan dan berat

Seseorang yang mengalami stres ringan atau berat , Maka seluruh saraf dan aliran darah disekiat kepala menuju bagian perut akan mendapat tekanan selama menjelang tidur malam. Maka ketika bangun pada pagi hari akan mengalami mual mual dan diiringi muntah.
Baca juga : Cara mengatasi stres

4. Alergi

Seseorang yang makan sesuatu yang dilarang karena bisa menimbulkan alergi pada tubuhnya tetapi tetap saja dimakannya. Maka ketika bangun dipagi hari akan mengalami alergi makanan berupa perut mual mual, muntah dan kepala pusing.

5. Sakit kepala berulang

Banyak orang yang mengalami sakit kepala ketika terbangun dari tidur di pagi hari dan diiringi dengan sakit kepala yang terus berulang. Kondisi ini memicu ketegangan otot perut dan menyebabkan mual dan rasa tidak nyaman pada bagian perut bagian bawah.

6. Kerusakan saraf perut

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan penyakit ulkus peptikum atau irritable bowel Syndrome yang biasanya menyebabkan mual dan muntah.

7. Rendahnya gula darah

Sponsors Link

Penyebab mual dipagi hari bisa disebabkan karena seseorang yang memiliki kadar gula yang sangta rendah padaa tubuh, Ketika bangun tidur pagi akan mengalami perut mual dan tubuh yang lemah. Tubuh yang kekurangan gula dalam darahnya dapat menyebabkan seseorang jatuh tidak sadarkan diri setelah mual mual.

8. Adanya pembentukan batu empedu

Seseorang yang mengalami pembentukan batu pada organ empedu dapat menyebabkan kinerja empedu menjadi terganggu dan kehilangan kemampuannya mengatur dan mengontrol cairan tubuh agar tidak mengalami pembekuan atau pemadatan. Jika organ empedu tidak bisa lagi bekerja dengan baik maka akibatnya pembentukan batu empedu pun tidak dapat dihindari.

9. Cedera kepala

Seseorang yang mengalami kecelakaan atau benturan keras maka akan mengalami cedera yang nantinya mempengaruhi saraf, pembuluh darah dan kinerja otak. Kondisi tersebut dapat memicu seseorang mengalami muntah dan perut mual mual.

10. Flu Perut

Flu perut dapat berupa otot perut yang tegang dan nyeri akibat ketika tidur dalam kondisi tanpa pakaian tetapi terpapar angin atau kipas angin. Angin buatan yang menyerang tubuh manusia selama berjam jam dapat mengganggu kestabilan suhu dan aliran darah selama tidur malam, Jika dibiarkan maka akan memicu munculnya masuk angin dan flu perut berupa jaringan perut sangat nyeri dan mual mual.

11. Mengkonsumsi obat obatan

Penyebab mual dipagi hari bisa disebabkan karena seseorang kebiasaan mengkonsumsi obat obatan pereda rasa nyeri sebelum tidur malam. Maka harus berhati hati karena zat kimia yang ada pada obat jika tidak tersaring dengan baik oleh organ hati dan ginjal. Maka akan menyebabkan penumpukan dan pengendapan zat kimia obat didalam jaringan perut, termasuk lambung dan sistem pencernaan. Zat kimia dapat mencederai jaringan perut. Dan ketika terbangun di pagi hari maka perut akan merasa mual mual.

12. Infeksi lambung

Seseorang yang memiliki penyakit maag atau lambung yang sensitif maka hindarilah minuman bersoda dan alkohol ketika ingin berangkat tidur malam. Dua minuman tersebut sangat cepat melukai dinding lambung dan menyebabkan peradangan. Kondisi ini dapat memicu munculnya asam lambung dengan peningkatan yang signifikan.
Baca juga ; Obat infeksi lambung

13. Dehidrasi

Membiasakan minum segels air putih sebelum dan sesudah tidur adalah kebiasaan yang baik agar tuibuh terhindar dari kekeringan dan dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan selama tidur dapat memicu ketegangan pada otot perut dipagi hari dan tubuh mengalami dehidrasi. Kondisi ini memungkinkan seseorang mudah terserang mual mual.
Baca juga : Bahaya Dehidrasi bagi tubuh

Sponsors Link

14. Garam

Jangan membiasakan diri makan makanan yang mengandung banyak garam 1 sampain 2 jam menjelang tidur malam. Garam yang berlebihan tidak bisa di cerna dengan cepat oleh pencernaan sehingga ketika tertidur pencernaan akan terus bekerja keras untuk mencernanya. Akibatnya ketika bangun pagi perut akan terasa kram, ulu hati tidak nyaman dan terserang mual mual.

15. Makanan pedas

Mengkonsumsi makanan yang bercita rasa pedas 1 sampain 2 jam menjelang tidur dapat menyebabkan sistem pencernaan bekerja lebih keras karena makanan pedas termasuk sebagian makanan berat yang seharusnya tidak dimakan menjelang tidur. Makanan berat yang pedas dapat mencederai dinding usus dan lambung yang memicu munculnya mual mual yang berkepanjangan di pagi hari.

Penanganan

Solusi mudah agar terhindar mual mual dipagi hari :

  • Tidak makan berlebihan 1 sampai 2 jam menjelang tidur malam
  • Hindari makanan berat seperti roti, Nasi, Mie instan dan sebagainya
  • Tidak minum minuman bersoda termasuk buah yang mengandung gas misalnya durian
  • Menjauhi minuman beralkohol apapun bentuknya
  • Kurangi makanan yang terlalu pedas termasuk yang mengandung merica dan ragi
  • Sebaiknya jangan makan yang mengandung banyak garam dan santan
  • Minum air putih atau susu hangat setidaknya 5 menit menjelang tidur

Penyebab mual di pagi hari banyak disebabkan karena seseorang tidak minum air putih dengan cukup. Minum air putih sebanyak mungkin menjelang tidur malam sebaiknya diterapkan pada anak anak usia dini agar mereka memahami dengan benar bahwa cairan dalam tubuh jika dalam kondisi yang selalu normal. Maka ketika tidur sampai terbangun di keesokan harinya maka seseorang akan terhindar dari segala masalah misalnya mual mual .

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 18th, August 2016 / 03:55 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit