5 Cara Memasak Nasi yang Benar dan Sehat

Cara memasak nasi akan berpengaruh terhadap hasil nasi yang akan Anda makan. Jika Anda memasak dengan cara yang benar maka akan menghasilkan nasi yang baik untuk dikosumsi, namun jika sebaliknya jika Anda salah dalam memasaknya maka hasilnya pun juga sebaliknya. Anda akan mendapatkan nasi yang tidak baik untuk di konsumsi. Untuk itu memahami cara memasak nasi dengan baik penting sebagai pengetahuan Anda. Sebab memasak nasi yang sehat dan benar merupakan bagian dari cara menjaga kesehatan tubuh sehari hari. Terlebih bagi Anda para ibu-ibu, mengingat nasi menjadi salah satu kebutuhan pokok yang setiap hari di konsumsi oleh hampir semua orang. Untuk itu jangan sampai Anda salah dalam memasaknya, jika sampai salah maka hukum kali resiko terhadap tubuh akan sangat berbahaya. Hal ini bukan berdampak megenyangkan justru menyakitkan tubuh. Pengen tau bagaimana cara memasak nasi yang baik dan sehat. Artikel berikut akan menjelaskannya kepada Anda.

  1. Siapkan beras yang baik

Pemilihan beras menjadi kunci utama Anda dalam memasak nasi. Beras yang baik maka akan menghasilkan nasi yang baik, namun jika sebaliknya Anda salah memilih beras maka akan menghasilkan nasi yang kurang baik. Beras yang baik tidak harus beras yang mahal, tetapi beras yang baik adalah beras yang masih segar dan rendah campuran kimia.

  1. Cuci Beras dengan Bersih

Mencuci beras menjadi langkah yang penting untuk menghasilkan nasi yang baik dan sehat. Sebab ketika mencuci ini Anda bisa menghilangkan kandungan-kandungan kimia yang menempel di beras. Kandungan kimia tersebut yang berbahaya jika Anda  tidak bersih saat mencuci dan langsung memasaknya. Hal tersebut akan sangat berbahaya jika Anda memakannya setiap hari. Kandungan kimia tersebut bisa menjadi pemicu gangguan pencernaan serta munculnya sebuah penyakit yang ada di dalam tubuh. Saat mencuci Anda bisa menggunakan air dingin, atau air hangat.

  1. Atur takaran air

Takaran air saat Anda memasaknya juga penting untuk diperhatikan. Sebab hal ini juga sangat berpengaruh dalam menghasilkan beras yang baik dan sehat untuk di konsumsi. Seperti yang dilansir Andy Merharg, profesor biologi di Queens University Belfas, beras yang sudah dicuci dengan bersih dapat dimasak dengan menggunakan air dan versa sebanyak lima banding satu.

  1. Masak Nasi

Masak nasi merupakan tahap tahap lanjutan dari tahap sebelumnya. Ada beberapa cara yang dapat Anda pilih di bagian ini.

  1. Seperti yang diajarkan Andy Merharg, profesor biologi di Queens University Belfas, selama memasak nasi Anda sisarankan untuk mengaduk sesekali. Hal ini bertujuan untuk meratakan beras agar semuanya bisa matang dengan baik. Setelah itu, ketika sudah terlihat airnya mendidih Anda disarankan untuk mengecilkan api dan tutup wadah untuk memasak nasi dengan erat selama kurang lebih 15 menit. Hal ini bertujuan untuk mematikan senyawa arsenik yang ada di dalam beras.

2. Selain itu dalam sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh The College of Chemical Sciences, mereka menemukan cara memasak nasi yang baik dan sehat, yakni dengan menambahkan satu sendok teh minyak kelapa pada air mendidih yang akan digunakan untuk memasak nasi, kemudian masukkan setengah cangkir beras dan rebus selama kurang lebih 35 menit dengan air yang sudah tercampur minyak kelapa tersebut. Setelah selesai itu, diamkan nasi beberapa waktu, dan barulah siap untuk di konsumsi. Cara ini dalam sebuah risetnya menyatakan memiliki manfaat yang cukup baik dalam membuat nasi yang baik dan sehat. Memasak nasi dengan cara ini bisa menghasilkan nasi dengan kandungan serat serat 10 kali lebih tinggi dari nasi yang dimasak dengan cara yang pada umumnya. Kandungan ini yang tentunya sangat baik dalam proses pencernaan di dalam tubuh. Bahkan selain bisa membuat serat 10 kali lipat, cara ini juga mampu menurunkan kalori 50-60. Sehingga bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, tidak perlu khawatir akan mengalami kenaikan bobot tubuh. Beras ini bisa menjadi pengganti 24 makanan yang mengandung kalori tinggi untuk mereka yang menjalankan program diet.

3. Jika Anda sering menggunakan rice cooker, ada cara yang dapat Anda pilih untuk menghasilkan beras yang baik dan sehat serta enak untuk di konsumsi. Setelah melayu tahap pembersihan, masukkan nasi ke dalam rice cooker dengan takaran air mineral  yang sesuai. Setelah itu nanti beberapa menit sampai nasi mulai mengembang. Setelah itu, Anda bisa menambahkan perasa, seperti garam, mentega atau minyak dan campuran lainnya yang dirasa aman dan Anda menyukainya.

Itulah beberapa cara memasak nasi yang benar dan mensehatkan. Cara-cara tersebut di atas dapat Anda jadikan pilihan ketika memasak nasi untuk keluarga, saudara, maupun teman. Selain bisa mensehatkan tubuh, memasak nasi dengan benar juga dapat mensehatkan tubuh. Mengingat sebagai kebutuhan utama semua orang, hampir setiap hari Anda memakan nasi untuk memulihkan stamina yang mulai lemas. Untuk itu konsumsilah beras yang baik agar stamina Anda juga bertambah baik.

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup