Home Featured Kenali Vasovagal Syncope, Kondisi yang HyunA Derita Selain Gangguan Panik

Kenali Vasovagal Syncope, Kondisi yang HyunA Derita Selain Gangguan Panik

by Erlita

Penyanyi asal Korea mantan anggota girlband 4Minute, HyunA ungkap penyakit yang selama ini ia idap. HyunA mengatakan melalui pesan yang ia unggah di media sosial, bahka ia sebenarnya tak yakin apakah seharusnya jujur. Setelah berpikir cukup panjang, ia memtuskan memberi tahu mengenai penyakitnya kepada penggemar serta orang-orang telah mendukungnya.

Melalui pesan itulah, ia mengaku memiliki gangguan panik dan vasovagal syncope. Dalam tulisannya ia pun mengatakan bahwa selama berkarir, ia tak sadar bahwa dirinya sakit. Hanya saja karena ada banyak penggemar dan orang baik yang mengelilinginya, ia berpikir selalu dalam kondisi yang baik. Usai menyangkalinya, ia sadar saat ia ke rumah sakit pada tahun 2016 bahwa kondisinya tidak baik-baik saja.

Diagnosa dokter menyatakan bahwa HyunA mengalami serangan panik dan depresi, namun ia tak mau memercayainya. Namun kini ia memperoleh perawatan rutin dua minggu sekali dan mencoba untuk selalu berpikir positif. Belum selesai dengan perawatan gangguan paniknya, ia ambruk setelah mengalami pandangan kabur di mana rupanya dokter mendiagnosanya dengan kondisi berbeda lagi, yaitu vasovagal syncope, apa itu?

Penyebab dan Gejala

Vasovagal syncope merupakan kondisi di mana tubuh kehilangan kesadaran karena reaksi tubuh yang berlebihan terhadap pemicu tertentu. Tekanan emosi yang berlebihan hingga melihat darah dapat menjadi pemicunya dengan timbulnya tanda-tanda seperti tekanan darah dan detak jantung yang drop. Karena aliran darah ke otak berkurang, inilah yang mampu membuat penderitanya pingsan.

Penyebab utama dari kondisi ini adalah saat bagian dari sistem saraf pengendali fungsi tekanan darah sekaligus fungsi detak jantung merespon suatu pemicu, seperti penampakan darah misalnya. Beberapa faktor peningkat risiko terjadinya vasovagal syncope antara lain adalah:

  • Paparan panas
  • Mengejan saat buang air besar
  • Ketakutan terhadap cedera yang tubuh alami
  • Pengambilan darah/penampakan darah seperti yang telah disebutkan
  • Berdiri dalam waktu yang lama

Ada sejumlah gejala yang umumnya terjadi pada penderita yang diduga memiliki vasovagal syncope, yakni:

  • Kepala seperti melayang, terasa ringan, pusing
  • Mual-mual
  • Kulit memucat
  • Penglihatan menjadi buram
  • Sering menguap
  • Bidang penglihatan menyempit
  • Berkeringat dingin

Penderita perlu secepatnya dibawa ke rumah sakit dan mendapat perawatan medis ketika sudah mulai mengalami kehilangan kesadaran atau pingsan. Ini karena pingsan dapat menjadi tanda adanya gangguan pada jantung maupun otak.

Diagnosa dan Pengobatan

Beberapa metode diagnosa atau pemeriksaan diperlukan untuk memastikan bahwa gejala-gejala yang terjadi benar-benar mengarah pada vasovagal syncope. Metode diagnosa yang perlu dilakukan antara lain adalah elektrokardiogram, ekokardiogam, tes darah dan tes stres olahraga untuk mendeteksi irama jantung pasien.

Usai hasil diagnosa keluar dan dijelaskan oleh dokter, maka beberapa metode pengobatan inilah yang umumnya diberikan kepada pasien vasovagal syncope:

  • Obat-obatan, yakni berupa solusi mengobati tekanan darah rendah seperti fludrocortisone acetate atau bisa juga dokter memberikan selective serotonin inhibitors.
  • Terapi, seperti latihan kaki, penegangan otot kaki saat berdiri, serta penggunaan stoking kompresi sangat dibutuhkan.
  • Operasi, langkah ini mungkin tergolong jarang namun diperlukan bila perawatan lainnya tak mampu mengatasi gejala vasovagal syncope pada pasien.

HyunA sendiri telah merahasiakan kondisinya tersebut sejak lama, namun yang ia ingin banyak penggemarnya tahu adalah ia ingin mencintai dan merawat dirinya sendiri.

You may also like