Home Merk Obat A-ZMerk Obat I Ikacycline – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

Ikacycline – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

by Robi Diansah

Ikacycline merupakan obat yang berfungsi sebagai anti infeksi yang mana cara kerja dari obat ini adalah dengan membunuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri. Perlu anda ingat bahwasanya obat ini tidak untuk digunakan sebagai obat anti virus, seperti digunakan untuk mengobati influenza dan juga demam.

Selain itu, Ikacycline bisanya juga akan dikombinasikan dengan obat yang termasuk ke dalam anti ulkus sebagai upaya untuk mengatasi penyakit maag. Bagi anda yang ingin tahu lebih lanjut seputar Ikacycline, maka silahkan anda simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini.

Fungsi Ikacycline

  1. Ikacycline merupakan obat yang digunakan mengobati jerawat.
  2. Ikacycline juga digunakan untuk mengobati maag yang nantinya akan dikombinasikan dengan obat-obatan yang tergolong ke dalam anti ulkus.
  3. Ikacycline juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit infeksi kulit yang mana kondisi tersebut peka terhadap tetracycline.

Jika anda ingin tahu lebih lanjut mengenai indikasi yang terkandung di dalam Ikacycline, maka silahkan anda lihat pada bagian kemasan atau juga bisa bertanya langsung kepada dokter.

Kontraindikasi Ikacycline

  • Bagi anda yang pernah mengalami alergi terhadap kandungan yang ada di dalam Ikacycline, maka sebaiknya anda menghubungi dokter sebelum anda menggunakannya untuk pengobatan kulit.
  • Anda yang juga pernah mengalami hipersensitivitas terhadap obat Ikacycline maupun yang tergolong ke dalam tertracycline juga dianjurkan berbicara dengan dokter.
  • Sementara itu, ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan menggunakan Ikacycline, kecuali jika memang dokter memberikan penjelasan yang lainnya karena mungkin dokter akan memberikan dosis rendah atau menyarankan anda menggunakan obat yang lainnya.

Dosis Ikacycline

Berikut ini akan kami berikan informasi yang berhubungan dengan dosis Ikacycline. Perlu anda ingat, bahwa penggunaan Ikacycline harus sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh dokter. Anda jangan sekali-kali memberikan atau menggunakan dosis yang berbeda jika tidak mendapatkan arahan dari dokter.

Dan karena Ikacycline termasuk ke dalam obat salep, maka anda harus menggunakannya sebanyak 1 sampai dengan 3 kali dalam sehari. Gunakan dosis tersebut dengan mempertimbangkan kondisi kulit dan seberapa parah infeksi kulit yang anda alami. Biasanya, seiring dengan menurunnya penyakit anda, maka dosis tersebut juga akan dikurangi.

Cara Penggunaan Ikacycline

  1. Anda harus selalu menggunakan Ikacycline sesuai dengan takaran dosis yang sudah tertera pada kemasan obat tersebut.
  2. Jangan pernah mengurangi atau bahkan mengoleskan secara berlebihan dengan maksud agar cepat sembuh karena hal ini hanya akan membuat kulit anda mengalami iritasi.
  3. Dan jangan lupa bahwa anda harus menggunakan Ikacycline hanya pada bagian kulit yang mengalami infeksi.
  4. Jangan oleskan obat ini pada kulit yang masih terdapat luka dan belum kering karena hal ini hanya akan membuat kulit anda terkena iritasi atau bahkan lebih buruk dari itu.
  5. Yang tidak kalah penting, disarankan untuk menggunakan Ikacycline sesuai dengan jam yang digunakan untuk mengobati di hari sebelumnya. Hal ini bertujuan agar supaya obat ini dapat bekerja lebih maksimal.
  6. Penggunaan Ikacycline bisa menyebabkan dermatitis, meskipun jarang terjadi.

Cara Penyimpanan Ikacycline

  1. Anda harus menyimpan Ikacycline di tempat yang aman dan tidak lembab.
  2. Jangan menyimpan Ikacycline pada tempat yang bisa terkena sinar matahari secara langsung.
  3. Selain itu, anda jug tidak dianjurkan menyimpan Ikacycline di kamar mandi atau bahkan membekukannya.
  4. Jangan pernah meletakkan Ikacycline di tempat yang bisa dijangkau anak anda maupun hewan peliharaan.
  5. Jangan jadikan satu antara obat ini dengan obat yang lainnya, kecuali anda benar-benar telah menutup rapat obat tersebut.

You may also like