Memasuki Usia 40 Tahun, Ini Tes Kesehatan yang Perlu Dilakukan Wanita

196

Bertambahnya usia seringkali diiringi dengan penurunan fungsi tubuh. Hal ini secara wajar terjadi pada wanita dan pria. Pada usia pertengahan dari usia 40 tahun ke artas, wanita dianjurkan untuk lebih peka terhadap kondisi kesehatannya. Berikut beberapa tes kesehatan untuk wanita yang sebaiknya dialkukan ketika memasuki usia 40 tahun.

  • Pemeriksaan tensi (tekanan darah)

American Heart Association merekomendasikan untuk rutin memeriksa tekanan darah setiap tahun sejak awal usia 20 tahun. Tekanan darah yang tidak terkontrol  dapat menjadi faktor risiko berbagai macam penyakit, terumanya penyakit jantung dan stroke. Tekanan darah normal pada orang dewasa biasanya berada pada 102/80 mmHg. Jika tekanan darah Anda melebihi batas normal, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat, olahraga, dan mengurangi lemak serta penggunaan garam dalam makanan. Pengobatan hanya diberikan pada orang tekanan darah tinggi sesuai resep dokter.

  • Tes kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang melebihi angka normal (200mg/dl) dapat memicu penyakit jantung atau aterosklerosis (tersumbatnya aliran darah). Kolesterol tinggi biasanya ditandai dengan penegangan pada leher bagian samping ke belakang bahkan menyebabkan pusing. Perlu Anda ketahui, tidak semua kolesterol bersifat jahat. Tubuh juga membutuhkan kolesterol untuk menguraikan lemak yang menyumbat pembuluh darah menuju organ hati. Jadi pastikan kadar kolesterol Anda pada range normal ya.

  • Tes kadar gula darah (glukosa)

American Diabetes Association merekomendasikan wanita mulai rutin memeriksa kadar glukosa dalam darahnya sejak memasuki usia 45 tahun. Kadar gula yang terlalu tinggi dapat memicu penyakit diabetes. Pada orang diabetes, mereka tidak dapat mengonsumsi makanan manis terlalu banyak karena organ pankreas tidak mampu menghasilkan hormon insulin sebagai motor pembawa energi. Akibatnya, orang diabetes akan cepat merasa lelah dan mengalami penurunan berat badan yang ekstrem.

  • Tes kesehatan mata

Mata merupakan organ vital manusia sehingga kita harus merawatnya dengan baik. Penggunaan kacamata yang sesuai juga diperlukan sehingga mata tidak rusak lebih jauh. Kemungkinan terjadinya katarak juga meningkat seiring bertambahnya usia. American Optometric Association menganjurkan wanita mulai melakukan tes kesehatan mata setidaknya 1-3 tahun sekali sejak usia memasuki 40 tahun.

  • Pemeriksaan payudara

Untuk pemeriksaan ini, Anda para wanita bisa melakukan pemeriksaan sendiri. Skrining payudara yang paling utama dan awal adalah pemeriksaan payudara sendiri yang sering disingkat dengan kata SADARI. Anda bisa memeriksa kondisi payudara dengan medeteksi apakah terdapat perubahan bentuk payudara seperti: perubahan bentuk, adanya lekukan, atau adanya benjola yang menetap/berpindah-pindah. Pemeriksaan SADARI digunakan untuk skrining awal terjadinya kanker payudara. Selain pemeriksaan dengan meraba payudara, periksa pula kondisi puting payudara. Kondisi yang baik tidak menunjukan perubahan bentuk, ukuran, dan ruam serta nyeri bila ditekan.

Dari ulasan di atas, tes apa saja yang sudah Anda jalani? Share di kolom komen ya!