Home Featured 20 Gigi Bocah 4 Tahun Ini Dicabut Karena Membusuk, Kenapa?

20 Gigi Bocah 4 Tahun Ini Dicabut Karena Membusuk, Kenapa?

by Erlita

Baru berusia 4 tahun, seorang bocah ditemukan memiliki 20 gigi yang sudah membusuk sehingga perlu dicabut. Seorang dokter gigi yang menangani bocah inilah yang menyiarkan berita tersebut melalui media sosial Facebook. Bocah laki-laki yang tak disebutkan namanya ini akhirnya memperoleh perawatan di RS Patong di Phuket, Thailand.

Setelah diperiksa, seluruh gigi bocah ini memang sudah membusuk, sementara itu sebagian gigi mengalami kerusakan. Kerusakan gigi anak ini sudah tergolong sangat serius menurut tulisan dari dokter gigi tersebut. Ini karena saraf yang ada di bawah gigi berisiko terserang infeksi lalu membuat gigi permanen di bawahnya terancam bahaya.

Dokter mengatakan bahwa tak ada pilihan lain di mana cara mengatasinya adalah dengan mengekstraksi seluruh gigi anak tersebut karena dengan membiarkan gigi-gigi ini jatuh sendiri justru malah risikonya tinggi. Dilansir dari World of Buzz, dokter menuliskan pula pada unggahannya kalau sebelum ke-20 gigi busuk anak ini dicabut, ia memberikan lebih dulu 14 suntikan anestesi serta 18 jahitan.

Ketika sudah melakukan prosedur ini untuk menyelamatkan gigi anak ini, maka otomatis 8 tahun adalah waktu yang diperlukan supaya gigi anak ini tumbuh kembali secara permanen. Kerusakan gigi pada anak bisa dipicu oleh beberapa hal seperti berikut:

  • Makan makanan manisBahaya makan manis mampu memicu kerusakan gigi karena gula akan diubah oleh bakteri menjadi asam dan enamel gigi pun akan tergerogoti. Orangtua yang tak mengawasi apa saja yang dimakan anak, sementara anak sangat suka dengan makanan-makanan manis, bisa-bisa mereka bisa mengonsumsi berlebihan.
  • Minuman bergula – Selain makanan manis, minuman bergula tinggi juga dapat memicu kerusakan gigi. Peran orangtua sangat dibutuhkan dalam hal ini karena perlu membatasi asupan minuman yang manis-manis pada anak.
  • Tidak gosok gigi teratur – Anak ketika beranjak memasuki usia 2 tahun, pastikan untuk mengajari dan membimbingnya untuk menyikat gigi 2 kali sehari. Gunakan pasta gigi ber-fluoride agar dapat mencegah kerusakan gigi. Jika hal ini tak dibiasakan atau orangtua lepas pengawasan, anak mungkin sering melewatkan aktivitas ini sehingga gigi mudah rusak.

Melansir dari laporan Sin Chew Daily, rupanya bocah 4 tahun dengan gigi yang membusuk tidak diawasi dan diperhatikan oleh orangtuanya. Orangtua anak ini memberikannya kamar sendiri sehingga kurang memberi perhatian terhadap perkembangan dan pertumbuhan buah hatinya, sampai pada akhirnya terjadi pembusukan pada seluruh giginya.

Memberikan tempat seperti kamar sendiri untuk punya kebebasan itu perlu, namun anak-anak masih memerlukan perhatian dan pengawasan orangtuanya. Orangtua tetap bertanggung jawab pada anaknya yang masih di bawah umur supaya pertumbuhan anak berjalan dengan baik dan sehat.

You may also like