Penyebab dr. Ryan Thamrin Meninggal dan Kronologisnya

1351

Program dr. OZ yang sangat populer membawa nama dr. Ryan Thamrin dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Namun sayangnya, kita tak lagi dapat melihat dokter ganteng ini di televisi karena meninggalnya dr. Ryan Thamrin pada hari Jumat, 4 Agustus 2017 sangat mengejutkan. Indonesia kembali dihebohkan dengan kabar duka ini.

Pria kelahiran Tanjungpinang ini lahir pada 27 Mei 1978 dan jelas kepergiannya yang begitu mendadak akan menjadi luka mendalam untuk keluarga, sanak saudara, sahabat hingga para penggemar dan orang-orang yang mencintai dan mendukungnya selama ini. Semasa hidupnya, sang dokter sangat suka berbagi ilmu kesehatan dan tak dipungkiri bahwa sebagian dari kita pun pasti mengikuti segala tips dari almarhum dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak orang, terutama wanita yang sangat menyukai dr. Ryan Thamrin dan itulah mengapa acara dr OZ Indonesia menjadi populer. Segala pengetahuan dan tips tentang penyakit apapun hingga gaya hidup sehat dibagikan oleh sang dokter sehingga mampu membantu banyak orang dengan masalah kesehatannya masing-masing. Namun dikabarkan bahwa tak lagi menjadi presenter, Ryan Thamrin tinggal di Pekanbaru, Riau.

Finalis dari Abang None 2003 ini mengembuskan nafas terakhirnya dengan kabar penyebab kematian yang berbeda-beda. Penyakit saluran cerna hingga kanker disebut-sebut menyerang sang dokter dan alasan tersebut jelas mengagetkan banyak orang.

Kronologis Kematian dr. Ryan Thamrin

Publik tentu tak menyangka bahwa ketidakmunculannya pada acara yang menginspirasi banyak orang untuk hidup sehat bakal berujung seperti ini. Tak disangka-sangka, kepergian dr. Ryan Thamrin begitu cepat dan bahkan penyebab kematiannya pun menjadi heboh. Di dunia maya, banyak orang mulai memperbincangkannya sehingga menjadi topik hangat yang cukup memprihatinkan.

Sebelumnya, ada beberapa warga net yang menyebutkan bahwa dokter tampan ini meninggal dikarenakan jatuh di kamar mandi. Hanya saja, sebagian warga net lainnya mengatakan bahwa dokter Ryan sudah sejak lama menderita suatu penyakit yang awalnya tak dijelaskan secara mendetail. Mantan presenter program dr OZ Indonesia ini meninggal pada pukul 03.30 dengan kabar penyebab kematian yang cukup simpang siur.

Meninggal dunia di rumah kakak almarhum, Pekanbaru, Riau, kabar meninggalnya dokter Ryan sangat menghebohkan karena juga adanya foto mengejutkan yang tersebar di dunia maya. Foto tersebut adalah foto yang menunjukkan keadaan sang dokter terakhir kalinya sebelum meninggal.

Lebih memprihatinkan lagi adalah ketika melihat kondisi tubuhnya yang sangat berbeda dari yang sebelumnya kita lihat di televisi. Tubuhnya begitu tampak kurus dan kering sehingga hal ini mengagetkan banyak orang yang sudah terbiasa menontonnya di televisi beberapa waktu lalu.

Foto yang beredar di Internet tersebut, tampak sang dokter memakai atasan berupa kaos berwarna hijau dan bawahan berupa celana jins. Jika melihat foto terakhirnya, kita pun akan terperangah karena sosoknya sangatlah berbeda dari yang selama ini kita lihat dan kenal. Dan hal tersebut dikabarkan karena adanya penyakit akut yang sudah dideritanya selama setahun terakhir.

Penyebab Kematian dr. Ryan Thamrin

dr. Ryan ThamrinKabar duka mendadak ini akhirnya diperjelas dengan pihak keluarga dokter Ryan yang buka suara. Informasi bahwa penyebab kematian sang dokter karena jatuh di kamar mandi hingga bahkan karena penyakit jantung serta kanker otak dan kanker rektum tidaklah benar, seperti apa yang dijelaskan oleh keluarga dokter Ryan sendiri.

Sepupu almarhum yang bernama Doni Apriyaldi mengungkapkan bahwa dokter Ryan sebenarnya menderita maag akut. Alasan ketidakmunculannya di televisi pun menjadi jelas karena sang sepupu juga menceritakan bahwa dokter Ryan bahkan selama ini tengah menjalani pengobatan di Malaka, Malaysia dan selama berobat, almarhum menjalani rawat jalan.

Penyebab yang tadinya dikabarkan begitu simpang siur ditambah ada pula yang mengatakan tentang kanker sebagai penyebabnya, itu disebabkan oleh kabar bahwa di kepala almarhum ditemukan benjolan. Sang sepupu pun juga menjelaskan ketakutan sang ibu almarhum dan keluarga dekat karena menemukan adanya benjolan tersebut, di mana biasanya dianggap sebagai tumor atau kanker. Dan Doni juga mengatakan bahwa benjolan tersebut belum sempat dioperasi.

Dunia hiburan menjadi sangat sepi karena ketidakhadiran dokter Ryan karena memang almarhum menghentikan aktivitasnya sebagai presenter selama sakit. Tak banyak yang tahu bahwa dokter Ryan menderita maag akut dan sudah setahun terakhir ini. Itulah mengapa ia menjalani pengobatan intensif rawat jalan supaya ia bisa memulihkan kembali kondisinya.

Dalam akun Facebook pribadi rekan sejawat almarhum, Dr. Suryo Bawono, Sp.OG yang juga seorang dokter dan pernah bertemu dengan dokter Ryan disampaikan juga penyebab dari meninggalnya Ryan Thamrin. Dalam postingannya dikatakan bahwa ia mendapatkan kesan bahwa sang dokter enggan menyulitkan serta merepotkan banyak orang di sekitarnya. Inilah yang kiranya menjadi alasan mengapa tak banyak orang tahu tentang kondisi terakhirnya.

Kondisi tubuh yang kurus kering dalam foto kondisi terakhirnya yang beredar luas juga telah terjawab oleh postingan sang rekan. Beliau mendapatkan informasi dari kakak almarhum dan menjelaskan bahwa almarhum menderita sakit saluran cerna atau maag akut tadi. Dari situlah, dokter Ryan menjadi sulit makan sehingga beberapa hari sebelum meninggalnya sang dokter, tak ada makanan yang bisa masuk ke dalam tubuh almarhum.

Seperti kita ketahui, penyakit maag akut dan kronis sangat berbahaya di mana penderitanya akan kehilangan selera makan dan akan mengalami muntah-muntah secara terus-menerus. Meski tubuhnya tak lagi bisa kemasukan makanan apapun, sayangnya almarhum tak ingin berobat dan dirawat, seperti yang dijelaskan oleh dokter Suryo.

Dokter Suryo pun akhirnya melayat langsung ke tempat di mana jenazah disemayamkan, yakni rumah duka yang berada di Jalan Kesadaran Gg. Kesabaran Tangkerang, Labuai. Rekan sejawatnya ini sebenarnya bisa berkesempatan untuk melihat terakhir kali wajah almarhum dokter Ryan. Namun hal tersebut ia tolak dengan mengungkapkan alasan bahwa ia cukup ingin mengenang wajah almarhum sewaktu masih sehat dulu.

Almarhum juga diceritakan merupakan seorang yang tak sombong dan bahkan amat sopan. Ada banyak tips kesehatan yang diberikan oleh Ryan Thamrin kepada istri dokter Suryo. Sosok pria ini sayangnya kini tak lagi dapat membantu dan berbagi kepada kita semua. Pemakaman dokter Ryan dilaksanakan siang ini seusai sholat Jumat yang bertempat di TPU yang tak jauh letaknya dari rumah duka.

Selamat jalan, dr. Ryan Thamrin, semoga Allah memberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Amin.