Sponsors Link

27 Obat Nyeri Haid Alami Termujarab

Sponsors Link

Nyeri haid adalah suatu kondisi yang benar-benar mengganggu untuk sebagian besar wanita, terutama pada wanita dewasa. Memang ada beberapa wanita yang tidak merasakan adanya nyeri, tapi rata-rata bila ditanya apakah mengalami nyeri ketika haid, pasti jawabannya adalah ya. Nyeri dan sakitnya bisa sangat luar biasa, bahkan ada juga yang sampai tak dapat bangun dari tempat tidur.

ads

Siklus haid memang adalah suatu siklus yang normal dan sudah seharusnya terjadi pada setiap wanita dewasa maupun yang telah memasuki masa pubertas. Perubahan hormon pun mampu menjadi salah satu yang menyebabkan datang bulan pada wanita. Pada normalnya, siklus normal haid adalah 28 hari atau sebulan sekali.

Tanda-tanda haid yang sering terjadi secara normal pada seorang wanita antara lain adalah:

Jika Anda adalah salah satu wanita dengan masalah nyeri ketika haid, obat-obat nyeri haid yang direkomendasikan ali ini dapat Anda coba gunakan.

(Baca juga: penyebab darah beku saat haid)

1. Jahe

Rasa nyeri pada perut bisa saja ringan, namun ada pula beberapa wanita yang harus sampai ke rumah sakit gara-gara kesakitan yang begitu tak tertahankan. Jahe adalah rempah yang siap membantu meredakan rasa kram dan nyeri akibat kontraksi di bagian rahim.

  • Cara 1: Siapkan secangkir air panas dan kemudian masukkan ½ sendok teh bubuk kering jahe atau parutan jahe ke dalamnya. Seduhlah sekitar 3 hingga 5 menit dan setelah itu barulah Anda saring. Setelah disaring Anda bisa meminum air jahe hangat tersebut dan lakukan sehari 3 kali untuk perut yang terasa lebih baik.
  • Cara 2: Ambil beberapa irisan jahe yang sudah dikupas dan dibersihkan, lalu rebuslah bersama dengan sejumput garam serta madu. Proses perebusan bisa dilakukan cukup 4-6 menit dan Anda bisa meminumnya sehari 2 kali secara rutin hingga memang perut sudah tak nyeri lagi. Anda bisa mulai meminumnya 2-3 hari sebelum haid datang.
  • Cara 3: Alternatifnya, Anda juga bisa mengonsumsi jahe yang mentah ataupun telah dimasak, tergantung selera dan keinginan. Permen jahe, cemilan dengan rasa jahe, dan kue jahe adalah contoh jahe yang sudah dalam bentuk matang dan biasanya sangat efektif juga meredakan nyeri haid. Anda bisa mencoba salah satu dari 3 cara ini tapi waspadai pula efek samping jahe.

2. Teh Kamomil

Selain menjadi cara mengatasi stres atau cara menenangkan pikiran, mengonsumsi teh kamomil dipercaya mampu membuat rasa nyeri di perut saat haid bisa berkurang atau bahkan hilang. Obat nyeri haid satu ini dianggap cukup efektif dan aman karena memang di dalamnya terkandung anti-inflamasi tinggi untuk menurunkan produksi prostalglandin.

  • Caranya: Untuk membuatnya, Anda bisa memasukkan sesendok teh bubuk kamomil kering ke secangkir air panas atau mendidih lalu aduk-aduk hingga tercampur rata. Seduhlah sekitar 5-10 menit lamanya dan barulah Anda saring jika sudah. Minumlah perlahan dan secara rutin untuk menyembuhkan rasa nyeri yang mengganggu.

3. Cuka Sari Apel

Dalam menyembuhkan rasa nyeri sewaktu haid, cuka sari apel juga bisa digunakan atau dikonsumsi. Ada banyak khasiat yang diberikan oleh cuka sari apel ini dan biasanya bahan ini dipakai sebagai obat hipertensi. Meski begitu, bisa juga dipakai untuk meredakan nyeri datang bulan di bagian perut bawah.

  • Caranya: Dalam mengobati rasa nyeri pada perut selama haid atau tepat sebelum haid, Anda bisa menelan 2 sendok teh cuka sari apel setiap hari. Hanya saja, pastikan Anda meminumnya setiap sehabis makan karena dikhawatirkan kalau mengonsumsi di saat perut kosong asamnya bisa menyebabkan sakit perut.

(Baca juga: penyebab telat datang bulan)

4. Biji Rami

Ada lagi obat nyeri bagi para wanita yang sedang haid dan terpercaya sangat ampuh, yakni biji rami. Biji rami ini diketahui memiliki kemampuan dalam mengurangi produksi prostaglandin. Prostaglandin ini bertanggung jawab pada terjadinya kram dan nyeri pada perut yang bisa menjadi penghambat aktivitas harian para wanita.

  • Caranya: Untuk menggunakan biji rami, Anda bisa coba untuk mengonsumsinya secara langsung sebanyak 2 sendok makan untuk hasil yang luar biasa efektif.

5. Peterseli

Untuk obat alami bagi nyeri haid pada wanita, Anda juga bisa menggunakan peterseli yang jelas aman. Selain mengatasi masalah nyeri atau kram di perut, mengonsumsi peterseli juga sangat bisa mendukung kelancaran haid setiap bulannya.

  • Caranya: Sangat mudah untuk menggunakan peterseli ini karena Anda cukup perlu menyiapkan peterseli secukupnya, mentimun, wortel dan juga akar bit untuk dicampur atau diblender bersama. Ketika jus sudah jadi, Anda bisa mengonsumsinya setiap hari 1 gelas hingga benar-benar perut sembuh dari nyeri.

6. Daun Kemangi

Selain menjadi obat bagi bau mulut, daun kemangi memang diketahui menjadi lalapan yang banyak digemari. Rupanya melalap daun kemangi juga ada gunanya karena konsumsi rutin juga bakal bisa mencegah rasa nyeri yang biasa dialami para wanita sewaktu haid. Sebagai analgesik alami dan pereda nyeri, Anda bisa menggunakan daun kemangi secara sederhana.

  • Caranya: Anda bisa mencoba menyediakan 2 sendok makan daun kemangi dan kemudian Anda masukkan ke dalam satu pint air panas . Seduhlah di sana selama 5-7 menit dan Anda bisa menutupnya untuk kemudian didiamkan hingga lebih dingin sekitar 10 menit. Minumlah sekitar ½ gelas per jamnya untuk meredakan rasa nyeri yang dirasakan.

(Baca juga: makanan yang memperlancar menstruasi)

7. Peppermint

Peppermint menjadi salah satu obat herbal untuk nyeri haid yang paling ampuh. Bahkan juga mampu menjadi perileks alami bagi otot perut yang menegang akibat kontraksi. Peppermint memiliki sifat penenang alami yang bisa Anda andalkan di kala haid dan penggunaannya juga sangat mudah.

  • Caranya: Sediakan daun peppermint kering sebanyak 1 sendok teh atau boleh juga peppermint yang dalam bentuk bubuk. Masukkan ke dalam secangkir air panas dan kemudian seduh selama 3-5 menit. Teh peppermint tersebut bisa disaring dan kemudian masukkan pemanis berupa gula secukupnya jika ingin. Minumlah sehari 2 kali atau bisa juga mengonsumsi permen peppermint yang berefek sama.

8. Teh Kayu Manis

Di dalam kayu manis ada kandungan anti-inflamasi serta antispasmodik yang sangat dapat meringankan kram dan nyeri haid.

  • Cara 1: Cukup ambil sesendok teh bubuk kayu manis atau sebatang kayu manis yang diseduhkan ke dalam secangkir air panas. Lakukan penyeduhan selama 10 menit dan kemudian seduhkan sebuah kantong teh ke dalam air selama 2-3 menit; penambahan gula dan madu murni secukupnya bisa sesuai selera. Minumlah rutin hingga rasa nyeri menghilang atau mereda.
  • Cara 2: Kayu manis juga bisa digunakan sebagai penyedap makanan. Dengan efektivitas penghilang nyeri yang sama, Anda juga dapat menaburi roti yang Anda nikmati dengan bubuk kayu manis secukupnya.

9. Thyme

Banyak yang mungkin sudah sering mendengar tentang thyme, tapi tidak tahu apa itu thyme dan mengenal bentuknya. Thyme masih masuk dalam keluarga rerempahan dan merupakan sejenis rempah daun yang asalnya dari Mesir. Bertangkai kecil, thyme ini daunnya terbilang mungil dan berbentuk oval kecil.

  • Caranya: Siapkan thyme sebanyak 2 sendok makan dan pastikan yang digunakan adalah thyme kering. Kemudian masukkanlah ke sebuah pint air panas. Aduk dengan baik dan Anda bisa menyeduhnya kurang lebih selama 5-7 menit dengan menutupnya. Diamkan lagi untuk lebih dingin hingga 15 menit dan minumlah sekitar ½ cangkir per jamnya supaya nyeri hilang berangsur.

(Baca juga: bahaya donor darah)

ads

10. Air Putih Hangat

Ketika nyeri haid datang, sebetulnya para wanita tak perlu khawatir karena bahan sederhana pun juga bisa dijadikan obat. Obat nyeri haid yang sangat simpel adalah air putih hangat di mana Anda bisa mencoba mengonsumsinya sesering dan sebanyak mungkin di kala haid.

Tujuan dari minum air putih hangat tak sekadar menjauhkan Anda dari bahaya akibat kurang minum air putih saja. Memang betul kalau banyak-banyak minum air putih bisa mencegah bahaya dehidrasi juga, tapi lebih dari itu, manfaat air putih hangat juga akan melancarkan peredaran darah dan merilekskan rasa nyeri dan kram pada perut.

11. Nasi Merah

Makanan seperti nasi merah tentunya sudah banyak kita tahu bahwa manfaatnya sangat besar dalam program diet atau menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan memang karena nasi merah merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung serat tinggi. Banyak orang yang kemudian menjalani gaya hidup dan pola makan sehat dengan bergantung pada nasi merah.

Nasi merah ini bisa Anda jadikan sebagai pengganti nasi putih seperti yang sudah sangat umum dilakukan orang-orang. Makanlah nasi merah ini ketika sudah akan masuk jadwal haid atau ketika haid sudah datang dan perut terasa nyeri. Nasi merah juga berperan penting dalam mengurangi risiko bengkak dan kembung pada perut.

12. Brokoli

Selain kaya akan serat, brokoli dikenal sebagai jenis makanan yang mengandung vitamin E tinggi. Ingat bahwa para wanita yang mengalami nyeri di perut ketika haid juga membutuhkan asupan vitamin E lebih. Anda dapat memperoleh vitamin E tersebut dari brokoli ini.

  • Caranya: Sebagai pengobat nyeri ampuh, Anda bisa mengandalkan sayur brokoli ini dengan mengonsumsinya seperti biasa kalau sudah dimasak. Tapi boleh juga kalau Anda ingin membuat jus brokoli sebagai variasi. Selain memang bisa meningkatkan kesehatan tubuh, Anda akan mampu meredakan rasa sakit di perut bawah akibat kontraksi pada waktu datang bulan maupun sebelum datang bulan.

(Baca juga: bahaya berenang saat haid)

13. Minyak Zaitun

Sama seperti brokoli, minyak zaitun ini merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin E di mana Anda bisa mengonsumsinya sebagai obat ketika nyeri haid datang. Saat perut terasa kram, Anda bisa secara rutin mengonsumsi minyak zaitun ini pada masa haid agar nyeri teredakan secara alami.

Minyak zaitun ini banyak digunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa karena dianggap lebih aman dan sehat, terutama bagi yang mempunyai penyakit kolesterol tinggi, jenis-jenis penyakit jantung maupun juga darah tinggi. Minyak zaitun juga paling bisa dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit, jadi Anda bisa mendapatkan banyak khasiat luar biasa dengan konsumsi rutin.

  • Cara Penggunaan sebagai Obat Oles: Mungkin Anda memang sudah tahu betul bagaimana memasak menggunakan minyak zaitun ini, tapi sebetulnya minyak zaitun dalam mengobati nyeri haid juga bisa dengan cara dioles. Hangatkan lebih dulu beberapa sendok teh minyak zaitun dan oleskan ke area perut yang nyeri dan tinggalkan selama 15 menit.

14. Mentimun

Sebelumnya telah disarankan untuk mengonsumsi banyak-banyak air putih sebagai obat nyeri haid. Namun, tak hanya air putih yang mampu membantu Anda menghilangkan rasa nyeri, mentimun yang kaya akan kandungan airnya juga bisa dijadikan obat nyeri alami nan efektif.

Karena memang para wanita haid, terutama yang merasakan nyeri dianjurkan untuk menambah asupan makanan dengan kandungan air tinggi, maka mentimunlah salah satu yang bisa dikonsumsi rutin atau setiap hari selama datang bulan. Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi mentimun untuk meredakan kram atau nyeri di masa haid dan tak perlu takut akan efek samping berbahaya.

15. Pepaya

Masih ada lagi obat nyeri haid yang bisa Anda konsumsi secara teratur di kala haid, yakni buah pepaya. Buah satu ini dikenal kaya serat sehingga banyak digunakan sebagai obat pencahar alami. Tapi di dalam buah ini sebenarnya juga terkandung anti-inflamasi, vitamin C, vitamin A, kalsium, karoten dan zat besi.

Dengan kandungan-kandungan tersebutlah otot yang berkontraksi penyebab nyeri dan kram saat haid bisa diredakan. Ketika sebelum masuk masa haid dan juga selama masa haid, Anda bisa memasukkan buah pepaya ke menu diet harian Anda dan dijamin rasa nyeri pun pasti berkurang. Bahkan gangguan pencernaan juga otomatis dapat teratasi.

(Baca juga: penyebab tidak haid)

16. Kunyit Asam

Biasanya, para wanita akan rajin mengonsumsi kunyit asam di saat hampir masuk jadwal haid atau selama masa haid berlangsung. Saat nyeri datang, Anda bisa langsung membuat air kunyit asam untuk diminum. Kunyit asam ini akan membantu agar nyeri menjadi berkurang dan hilang dengan efektif; biasanya kalau sudah diminum sebelum haid, maka perut tak akan nyeri di saat masa haid datang.

17. Temulawak

Pada umumnya, temulawak adalah bahan atau rempah yang banyak digunakan untuk menjadi obat asam lambung. Tapi rupanya ketika nyeri haid datang, Anda juga bisa meminum air rebusan temulawak untuk meredakan sakitnya. Haluskan lebih dulu temulawak secukupnya dan rebuslah dengan air matang lalu diminum hangat-hangat setelah itu.

18. Madu

Apabila Anda bukan penggemar jamu semacam kunyit asam, ada alternatif lain yang sangat mudah juga dikonsumsi, yakni madu murni. Carilah cara membedakan madu asli dan palsu supaya Anda bisa mendapatkan yang asli, murni dan paling berkhasiat. Rasa nyeri juga bisa dihilangkan ketika Anda minum madu 3 kali dalam sehari.

(Baca juga: penyebab wanita sering kencing)

19. Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau pada dasarnya hampir sama dengan air putih maupun mentimun karena mampu memenuhi asupan cairan dalam tubuh secara lebih. Karena para wanita haid memerlukan cairan lebih, Anda bisa mencoba mengonsumsinya. Minumlah air kelapa hijau sebelum maupun pada masa haid agar nyeri hilang.

20. Lengkuas

Lengkuas merupakan salah satu bumbu dapur yang bentuk rupanya mirip dengan jahe, tapi memang ukurannya lebih besar. Anda bisa jadikan minuman lengkuas untuk mengobati rasa nyeri haid yang membuat tidak nyaman. Lengkuas bisa digepengkan dulu dan dimasukkan ke dalam gelas, tuang air panas, tunggu hangat lalu dikonsumsi.

Sponsors Link

21. Bawang Putih

Masakan menjadi jauh lebih enak kalau Anda menambahkan bawang putih, tapi selain menyedapkan masakan bawang putih ini juga dapat dijadikan obat nyeri haid. Kandungan anti-inflamasinya cukup tinggi sehingga bisa meredakan rasa nyeri secara efektif. Makanlah secara langsung mentah-mentah, atau tambahkan ke masakan yang Anda hendak santap.

(Baca juga: efek samping bawang putih)

22. Kencur

Biasanya kencur ini sama seperti jahe, yakni dijadikan sebagai obat batuk, terutama batuh berdahak yang lama tak sembuh-sembuh juga. Tapi selain itu, kencur juga dapat Anda parut dan rebus di mana air rebusan kencur ini akan sangat membantu sebagai cara mengatasi nyeri haid paling mujarab. Minumlah rutin baik sebelum atau dalam masa haid.

23. Pisang

Satu lagi jenis buah yang bisa membantu menjadi obat nyeri saat haid. Pisang biasanya dikonsumsi ketika hendak menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung kalium tinggi ini sangat pas dikonsumsi di kala sedang haid dan mengalami disminore. Perbanyaklah mengonsumsi buah ini beberapa hari sebelum dan semasa datang bulan.

24. Jintan Hitam

Jintan hitam merupakan alternatif lain dalam mengobati nyeri karena haid yang juga sangat terekomendasi. Saat kontraksi otot rahim dialami, nyeri yang begitu mengganggu akan muncul, Anda bisa menggunakan jintan hitam dengan merebusnya di mana air rebusannya bisa Anda minum rutin. Alangkah baiknya kalau Anda mengonsumsi sebelum haid datang supaya pada saat datang bulan tidak begitu sakit.

(Baca juga: makanan yang dilarang saat haid)

25. Biji Adas

Fungsi dari biji adas sangatlah banyak dan salah satunya adalah sebagai pereda nyeri ketika haid. Seperti yang sudah-sudah, Anda bisa merebus biji adas dan air rebusannya yang dapat dikonsumsi. Selama haid berlangsung, silakan pakai obat alami ini di mana aman dan tak berefek samping berbahaya.

26. Akupuntur

Pengobatan dari Cina ini memang berfokus pada penggunaan jarum dalam menyembuhkan, dan untuk itulah dinamakan dengan terapi tusuk jarum. Jangan keburu merasa ngeri dulu, karena jarum yang dipakai di akupuntur hanya berukuran kecil dan ketika ditusukkan pun tidak akan sampai mengeluarkan darah. Bahkan rasanya pun tak akan begitu sakit seperti ketika Anda disuntik di dokter.

Ada beberapa poin tekanan tertentu yang perlu untuk distimulasi dengan jarum akupuntur. Sang terapis akan menancapkannya di area tersebut supaya rasa kram atau nyeri berlebihan bisa cepat hilang. Namun memang, Anda juga perlu memerhatikan apa-apa saja efek samping akupuntur jika ingin melanjutkan terapi secara jangka panjang.

27. Yoga

Obat nyeri haid yang alami tak harus selalu dalam bentuk herbal atau kimia, latihan fisik seperti Yoga juga bisa dipertimbangkan sebagai obat nyeri ketika menstruasi melanda. Yoga dikenal sebagai sebuah latihan yang baik dalam menyeimbangkan fisik dan pikiran kita. Tak salah kalau Anda pun tertarik mencobanya di kala haid.

Diketahui bahwa ada beberapa posisi atau gerakan Yoga yang dianjurkan untuk dilakukan ketika mengalami nyeri haid. Contoh gerakan atau pose yang efektif meredakan nyeri adalah seperti Cobra pose, Fish pose, dan Catcow pose. Tak hanya itu, ternyata Camel pose, Supta padangusthasana, Embryo pose, Bound Malasana, dan Janusirsasana pun ampuh.

(Baca juga: cara menghilangkan nyeri saat haid)

Tips Lain untuk Mengobati Rasa Nyeri Haid

Dalam mengobati rasa nyeri karena haid, para wanita perlu tahu rahasia ampuh lainnya supaya haid tidak lagi menjadi masa tak nyaman ketika berutinitas. Selain meminum obat alami di atas, Anda juga perlu melakukan hal-hal ini:

  • Menghindari pekerjaan padat dan berat.
  • Menghindari pemakaian pil kontrasepsi.
  • Menghindari minuman yang mengandung kafein.
  • Menghindari minuman beralkohol.
  • Menjaga berat badan.
  • Memiliki pola makan yang sehat dan tepat.
  • Menjauhi rasa stres.
  • Beristirahat dengan pola yang benar.

(Baca juga: obat sakit perut saat haid)

Demikianlah sedikit informasi dan rekomendasi akan obat nyeri haid alami paling manjur dan aman untuk dikonsumsi. Lebih dianjurkan untuk mengonsumsi salah satu obat sebelum masa haid datang, jadi ketika sudah waktunya perut tidak akan terasa sakit.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 18th, April 2017 / 17:57 Oleh :
Kategori : Kesehatan Wanita