Ingin Meluruskan Rambut dengan Catokan? Perhatikan Dulu 8 Hal Ini

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Bagi pemilik rambut alami yang bergelombang atau keriting, beberapa orang khususnya wanita ingin memiliki rambut lurus. Berbagai cara bisa dilakukan, mulai dengan meluruskan rambut di salon melalui proses rebonding atau smoothing, namun ada pula yang membeli catokan sendiri untuk bisa meluruskan rambut setiap kali diperlukan.

Sebelum memutuskan sering-sering meluruskan rambut, ada beberapa hal lho yang perlu diperhatikan supaya rambut lurus tapi tetap sehat. Paparan panas berlebihan bagi rambut bisa sangat berbahaya, maka ini dia sejumlah tips yang kiranya bisa membantu.

1. Memilih Catokan dengan Lapisan Keramik

Alasan rambut saat sering dicatok menjadi kusam, kering serta kasar adalah kelembaban rambut yang hilang akibat paparan plat panas dari catokan rambut. Maka penting untuk dari sekarang mempertimbangkan membeli catok rambut yang ada lapisan keramiknya pada plat supaya rambut tak gampang rusak.

2. Menyetel Suhu Catokan Maksimal

Penyebab rambut rontok serta rusak salah satunya adalah pemakaian catok rambut dengan panas berlebihan. Itulah kenapa, pengaturan suhu harus tepat di mana suhu maksimalnya justru seharusnya ada di bawah 160 derajat Celsius supaya aman ketika dipakai mencatok dan meluruskan rambut. Sebab meski semakin panas catokan semakin cepat rambut lurus, tapi risiko kerusakan pun jadi lebih tinggi lho.

3. Memakai Serum Rambut Sebelum Meluruskan

Karena suhu panas yang tinggi dari alat catok rambut bisa merusak rambut dengan mudah hingga efeknya fatal, jangan lupa siapkan juga serum khusus rambut. Pakailah lebih dulu ke seluruh rambut secara merata sebelum menggunakan catokan untuk meluruskan, tujuannya supaya rambut terlindung, berkilau dan efek lurus rambut lebih awet.

4. Memakai Iron Protection Spray

Jika proses pelurusan rambut dengan catokan cukup sering, selain serum ada pula iron protection spray yang bisa diterapkan pada rambut sebagai lapisan sebelum dicatok. Tujuannya adalah supaya rambut terlindung dari efek suhu tinggi dari plat catok rambut yang kerap menyentuh rambut kita.

5. Meluruskan Rambut Hanya Saat Rambut dalam Kondisi Kering

Proses meluruskan rambut yang aman adalah saat rambut dalam keadaan kering. Hindari meluruskan rambut saat masih basah karena dalam kondisi basah justru tingkat kerapuhan rambut sedang tinggi-tingginya. Keringkan dulu rambut kita sebelum mulai mencatok meluruskannya.

6. Memilik Catokan yang Ukurannya Sesuai Rambut

Rambut tebal dan tipis, panjang dan pendek rupanya memerlukan tipe catokan yang berbeda supaya aman. Seperti misalnya pemilik rambut tipis dan pendek, plat catok rambut dengan ukuran sempit lebih dianjurkan. Sementara bagi pemilik rambut tebal nan panjang, permukaan plat catokan yang lebar lebih disarankan.

7. Memakai Catokan yang Bersih

Berkali-kali memakai catokan, tentu saja ada risiko catokan akan kotor di mana bila kita memakainya tanpa membersihkan, bisa-bisa rambut kita ikut kotor dan tidak sehat jadinya. Maka dari itu, rajin-rajinlah membersihkan catokan rambut; memakai kain bersih saja sudah cukup kok, tapi pastikan plat catok rambut dalam kondisi dingin ya saat dibersihkan. Tujuannya adalah supaya helaian rambut, minyak serta kotoran lainnya pada catokan rambut bisa hilang.

8. Meluruskan Rambut Cukup Seminggu 3-4 Kali

Pelurusan rambut menggunakan catokan sebenarnya tak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Justru yang lebih baik dan aman supaya mampu meminimalisir risiko kerusakan adalah dengan melakukannya seminggu maksimal 3-4 kali saja. Paparan panas terlalu tinggi dan sering tak baik untuk kesehatan dan penampilan rambut.

Itu dia sederet tips atau hal-hal yang penting diperhatikan bila ingin meluruskan rambut khususnya dengan alat pencatok rambut demi menghindari bahaya rambut rontok, kusam dan rusak. Tampil cantik dengan rambut lurus sah-sah saja, tapi jangan lupa ya tetap memerhatikan kesehatan rambut.