6 Cara Merawat Payudara Agar Tidak Kendur, Khusus Wanita!

214

Semua ibu yang pernah hamil dan menyusui pasti mengeluhkan masalah yang sama pada payudara, yaitu payudara yang kendur, turun dan tampak tidak menarik. Hal ini membuat wanita dewasa merasa kurang percaya diri dan tidak nyaman.

Sebenarnya untuk mencegah atau mengatasi payudara yang kendur memang bisa dilakukan dengan beberapa cara. Semua cara bisa disesuaikan dengan penyebabnya. Nah, mari kita kupas cara merawat payudara agar tidak kendur.

Penyebab Payudara Kendur

  1. Semakin tua usia maka semakin kendur payudara. Hal ini dipengaruhi dari tingkat kekencangan kulit yang mulai melemah saat wanita sudah masuk usia tiga puluh tahun lebih.
  2. Hamil dan menyusui. Hamil dan menyusui biasanya membuat payudara menjadi kendur, jaringan payudara juga longgar karena menyusui sampai akhirnya payudara menjadi tidak kencang.
  3. Masalah kesehatan seperti kanker payudara dan penyakit TBC ternyata bisa menyebabkan sel-sel dan struktur pada payudara menurun.
  4. Gaya hidup. Wanita yang mengonsumsi alkohol, narkoba dan minuman bersoda kemungkinan besar akan memiliki payudara yang kendur karena masalah struktur sel yang melemah dan kulit menjadi berkerut.

Cara Merawat Payudara Agar Tidak Kendur

  1. Latihan Khusus untuk Otot Payudara

Salah satu cara untuk menjaga agar payudara tidak kendur adalah dengan olahraga. Anda bisa mencoba melakukan push-up untuk membuat otot dada yang ada di bawah payudara bekerja keras dan menjadi lebih kuat. Dengan begitu payudara juga tidak akan kendur dan bisa mengurangi potensi timbunan lemak dibawah payudara. Olahraga lain yang bisa Anda lakukan secara rutin misalnya seperti angkat beban dan latihan lengan.

  1. Yoga

Kemudian juga ada yoga khusus untuk mengencangkan otot payudara. Cara kerja yoga adalah membuat otot di bagian payudara menjadi lebih fleksibel dan elastis sehingga tidak kendur. Fokus latihan pada bagian dada, lengan, dan bahu. Struktur gerakan yang bisa Anda coba secara rutin misalnya gerakan segitiga, bentuk ular dan gerakan menarik lengan dan dada.

  1. Pijat Payudara

Pijat payudara juga menjadi salah satu cara untuk membuat payudara kencang kembali. Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang kaya dengan vitamin E. Selain bisa mengencangkan kulit maka minyak ini juga membuat kulit di sekitar payudara menjadi sangat elastis. Tehnik pijat dilakukan dengan cara mengikuti bentuk payudara sambil berbaring. Proses ini juga penting untuk meningkatkan aliran darah sehingga membuat otot dan sel di payudara memperbaiki diri.

  1. Postur Tubuh yang Tepat

Hindari melakukan postur tubuh yang buruk saat duduk seperti menurunkan bahu dan membungkuk ke depan. Kebiasaan ini akan mempengaruhi payudara menjadi kendur karena terkena gaya gravitasi. Lebih baik untuk duduk dengan posisi normal, tegap dan terkadang juga bersantai dengan sandaran. Jadi ini perlu diwaspadai jika Anda terbiasa duduk dalam waktu lama agar tidak terkena akibat duduk terlalu lama bagi wanita.

  1. Bra Khusus

Lalu untuk mencegah payudara agar tidak kendur maka Anda juga membutuhkan bra khusus yang sesuai dengan ukuran payudara. Tipsnya adalah memilih bra yang bisa membuat payudara terlihat tinggi dan dilengkapi dengan penyokong. Selain itu juga jangan menggunakan bra dengan kawat karena bisa berbahaya untuk payudara Anda.

  1. Gunakan Masker Payudara

Anda juga bisa menggunakan masker payudara setiap satu minggu sekali. Bahan masker bisa terbuat dari mentimun yang dihaluskan, kuning telur, dan mentega. Campur bahan menjadi satu lalu dinginkan sebentar di kulkas. Setelah itu oleskan ke payudara sampai merata. Biarkan selama kurang lebih 20 menit dan bersihkan dengan air dingin. Masker ini bisa membuat jaringan payudara lebih kencang.

Itulah semua cara merawat payudara agar tidak kendur. Perawatan ini bisa dilakukan untuk wanita yang sudah pernah hamil dan menyusui, atau bahkan saat masih remaja sebagai cara pencegahan. Dengan perawatan rutin maka bisa membuat payudara lebih kencang.