Home Merk Obat A-ZMerk Obat F Fudanton – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Fudanton – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Robi Diansah

Fudanton adalah salah satu jenis obatt yang secara umum diberikan kepada pengguna yang akan atau telah melakukan kemoterapi, radioterapi atau operasi untuk membantu meringankan dan mengurangi rasa mual dan ingin muntah. Fudanton di prouksi oleh Futamed dalam bentuk cairan suntik atau vial. Untuk bisa menggunakan Fudanton, pengguna bisa membelinya di apotik atau toko obat berlisensi terdekat dengan menyertakan resep resmi dari dokter atau tenaga ahli medis lainnya yang berwenang.

Kandungan Fudanton

Fudanton memiliki kandungan zat bernama Ondansetron HCl.

Fungsi Fudanton

Fudanton memiliki beberapa fungsi atau kegunaan untuk meringankan dan mengobati beberapa jenis penyakit dan gangguan seperti:

  1. Membantu meringankan rasa mual dan muntah karena kemoterapi dan radioterapi
  2. Dapat mengurangi rasa mual dan muntah setelah operasi

Dosis Penggunaan Fudanton

Agar dapat secara tepat mengobati dan memberikan efek yang baik dalam pengobatan penyakit diatas, Fudanton perlu diterapkan dalam beberapa jenis dosis dan aturan penggunaan yang tepat. Dosis penggunaan Fudanton, adalah sebagai berikut:

  • Untuk mencegah mual dan muntah setelah operasi, dapat diberikan sebanyak 8 mg pada 1 jam sebelum induksi anestesi dan dilanjutkan dengan 8 mg selanjutnya setelah 8 jam kemudian.
  • Untuk mencegah mual dan muntah karena kemoterapi dan radioterapi, pada dosis dewasa, diberikan sebanyak 8 mg secara injeksi selama 15 menit dan dilanjutkan dalam 1 mg per jam melalui infus selama 24 jam

Efek Samping Fudanton

Fudanton memberikan beberapa jenis efek samping seperti obat lainnya pada umumnya. Efek samping sendiri tidak selalu dialami dan dirasakan oleh penggunanya, berikut ini beberapa jenis efek samping yang bisa diperhatikan :

  • Pengguna dapat merasa sakit kepala
  • Pengguna cenderung merasa lemas
  • Pengguna akan merasa konstipasi
  • Pengguna dimungkinkan mengalami rasa terakar pada area kepala
  • Pengguna akan merasa pusing
  • Pengguna dimungkinkan merasa mudah lelah
  • Pengguna dapat mengalami diare ringan
  • Pengguna cenderung mengalami mengantuk
  • Pengguna akan mengalami epigastrium

Kontraindikasi Fudanton

Untuk menghindarkan penggunanya dari hal yang tidak diinginkan, pengguna harus memperhatikan daftar kondisi yang dilarang atau daftar kontraindikasi yang tidak boleh menggunakan Fudanton, diantaranya:

  • Tidak disarankan diberikan kepada pengguna yang memiliki alergi terhadap Fudanton atau bahan penyusun Fudanton

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan

Dalam menggunakan sebuah obat, pengguna harus memperhatikan beberapa hal agar pengguna bisa merasakan efek positif dari penggunaan Fudanton, diantaranya:

  1. Tidak boleh membekukan Fudanton
  2. Jauhkan Fudanton dari jangkauan anak kecil
  3. Tidak boleh menyimpan Fudanton di freezer
  4. Simpan Fudanton di ruangan yang sejuk dan kering
  5. Tidak disarankan untuk melakukan perubahan dosis penggunaan Fudanton tanpa adanya persetujuan dari dokter atau tenaga ahli medis lainnya yang berwenang
  6. Simpan Fudanton jauh dari hewan peliharaan
  7. Tidak boleh menyimpan Fudanton di kamar mandi
  8. Simpan Fudanton di ruangan dengan suhu antara 5 hingga 30 derajat celisus
  9. Tidak boleh menggunakan alcohol selama pengobatan Fudanton
  10. Jauhkan Fudanton dari paparan sinar matahari terik
  11. Tidak disarankan untuk membuang Fudanton di saluran drainase atau saluran pembuanga lainnya karena dimungkinkan membuat lingkungan tercemar.

Fudanton Untuk Wanita Hamil

Hingga saat ini, diketahui bahwa Fudanton boleh diberikan kepada pengguna dalam keadaan hamil atau menyusui. Fudanton tidak memiliki pernyataan yang menentang terhadap penggunaan Fudanton atau jenis penelitian apapun yang mampu mebuktikan bahwa Fudanton membahayakan nyawa pengguna, janin dalam kandungan dan bayi yang sedang menyusu. Maka dari itu, Fudanton bisa digunakan dengan dosis dan batasan tertentu yang diberikan resmi oleh dokter.

You may also like