Sponsors Link

6 Penyebab Mata Bengkak Sebelah dan Sakit

Sponsors Link

Mata adalah Salah satu panca indra kita yang biasa digunakan untuk melihat. Panca indera ini sangat penting untuk penunjang aktivitas kita sehari – hari. Dengan adanya gangguan atau penyakit pada mata kita akan mempengaruhi kegiatan atau aktivitas kita sehari – hari. Banyak cara untuk menjaga mata kita dari penyakit. Dari mengkomsumsi Vitamin A sampai dengan memberikan sumplemen khusus pada mata. Mata kita juga tidak bisa dihindarkan dari beberapa penyakit. Dari mata Merah atau yang paling mengganggu adalah mata Bengkak. (Baca Juga : Cara Mengatasi Mata Sembab)

ads

Disaat anda bangu dipagi hari untuk memulai aktivitas anda melihat mata dicermin dan melihat bengkak pada kelopak mata anda sebelah kanan atau kiri. Sebenarnya kondisi tersebut memperlihatkan mata anda mengalami kelelahan. Ini menjadi hal yang sangatlah serius bagi penampilan khususnya kaum wanita. Adanya perasaan tidak percaya diri pada penampilan sehari – hari kalau kelopak mata anda mengalami pembengkakan. Sebenarnya pembengkakan pada mata akan hilang dengan sendirinya. Tetapi sangat berbahaya apabila terlal sering mengalami penyakit ini. Anda dapat meminta nasit dari dokter untuk mengobatinya. (Baca Juga : Cacat Mata)

Mata bengkak sebelah adalah penyakit yang terjadi karena adanya pembengkakan pada kelopak mata baik sebelah kiri atau bisa juga sebelah kanan. Ini terjadi bisa saja karena berbegai macam faktor seperti kelebihan hormon, kekurangan atau kelebihan tidur dan banyak lagi penyebabnya. Saya akan mencoba mengulas tentang beberapa penyebab dan bagaimana cara mengatasi penyakit mata bangkak sebelah ini. (Baca Juga : Cara Mengobati Mata Lelah)

Penyebab Penyakit Mata Bengkak Sebelah

1. Blepharitis

Blepharitis ini adalah penyebab pembengkakan pada mata yang terjadi diakibatkan kelebihan kelenjar minyak pada mata yang bisa saja disebabkan oleh alergi pada suatu produk yang digunakan pada mata seperti kosmetik. Ini sering terjadi pada wanita pada umumnya. Kadang kosmetik yang digunakan pada mata tidak cocok pada kulit anda ini menimbulkan alergi pada mata anda yang bisa membuat kelenjar minyak pada kelopak mata anda naik sehingga terjadinya pembengkakan pada kelopak mata yang terkena make up tersebut. (Baca Juga : Cara Menyembuhkan Mata Juling)

Cara penanggulangannya tergolong mudah dan tidak perlu kedokter. Cukup dengan mengkompres mata anda yang bengkak tersebut denga air hangat. Ini akan mengurangi alergi atau kelenjar minyak yang keluar secara berlebihan pada mata. Membuat keopak mata anda bersih dan mengurangi pembengkakan. Jika pembengkakan menjadi parah anda bisa berkonsultasi pada dokter kulit atau membeli salap untuk mata dengan resep dokter. (Baca Juga : Cara Mengobati Mata Bengkak)

2. Pink eye atau Konjungtivitis

Konjungtivitis atau pink eye ini biasanya memiliki tanda dengan pembengkakan pada kelopak mata dan diiringi dengan kedutan. Ini biasanya terjadi karena adanya infeksi pada mata anda. Biasanya untuk penyakit ini harus diperiksakan oleh dokter. Karena infeksi yang terjadi pada mata bersifat sensitive dan tidak sembarangan dalam metode pengobatannya. Mata yang terkena infeksi ini biasanya diberikan obat mata tetes yang sesuai untuk mengatasi bakteri aatau infeksi yang terjadi pada mata anda. (Baca Juga : Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata Secara Alami dan Cepat)

Dokter juga sering menyarankan kepada anda untuk memakai tetas mata anti biotik atau yang dapat membunuh bakteri atau virus penyebab pembengkakan kelopak mata sebelah. Biasanya juga disarankan untuk mengkompres dingin secara reguler atau rutin agar mata terhindar dari rasa gatal. Dan bisa membuat mata nada lebih nyaman. (Baca Juga : Penyebab Mata Juling)

Sponsors Link

3. Sengatan Matahari

Sinar Matahari yang berlebihan pada kulit anda juga bisa menyebabkan mata nada bengkak sebelah. Ini karena sinar matahari tersebut mengandung sinar UV-5 yang sangat tidak baik untuk kulit. Ini bisa saja terserang pada mata anda. Karena mata memiliki kulit yang sangat sensitive. Makanya biasanya orang – orang yang berjemur sinar matahari dipantai memakai Kacamata atau memakai tabir surya pada kelopak mata untuk menghindarkan terjadinya pembengkakan pada mata kita. (Baca Juga : Obat Mata Minus Herbal)

Apabila mata kita bengkak diakibatkan sinar matahari ini penanganannya juga sangat mudah. yaitu dengan mengkompres dingin pada mata anda. Dan bisa juga memakai irisan timun yang diletakan pada mata yang mengalami pembengkakan selama kurang lebih 10 menit. (Baca Juga : Obat Herbal Bintitan)

4. Kutu

Penyebab lain terjadinya pembengkakan pada mata kita adalah hewan yang sangat kecil atau semacam serangga. Tetapi yang seringkali terjadi adalah Kutu. Kutu adalah hewan parasit yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Biasanya kita bisa mendeteksi pergerakan kutu pada bulu pangkal bulu mata kita. Nah untuk penganananya jangan menggunakan obat anti kutu itu malah bisa membuat kesehatan mata kita terganggu karena zat kimia yang ada pada obat anti kutu. Sebaiknya menggunakan vaseline untuk mematikan kutu dan telur yang terdapat pada bulu mata. (Baca Juga : Cara Mengobati Glaukoma)

5. Timbilan atau Bintitan

Timbilan atau Bintitan ini masyarakat kita sering mengartikan dengan hal yang tidak ada kaitannya. Dalam kalangan masyarakat bintitan itu timbul karena pelaku atau yang terkena bintitan mempunyai hobi yang tidak baik seperti mengintip orang lain. Padahal bintitan itu timbul karena adanya nanah pada kelenjar dalam kelopak mata. Ini dapat ditimbulkan karena adanya infeksi pada kelopak mata kita. Biasanya terjadi diantara bulu mata pada kelopak mata kita. (Baca Juga : Gejala Mata Lelah)

Cara penangananya juga tidak sulit yaitu dengan memberikan kompres hangat pada mata atau bisa juga merendam mata dengan menggunakan air hangat. Ini adalah cara pengobatan yang baik untuk penyakit ini. Atau bisa juga dengan mengeluarkan nanah pada lapisan kulit di kelopak mata kita dengan cara mencabut bulu mata yang terkena pembangkakan dan mengeluarkan nanahnya dari lapisan kulit kelopak mata kita. Setelah nanah keluar lalu kompres dengan menggunakan air hangat. Dan bisa juga dikompres dengan menggunakan irisan timun selama 10 menit. (Baca Juga : Penyebab Mata Sayu)

6. Pola Tidur yang Salah

Pola tidur yang salah juga dapat mempengaruhi kelenjar minyak yang terdapat pada mata kita. Biasanya orang yang kurang atau kelebihan tidur mengalami gatal – gatal pada mata dan apabila kita kucek atau tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan infeksi atau pembengkakan pada mata kita. Kortisol juga dilepaskan oleh tubuh kita secara otomatis apabila kita mengalami kurang istirahat. Kortisol ini adalah kelenjar stres pada tubuh kita yang dapat membuat kulit bagian tertentu mangalami kerutan atau pembengkakan. (Baca Juga : Penyebab Mata Merah Sebelah)

sponsored links

Cara Mengobati Mata Bengkak Sebelah

1. Kompres Dingin atau Panas

Salah satu cara pengobatan untuk mengatasi atau mengurangi pembengkakan mata sebelah adalah dengan cara mengkompres bagian mata yang bengkak dengan es atau air hangat. Ini sangatlah dianjurkan untuk menjadi pertolongan pertama pada mata bengkak sebelah. Biasanya untuk pembengkakan yang terjadi pada mata dikarenakan infeksi harus di kompres dengan air hangat untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang terdapat pada mata. Tetapi untuk pembengkakan mata dikarenakan alergi dapat digunakan kompres dingin. (Baca Juga : Kelainan Pada Retina Mata)

2. Mengkompres dengan Menggunakan Mentimun

Mentimun adalah salah satu sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Mentimun bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Mentimun juga dapat menghilangkan pembengkakan pada mata yang terkena infeksi maupun alergi. Iris tipis mentimun sebanyak 2 buah. Lalu mata yang bengkak diberikan obat tetes mata dan kompreskan dengan mentimun yang di iris tipis tadi. Lalu biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu lepaskan irisan mentimun pada mata. Pembengkakan yang terjadi pada mata akan berkurang. (Baca Juga : Bahaya Meliha Matahari Langsung)

Asam ascorbat dan Asam caffeic yang terdapat pada mentimun adalah zat yang sangat baik untuk pengobatan mata kita. Baik pembengkakan pada mata maupun untuk mata panda. Ini sudah melewati berbagai macam penelitian yang dilakukan ilmuan diseluruh dunia. Makanya banyak tempat – tempat klinik kesehatan kulit yang menggunakan mentimun sebagai masker pada mata pelanggan. (Baca Juga : Bahaya Mata Minus Tinggi)

3. Air Garam

Kandungan anti biotik pada garam dapat membantu membunuh kuman dan bakteri yang terdapat pada mata bengkak. Banyak sekali manfaat garam untuk tubuh kita tidak terkecuali untuk mata kita. Bagi masyarakat pada zaman dahulu biasanya untuk menghilangkan pembengkakan pada mata yang disebabkan oleh bintilan atau kutu. Mereka menggunakan air garam untuk mengobatinya. Caranya celupkan kapas kedalam air garam lalu letakan pada mata anda yang bengkak. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan mata yang bengkak akan mengempis. (Baca Juga : Cara Memutihkan Bola Mata)

4. Memperbaiki Pola Tidur

Pola tidur yang salah dalam kehidupan kita sehari – hari sangat memungkinkan menjadi penyebab pembengkakan pada mata kita. Kekerungan atau kelebihan tidur dapat mempengaruhi produksi kelenjar minyak pada mata kita yang membuat mata kita menjadi bengkak. Ini dapat diatasi dengan cara yang sangat sederhana yaitu dengan cara memperbaiki pola tidur kita selama ini. Target tidur pada malam hari yaitu selama kurang lebih 8 jam harus terealisasikan. (Baca Juga : Makanan yang Baik untuk Mata Minus)

Memiliki tidur yang cukup sangatlah membantu tubuh kita untuk sehat. Penyakit yang timbul dikarenakan kurang tidur bukan hanya pada mata saja. Tetapi juga pada kesehatan tubuh bagian lainnya. Kulit cenderung lebih pucat dan tidak sehat. Dapat menaikan tingkatan stress pada diri kita. Orang yang kurang tidur cenderung memiliki resiko stress lebih tinggi dari pada orang yang beristirahat dengan cukup. (Baca Juga : Bahaya Lensa Kontak pada Mata)

5. Mengkomsumsi Air Putih Sebanyak – Banyaknya

Air putih sangatlah membantu dalam proses penyembuhan penyakit bengkak mata sebelah. Ini karena air putih sangat berguna untuk menetralkan kandungan kelenjar minyak yang terdapat pada kelopak mata. Air putih juga membantu untuk mempelancar peredaran darah pada tubuh. Oleh karena itu kita disarankan untuk meminum air putih minimal 5L per hari. Untuk mencegah berbagai macam penyakit yang siap menyerang tubuh kita. (Baca Juga : Cara Mengurangi Minus Mata)

Kesibukan didalam kegiatan sehari – hari seperti bekerja lama dengan komputer. Dan juga terlalu banyak kemasukan debu pada mata. Ini juga dapat menjadi penyebab mata lelah dan tidak sehat. Oleh karena itu kita wajib menyayangi mata kita dengan rutin melakukan perawatan pada mata kita setiap bulannya. Apabila mengalami pembengkakan segera ditangani dengan cepat dan tepat. Dan apabila pembengkakan mata tidak juga kunjung membaik sebaiknya anda kedokter untuk mengobatinya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 26th, December 2016 / 09:38 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mata