6 Fungsi Hormon Laktogenik Untuk Ibu dan Anak

Hormon laktogen merupakan salah satu hormon yang di mana hormon tersebut berhubungan langsung dengan laktasi atau proses menyusui. Salah satu hormon yang dapat digunakan untuk merangsang kelenjar susu serta memproduksi air susu ibu adalah hormon laktogen. Hormon laktogen ini akan memproduksi air susu ibu ketika seorang ibu telah melahirkan. Tahukah anda ternyata pada proses menyusui ini Lactogen juga tidak dapat bekerja sendiri karena Lactogen hanya berfungsi untuk merangsang pembentukan ASI dalam kelenjar susu saja. Adapun manfaat Lactogen secara rinci adalah sebagai berikut

Fungsi hormon laktogenik

1. Merangsang kelenjar susu

Fungsi hormon laktogen yang pertama yang dapat anda ketahui adalah hormon laktogen dapat dimanfaatkan untuk membantu merangsang kelenjar susu yang digunakan untuk menyusui bayi yang baru lahir.

Dengan adanya kelenjar Lactogen ini maka seorang ibu tidak akan kekurangan asinya untuk menyusui anaknya. Namun Lactogen hanya berfungsi untuk merangsang kelenjar susu saja sedangkan yang digunakan untuk mengeluarkan ASI adalah hormon oksitosin jadi hormon laktogen ini dibantu dengan hormon oksitosin. Ada beberapa suplemen untuk menyusui yang juga baik dikonsumsi ibu yang sedang menyusui yatu anemolat dan alinamin karena dapat membantu memperlancar dalam menyusui

2. Memproduksi air susu pada ibu sesudah melahirkan

Selain dimanfaatkan untuk merangsang kelenjar susu ternyata hormon Lactogen ini juga berfungsi untuk membantu dalam memproduksi air susu pada ibu yang sudah melahirkan. Namun Sama halnya seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa hormon laktogen ini membutuhkan hormon oksitosin untuk mengeluarkan ASI.

3. Ukuran lobulus alveolus akan bertambah

Pada fase laktogenesis pertama biasanya akan menambah ukuran lobulus alveolus menjadi bertambah besar. Biasanya penambahan ukuran ini akan terjadi pada saat seseorang berada pada akhir masa kehamilan.

4. Pembentukan produksi ASI besar-besaran

Salah satu fungsi hormon laktogen lainnya adalah hormon laktogen ini dapat dimanfaatkan untuk membantu pengeluaran plasenta yang di mana pengeluaran plasenta tersebut dapat mengakibatkan penurunan kadar hormon progesteron estrogen dan juga hormon HPL. Dengan adanya penurunan hormon Hormon tersebut maka akan mengakibatkan terjadinya produksi ASI secara besar-besaran.

5. Menstimulasi sel dalam alveoli

Dalam proses laktogenesis akan adanya hormon prolaktin yang dimana hormon tersebut dapat digunakan untuk menstimulasi sel dalam alveoli dan juga digunakan untuk merangsang produksi ASI ketika bayi menghisap nya. Dengan demikian bayi akan mendapatkan kecukupan pada nurtrisi yang harus di dapatkannya. 

6. Mengatur produksi ASI selama kehamilan dan setelah melahirkan

Pada proses Lactogen isasi ini akan terjadi pembentukan sebuah sistem kontrol yang dimana sistem kontrol tersebut berperan untuk mengatur produksi ASI selama kehamilan dan juga mengatur produksi ASI selama beberapa hari setelah melahirkan bayi. Dengan demikian bila produksi asi dapat terpenuhi dengan optimal tentu tidak akan kerepotan bagi bila bayi kekurangan ASI. pada dasarnya ASI sangat baik dan sangat dibutuhkan bayi untuk dikonsumsi demi menutrisi bayi yang baru saja lahir. Selain itu dengan mengonsumsi ASI selain dapat menambah kedekatan antara ibu dan anak, dengan ASI juga akan menambah dan memberikan rasa kesehtan pada bayi atau dalam kata lain mampu untuk menutrisi bayi

Itulah beberapa fungsi dari hormon laktogen yang dapat anda ketahui. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa hormon laktogen merupakan hormon yang berhubungan langsung dengan laktasi atau proses menyusui maka fungsi dari hormon laktogen tersebut tidak akan jauh dari laktasi atau proses menyusui.