Home Featured Mengerikan – Benjolan Putih Keluar dari Mata Pria ini , Ternyata Ini Penyebabnya!

Mengerikan – Benjolan Putih Keluar dari Mata Pria ini , Ternyata Ini Penyebabnya!

by Tri Astuti

Seorang pria yang berusia 74 tahun mendatangi klinik mata Duke Eye Center di Durham, North Carolina karena matanya yang terlihat cukup aneh. Bagian hitam mata sudah menonjol keluar dan berwarna putih. Jika dilihat lagi mata pria ini seperti hampir keluar.

Dalam pemeriksaan pasien mengatakan jika pernah menjalani operasi katarak. Setelah operasi Ia melihat ada cekungan bekas operasi pada bagian hitam matanya. Bekas operasi tersebut bertahan selama enam bulan dan terus bertambah parah, sampai akhirnya keluar jeli dari mata.

Dokter yang memeriksa mengatakan jika mata pria ini sangat buruk, bahkan tidak bisa melihat dengan baik. Setelah melakukan pemeriksaan, akhirnya tim dokter di klinik mengangkat bagian benjolan putih mata pria tersebut. Mengejutkan karena ternyata benjolan putih itu adalah keloid kornea.

Menurut dokter mata Dr. Nikolas Raufi, keloid kornea termasuk kasus yang sangat jarang terjadi. Pertumbuhan keloid termasuk sangat langka karena pertumbuhan jaringan parut ini tumbuh di bagian mata. Pernyataan ini dibenarkan oleh Dr. John Hovanesian dari American Academy of Ophthalmology, yang mengatakan bahwa kasus ini baru terjadi selama 100 tahun terakhir.

Penyakit keloid kornea sendiri biasanya juga terjadi pada usia kurang dari 30 tahun. Penyebabnya karena keloid berkembang sejak lahir dan terus menjadi lebih besar selama masa pertumbuhan. Kondisi keloid kornea juga bisa dipicu oleh infeksi mata, trauma, dan operasi katarak.

Keloid kornea sendiri juga sangat berbeda dengan keloid kulit, karena bagian mata sendiri memang jarang terluka. Namun risiko keloid kornea memang sangat berat karena bisa menyebabkan kebutaan seumur hidup. Bahkan setelah prosedus operasi kemungkinan mata juga tidak bisa berfungsi normal dan ada risiko masalah pembuluh darah pada mata. Efek ini juga dialami oleh pria yang yang dilaporkan dengan kasus keloid kornea ini.

Karena itu disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata secara teratur dari usia muda sampai lanjut usia. Pemeriksaan dini sangat penting untuk mengetahui jika menderita dari jenis – jenis penyakit mata.

You may also like