Catapres – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Catapres merupakan suatu produk obat yang diproduksi oleh PT. Boehringer Ingelheim Indonesia. Di dalam obat Catapres ini mengandung clonidine hydrocloride 75mcg. Obat Catapres ini digunakan untuk membantu mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Menurunkan tekanan darah tinggi tentu dapat membantu untuk mencegahnya resiko penyakit seperti stroke, serangan jantung, dan masalah ginjal. Obat Catapres ini bekerja dengan cara merelaksasikan pembuluh darah sehingga peredaran darah dapat mengalir lebih mudah dan juga lancar.

Kandungan yang terdapat dalam obat ini yaitu Clonidine termasuk ke dalam kelas obat A atau agonis alpha pusat, yang bekerja pada otak untuk menurunkan tekanan darah. Selain untuk mengobati tekanan darah tinggi, Clonidine dapat juga digunakan untuk :

  • Gangguan perhatian defisit hiperaktif (ADHD),
  • Untuk serangan panas yang terjadi pada saat menopause,
  • Gejala akibat penggunaan narkotika,
  • Membantu seseorang untuk berhenti merokok.

Fungsi Catapres

Fungsi utama dari obat Catapres ini yaitu untuk pengobatan hipertensi baik tunggal maupun kombinasi dengan obat hipertensi yang lain. Jadi pastikan anda menggunakan obat ini dengan tujuan untuk pengobatan hipertensi bukan yang lain.

Untuk itu sebelum mengkonsumsi obat ini pastikan anda tau betul fungsi atau manfaat penggunaan obat ini, oleh karena itu lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar tau fungsi kegunaan obat Catapres ini.

Dosis Catapres

Setelah mengetahui fungsi atau manfaat dari obat Catapres ini, pastikan juga untuk mengetahu dosis tentang obat tablet Catapres ini, biasanya penggunaan obat Catapres ini harus sesuai dengan petunjuk dari dokter karena obat Catapres ini termasuk obat keras

  • Obat ini dapat diberikan baik sebelum ataupun sesudah makan.
  • Hindari pemakaian yang tidak sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan dokter, agar pada saat mengkonsumsi obat ini terhindar dari efek overdosis dan juga efek negatif lainnya
  • namun apabila terdapat gejala overdosis dan lainnya, sebaiknya konsultasikan kepada dokter agar seghera mendapatkan pertolongan medis.

 Efek Samping Catapres

Terdapat beberapa efek samping yang mungkin dapat terjadi pada saat memulai mengkonsumsi obat ini, apabila efek samping yang ditimbulkan mulai memburuk atau tidak kunjung hilang jangan lupa untuk segera memberitahukan kepada dokter agar mendapatkan pertolongan medis. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin dapat timbul atau terjadi pada saat mengkonsumsi obat Catapres ini :

  1. pusing, mengantuk, lelah, atau gugup
  2. mulut kering
  3. mata kering atau terbakar, penglihatan kabur
  4. sakit kepala, nyeri otot atau sendi
  5. mual, muntah, sembelit, kehilangan nafsu makan
  6. masalah tidur (insomnia)
  7. sering buang air kecil di malam hari
  8. ruam kulit ringan atau gatal-gatal
  9. menurunnya gairah seks, impotensi
  10. ruam pada kulit, perubahan warna, atau iritasi ringan di mana patch dikenakan.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui pada saat mulai mengkonsumsi obat Catapres ini yaitu :

  1. Apabila tekanan darah naik secara tiba tiba, sebaiknya hentikan segera penggunaan obat Catapres ini.
  2. Penggunaan Clonidine dalam dosis tinggi dan juga waktu yang lama dapat mengakibatkan resiko yang lebih besar.
  3. Apabila ingin berhenti menggunakan obat Catapres ini sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter agar dokter dapat menurunkan dosis sedikit demi sedikit.
  4. Penghentian yang terlalu cepat atau tiba tiba dalam mengkonsumsi obat ini dapat menimbulkan reaksi yang fatal seperti stroke.

Itulah pembahasan mengenai obat Catapres ini dan juga sedikit tentang kandungan yang terdapat dalam obat ini yaitu clonidine hydrocloride.

, , , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Merk Obat C