Sponsors Link

6 Penyebab Mata Gatal dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Penyebab mata gatal adalah masuknya sesuatu yang menimbulkan gangguan pada selaput lendir yang melapisi bagian putih mata berbentuk reaksi alami. Reaksi alami pada mata bisa berbentuk alergi yaitu muncul akibat sistem kekebalan tubuh melakukan respon perlindungan terhadap mata yaitu dengan cara melepaskan histamin dan senyawa alergi lain sehingga mata berubah menjadi kemerahan, Berair, Gatal, Nyeri disekitar kelopak mata, timbul pembengkakan dan sangat sensitif terhadap cahaya. (Baca Juga: Operasi Mata Juling , Penyebab Mata Berlemak)

ads

Penyebab  Mata Gatal

1. Polutan udara (Konjungtivitis papilari raksasa)

Penyebab mata gatal paling sering menyerang anak dan dewasa adalah disebabkan karena adanya benda asing yang terbawa udara lalu masuk kedalam mata misalnya debu atau kotoran lain hasil dari radikal bebas. (Baca Juga: penyebab mata terasa panas, penyebab mata nyeri sebelah)

2. Hewan (Konjungtivitis kontiniu)

Hewan peliharaaan adalah salah satu penyebab mata gatal akibat masuknya bulu hewan, Tungau yang berasal dari tubuh hewan atau percikan air liur hewan yang tanpa sengaja masuk kedalam mata. (Baca juga: Obat Alergi Mata , mata kanan bergerak sendiri)

3. Tanaman (Konjungtivitis musiman)

Ketika terjadi peralihan musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya maka akan banyak pertumbuhan tanaman termasuk kuncup menjadi bunga dan bunga menjadi bakal buah. Penyebab mata gatal bisa disebabkan karena adanya pertumbuhan putik bunga pada tanaman dimana serbuk bunganya bisa terabwa angin lalu serbuknya masuk kedalam mata. (Baca juga: penyebab mata berkedut, penyebab mata merah)

4. Paparan bahan kimia tertentu (konjungtivitis dermatakontak)

Berhati hatilah ketika menggunakan kosmetik wajah dan mata. Penyebab mata gatal salah satunya yang terbanyak dialami oleh para wanita adalah disebabkan masuknya bahan kimia dari penggunaan kosmetika mata misalnya maskara, Pinsil alis, Serbuk bedak, Parfum. (Baca Juga: penyebab mata bengkak, penyebab mata bintitan)

5. Infeksi jamur, virus dan bakteri

Tahukah anda bahwa penyebab mata gatal dapat disebabkan karena penggunaan sprei, Sarung bantal dan guling yang kotor dimana dipermukaannya telah dijangkiti jamur, virus dan bakteri dari orang lain atau hewan peliharaan yang pernah menyinggahi tempat tidur. Jenis bakteri yang paling banyak menyerang mata adalah jenis bakteri staphylococcus dan bakteri preumuccocus yang menyebabkan mata sangat gatal, memerah, Berair, Nyeri, Belekan dan sulit dibuka ketika bangun tidur akibat mata lengket. (Baca Juga: Obat Sakit Mata Bengkak)

6. Penggunaan lensa kontak

Berhati hatilah ketika ingin menggunakan lensa kontak mata anda. Pemakaian lensa kontak adalah salah satu penyebab mata gatal yang sering menyerang orang orang dewasa. Lensa kontak sangat mudah dihinggapi oleh berbagai macam bakteri. Pastikan kondisi tangan anda steril sebelum menggunakan lensa mata untuk aktivitas sehari hari. Lensa mata harus disimpan pada tempat yang bersih dan jauh dari jangkauan debu. Lensa kontak mata yang telah terkontiminasi bakteri mudah menyebabkan mata menjadi gatal gatal dan muncul iritasi. (Baca juga : Gejala mata lelah , Cara Mengobati Mata Lelah)

ads

Cara Mengatasi Mata Gatal

Penanganan secara umum

1. Menggunakan pelindung mata

Penggunaan kaca mata dapat meminimalisir masuknya debu langsung kedalam mata. Debu dapat terbawa mewlalui udara, Angin, Asap rokok, Asap pembakaran sampah dan asap kendaraan. . (Baca Juga: Bahaya Menelan Asap Rokok , Cara Menghindari Asap Rokok Bagi Perokok Pasif)

2. Hindari aktifitas tangan yang tidak perlu

Ketika mata terasa gatal gunakan obat tetes mata rekomendasi dokter dan hindari mengucek dan menggosok mata. Kondisi mengucek mata hanya akan menyebabkan mata melepaskan efek histamin dan meninggalkan jejak berupa mata semakin gatal, Memerah dan timbul iritasi.  (Baca : mata kering, gejala katarak )

3. Mengganti perlengkapan tidur

Gantilah sprei, Sarung bantal dan perlengkapan tidur lainnya seminggu sekali untuk menghindari penumpukan debu yang telah terkontiminasi dengan jamur, Virus dan bakteri. Perlengkapan tidur yang tidak diganti secara teratur terbukti sebagai penyebab mata merah sebelah kiri maupun kanan yang banyak diderita anak dan dewasa. (Baca juga: Bahaya Mandi Saat Kurang Tidur , Cara agar Cepat Tidur)

4. Berinteraksi dengan hewan

Bermain dengan hewan kesayangan adalah bak bagi kesehatn psikologis karena menyebabkan efek menenagkan dan menurunkan tekanan darah. Namun hindari berinteraksi dengan hewan secara berlebihan misalnya dengan menciumnya atau membawanya tidur bersama didalam satu tempat tidur.

Baca Juga:

5. Menggunakan obat tetes mata

Untuk mata tetap sehat maka gunakan obat tetes mata yang memiliki efek mendinginkan yaitu sebelum dan sesudah beraktivitas diluar rumah untuk mencegah mata menjadi sensitif dan mudah terkena alergi. alergi terhadap polutan udara adalah penyebab mata gatal yang paling sering terjadi setiap harinya.

6. Air dingin atau hangat

Mengompres mata dengan kain tipis atau kapas yang sebelumnya telah direndam dalam air dingin atau hangat ([ilihlah sesuai keinginan anda) dapat menenangkan saraf saraf mata darai kelelahan, Meredakan pembengkakn dan menghilangkan rasa gatal pada mata yang memerah dan berair akibat debu.

Baca Juga:

Penanganan Secara Medis

1. Menggunakan obat anti alergi

Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin misalnya antazoline 0,5%, Naphazoline 0,05%, Kortikosteroid deksamethason 0,1% yang dapat menghilangkan reaksi alergi dengan cepat dan meredakan gatal pada mata. Kondisi ini diberikan pada seseorag yang telah terjangkit penyakit mata yang diawali dengan gejala mata gatal.

Baca Juga:

2. Menggunakan obat anti bakteri

Dokter akan menyarankan untuk menggunakan obat mata antibiotika topical dalam bentuk obat tetes atau salep dimana kedua obat tersebut memiliki khasiat yang sama, Misalnya jenis gentamysin 0,3%, Chioramphenicol 0,5%.

Penanganan Secara Tradisional

1. Daun sirih

Rebuslah lima lembar daun sirih sampai mendidih. Dinginkan airnya untuk kemudian disaring lalu gunakan untuk membasuh mata dan merendam mata yang terbuka saling bergantian dengan piring yang berbentuk ceper atau datar. Ulangi beberapa kali agar kotoran yang melekat pada selaput lendir mata penyebab mata gatal dapat mudah terangkat.

Baca Juga:

2. Kantung teh

Jangan langsung membuang kantung teh yang sudah tidak digunakan lagi. Kantung teh dapat mengusir penyebaba mata gatal relatif lebih cepat tanpa efek samping. Hendaknya manfaatkan kantung teh untuk memgompres mata yang sedang terserang rasa gatal, Pembengkakan atau memerah. Efek dari teh kantung mampu menenangkan kelelahan pada otot mata dan meredakan rasa gatal yang sedang menyerang.

3. Irisan mentimun

Irislah mentimun dengan ukuran sedang untuk diletakkan pada kedua mata yang terpejam. Cara ini dapat dilakukan selama 30 menit. Masing masing gantiah irisan mentimun jika terasa susdah tidak dingin lagi dikelopak mata. Irisan mentimun dapat menghilangkan penyebab mata gatal dan menyegarkan mata, Selaput ledir mata menjadi lebih jernih serta membantu mempercepat penumpukan kotoran penyebab mata gatal yang biasanya ada disudut mata bagian dalam agar nantinya mudah untuk dibersihkan.

Baca Juga:

4. Irisan kentang

Irisan kentang yang sebelumnya telah dikupas kulitnya dan dicuci dapat diletakkan dikedua mata yang terpejam. Kentang mampu mengurangi rasa gatal dan rasa nyeri pada mata akibat iritasi. Irisan kentang terbukti klinis dapat mengatasi penyebab mata gatal pada anak anak dan dewasa relatif lebih cepat.

Sponsors Link

5. Susu murni

Susu sapi murni yang direbus tetapi belum dicampur dengan bahan apapun sangat baik untuk mengatasi penyebab mata gatal dengan cara merendam kapas pada susu tersebut lalu lperaslah sedikit kemudian letakkan pada kedua mata dengan kondisi terpejam. Cara ini efektif dapat membersihkan mata dari segala bentuk kotoran dan menghilangkan rasa gatalnya.

Baca juga:

6. Air garam

Rendamlah kapas didalam air garam dengan penggunaan air yang hangat. Lalu letakkan pada kedua mata dalam kondisi terpejam. Air garam efektif menyerap segala kotoran penyebab mata gatal. Ulangi beberapa kali pengompresan sampai kotoran mata menumpuk disudut mata.

7. Bawang putih atau merah

Cairan yang ada pada bawang putih atau bawang merah mampu menyingkirkan jamur, Virus dan bakteri penyebab mata gatal yang terbukti manjur. teteskan cairan bawang kedalam mata lalu pejamkan sebentar. Cara ini aman dan jangan khawatir akan berdampak iritasi. Anda dapat memilih bawang putih atau merah untuk pengobatan mata gatal, Nyeri dan muncul pembengkakan pada kelopak mata. Bawang memiliki zat anti bakteri dan Antibiotik alami yang kuat dalam melindungi selaput lendir pada bagian putih mata.

Baca juga:

8. Air mawar

Penyebab mata gatal dapat diatasi dengan menggunakan air mawar. Air mawar bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah disekitar kelopak mata dan dapat meredakan rasa gatal dan nyeri pada selaput lendir yang melapisi bagian putih mata tanpa efek samping. Gunakan air mawar untuk merambang mata (meletakan mata terbuka pada air mawar).

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 20th, March 2017 / 06:17 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mata