Categories: FeaturedKanker

Vidi Aldiano Kena Kanker Ginjal, Kenali Gejala dan Penyebabnya

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Organ penting seperti ginjal yang lokasinya ada pada dua sisi punggung bawah, tepatnya bawah tulang rusuk pun dapat terkena kanker. Padahal, ginjal sendiri merupakan organ yang vital dengan fungsi utama sebagai penyaring kotoran dalam darah. Setelah dari proses penyaringan, kotoran-kotoran tersebut akan dibuang dalam bentuk urine ketika buang air kecil.

Bahkan ginjal merupakan organ yang menghasilkan hormon renin dan erythropoietin lho, yakni hormon yang bertugas menjadi pengontrol tekanan darah sekaligus pembentuk sel-sel darah merah dalam tubuh. Kanker ginjal pun bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali seorang penyanyi muda Vidi Aldiano yang belum lama ini dikabarkan lewat akun Instagram pribadinya bahwa ia menjadi salah satu penderita penyakit ini.

Alhasil, pada Jumat (13/12) lalu dirinya perlu menempuh operasi pengangkatan ginjal sisi kiri di sebuah rumah sakit di Singapura. Tak ada yang tahu bahwa pria kelahiran 29 Maret 1990 ini mengidap penyakit yang begitu mengerikan seperti kanker ginjal. Kenali apa saja faktor yang bisa jadi penyebabnya sekaligus kondisi seperti apa yang menjadi gejalanya.

Penyebab

Belum diketahui jelas dan pasti apa sebenarnya sebab kanker ginjal, namun mutasi beberapa sel ginjal pada DNA adalah awal dari kanker ginjal menurut para ahli medis. Mutasi inilah yang memberi perintah pada sel-sel untuk berkembang dan melakukan pembelahan sehingga terjadi begitu cepat yang pada akhirnya sel-sel abnormal berkumpul dan terbentuklah tumor.

Namun selain itu menurut Mayo Clinic, tetap ada sejumlah kondisi yang menjadi faktor peningkat risiko seseorang bisa kena kanker ginjal, yaitu antara lain:

  • Obesitas
  • Kebiasaan merokok
  • Orang tua
  • Paparan terhadap komponen atau bahan kimia tertentu secara sering dan tanpa disadari
  • Riwayat kesehatan keluarga dengan kanker ginjal
  • Memiliki kondisi penyakit atau sindrom tertentu yang diturunkan
  • Dialisis jangka panjang (perawatan untuk gagal ginjal)
  • Hipertensi alias tekanan darah tinggi

Gejala

Kanker ginjal jarang diketahui dan disadari di awal karena tak ada tanda-tanda khusus pada stadium awalnya. Masalahnya lagi, belum juga ada tes atau metode pemeriksaan yang mampu mendeteksi kanker ginjal ketika gejala saja tidak ada. Namun gejala-gejala yang bisa diwaspadai pada kondisi stadium lanjutan antara lain adalah:

  • Demam yang tak menentu, kadang hilang namun kemudian muncul lagi
  • Kelelahan
  • Penurunan berat badan dengan alasan yang tidak dapat dijelaskan
  • Selera makan turun dan hilang
  • Sisi atau belakang punggung terus-menerus merasakan sakit yang tak kunjung hilang
  • Buang air kecil berdarah

Jika gejala sudah mulai persisten alias terus-terusan dan tak kunjung reda, perlu untuk segera mengunjungi dokter dan melakukan pemeriksaan secepatnya. Sebagai langkah pengobatan, operasi adalah jalan yang perlu ditempuh.

Seperti halnya yang dijalani oleh Vidi Aldiano, salah satu ginjalnya harus diangkat di mana hal ini disebut dengan nefrektomi. Pengangkatan ginjal yang terkena kanker adalah salah satu cara ampuh dalam menangani kanker ginjal, namun ada pula yang hanya diangkat tumornya saja bila kondisi masih tergolong ringan.

Sebagai langkah pencegahan kanker ginjal, menjaga kestabilan berat badan agar terhindar dari obesitas, lalu berhenti merokok, serta mengontrol kadar tekanan darah dengan melakukan pengecekan rutin sekaligus menjaga pola makan adalah yang paling dianjurkan. Mengikuti tips diet sehat tentunya menawarkan banyak manfaat di mana salah satunya adalah terjauh dari risiko perkembangan kanker dalam tubuh.