Aktor Rene Auberjonois Meninggal Karena Kanker Paru, Apa Sih Sebab dan Gejalanya?

Rene Auberjonois, aktor asal Amerika Serikat yang meraih popularitasnya lewat perannya di film Star Trek tutup usia. Meninggal dunianya aktor berusia 79 tahun ini dilaporkan karena penyakit kanker paru yang bermetastasis, yakni sel kanker yang melakukan pemisahan diri dari tumor lalu terjadilah penyebaran melalui peredaran darah ke bagian tubuh lainnya.

Umumnya, hati, otak, tulang, kelenjar adrenal adalah bagian tubuh lainnya yang dapat terserang penyebaran sel kanker. Semasa hidup Rene, dirinya diketahui gemar menyumbang untuk lembaga nirlaba MSF/Medecins Sans Frontieres atau Doctors Without Brothers. Kenali apa yang menjadi faktor penyebab dari kanker paru serta apa saja gejalanya.

Penyebab

Tak ada yang tahu sampai sekarang apa yang menjadi penyebab utama dari kanker paru-paru. Karena walaupun merokok disebut-sebut sebagai penyebabnya, kanker paru-paru nyatanya dapat menyerang bahkan pada orang-orang yang non-perokok. Hanya saja, rokok adalah salah satu pemicu utama karena zat-zat beracun bersifat karsinogen dalam rokok yang terhirup mampu membahayakan kesehatan paru.

Selain merokok atau bahkan terkena paparan asap rokok, beberapa hal ini adalah faktor peningkat risiko kanker paru yang perlu diwaspadai:

  • Riwayat keluarga mengidap kanker paru, di mana seseorang yang memiliki saudara kandung ataupun orangtua dengan kanker paru-paru, otomatis ini meningkatkan risiko terkena kanker ini.
  • Paparan gas radon, di mana radon dihasilkan oleh pemecahan alami uranium pada air, batu atau tanah dan mampu bercampur dengan udara yang bisa saja kita hirup sewaktu-waktu.
  • Paparan asbes ataupun karsinogen lain, terlebih jika pekerjaan mengharuskan kita berdekatan dengan zat-zat kimia besifat karsinogen seperti juga nikel, kromium dan arsenik.

Gejala dan Komplikasi

Tak ada gejala khusus yang nampak pada umumnya oleh kanker paru, apalagi jika stadium masih teramat awal. Gejala akan mulai muncul ketika kanker mulai berkembang lebih lanjut dan beberapa gejala yang dimaksud antara lain adalah:

  • Sakit kepala
  • Sakit pada bagian tulang
  • Berat badan turun
  • Suara serak
  • Dada terasa sakit
  • Nafas pendek
  • Batuk darah
  • Batuk tak kunjung hilang

Bila batuk yang tak sembuh juga mulai membuat khawatir dan panik, jangan ragu dan tunggu lagi untuk ke dokter memeriksakan diri. Gejala yang bertahan dalam jangka lama patut dicurigai, maka segera pastikan apa yang tengah terjadi pada tubuh dan lakukan pemeriksaan lengkap.

Gejala yang tak segera ditangani mampu terus berkembang dan berujung pada komplikasi serius, seperti halnya yang dialami oleh Rene Auberjonois, yakni kanker paru metastasis. Kondisi ini menandakan bahwa penyebaran sel kanker sudah sampai pada organ vital lain di dalam tubuh, seperti tulang dan juga otak.

Namun, ada pula beberapa komplikasi lain yang wajib untuk diwaspadai dengan penanganan kanker paru lebih awal; komplikasi yang dimaksud antara lain adalah:

  • Efusi pleura, yakni penumpukan cairan pada ruang yang mengelilingi paru-paru yang terkena kanker, atau lebih dikenal dengan kondisi cairan di dada.
  • Rasa sakit pada tulang, hal ini pun dapat dianggap sebagai kondisi komplikasi karena penyebaran sel kanker yang sudah ada pada bagian tubuh lain seperti tulang pada umumnya.
  • Sesak nafas, hal ini bisa disebabkan oleh penumpukan cairan pada dada atau karena saluran udara yang utama telah terblokir oleh pertumbuhan kanker yang terus terjadi.
  • Perdarahan di saluran nafas, inilah yang mampu memicu penderitanya mengalami batuk darah sehingga perlu segera mendapatkan perawatan untuk perdarahan segera dikendalikan.

Operasi dan kemoterapi menjadi langkah pengobatan yang seharusnya, namun tak sedikit pula yang harus meninggal karena penyakit mematikan ini. Mengutip dari CNN, Remy Auberjonois yakni anak dari Rene Auberjonois, selain berjiwa sosial sang ayah pun merupakan pribadi yang memiliki selera humor yang hebat dan bahkan merupakan sesosok yang berdedikasi.