Sponsors Link

35 Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Secara Alami + Cepat (#Permanen)

Sponsors Link

Bau mulut harus segera di atasi, bau mulut bisa mengganggu panampilan dan kepercayaan diri seseorang. Orang yang mengalami bau mulut biasanya tidak percaya diri saat bergaul dengan orang lain dan masyarakat banyak.Orang yang di dekatnya akan merasa terganggu saat mencium bau mulutnya dan mencoba untuk menghindar berinteraksi dengan orang yang memiliki bau mulut tersebut.

ads

Jenis Bau Mulut

Bau mulut terbagi menjadi dua jenis. Jenis bau mulut ini tidak diketahui oleh banyak orang. Kebanyakan mereka hanya tahu jika bau mulut hanya ada satu macam. Berikut ini jenis bau mulut yang harus anda ketahui :

1. Bau Mulut Normal – Bau mulut yang normal akan terjadi saat pagi hari. Saat pagi hari kebanyakan orang akan memiliki bau mulut dikarenakan sekresi air liur yang kurang. Sekresi air liur yang kurang membuat orang akan memiliki bau mulut. Menggosok gigi bisa menghilangkan bau mulut tersebut.

2. Bau Mulut Akut – Bau mulut akut adalah bau mulut yang bisa disebabkan oleh infeksi dan berbagai jenis penyakit tertentu. Menggosok gigi saja tidak cukup untuk menghilangkan bau mulut ini.

Bau mulut harus segera di atasi agar tidak menyebabkan rendah diri dan membuat minder saat bergaul dengan orang lain. Banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan bau mulut tak sedap dengan cepat, agar kepercayaan diri pun kembali lagi.

Berikut ini berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut :

1. Gosok Gigi

Gosok gigi adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Orang yang menderita bau mulut biasanya disebabkan oleh jarangnya menggosok gigi. Menggosok gigi yang tepat, benar dan bersih bisa menghilangkan dan menghindarkan diri anda dari bau mulut.

2. Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut bukan hanya dilakukan dengan menggosok gigi. Namun menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah dengan menghindari terselipnya serat atau makanan di sela-sela gigi. Terselipnya serat makanan dan daging bisa membuat penampilan gigi terlihat tidak menarik dan menjijikan bagi sebagian orang.

Tidak hanya itu saja terselipnya serat dan sisa makanan di celah gigi bisa menyebabkan sakit gigi dan penyakit gigi adalah salah satu penyebab bau mulut.

3. Benang Gigi

Salah satu hal cara menghilangkan bau mulut yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan benang gigi. Benang gigi ini bisa membantu anda dalam membersihkan celah-celah gigi dari sisa makanan dan serat makanan. Benang gigi juga bisa membuat anda terhindar dari sakit gigi.

4. Obat Anti Bakteri

Salah satu hal yang bisa membuat terjadinya bau mulut adalah adanya bakteri di dalam mulut. Akibatnya adalah bakteri itu bisa menginfeksi mulut, gigi dan gusi. Efeknya, infeksi tersebut bisa menyebabkan seseorang terkena bau mulut. Untuk menghilangkan infeksi tersebut adalah dengan mengkonsumsi obat anti bakteri. Obat anti bakteri bisa membuat bakteri penyebab infeksi mati dan bau mulut pun akan hilang.

5. Obat Kumur

Jika anda tidak mau mengkonsumsi obat, anda bisa menggunakan obat kumur. Saat ini ada obat kumur yang bisa bermanfaat untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih obat kumur. Pilihlah obat kumur tanpa efek samping.

6. Alat Pembersih Lidah

Lidah adalah tempat yang disukai oleh kuman dan bakteri. Tidak hanya di gigi dan gusi saja, lidah juga tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri. Orang yang rajin menggosok gigi, bukan berarti orang itu rajin membersihkan bagian lidahnya. Selama ini lidah luput dari perhatian orang. Lidah banyak yang dilewatkan untuk dibersihkan, akibatnya adalah lidah akan jadi tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Banyak kuman dan bakteri yang bisa membentuk lapisan di lidah. Lapisan tersebut bisa menyebabkan terjadinya atau timbulnya bau busuk. Bau mulut pun bisa terjadi akibat lapisan lidah tersebut.

Untuk membersihkan kuman dan bakteri di lapisan lidah, anda bisa menggunakan alat pembersih ludah. Atau anda bisa juga menggunakan sikat gigi dan menggosok seluruh permukaan lidah secara perlahan. Kelebihan anda menggunakan alat pembersih lidah dibandingkan dengan sikat gigi adalah alat pembersih lidah akan dibuat menyesuaikan dengan tekanan yang bisa diterima lidah. Sehingga tekanan yang telah disesuaikan tidak akan melukai permukaan lidah.

7. Rokok

Salah satu cara menghilangkan bau mulut adalah berhenti merokok. Memang sulit untuk menghentikan kebiasaan ini. Tapi sulit mana menghentikan kebiasaan merokok atau dijauhi oleh orang-orang terdekat anda dan dijauhi oleh masyarakat. Bahaya merokok dapat menjadi penyebab bau mulut yang paling sering dialami oleh banyak orang. Tidak heran jika perokok akan memiliki nafas yang bau. Rokok tidak hanya membuat bau mulut saja, namun rokok juga bisa menyebabkan seseorang terkena bau badan. Badan dan mulut bau dengan rokok tentu anda tidak mau mengalaminya bukan?

8. Permen Karet

Cara mengatasi bau mulut yang bisa langsung dilakukan dengan mengunyah permen karet bebas gula. Permen karet bebas gula bisa membuat gigi anda terlindung dari tumbuhnya plak dan karang gigi. Plak dan karang gigi tersebut merupakan penyebab timbulnya bau mulut.

9. Hindari Permen Manis

Kandungan gula yang ada di dalam permen bisa memicu timbulnya kuman dan bakteri di dalam mulut. Akibatnya adalah orang yang gemar mengkonsumsi permen manis akan mudah terkena berbagai macam penyakit gigi. Penyebab sakit gigi yang menyerang di dalam mulut ini, bisa menyebabkan terjadinya bau mulut.

Oleh sebab itulah hindarilah mengkonsumsi permen manis terlalu banyak. Setelah mengkonsumsi permen sebaiknya anda langsung berkumur atau melakukan sikat gigi.

10. Menghindari Dehidrasi

Menghindari dehidrasi adalah salah satu cara menghilangkan bau mulut yang berkepanjangan. Orang yang dehidrasi akan memiliki bau mulut yang sangat menyengat efek kekurangan air putih. Ait putih bisa mencegah dehidrasi karena bisa menjaga cairan di dalam tubuh menjadi stabil.

11. Mengobati Penyakit Gusi

Penyakit gusi adalah salah satu penyebab bau mulut yang harus diwaspadai. Masalahnya, bau mulut pada penderita penyakit gusi bisa menyebabkan bau mulut yang berkepanjangan dan dalam tempo waktu yang lama. Gusi adalah tempat perkembangbiakan kuman dan bakteri selain gigi dan lidah. Anda bisa memeriksakan kesehatan gusi kepada dokter khusus yang menangangi berbagai macam gangguan dan penyakit gusi.

12. Memperhatikan Kebersihan Kawat Gigi

Kawat gigi (behel) adalah trend di masyarakat, tidak hanya remaja saja yang hobi menggunakan kawat gigi. Ibu-ibu pun banyak yang menggunakan behel atau kawat gigi. Behel berfungsi untuk menjaga kerapian gigi dan ada yang dijadikan sebagai trend semata. Entah apapun tujuan dari pemasangan kawat gigi sebaiknya tetap memperhatikan faktor kebersihan kawat gigi. Kawat gigi yang tidak diperhatikan kebersihannya rentan untuk terkena sisa makanan, sehingga kawat gigi tersebut justru bisa membuat pertumbuhan kuman dan bakteri

Jika kuman dan bakteri banyak di dalam mulut, mulut pun akan menjadi bau. Oleh sebab itu, memperhatikan kebersihan kawat gigi adalah cara untuk mengatasi bau mulut. Cara membersihkannya bisa menggosok bagian kawat gigi secara menyeluruh kemudian sebulan sekali melakukan kontrol di dokter gigi. Hal ini termasuk juga menghindari bahaya behel lepas pasang.

13. Mengunjungi Dokter

Jika anda benar-benar ingin menghilangkan bau mulut anda, anda bisa berkonsultasi ke dokter. Dokter akan memberikan solusi cara menghilangkan bau mulut yang tepat.  Namun jika tidak berhasil pemeriksaan fisik akan dilakukan terutama di bagian gigi. Jika ditemukan kelainan dan penyakit pada diri anda, dokter baru bisa memberikan solusi berdasarkan penyebabnya. Mengunjungi dokter harus dilakukan selama enam bulan sekali.

14. Spa Gigi

Spa juga bisa membuat gigi anda bersih dari berbagai macam kuman dan bakteri. Spa adalah cara yang tepat untuk mengatasi bau mulut. Spa gigi ini bisa anda lakukan selama dua bulan sekali.

ads

15. Permen Mint

Mengkonsumsi permen mint adalah salah satu cara yang bisa diakukan untuk menghilangkan bau mulut sementara. Ketika anda ingin berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain sebaiknya anda menyediakan permen ini di dalam tas atau saku anda. Kandungan mint di dalam permen itu bisa membuat nafas anda menjadi segar dan tidak bau lagi.

16. Teh Hijau

Mengkonsumsi secangkir teh hijau setiap paginya bisa mengatasi bau mulut. Hal itu dikarenakan di dalam teh hijau kaya akan atioksidan yang bermanfaat dalam membunuh kuman, bakteri dan zat-zat penyebab bau mulut.

17. Rebusan Daun Sirih

Selama ini daun sirih hanya dikenal sebagai obat dari berbagai macam masalah kewanitaan. Namun siapa sangka jika rebusan daun sirih juga bisa digunakan sebagai penghilang bau mulut. Rebusan daun sirih bersifat antiseptik. Sifat antiseptik tersebut bisa membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

Caranya adalah sehabis sikat gigi anda bisa menjadikan rebusan daun sirih sebagai obat kumur. Setelah menggosok gigi dan berkumur menggunakan air bersih, anda bisa berkumur kembali menggunakan rebusan daun sirih.

18. Hindari Makanan Berbau Tajam

Saat anda akan bersosialisasi dengan orang banyak sebaiknya, hindari berbagai macam makanan berbau tajam. Aroma makanan tersebut bisa mengendap lama di dalam mulut sehingga meskipun anda telah berjam-jam memakan makan tersebut, aromanya akan tetap ada seperti efek samping mengkonsumsi durian.

Tidak semua orang menyukai aroma makanan yang berbau tajam. Oleh sebab itulah anda harus menghindari makanan berbau tajam agar tidak terkena bau mulut. Makanan berbau tajam itu misalnya adalah bawang putih, petai, jengkol dan masih banyak lagi lainnya.

19. Batasi Alkohol

Orang yang suka meminum minuman beralkohol juga akan memiliki bau mulut yang tidak enak. Hal itu dikarenakan kandungan kimia di dalam alkohol tersebut bisa menimbulkan bau mulut. Bau mulut peminum alkohol biasanya adalah bau minuman alkohol yang habis diminumnya, namun lama kelamaan bahaya alkohol tersebut akan berubah menjadi bau busuk.

20. Berkumur

Cara menghilangkan bau mulut tak sedap bisa dilakukan dengan berkumur. Hal itu dikarenakan, saat berkumur bisa membuang dan menghilangkan kuman dan bakteri di dalam mulut, meskipun memang tidak seefektif dengan gosok gigi. Jika anda habis memakan makanan yang manis dan menimbulkan bau mulut dan anda jauh dari rumah, anda bisa berkumur untuk menetralisir bau akibat memakan makanan tersebut.

21. Kapsul Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C secara teratur bisa membuat sistem imun menjadi meningkat. Kapsul vitamin C yang dikonsumsi secara teratur juga bisa membuat bau mulut menghilang. Penyebabnya adalah vitamin C bisa meningkatkan sistem imun sehingga kuman dan bakteri tidak bisa bertahan lama di dalam tubuh.

22. Jangan Lewatkan Sarapan

Untuk menghindari dan mengatasi bau mulut, anda bisa menggunakan cara sarapan teratur setiap pagi. Orang yang sarapan teratur setiap pagi bisa memproduksi air liur yang cukup dibandingkan dengan orang yang tidak pernah sarapan setiap paginya. Air liur yang kurang bisa membuat seseorang terkena bau mulut.

23. Kopi Hitam

Kopi hitam juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Kandungan di dalam kopi hitam bisa menetralisir bau mulut dan membunuh berbagai macam kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Anda bisa mengunyah sebanyak sekepalan dari kopi hitam murni. Namun jika anda tidak bisa melakukannya, anda bisa menyeduh kopi hitam tersebut dengan menggunakan satu sendok teh gula.

Rasa pahit yang dihasilkan bisa membuat kuman dan bakteri penyebab bau mulut menjadi hilang dan mati.

24. Susu Kental Manis

Susu kental manis juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Kandungan vitamin, kalsium dan mineral yang ada di dalam susu kental manis tersebut bisa membuat bau mulut anda menjadi hilang.

25. Mengunyah Beras

Cara menghilangkan bau mulut secara alami bisa dengan mengunyah beras. Anda bisa menggunakan segenggam beras untuk dikunyah. Jangan ditelan, namun anda harus membuang kunyahan beras tersebut. Kandungan di dalam beras dipercaya bisa menghilangkan kuman dan bakteri penyebab bau mulut.

26. Air Garam

Yodium pada garam tidak hanya bisa berfungsi sebagai penghilang diare, namun juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Caranya adalah campurkan garam di air, aduk hingga rata kemudian kumurlah secara teratur menggunakan air garam tersebut.

Sponsors Link

27. Stroberi

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengusir bau mulut adalah dengan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti stroberi. Kandungan vitamin C di dalam buah stroberi dipercaya mampu mengatasi bau mulut karena bisa mencegah masuknya kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut.

29. Air Perasan Lemon

Anda bisa menggunakan air perasan lemon untuk menghilangkan bau mulut. Caranya adalah siapkan air bersih, lalu campurkan dengan perasan air lemon ( 2 buah lemon ). Gunakan untuk berkumur sebanyak dua kali sehari. Lemon kaya akan vitamin C, sehingga air perasannya bisa digunakan untuk mencegah berbagai macam kuman dan bakteri masuk ke dalam tubuh.

Vitamin C pada lemon juga bisa meningkatkan sistem imun. Sistem imun yang meningkat bisa membuat kuman dan bakteri itu terbunuh oleh zat antibodi yang dimiliki oleh tubuh.

29. Mengkonsumsi Pir

Selain menyegarkan karena banyak kandungan air di dalamnya, mengkonsumsi pir juga bisa digunakan sebagai pencegah bau mulut. Alasannya adalah tekstur pir yang keras bisa digunakan sebagai pembersih sela gigi dari berbagai macam sisa makanan dan serat makanan yang menyelip di dalam celah gigi.

30. Jeruk Nipis dan Madu

Anda bisa membuat ramuan tradisional dari perasan air jeruk nipis yang dicampurkan dengan madu. Kandungan makanan yang mengandung vitamin C pada air jeruk nipis dan pada madu dipercaya bisa menghilangkan bau mulut. Minum sebanyak tiga kali sehari.

31. Kayu Manis

Kayu manis memiliki bau yang sedap sehingga cocok dijadikan untuk pemanis dan perasa makanan. Karena baunya yang enak, kayu manis juga bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bau mulut. Caranya adalah dengan merebus kayu manis bersama dengan teh. Minum sebanyak dua kali seahri secara teratur.

32. Kencur

Kencur memiliki kandungan minyak atsiri. Minyak atsiri tersebut bisa menghilangkan bau mulut di dalam mulut. Caranya adalah dengan merebus 5 gram kencur dicampurkan dengan 15 gram daun sirih. Saring dan kemudian minum air rebusannya secara teratur.

33. Jahe Dan Ketumbar

Ketumbar yang dicampurkan dengan jahe bisa menghilangkan bau mulut. Hal itu dikarenakan kandungan minyak atsiri pada jahe dan ketumbar bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Caranya adalah dengan mencampurkan jahe dan ketumbar kemudian merebusnya. Saring air rebusannya kemudian minum air rebusannya selagi hangat.

34. Mengkonsumsi Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan yang bisa menciptakan bakteri baik dan membunuh bakteri jahat. Mengkonsumsi yogurt secara teratur bisa digunakan untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut.

35. Lengkuas

Lengkuas adalah salah satu tanaman obat keluarga yang bisa digunakan sebagai penghilang bau mulut. Masakan yang diberi lengkuas aromanya akan terasa sedap dan harum. Bau harum dari lengkuas juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Caranya adalah dengan merebus lengkuas dan meminum air rebusannya.

Sponsors Link

Tips Mencegah Bau Mulut

Seseorang tentu tidak mau terkena bau mulut. Hal itu dikarenakan orang tidak mau dijauhi oleh masyarakat disekitarnya dikarenakan bau mulut yang dideritanya. Berikut ini berbagai macam hal yang bisa digunakan untuk mencegah bau mulut :

  • Menghindari Penyebab Bau Mulut

Jika anda ingin terhindar dari bau mulut, cara utama untuk mencegah bau mulut adalah menghindari berbagai macam penyebab timbulnya bau mulut.

  • Memeriksakan Gigi, Gusi dan Mulut Secara Teratur

Anda harus memeriksan kesehatan gigi, gusi dan mulut minimal tiga bulan sekali atau enam bulan sekali. Gigi, gusi dan mulut yang sehat bisa menciptakan kepercayaan diri karena gigi, gusi dan mulut yang sehat serta tidak adanya bau mulut yang diderita.

  • Makanan yang Memproduksi Air Liur

Untuk mencegah terjadinya bau mulut, anda bisa mengkonsumsi berbagai macam makanan makanan yang bisa memproduksi air liur. Kurangnya air lur membuat nafas menjadi bau tidak enak. Makanan itu adalah keju dan produk olahan susu.

  • Konsultasi Ke Dokter

Anda juga bisa konsultasi ke dokter selama enam bulan sekali untuk bisa mencegah terjadinya bau mulut. Dokter akan memberikan solusi lebih detail agar Anda tidak terkena bau mulut.

  • Jangan Pakai Behel

Jika gigi Anda tidak bermasalah, sebaiknya Anda tidak usah memakai behel. Behel yang dipasang hanya mengikuti trend sebaiknya jangan memasangnya. Tidak memakai behel bisa membuat anda terhindar dari bau mulut.

Orang yang memiliki bau mulut akan merasa dikucilkan dan terasing dengan masyarakat sekitar. Akibatnya adalah rendah diri pun akan dialami oleh pemilik bau mulut. Bau mulut sebenarnya adalah hal wajar, asalkan tidak berlebihan dan di waktu-waktu tertentu saja. Jika bau mulut disertai dengan keluhan-keluhan dan tidak mengenal waktu maka bisa dikatakan bau mulut itu adalah abnormal. Hal inilah yang harus diwaspadai, konsultasikan dengan tenaga medis sesegera mungkin jika ditemui hal ini.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 18th, May 2015 / 08:02 Oleh :
Kategori : Bau Mulut