Home Merk Obat A-ZMerk Obat G Gentanal – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Gentanal – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Robi Diansah

Kali ini kami akan membagikan informasi kepada anda semuanya berkaitan dengan Gentanal. Perlu anda ketahui bahwasanya obat ini memiliki fungsi utama yaitu untuk membantu mengobati berbagai macam masalah yang disebabkan oleh serangan bakteri gram negatif.

Di dalam Gentanal, terkandung suatu zat yang bernama gentamicin yang masuk kedalam jenis antibiotik aminoglikosida yang memiliki peran di dalam mengatasi penyakit infeksi akibat bakteri. Gentanal termasuk kedalam obat keras sehingga bagi anda yang ingin menggunakannya harus benar-benar memperhatikan petunjuk penggunaan dan takaran dosis agar supaya tidak sampai mengalami masalah yang tidak diinginkan.

Informasi selengkapnya silahkan simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan berikut ini:

Fungsi Gentanal

  1. Gentanal merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengobati infeksi saluran kemih.
  2. Gentanal juga merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengatasi infeksi kulit serta jaringan lunak.
  3. Kegunaan lain dari Gentanal adalah sebagai obat yang terbukti ampuh digunakan untuk membantu mengobati infeksi saluran pencernaan.
  4. Selain itu, obat ini juga terbukti ampuh untuk membantu mengobati kondisi berupa infeksi yang disebabkan oleh serangan Neisseria gonorrhoeae maupun juga Legionella pneumophila.

Anda bisa bertanya kepada dokter mengenai informasi yang lebih lengkap berkaitan dengan indikasi obat Gentanal.

Kontraindikasi Gentanal

  • Jangan memberikan Gentanal kepada pasien yang mengalami hipersensitifitas terhadap kandungan yang ada pada obat ini.
  • Pasien yang juga terindikasi pernah mengalami alergi terhadap kandungan dari Gentanal, sebaiknya juga tidak menggunakan obat ini agar tidak sampai mengalami permasalahan yang tidak diinginkan.
  • Selain itu, bagi ibu hamil dan juga menyusui, sebaiknya anda bertanya kepada dokter mengenai seperti apa keamanan dari Gentanal jika anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan anda dari terkena berbagai masalah yang tidak diinginkan.

Dosis Gentanal

  • Untuk dosis yang harus diberikan kepada orang dewasa adalah sebanyak 3 sampai dengan 5 mg/kg BB setiap hari.
  • Dosis untuk pengobatan infeksi berat nantinya bisa dinaikkan sebanyak 5 mg/kg/BB untuk setiap hari.
  • Sementara itu, dosis yang disarankan untuk diberikan kepada anak-anak yang ingin menggunakan Gentanal adalah sebanyak 6 sampai dengan 7,5 mg/kg/BB per hari.
  • Dosis untuk diberikan kepada bayi yang berusia kurang dari seminggu maupun juga bayi prematur adalah sebanyak 7,5 mg/kg/BB.

Informasi yang lebih lengkap mengenai dosis dari Gentanal, bisa anda tanyakan kepada dokter karena tentu saja pemberian dosis ini harus benar-benar disesuaikan dengan kondisi yang anda alami. Selain itu, jika anda merasa bahwa dosis tersebut masih belum menunjukkan tanda-tanda kesembuhan, maka anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai hal tersebut.

Efek Samping Gentanal

Di bawah ini akan kami berikan informasi mengenai apa saja efek samping yang bisa anda rasakan selama anda menggunakan Gentanal.

  1. Efek samping yang bisa anda alami adalah anda bisa menderita kerusakan pada aparatus vestibular yang terjadi pada telinga bagian dalam, terutama jika obat ini digunakan dalam dosis yang tinggi maupun juga ketika diberikan pada jangka waktu yang lama.
  2. Selain itu, penggunaan Gentanal bisa menyebabkan pasien yang memiliki riwayat penyakit ginjal, jantung, maupun juga hati diketahui bisa mengalami efek samping yang lebih parah dibandingkan dengan pasien lain pada umumnya.
  3. Dan yang tidak kalah penting adalah penggunaan Gentanal bisa menyebabkan anda mengalami beberapa kondisi yang berhubungan dengan masalah alergi. Beberapa masalah tersebut seperti ruam kulit, gatal, maupun juga bisa mengalami edema wajah.

Demikian informasi dari kami mengenai Gentanal. Semoga bermanfaat.

You may also like