Keramas Pada Saat Sakit Kepala – Analisa, Bahaya dan Manfaat

Keramas memiliki kegunaan tidak hanya untuk menyegarkan kepala, namun juga membersihkan kotoran serta minyak yang melekat dalam setiap helai rambut. Sebagian orang akan merasa nyaman dan segar sesudah mencuci rambut, namun untuk sebagian orang justru akan merasa sakit kepala sesudah keramas atau dikenal dengan istilah kepala sering pusing. Keramas sendiri memiliki banyak manfaat dan juga bahaya yakni menimbulkan beberapa masalah penyakit seperti ulasan lengkao dari kami kali ini.

Studi Analisis Keramas pada Saat Sakit Kepala

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Cepahalgia, 94 dari 1.500 pasien klinik sakit kepala atau migrain memberikan laporan jika mencuci rambut atau keramas akan menjadi penyebab sakit kepala akut terlebih lagi jika keramas tersebut dilakukan saat sakit kepala sehingga semakin bertambah parah. Dari hasil penelitian, pasien yang mencuci rambut mengisi survei yang dilakukan dan hasilnya terbagi menjadi tiga kelompok, yakni:

  • Kelompok I: 11 pasien yang membersihkan rambut atau keramas menjadi satu satunya pemicu sakit kepala dan migrain.
  • Kelompok II: 45 pasien yang mencuci rambut menjadi pemicu dari beberapa sakit kepala dan migrain namun tidak seluruhnya.
  • Kelompok III: 38 pasien yang mencuci rambut menjadi pemicu sakit kepala dan migrain akan tetapi juga dikombinasikan dengan pemicu lainnya seperti terlalu lama berada di bawah terik matahari atau di ruangan ber-AC.

Pasien tersebut kemudian juga diberikan obat pencegahan serangan jenis sakit kepala dan migrain setiap bulan dan pasien dari group 3 diberi obat pencegahan sakit kepala dan migrain dari berbagai merk. Hasilnya, pada grup 1 dimana pasien meminum obat pencegahan sakit kepala sebelum mencuci rambut, 9 dari 11 pasien memberikan laporan respon yang positif tanpa menimbulkan sakit kepala.

Sedangkan untuk kelompok 2, 12 dari 38 pasien yang diberi obat pencegahan sakit kepala sebelum mencuci rambut juga mengalami sakit kepala. Sedangkan kelompok 3, 12 dari 38 peserta yang mengkonsumsi obat pencegahan sakit kepala sebelum keramas hasilnya memiliki perbaikan di 18 orang pasien.

Pemicu Sakit Kepala Saat Keramas

Hal yang menjadi penyebab sakit kepala terus menerus sendiri masih merupakan misteri dan sebuah studi di Annals of Indian Academy of Neurology menemukan jika 21 dari 144 mahasiswa kedokteran di India menderita sakit kepala atau migrain dan 14.5 persen diantaranya melaporkan jika keramas atau mencuci rambut juga menjadi pemicu sakit kepala atau migrain.

Namun, para pakar juga meneliti mengenai faktor lain yang menjadi pemicu sakit kepala seperti aroma dari shampo atau suhu air yang digunakan untuk mengetahui apa yang memperparah terjadinya sakit kepala saat keramas tersebut. Akan tetapi, kedua hal ini bukan menjadi faktor utama dari parahnya sakit kepala akan tetapi keadaan rambut yang basah yang menjadi penyebab utamanya.

Ini membuktikan jika mencuci rambut atau keramas menjadi pemicu dari sakit kepala dan apabila keramas ini dilakukan pada saat sakit kepala, maka sudah dipastikan jika rasa sakit kepala semakin erbtambah parah. Namun apabila tetap ingin keramas saat sakit kepala, maka disarankan untuk memakai air hangat dan bukan air dingin. Sedangkan untuk obat pencegahan sakit kepala yang mungkin bisa berguna juga harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai dosisnya.

Bahaya Keramas saat Sakit Kepala

Masing masing orang memperlihatkan gejala sakit kepala dengan durasi dan waktu yang berbeda beda. Namun, biasanya sakit kepala ini timbul sesudah 15 sampai 60 menit sehabis keramas yang bisa berlangsung sebentar atau sampai beberapa jam. Sakit kepala yang terjadi karena keramas bisa terasa di salah satu sisi dengan sensasi sakit tak tertahankan dan menjalar sampai ke belakang mata atau seluruh kepala. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan dari keramas.


  1. Suhu Kepala dan Leher Menurun

Dari penelitian yang dilakukan di indoa pada Journal Annals of Indian Academy of Neurology fibuktikan jika hampir 14.5 persen peserta yang sedang diteliti, penyebab kepala pusing mendadak atau migrain terjadi sesudah mereka mencuci rambutnya. Dari penelitian ini bisa dilihat jika keadaan rambut yang lembab akan menimbulkan sakit kepala. Rambut yang lembap akan menurunkan suhu di area kepala dan leher secara mendadak sehingga otak tidak dapat menyeimbangkan suhu. Ini menyebabkan sakit kepala yang sedang dirasakan semakin bertambah parah.

  1. Menggigil

Keramas disaat kepala sedang sakit akan mengakibatkan pelebaran pori pori dari air dingin dan membuat pembuluh darah di area kepala jadi mengecil sehingga sakit kepala yang diderita akan bertambah parah disertai dengan menggigil tak tertahankan.

  1. Suhu Mendadak Turun

Saat sedang sakit kepala atau migrain, maka suhu tubuh juga akan meningkat atau demam yang bertujuan untuk melawan virus atau bakteri yang menyebabkan demam tersebut. Selain itu, demam juga berfungsi untuk mencegah kuman dalam tubuh berkembang dimana antibodi sedang bekerja dan menyebabkan suhu tubuh tersebut mengalami peningkatan. Apabila seseorang keramas di waktu kepala sedang sakit, maka penurunan suhu tubuh secara tiba tiba akan terjadi dan ini sangat berbahaya sebab bisa memperparah sakit kepala.


Manfaat Keramas Saat Sakit Kepala

Selain memiliki dampak buruk, namun keramas saat sakit kepala juga memiliki beberapa manfaat khususnya apabila keramas memakai air yang hangat. Beberapa manfaat keramas tersebut diantaranya adalah:

  1. Mengurangi Sakit Kepala

Keramas saat sakit kepala menggunakan air hangat memiliki manfaat untuk meringankan sakit kepala tersebut. Aliran air hangat pada rambut akan memperbesar pori pori kepala sehingga aliran darah bisa semakin lancar dan pusing atau sakit kepala bisa berkurang.

  1. Mengembalikan Suhu Tubuh

Keramas yang dilakukan saat sakit kepala menggunakan air hangt akan memberikan efek serupa dengan kompres kepala. Selain itu, air yang memiliki suhu normal juga akan memberikan efek yang baik.

  1. Menenangkan Otot

Keramas menggunakan air hangat saat sedang sakit kepala tegang juga sangat baik untuk merileksasi otot otot yang ada dikepala karena air bersuhu hangat tersebut. Dengan otot yang semakin rileks, maka rasa sakit di area kepala bisa berkurang. Namun perhatikan, untuk tidak menggunakan air dingin saat akan keramas.

Itulah tadi ulasan kami tentang bahaya dan manfaat dari keramas pada saat sakit kepala. Hal yang harus digarisbawahi saat ingin keramas waktu sakit kepala adalah menggunakan air hangat dan bukan air dingin. Akan tetapi, alangkah lebih baik untuk menghindari mencuci rambut sampai sakit kepala yang anda rasakan berkurang untuk mencegah rasa sakit yang semakin parah.

, ,
Post Date: Tuesday 14th, November 2017 / 07:16 Oleh :
Kategori : Sakit Kepala