Inilah 8 Khasiat Taoge Bagi Kesehatan Tubuh

213

Taoge adalah salah satu jenis sayuran yang bisa dimasak dengan berbagai macam olahan. Tak hanya dimasak, taoge pun kerap disajikan mentah sebagai pelengkap menu utama. Jenis dan bentuk taoge pun bervariasi. Jenis taoge yang berbeda diperuntukkan untuk olahan makanan yang berbeda. Tapi siapa sangka di balik ukurannya yang kecil, taoge menyimpan banyak manfaat, seperti dibawah ini :

1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Taoge mengandung suatu jenis zat yang bernama saponin. Keberadaan saponin dalam taoge dapat membantu menghancurkan kolesterol jahat. Itulah mengapa taoge sering menjadi pelengkap untuk makanan berbahan dasar ayam, daging sapi, ikan dan bahan lain yang mengandung kolestrol jahat dalam jumlah tinggi.

2. Mencegah dari penyakit kanker

Taoge bersifat alkali atau basa yang dapat mencegah kanker. Dengan kandungan alkalinya, taoge dapat menetralkan kandungan asam penyebab kanker. Selain itu taoge juga mengandung banyak serat dan air yang berfungsi menghilangkan kotoran dalam usus besar. Dengan hilangnya kotoran tersebut, maka otomatis zat – zat beracun dalam tubuh akan berkurang atau bahkan hilang.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Sifat basa pada taoge disebabkan kandungan serat alaminya cukup tinggi. Dengan adanya serat alami, maka kontraksi otot pada usus akan meningkat. Hal ini menyebabkan proses buang air besar menjadi lancar. Selain bermanfaat untuk gangguan pencernaan, taoge juga dapat menjaga tingkat keasaman atau pH lambung.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Taoge mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas yang akan masuk dalam tubuh. Selain antioksidan, taoge juga mengandung saponin yang dapat meningkatkan aktivitas sel pembuluh darah secara alami, terutama limfosit. Peran limfosit berhubungan dengan sel darah putih yang berfungsi dalam sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya kerja limfosit, maka sistem kekebalan tubuh pun menjadi semakin baik.

5. Taoge mengandung banyak vitamin

Pada taoge terkandung beberapa jenis vitamin yang penting dan dibutuhkan untuk tubuh. Dalam semangkuk taoge segar terkandung vitamin C, A, E, K dan B1. Kandungan vitamin tersebut sangat baik untuk semua orang, terutama kaum wanita. Dengan mengkonsumsi taoge yang kaya vitamin E, maka dapat mencegah gangguan siklus bulanan dan meningkatkan kesuburan.

6. Menguatkan rambut

Salah satu kandungan vitamin dalam taoge adalah vitamin A dan K. Fungsi vitamin A yang umum diketahui adalah untuk kesehatan mata. Tapi ternyata vitamin A  juga bermanfaat untuk merangsang folikel rambut dan kulit kepala. Dengan peran vitamin A, maka rambut akan lebih sehat dan tidak mudah rontok. Sedangkan untuk vitamin K, perannya rambut adalah menjaga kandungan protein pada rambut sehingga rambut selalu sehat, kuat dan indah.

7. Mengatasi jerawat

Kandungan lain pada taoge adalah omega 3 alami. Kegunaan omega 3 sangat beragam, antara lain untuk kecerdasan anak dan menjaga kesehatan kulit. Omega 3 pada taoge bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan serta membantu menurunkan resiko munculnya jerawat dan masalah kulit lain. Jadi, kalau kamu mau merawat kulit dengan budget yang pas – pasan, bisa pilih konsumsi taoge. Perut kenyang, kulit halus.

8. Taoge dapat menghidrasi kulit

Kandungan air pada taoge cukup banyak sehingga bermanfaat untuk menghidrasi kulit. Hal ini sangat baik untuk menghindarkan dari berbagai masalah kulit, seperti penuaan dini dan kulit kusam. Agar mendapat khasiat terbaik, disarankan untuk mengkonsumsi taoge dengan cara dijus.

Itulah berbagai manfaat yang didapat dari mengkonsumsi taoge. Di samping manfaat yang didapat, harus diperhatikan juga jenis taoge dan cara konsumsinya agar benar – benar memperoleh manfaat secara maksimal. Hidup sehat dan segar tidak harus dengan harga yang mahal kan.