Begini 12 Penyebab Mual Saat Puasa yang Belum Banyak Dipahami

222

Perut mual merupakan kondisi yang umum di alami semua orang yang menjalani ibadah puasa  dimana kondisi tersebut merupakan respon alamiah dari jaringan perut yang sedang berusaha untuk beradaptasi dengan pola makan yang berubah.

Penyebab mual

Penyebab mual saat puasa berbeda beeda pada setiap individu tetapi pada dasarnya mempunyai dampak buruk yang sama pada sistem pencernaan berupa munculnya rasa nyeri, Melilit dan rasa tak nyaman pada area perut hingga kadang melebar ke arah ulu hati.

1.Asam lambung naik

Salah satu cara menghilangkan mual karena asam lambung naik wajib dicoba adalah dengan melakukan teknik kesehatan alternatif akupresur dan akupuntur.  Munculnya asam lambung yang meningkat ketika berpuasa dapat disebabkan karena setelah sahur langsung tidur. Tidur dalam kondisi perut yang sangat kenyang  menyebabkan kinerja sistem pencernaan menjadi berat sehingga lambung akan tetap bekerja ketika anda terbangun dari tidur. Keadaan itulah yang menyebabkan tekanan pada dinding lambung dan menimbulkan rasa mual  bahkan keinginan untuk muntah.

2. Kurang minum air putih

Saat sahur disarankan untuk memperbanyak minum air putih agar tubuh senantiasa bugar dan terhindar dari dehidrasi saat siang hari.   Bahaya  akibat kurang minum air putih yang bisa mengganggu puasa anda adalah tubuh kekurangan cairan saat berpuasa dan  menyebabkabn tubuh mudah lelah atau kehilangan energi lalu menyebabkan area perut bagian bawah menderita tekanan yang berulang hingga menimbulkan rasa mual.

3. Kafein

Menghindari makanan dan  minuman yang mengandung kafein tinggi  menyebabkan tubuh terhindar dari dehidrasi, Tidak mudah merasa dahaga , Tubuh tidak mudah lelah saat beraktivitas  dan kadar asam lambung  dipastikan tidak akan cepat naik beberapa jam setelah sahu . Hindari kafein berlebihan saat sedang berbuka atau sahur karena kafein justru akan menekan dinding lambung, Mempermudah naiknya asam lambung saat siang hari dan memperlambat kinerja sistem pencernaan sehingga munculah rasa mual.

4. Makan malam berlebihan

Makanlah ketika berbuka puasa tetapi berhentilah sebelum perut benar bebar terasa kenyang dan penuh, Agar lambung mempunyai jedah waktu untuk mencerna secara lancar. Makan yang berlebihan saat sahur atau berbuka puasa dapat menjadi salah satu penyebab mual saat puasa yang datang timbul tenggelam. Makanan yang tewrlalau banyak didalam lambung akan menyebabkan kinerja lambung dan usus menjadi lebih berat, Hal inilah yang menyebabkan rasa mual .

5. Makanan tidak matang

Makanan yang dimasak dengan proses yang tidak benar benar matang, Setengah matang atau bahkan mentah dapat menjadi penyebab mual saat puasa. Makanan yang tidak matang atau sengaja yang dikonsumsi dalam kondisi mentah disinyalir masih mengandung banyak bakteri atau mikroba lain yang hanya mati ketika makanan mendapat proses perebusan. Serangan bakteri, Kuman dan sebagianya dapat mencederai lambung  dan menaikkan asam lambung  sehingga perut terasa mual mual.

6.Stres

Stres ringan dan berat saat sedang berpuasa dapat menyebabkan sistem pencernaan mendapatkan tekanan yang berulang yang akhirnya menyebabkan munculnya rasa mual dan tidak enak pada ulu hati.  Ciri ciri stres yang mengancam kesehatan tubuh adalah perubahan prilaku hingga kesulitan tidur.  Stres dapat mempersempit pembuluh darah diseluruh tubuh termasuk pada pencernaan yang sangat berhubungan dengan kondisi lambung. Stres terus menerus saat sedang berpuasa menyebabkan perut yang kosong terasa lebih lapar, Muncul rasa dahaga lebih cepat  dan lambung menderita rasa nyeri yang berulang.

7.Makanan yang sulit di cerna

Hindari makanan yang sulit dicerna usus dan tubuh selama berpuasa agar terhindar dari  rasa mual  dan keinginan untuk muntah. Penyebab mual saat puasa paling sering di akibatkan seseorang mengkonsumsi kentang tumbuk, kacang merah, Coklat terlalu berlebihan dan lain lain. Pencernaan akan terus bekerja lebih ekstra jika makan yang kita konsumsi justru sulit untuk dicerna, Hal itu menekan lambung dan memicu meningkatnya asam lambung secara perlahan lahan  yang pada akhirnya munculah mual mual.

8.Cita rasa makanan

Salah satu penyebab mual saat puasa yang paling sering terjadi dan tidak disadari bayak orang adalah pemilihan makana yang salah saat sahur dan berbuka puasa. Kebanyakan makanan yang dipilih adalaha makana yang memilki citarasa terlalu asam, Terlalu pedas bahkan terlalu asin. Jika makanan tersebut disantap terlalu banyak maka dapat menyebabkan perut mual karena pencernaan perlu menyesuaikan diri pada makanan tersebut sedangkan lambung dalam kondisi kosong.

9. Makanan mengandung gas

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gas tinggi  sebenarnya tidak sepenuhnya dilarang tetapi hendaknya dikonsumsi sewajarnya saja dan tidak menjadikan makanan tersebut sebagai menu wajib untuk di santap. Makanan yang mengandung gas termasuk sayur kol, Kubis, Buah kedondong, Nangka, Durian, Anggur dan lain lain. Makanan tersebut merupakan makanan penyebab mual saat puasa  karena sangat mudah menyebabkan asam lambung meningkat disiang  hari dan menjelang berbuka puasa.

10. Makanana instan

Penyebab mual saat puasa  yang masih sering terjadi adalah akibat mengkonsumsi  terus menerus saat berbuka puasa atau sahur dengan makanan instan misalnya mie bihun, Mie instan  atau Jenis Spaggeti. Salah satu bahaya makanan instan bagi kesehatan tubuh adalah menyebabkan usus dan lambung akan bekerja lebih berat untuk menggilingnya dan berusaha keras untuk menahan agar asam lambung tidak meningkat, Kondisi ini menyebabkan perut menjadi terasa penuh, Begah dan mual mual.

Makanan instan merupakan makanan yang masih boleh dimakan saat sahur atau berbuka puasa, Tetapi lebih bijaksana jika makanan tersebut merupakan salah satu makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa jangan dikonsumsi secara berlebihan jika memang harus mengkonsumsinya dengan alasan tidak ada jenis makanan lain yang harus disantap.  Hal ini dilakukan agar  perut tetap dalam kondisi terbaiknya atau tidak mengalami mual mual. 

11. Minuman kaleng

Minuman berkarbonasi atau bersoda cenderung mengandung banyak zat glukosa dan bahan pengawet lain . Bahaya minuman kaleng bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak saat sahur dan berbuka puasa adalah menyebabkan rasa mual dan nyeri pada bagian perut  selain itu kadar gula yang tinggi dalam minuman bersoda dapat mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan kadar gula dalam darah jika gula yang menumpuk dalam darah tidak segera diubah menjadi energi. Gula dalam darah akan segera diubah tubuh menjadi energi jika tubuh dalam kondisi bergerak secara konsisten atau sedang melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat.

12.Aktivitas berat

Melakukan aktivitas saat berpuasa tanpa melakukan peregangan otot atau  tanpa istirahat sejenak di sela sela kesibukan dapat menjadi penyebab mual saat puasa bahkan pusing pusing dan tubuh menderita kelelahan luar biasa. Sistem pencernaan butuh istirahat dan kondisi tetap tenang saat anda sedang berpuasa, Sebaiknya lakukan aktivitas dengan tidak terburu buru. Menghindari pekerjaan yang terlalu banyak memakan energi adalah solusi terbaik agar tubuh tetap dalam kondisi prima dan perut terhindar perut dari mual mual.