Aneh! 6 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Sperma Pria Rusak Sampai Mandul

359

Sel sperma menjadi hal yang sangat penting untuk pria. Sel sperma yang sehat dan jumlah yang sesuai syarat bisa membuat pria mendapatkan keturunan dengan mudah. Tentu saja syaratnya hanya jika bertemu dengan sel telur pada wanita yang sehat. Masalahnya sekarang kehidupan sudah sangat modern dan banyak orang hidup modern dengan cara yang berbeda. Kebiasaan yang awalnya terlihat sederhana mulai ditinggalkan padahal itu sangat sehat, misalnya berjalan kaki. Akhirnya sekarang banyak pria yang mengalami kerusakan sperma akibat gaya hidup yang buruk.

Dibawah ini adalah beberapa kebiasan yang membuat sperma pria rusak sampai mandul.

  1. Kebiasaan minuman karbonasi

Pria yang menyukai minuman berkarbonasi harus waspada dengan kondisi sperma yang buruk dan jumlah yang sangat kecil. Hal ini karena minuman karbonasi akan membuat gerakan sperma menjadi sangat lemah. Dampak ini juga terjadi jika pria minum minuman keras. Masalahnya minuman ini mengandung gula tinggi yang menyebabkan resistensi insulin. Akhirnya bisa membuat sperma lemah dan juga ancaman diabetes.

  1. Menyimpan ponsel dalam kantong

Pria yang memiliki kebiasaan menyimpan ponsel dalam kantong juga bisa mengalami kemandulan. Hal ini karena sperma mendapatkan potensi sinar radiasi yang sangat besar. Dampaknya sangat berbahaya karena area kantong berdekatan dengan organ reproduksi. Sebuah studi bahkan membuktikan jika ponsel yang disimpan dalam kantong akan menurunkan kesuburan sampai 9 persen.

  1. Selalu mandi air panas

Kebiasaan mandi air panas juga sangat buruk untuk pria. Hal ini air panas akan membuat suhu yang naik atau turun ke bagian skrotum menjadi sangat panas. Padahal area skrotum memiliki suhu yang lebih dingin. Sehingga suhu panas akan merusak sperma dan proses produksi sperma. Jika terus terjadi maka menyebabkan kemandulan.

  1. Meletakkan laptop di paha

Kebiasaan menggunakan laptop di paha dampaknya juga sangat buruk. Kondisi ini sangat berbahaya karena ternyata sinar radiasi akan masuk ke saluran reproduksi kemudian membuat sperma kurang subur. Suhu panas pada laptop juga akan menyebabkan dampak serius pada bagian skrotum. Jadi pria sebaiknya menghindari kebiasaan ini dan memilih menggunakan alas meja.

  1. Begadang

Begadang akan membuat tubuh kurang tidur sehingga dampaknya sangat buruk untuk proses metabolisme. Begadang juga akan membuat sperma kurang aktif dan produksi sperma menurun. Bahkan kurang tidur akan membuat libido menurun sehingga tidak memiliki keinginan untuk berhubungan seksual.

  1. Kebiasaan memakai celana jeans ketat

Pria harus hati-hati ketika sering menggunakan celana jeans ketat. Hal ini karena memakai celana jeans ketat akan menekan bagian skrotum dan sistem syaraf di sekitarnya. Akhirnya proses produksi sperma juga akan menurun dengan cepat dan membuat pria tidak subur. bahkan kebiasaan ini sangat buruk untuk suhu skrotum yang cenderung lebih panas tapi sebenarnya membutuhkan suhu dingin.

Ternyata kebiasan yang membuat sperma pria rusak sampai mandul memang masih umum ya. Jadi sebaiknya sekarang pria menghentikan semua kebiasaan ini dan merubah gaya hidup yang lebih baik.