25 Manfaat Jogging Di Pagi Hari untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh adalah kebutuhan yang harus dilakukan oleh setiap orang. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan berolahraga. Banyak jenis olahraga yang bisa dicoba. Salah satunya adalah jogging atau olahraga dengan berlari.

Jogging bisa dilakukan di beberapa waktu. Ada yang melakukan jogging pada pagi hari, siang hari, sore hari hingga malam hari. Akan tetapi waktu yang paling banyak dipilih untuk melaksanakan jogging adalah pagi hari.

Pagi hari dipilih untuk melakukan jogging karena dirasa merupakan waktu yang paling tepat. Pada pagi hari, udara masih belum terlalu panas dan juga masih segar. Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah perbukitan atau dataran tinggi, udara pagi pasti sangat menyejukkan.

Jogging banyak dilakukan di pagi hari karena memiliki banyak manfaat. Melakukan jogging 20-30 menit setiap pagi memiliki dampak yang cukup besar bagi kesehatan. Berikut manfaat jogging di pagi hari yang perlu anda ketahui.

  1. Menurunkan berat badan

Banyak orang yang memilih melakukan jogging sebagai salah satu kegiatan dalam program dietnya. Hal ini karena ketika melakukan jogging, kalori dalam tubuh akan terbakar dan metabolisme dalam tubuh juga akan meningkat. Jogging akan membakar lemak berlebih di beberapa bagian tubuh seperti perut, pinggang dan pinggul sehingga tubuh menjadi lebih langsing dan padat. Jika anda telah melakukan banyak cara diet dan belum berhasil, mungkin anda patut menambahkan rutinitas jogging dalam program diet anda. Jogging tidak perlu dilakukan ditempat yang mahal seperti Gym. Cukup dengan berlari dipagi hari maka tubuh akan tetap memperoleh banyak manfaat baik dari aktivitas ini.

  1. Menjaga stamina tubuh

Ketika tubuh mengalami kelelahan dan penurunan stamina setelah menjalani rutinitas harian, jogging di pagi hari adalah salah satu cara untuk mengembalikan stamina tersebut. Sebuah penelitian di Universitas Georgia mendapatkan sebuah hasil bahwa jogging di pagi hari dapat meningkatkan hingga 65% level energi yang dimiliki. Oleh sebab itulah mengapa jogging sangat baik dipilih untuk mengembalikan stamina yang hilang setelah bekerja seharian.

  1. Mengurangi resiko terserang penyakit

Telah dikatakan sebelumnya bahwa jogging dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme dalam tubuh ini nantinya akan membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit. Sistem metabolisme akan melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit berbahaya.

  1. Menghilangkan stres

Tahukan anda jika olahraga dapat meningkatkan mood baik anda? Ya, dengan melakukan olahraga jogging di pagi hari, mood baik anda akan selalu terjaga. Saat melakukan jogging dipagi hari, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh yang bertugas sebagai perangsang rasa bahagia sehingga stres yang anda rasakan akan berkurang. Jogging di pagi hari yang dilakukan bersama-sama dengan sahabat akan lebih memberikan kesan perasaan menyenangkan yang sangat dibutuhkan untuk memulai hari.


  1. Memperbaiki nafsu makan

Manfaat yang satu ini mungkin sedikit berlawanan dengan program diet yang anda lakukan. Biasanya ketika anda selesai melakukan jogging di pagi hari, keinginan makan akan meningkat. Hal ini tidak salah jika kita tetap dapat mengendalikan nafsu makan tersebut dalam batas wajar. Bagi anda yang memang mencari cara untuk meningkatkan nafsu makan, mungkin anda bisa memasukakan kegiatan jogging di pagi hari dalam list anda.

  1. Mencegah penuaan dini

Semakin hari tubuh kita akan mengalami penuaan. Hal ini pasti dihadapi oleh semua orang tanpa bisa dicegah. Namun anda dapat menjaga agar otot dan tulang tetap kuat dengan melakukan jogging di pagi hari. Ketika anda melakukan jogging dipagi hari aliran darah akan lancar dan tulang dan otot akan tetap kuat bahkan di usia tua anda sekalipun.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Ketika kita berlari, metabolisme dalam tubuh akan meningkat dan memicu pertumbuhan dari sel sel pelindung tubuh dengan lebih cepat. Sel pelindung tersebut nantinya akan membantu tubuh menangkal serangan virus yang menyerang daya tahan tubuh kita. Oleh karenannya, ketika kita melakukan aktivitas jogging di pagi hari sistem imun akan semakin kuat menjaga tubuh dari serangan penyakit.

  1. Kualitas tidur menjadi lebih baik

Sebuah penelitian yang dilakukan dengan melibatkan beberapa penderita insomnia melakukan kegiatan rutin jogging setiap pagi memperoleh hasil yang menggembirakan. Para penderita insomnia tersebut dapat mengobati insomnia yang diderita dengan meningkatkan waktu tidurnya 17 menit lebih cepat dari rutinitas biasanya. Tidur yang mereka alami juga terasa lebih nyenyak dan tubuh terasa segar di pagi hari.

  1. Melatih diri agar lebih giat

Rutinitas jogging membutuhkan komitmen yang besar untuk melakukannya secara rutin. Butuh kekuatan besar untuk melawan rasa malas yang bersarang dalam diri. Namun, ketika kita berhasil melawan rasa malas dan menjadikan jogging di pagi hari sebagai aktivitas rutin, maka anda akan menjadi pribadi yang lebih giat dan displin.

     10. Mampu mendeteksi munculnya penyakit dalam tubuh

Ketika anda melakukan gerakan berlari dalam jogging, anda akan membutuhkan tenaga yang besar. Kemampuan anda mengeluarkan tenaga yang besar ini dapat dijadikan indikator apakah tubuh anda dalam keadaan yang baik atau tidak. Inilah mengapa jogging dikatakan sebagai salah satu alat pengidentifikasi munculnya gejala penyakit dalam tubuh.

       11. Meningkatkan konsentrasi

Beberapa pakar berpendapat bahwa jogging dapat meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan daya pikir. Jongging juga membuat seseorang lebih mudah untuk berkonsentrasi.

       12. Menyehatkan paru-paru

Ketika lari pagi, kadar oksigen yang masuk melalui paru-paru akan lebih banyak. Masuknya oksigen dalam tubuh ini sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Belum lagi udara pagi yang bersih akan semakin menyegarkan paru-paru anda.

         13. Menghindari resiko sesak nafas

Salah satu masalah pernafasan adalah sesak nafas. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita asma setelah melakukan jogging secara rutin selama 3 bulan, hasilnya mereka merasa intensitas kambuhnya asma menurun. Para peneliti tersebut mengatakan bahwa melakukan jogging membantu tubuh bernafas lebih segar. Inilah mengapa jogging disarankan bagi mereka yang memiliki indikasi terkena asma, walaupun dalam pelaksanaannya, jogging yang dilakukan oleh penderita asma ini lebih ringan dari pada yang dilakukan oleh orang sehat.

            14. Mengurangi resiko hipertensi

Melakukan olahraga kardio adalah salah satu cara untuk melancarkan peredaran darah. Ketika peredaran darah normal maka pola detak jantung juga akan teratur sehingga akan mengurangi resiko hipertensi. Para pakar menyarankan para penderita untuk memulai melakukan olahraga kardio seperti jogging yang di lakukan pada pagi hari untuk mengobati hipertensi secara alami.

           15. Mencegah penyakit kanker usus

British Journal Of Cancer dalam studi terbarunya menemukan bahwa dengan lari pagi 5-6 jam seminggu akan mengurangi resiko terkena kanker usus besar hingga 24%. Hal ini disebabkan ketika anda lari pagi, gerakan yang di lakukan akan memberikan kontraksi pada usus kita yang baik bagi organ usus besar tersebut.

        16. Melancarkan siklus menstruasi

Bagi wanita, selain dapat digunakan sebagai salah satu kegiatan dalam program diet, jogging dipagi hari dapat melancarkan siklus menstruasi. Bagi wanita yang memiliki masalah dengan siklus menstruasi disarankan untuk melakukan jogging di pagi hari.

       17. Mencerahkan kulit

Banyak yang percaya jika seseorang melakukan jogging akan panjang umur. Namun belum ada penelitian atau studi lanjut yang membenarkan pernyataan ini. Berbeda dengan pernyataan sebelumnya, jogging malah telah dibuktikan dapat membuat kulit lebih cerah. Hal ini karena jogging dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga sel-sel kulit dapat terbaharui. Agar kulit tubuh lebih cerah maksimal, tunjang dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

          18. Membesarkan betis secara alami

Melakukan jogging di pagi hari dapat mengencangkan betis sehingga lebih terlihat indah dan padat. Jogging dapat membuat kontraksi pada bagian betis sehingga memicu pembesaran otot pada betis secara alami, bukan karena lemak.

        19. Paha lebih berisi

Selain betis, paha juga turut memperoleh dampak serupa dari manfaat jogging. Paha akan semakin kencang dan padat berisi sehingga penampilan anda lebih ideal.

        20. Tulang kaki menjadi lebih kuat

Selain membakar lemak, lari pagi juga dapat merangsang regenerasi sel-sel tulang yang bermanfaat untuk kepadatan tulang kaki kita. Ketika anda memiliki aktivitas dengan mobilitas yang tinggi, anda harus memiliki tulang kaki yang kuat. Ketika lari, tulang kaki menjadi tumpuan dan terlatih untuk menjadi kuat.

          21. Meningkatkan produktivitas kerja

Sebuah study di Inggris mengatakan bahwa rutin melakukan jogging memiliki dampak meningkatkan produktifitas kerja. Hal ini berkaitan juga dengan manfaat jogging untuk meningkatkan konsentrasi. Ketika konsentrasi terjaga maka hasil kerja juga akan sesuai.


         22. Mencegah demensia

Demensia biasanya menyerang seseorang yang berusia lanjut. Banyak orang yang berusaha menghindari gangguan kesehatan ini. Salah satu cara untuk mencegah penyebab demensia sejak dini adalah dengan melakukan lari pagi secara rutin. Jurnal yang dibuat oleh American Geriatrics Society mengungkapkan bahwa lari pagi dapat meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan kemampuan konsentrasi dan daya ingat.

          23. Menjaga kesehatan jantung

Lari pagi memiliki manfaat melancarkan aliran darah. Dalam sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan berlari sejauh 16 KM dalam seminggu akan menekan resiko gangguan tekanan darah hingga 39% dan gangguan endapan kolesterol bisa dikurangi hingga 34%. Hal ini akan membantu mengurangi resiko yang diakibatkan masalah pembuluh darah karena endapan kolesterol seperti penyakit jantung.

           24. Mencegah resiko diabetes

Proses pembakaran pada saat lari pagi tidak hanya terjadi pada kalori saja namun juga pada kolestrol. Hal ini berbanding lurus dengan turunnya resiko penyakit diabetes. Penelitian menyebutkan jogging dipagi hari dapat mengurangi resiko diabetes hingga 5%.

           25. Mencegah penyakit rematik

Kegiatan lari pagi membuat otot dan tulang kaki lebih kuat dan lentur. Hal ini disepakati oleh beberapa pakar dapat membantu mengatasi masalah penyebab rematik. Ini karena ketika otot lentur maka rasa nyeri semakin berkurang.

Memiliki tubuh yang sehat adalah pilihan setiap orang. Ketika memilih untuk memiliki tubuh yang sehat maka tidak hanya niat namun juga di sertai dengan usaha. Jogging adalah salah satu bentuk olahraga kardio yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Manfaat jogging dipagi hari sangat banyak dan tentunya menyehatkan tubuh setiap orang yang mau melakukannya.

, ,
Post Date: Sunday 29th, October 2017 / 16:58 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup Sehat