Home Featured Tidak Percaya Diri Dengan Bekas Jerawat ? Ini Dia Cara Mengatasinya

Tidak Percaya Diri Dengan Bekas Jerawat ? Ini Dia Cara Mengatasinya

by Syara

Jerawat seringkali membuat frustrasi apalagi jika meninggalkan bekas. Walaupun begitu bekas jerawat tidak selamanya permanen, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkannya baik secara alami maupun dengan bantuan medis.

Melansir dari Medical News Today, berikut ini bahan – bahan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Salicylic acid

Salicylic acid umum ditemukan pada produk – produk kecantikan untuk mengatasi jerawat. Fungsinya untuk membersihkan sel kulit dari kotoran dan sisa – sisa bahan lainnya yang sering memicu jerawat.

Salicylic acid juga membantu mengurangi bengkak dan kemerahan pada area kulit yang berjerawat. Semua tipe bekas jerawat cocok diaplikasikan salicylic acid. Meski begitu bagi yang memiliki kulit sensitif sebaiknya mencobanya terlebih dahulu di area kulit yang lebih kecil sebelum mengaplikasikannya ke wajah.

Retinoids

Beberapa jenis retinoid topikal membantu menghilangkan bekas jerawat. Berdasarkan sebuah review di jurnal Dermatology and Therapy, retinoid topikal menghalangi terjadinya inflamasi, mengurangi lesi akne, dan mempercepat regenerasi sel.

Masih berdasarkan jurnal tersebut, retinoid juga membantu mencerahkan bekas jerawat yang menghitam, termasuk bagi orang – orang dengan skin tone yang lebih gelap.

Penting untuk diingat bahwa retinoid membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari. Sehingga bagi Anda yang menggunakannya untuk pengobatan jerawat sebaiknya memakai sunscreen saat keluar rumah.

Alpha hydroxy acids

Alpha hydroxy acids (AHAs) dapat membantu menghilangkan sel kulit mati dan mencegah pori – pori tersumbat. Dokter akan merekomendasikan penggunaan AHAs untuk menangani jerawat dan mengurangi bekas jerawat.

AHAs merupakan jenis asam yang lembut yang menyingkirkan lapisan terluar kulit sehingga lapisan kulit yang baru akan muncul. Proses ini juga membantu dalam menyamaratakan warna kulit akibat bekas jerawat.

Lactic acid

Lactic acid sering digunakan untuk pengelupasan sel kulit mati. Lactic acid membantu mengurangi tampilan bekas jerawat dan melembutkan tekstur kulit. Selain itu lactic acid juga membantu mencerahkan jaringan bekas jerawat yang menghitam meskipun terkadang menyebabkan hiperpigmentasi.

Karena efek hiperpigmentasinya, ada baiknya mencoba produk yang mengandung lactic acid di area kulit yang lebih kecil sebelum mengaplikasikannya di wajah.

Banyak produk untuk mengatasi jerawat mengandung lactic acid. Lactic acid juga terkandung dalam cuka apel yang mungkin bisa menjadi alternatif alami mengatasi bekas jerawat.

Bahan – bahan alami

Walaupun belum ada pembuktian ilmiah mengenai penggunaan bahan – bahan alami untuk mengatasi bekas jerawat, ada beberapa yang memilih menggunakan bahan – bahan alami.

Penggunaannya harus hati – hati karena beberapa dapat menyebabkan iritasi dan masalah lainnya. Berikut ini bahan – bahan alami yang biasanya digunakan orang – orang untuk mengatasi bekas jerawatnya.

  • Coconut oil
  • Shea butter
  • Gel aloe vera
  • Madu asli
  • Baking soda
  • Perasan lemon

You may also like