Raisa Melahirkan Putri Pertama, Begini Perawatan Pasca Caesar yang Tepat

56

Rumah tangga Raisa Andriana dan Hamish Daud kini diliputi dengan kegembiraan. pelantun lagu Kali Kedua ini melahirkan putri pertamanya, Zaljna Rayne Wyllie di Rumah Sakit Kemang Medical Care (KMC), Kemang, Jakarta Selatan.

Kabar bahagia ini secara resmi dibenarkan oleh Hamish Daud, suami Raisa, melalui akun instagram pribadinya. Tentu kabar bahagia ini disambut hangat oleh masyarakat luas. Banyak dari mereka yang mengucapkan selamat dan doa untuk putri pertama pasangan ini melalui kolom komentar.

Sebagai orang tua baru, mungkin kini Raisa tengah beradaptasi dalam mendalami perannya sebagai seorang ibu. Nah, dalam artikel ini terdapat beberapa tips panduan perawatan pasca melahirkan. Simak baik-baik ya!

  • Kondisi emosi pasca melahirkan

Tak hanya melulu tentang fisik, kondisi mental ibu harus diperhatikan. Setelah melahirkan, ibu pasti harus beradaptasi dengan kehidupan barunya sebagai seorang ibu. Tentu masa ini akan menjadi masa yang penuh dengan perubahan emosional. Tal sedikit ibu baru yang mengalami baby blues setelah melahirkan. Hormon, rasa cemas dalam merawat bayi, dan waktu tidur yang berkurang akan menjadi faktor penyebab terjadinya baby blues. Jika tidak diberi dukungan dari orang terdekat dan terjadi secara berlarut-larut, kondisi ini bisa membuat ibu merasakan depresi post partum.

  • Jaga asupan makan

Tidak hanya selama hamil, ibu juga harus memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Pasalnya, pemenuhan gizi akan berpengaruh terhadap volume ASI yang dihasilkan. Saat masa awal menyusui, kebutuhan karbohidrat dan protein ibu akan meningkat. Selain itu, ibu juga direkomendasikan mengonsumsi 12 gelas air putih dalam sehari.

  • Istirahat

Memang ketika menjadi ibu, otomatis waktu tidur akan berkurang. Namun kebutuhan istirahat ibu juga harus tetap terpenuhi agar ibu tidak kelelahan. Ibu bisa memposisikan tempat tidur yang berdekatan dengan tempat tidur bayi agar mudah menyusui kapan saja. Manfaatkan waktu untuk tidur ketika bayi juga tidur (pastikan bayi berada pada posisi yang aman dan nyaman).

  • Perhatikan bekas luka dan kondisi vagina

Pada ibu yang melahirkan dengan metode caesar, perlu menjaga segala gerakan karena akan tersisa luka sayatan apalagi gerakan yang tiba-tiba. Jangan lupa untuk menjaga agar luka sayatan tetap bersih dan kering untuk menghindari infeksi dan iritasi di sekitar luka.

Pada ibu yang melahirkan secara per vaginam, vagina akan luka dan membutuhkan waktu beberapa minggu untuk recover dan kering. Untuk mengurangi rasa nyeri, ibu bisa menggunakan bantal empuk saat duduk.

  • Kembali aktif dalam olahraga

Kesibukan menjadi ibu baru tidak lantas membuat ibu tidak bergerak aktif untuk menjaga kesehatan. Olahraga setelah melahirkan secara teratur dapat membantu proses pemulihan pengembalian bentuk badan. Jangan khawatir, penurunan berat badan idealnya terjadi secara bertahap dalam beberapa bulan. Jangan terlalu gegabah mengkonsumsi obat penurun berat badan karena ibu masih harus menyusui. Ingatlah bahwa kondisi ibu akan berpengaruh terhadap kualitas ASI yang dihasilkan.