16 Cara Mengatasi Mata Sembab karena Lelah

Mata sembab bisa saja dikarenakan terlalu lelah, kurang tidur, atau efek menangis terlalu lama. Apapun alasan dari mata sembab Anda, kondisi ini secara tak langsung membuat penampilan menjadi kurang segar. Otomatis mata sembab pun mampu menjadi faktor penurun rasa percaya diri; itulah mengapa ada cara mengatasi mata sembab di bawah ini yang bisa coba Anda lihat dan coba di rumah.

(Baca juga: penyebab mata bengkak)

1. Menggunakan Air Garam

Air garam tak hanya dapat dijadikan sebagai bahan untuk berkumur di kala sakit batuk. Bahan alami ini memiliki banyak keunggulan, termasuk juga mengatasi mata sembab secara alami. Ini karena garam memiliki khasiat untuk mengurangi efek dari retensi cairan.

Untuk menggunakannya, Anda bisa membuat larutan air garam biasa di mana beberapa kapas juga ikut disiapkan dan bisa Anda celup ke dalam air garam tersebut. Kapas yang sudah dicelup bisa Anda gunakan dengan menempelkannya ke mata yang sembab sebagai kompres. Mata sembab akan hilang jika perawatan ini dilakukan sehari beberapa kali.

2. Memijat Area Mata

Sembab atau bengkak bisa menjadikan wajah Anda secara keseluruhan tampak kurang menarik karena kelihatan begitu kusut dan tidak segar. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memberikan pijatan di area mata yang sembab karena sebenarnya mata yang sembab adalah akibat dari adanya cairan yang menumpuk.

Pakailah jari manis Anda untuk memberikan tekanan perlahan di area bawah mata sambil memejamkan mata. Pijatan dapat Anda lakukan mengarah ke atas dekat alis dengan gerakan yang melingkar. Gerakan tersebut bisa dilakukan 10 kali tapi tidak menekan area mata dan untuk hasil optimal, Anda dapat menjadikan pemijatan ini sebagai ritual sebelum tidur setiap malam.

(Baca juga: cara mengobati mata bengkak)

3. Memakai Lidah Buaya

Seperti yang sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang, khasiat lidah buaya untuk kulit begitu besar dan untuk itulah mengapa bahan alami ini direkomendasikan di sini. Untuk memberikan kesegaran pada area mata yang sembab, Anda bisa mencoba untuk mengambil gelnya yang berkandungan tinggi akan vitamin E.

Petik daun lidah buaya yang masih segar, cucilah sampai bersih, lalu kupas kulitnya untuk mendapatkan daging serta gelnya. Gel dan daging bisa dihancurkan lebih dulu sampai lembut, barulah gel bisa Anda tempelkan ke area kulit mata secara pelan-pelan. Sesudah kering, gunakan air dingin untuk membilas; dapatkan hasil maksimal dengan melakukan perawatan setiap hari.

4. Memanfaatkan Kentang

Kentang tak hanya bisa dijadikan sebagai bahan pemutih kulit alami, tapi juga mampu digunakan untuk mengatasi mata sembab. Zat pati di dalamnya cukup tinggi sehingga mampu membuat iritasi maupun pembengkakan berkurang. Bahkan untuk mata panda sekalipun, kentang bakal sangat bermanfaat.

Sediakan kentang yang masih dalam kondisi segar, kupas kulitnya dan cucilah bersih lebih dulu sebelum dihancurkan menggunakan serutan. Kentang yang sudah hancur bisa dibungkus menggunakan handuk tipis. Setelahnya, kompreskan ke bagian mata beberapa menit saja. Namun demi hasil yang memuaskan, lakukan perawatan ini setiap hari sampai mata kembali segar dan tidak lagi sembab.

5. Menggunakan Stroberi

Buah segar satu ini sangat menyehatkan, tak hanya  bagi tubuh, tapi juga dapat menjaga kesehatan mata. Ada asam alfa hidroxy yang mampu memulihkan sembabnya mata sehingga mata kembali menjadi segar dan bahkan kulit area mata lebih halus. Buah stroberi yang sudah disiapkan bisa dicuci bersih lebih dulu.

Kemudian, simpan dulu di lemari es kurang lebih 45 menit dan setelah dingin Anda dapat membelahnya menjadi 2 dan potongannya bisa diletakkan ke bagian mata yang sembab. Perawatan bisa dilakukan seraya Anda berbaring dan akan lebih maksimal lagi hasilnya apabila perawatan dilakukan beberapa kali sampai mata pulih dari sembab.

(Baca juga: penyebab tidak bisa tidur)

6. Memakai Mentimun

Mungkin sudah bukan rahasia lagi bahwa salah satu cara menghilangkan kantung mata adalah dengan menggunakan mentimun. Banyak orang melakukan perawatan dengan menempelkan irisan mentimun ke atas mata sambil memejamkannya. Air di dalam mentimun adalah kandungan yang memberikan efek adem sehingga akan berguna bagi mata yang sedang sembab.

Mentimun harus disimpan dulu di dalam lemari es beberapa saat sebelum akhirnya Anda bisa mencucinya sampai bersih. Iris-irislah mentimun secara tebal-tebal dan jadikan kompres di bagian mata sambil posisi tubuh Anda berbaring. Ganti potongan mentimun dengan yang baru ketika efek dingin sudah hilang dan lakukan perawatan ini sehari beberapa kali hingga mata lebih baik.

7. Menggunakan Teh Celup Bekas

Mungkin Anda gemar meminum teh celup setiap harinya. Bila ya, ini merupakan sebuah keuntungan apabila mata Anda tengah sembab dan bingung untuk mencari solusi yang tepat. Kantong teh celup yang sudah dibuat teh jangan dibuang dulu karena Anda bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Kantong teh yang baru saja digunakan bisa Anda masukkan ke dalam freezer supaya cepat dingin. Setelah 20 menit, ambil dan langsung kompreskan ke mata sambil santai dengan posisi berbaring. Pengompresan bisa dilakukan selama 15 menit dan ulangi lagi setelah beberapa waktu. Gunakan air dingin untuk membersihkan mata untuk mengakhiri perawatan.

Kantong teh celup yang sangat bisa diandalkan untuk mengatasi mata Anda yang sembab antara lain adalah:

  • Kantong teh hitam yang mengandung tanin tinggi berikut juga anti-inflamasi.
  • Kantong teh kamomil yang juga memiliki sifat anti-inflamasi super tinggi berikut penenang alami.
  • Kantong teh witch hazel yang juga mengandung anti-inflamasi, baik untuk mata bengkak dan sembab.

(Baca juga: bahaya mengucek mata dengan tangan)

8. Minum Air Putih

Selain mencegah bahaya dehidrasi, minum air putih mampu mengatasi mata sembab tanpa efek samping dari dalam. Tubuh yang kekurangan asupan cairan rupanya dapat berdampak buruk bagi mata di mana area kantong mata bisa membengkak dan kelihatan sembab. Jadi, minumlah air putih banyak-banyak dalam sehari.

Air putih adalah bahan alami yang sangat mudah didapat, selain itu dengan air putih segala racun yang bersarang di dalam tubuh pun mampu dikeluarkan dengan sempurna. Minumlah 2 liter setiap harinya di mana banyaknya adalah sekitar 8-10 gelas. Jangan lupa juga bahwa ada bahaya akibat terlalu banyak minum air putih bila berlebihan.

9. Istirahat yang Cukup

Mata sembab bisa saja dipicu oleh kurang tidur atau kebanyakan begadang. Oleh sebab itu, solusinya adalah tidur yang nyaman dan berkualitas. 7-8 jam setiap hari adalah yang paling disarankan supaya bisa membuat tubuh jauh lebih segar dan efek kelelahan pun bisa berkurang.

Mungkin Anda memiliki masalah insomnia? Konsultasikan dengan dokter secepatnya bila hal ini terjadi terlalu sering. Bila ingin tidur jauh lebih cepat dan nyenyak, hindari mengonsumsi kafein sebelum beranjak tidur karena kafein adalah salah satu faktor penyebab tidak bisa tidur. Tidur berkualitas juga biasanya didukung oleh penggunaan bantal yang tinggi dan nyaman.

(Baca juga: penyebab tidak bisa tidur malam nyenyak)

10. Kompres Dingin

Apabila Anda ingin mengurangi mata yang sembab atau mengatasinya secara tuntas, air dingin adalah solusinya. Kompreslah area mata menggunakan air dingin karena air dingin terbukti mampu membuat mata bengkak atau sembab mereda secara sempurna. Pembuluh darah yang tadinya terlalu kencang dan tegang mampu dilenturkan berkat air dingin.

Anda cukup mencuci wajah sampai bersih yang kemudian bisa Anda keringkan menggunakan handuk lembut dan bersih, tapi tidak dengan menekan atau menggosok mata. Ambil es batu beberapa buah saja yang bisa dibungkus menggunakan kain tipis. Mata bisa mulai dipejamkan dan kantong es siap Anda tempelkan di sana sampai beberapa menit.


11. Menggunakan Sendok Dingin

Mendinginkan mata menggunakan sendok dingin tampaknya memang bukan hal baru, tapi pernahkah Anda mencobanya? Ketika mata sembab, cukup ambil beberapa sendok logam yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas sebelumnya untuk ditempelkan ke area mata secara perlahan. Bagian cembung dari sendoklah yang Anda tempatkan tanpa menekan dan gantilah dengan sendok dingin lainnya ketika sendok pertama sudah tak dingin.

(Baca juga: akibat kurang tidur malam)

12. Memanfaatkan Putih Telur

Putih telur yang berkandungan protein tinggi tak hanya bisa dimasak karena pada dasarnya putih telur bisa membantu mengurangi sembab pada area mata. Putih telur bisa disiapkan dan dikocok lebih dulu, lalu tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Oleskan ke bagian kelopak dan bawah mata, pejamkan selama 20 menit sampai putih telur dapat Anda kelupas. Gunakan air dingin setelahnya untuk membilas area mata (air mawar juga boleh); perawatan setiap hari tentunya lebih baik karena memberikan hasil yang lebih memuaskan.

13. Memakai Ketumbar

Ketumbar adalah bumbu dapur yang rupanya memiliki kandungan penenang alami yang bisa membantu mata sembab kembali pulih. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengambil beberapa biji ketumbar yang dibungkus dengan mengunakan kain tipis bersih, ikat kain tersebut, lalu rendam di dalam air. Tinggalkan selama beberapa jam sebelum airnya bisa Anda gunakan untuk membilas area mata beberapa kali sehari.

14. Memanfaatkan Kunyit

Kaya akan sifat antibakteri dan anti-inflamasi, kunyit kerap dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan. Untuk mata yang sembab, Anda bisa coba menggunakannya dengan cara mencampurkan bubuk kunyit secukupnya dengan air, gel lidah buaya atau air mawar. Aplikasikan ke area mata dan tinggalkan campuran tersebut pada mata beberapa jam atau semalaman.

(Baca juga: cara menghilangkan mata sembab dengan cepat)

Itulah sejumlah cara mengatasi mata sembab yang rata-rata dikarenakan kelelahan dan kurang istirahat. Mata yang segar jelas mendukung penampilan Anda, maka hindari penyebab mata sayu dan lelah dengan solusi-solusi tersebut.

, ,
Post Date: Monday 05th, December 2016 / 19:06 Oleh :
Kategori : Kesehatan Mata