Ladies, Ini 5 Penyebab Payudara Terasa Gatal Tanpa Adanya Ruam

√ Verified Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Payudara yang terasa gatal sebenarnya sesuatu yang wajar. Namun kadang kala rasa gatal tersebut tidak disertai dengan tanda ruam. Kondisi ini terkadang menyulitkan untuk mengetahui alasan timbulnya rasa gatal pada payudara.

Beragam kondisi termasuk infeksi, eksem, psoriasis seringkali menjadi penyebab timbulnya rasa gatal. Kondisi ini juga disertai dengan ruam pada kulit.

Meski begitu terdapat beberapa alasan mengapa payudara terasa gatal tanpa adanya tanda ruam yang menyertai. Walaupun banyak penyebabnya yang tidak berbahaya, tetaplah waspada dengan rasa gatal pada payudara karena hal ini bisa saja menjadi tanda awal dari kanker payudara.

Melansir dari Medical News Today, berikut ini dijabarkan 5 hal yang dapat menjadi penyebab payudara yang terasa gatal beserta penanganan dan langkah pencegahan yang diperlukan.

Kulit Kering

Kondisi kulit yang kering pada payudara dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal dan iritasi. Jenis kulit ini biasanya tampak bersisik saat dalam kondisi kering. Beberapa orang memang alaminya berkulit kering namun ada yang mengalaminya karena penggunaan produk perawatan kulit yang keras, terpapar matahari dan berkeringat.

Penggunaan pelembab dan sunscreen dapat mengatasi kondisi kulit yang kering. Simpan krim dalam pendingin dan aplikasikan krim tersebut ke payudara untuk membantu kondisi kulit kering dan meringankan rasa gatal.

Pertumbuhan Payudara

Saat payudara tumbuh, kulit disekitarnya akan merenggang. Hal ini mungkin akan menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman. Pertumbuhan payudara disebabkan pubertas, kehamilan, pertambahan berat badan, dan perubahan hormone seperti yang terjadi saat siklus menstruasi tiba.

Ruam Karena Cuaca Panas

Ruam karena cuaca panas (heat rash) adalah sesuatu yang wajar yang sering terjadi saat cuaca sedang panas atau ketika seseorang tengah berolahraga di cuaca yang panas.

Kondisi ini kadang kala muncul tanpa menunjukkan tanda ruam. Namun ada beberapa orang yang menunjukkan tanda berupa benjolan kecil atau melepuh yang menyertai rasa gatal.

Heat rash dapat timbul di bagian tubuh lainnya yang memiliki kelenjar keringat. Seringnya muncul di payudara, bagian tengah payudara dan di bawah payudara. Heat rash juga dikenal dengan istilah “prickly heat” dan “miliaria.”

Alergi

Reaksi alergi juga merupakan suatu hal wajar penyebab timbulnya rasa gatal. Reaksi alergi terkadang dapat menyebabkan ruam. Namun tidak selamanya seperti itu. Beberapa produk dapat memicu reaksi alergi yakni sabun, detergen, produk komestik dan parfum.

Kanker Payudara

Pada kasus – kasus yang sangat jarang terjadi, rasa gatal pada payudara bisa saja merupakan gejala dari kanker payudara. National Breast Cancer Foundation memasukkan rasa gatal pada payudara sebagai gejala dari jenis kanker payudara langka yang dinamakan inflammatory breast cancer.

Penderita inflammatory breast cancer selain merasakan gatal pada payudara, juga diiringi dengan tanda ruam dan merasakan payudaranya hangat dan membengkak.

Jika putting atau bagian areolar yang terasa gatal, ini juga bisa jadi merupakan gejala dari kanker payudara yang langka yang dinamakan Paget’s disease of the breast.

Kapan Sebaiknya Berkonsultasi Ke Dokter ?

Kulit kering dan payudara yang sedang tumbuh merupakan dua alasan umum penyebab gatalnya payudara. Kondisi ini tidak begitu perlu untuk dikonsultasikan ke dokter.

Namun, ada baiknya segera konsultasi pada dokter jika mengalami gejala – gejala berikut ini :

  • Rasa gatal tidak hilang hingga lebih dari seminggu
  • Rasa gatal yang intens
  • Puting atau area areolar yang terasa gatal apalagi jika area tersebut tampak bersisik
  • Kelembutan, rasa sakit atau bengkak yang disertai rasa gatal
  • Adanya ruam pada payudara, di antara payudara dan di bawah payudara
  • Rasa gatal yang tidak berkurang setelah diobati dengan perawatan rumahan

Penanganan dan Pencegahan

Jika rasa gatal pada payudara disebabkan oleh kulit yang kering maka sebaiknya segera gunakan sunscreen, pelembab yang tidak berbahan dasar minyak, tetap terhidrasi, usahakan payudara dalam keadaan bersih dan kering, serta hanya gunakan produk – produk tanpa pewangi termasuk krim dan deterjen.

JIka alergi yang menjadi penyebabnya sebaiknya identifikasi dulu sumber iritasinya dan usahakan hindari terpapar sumber alergi tersebut.

fbWhatsappTwitterLinkedIn