Sponsors Link

11 Obat Sakit Tulang Ngilu dan Pegal

ads

Sakit tulang merupakan sakit yang bisa dialami oleh semua orang mulai dai anak muda sampai dengan orang yang sudah lansia. Tulang merupakan komponen penting di dalam tubuh manusia. Tanpa tulang, tubuh manusia tidak bisa berdiri dengan sempurna. Tanpa tulang, tubuh manusia tidak bisa digerakkan sebab syaraf syaraf yang ada di tubuh manusia melekat di tulang. Kesadaran manusia untuk menjaga kesehatan tulangnya masih sangat rendah, sehingga tidak mengherankan jika masyarakat banyak yang mengeluhkan tentang kondisi tulang mereka yang semakin rapuh dan terasa sakit. Rasa ngilu, nyeri dan panas di tulang merupakan tanda yang dikirimkan tulang bahwa dirinya sedang mengalami masalah dan gangguan. Penyakit tulang bermacam macam, ada yang menyebabkan kelainan dan ada juga yang menyebabkan kerapuhan tulang seperti osteoporosis. Mengobati sakit tulang menggunakan obat yang tepat diharapkan bisa meringankan gejala yang dirasakan penderita. Berikut ini adalah obat sakit tulang yang bisa dikonsumsi oleh penderita sakit tulang :

  1. Pracetamol

Obat kimia pertama yang bisa digunakan unuk mengatasi sakit tulang adalah paracetamol. Saat mendengar obat herbal ini pikiran kita langsung mengarah kepada obat demam. Namun tahukah anda bahwa paracetamol tidak hanya berfungsi untuk meredakan demam saja?. Fungsi paracetamol sebenarnya adalah untuk menghilangkan rasa nyeri di bagian tubuh. Kandungan kimia yang ada di dalamnya sering digunakan sebagai pereda nyeri. Saat demam ada beberapa organ tubuh yang terasa nyeri misalnya saja adalah di bagian kepala, saat itulah paracetamol akan bekerja untuk meredakan nyeri.

Baca : Tubuh menggigil tanpa demamMandi saat demamCara kompres yang benar untuk demam

  1. Ibuprofen

Obat kimia lainnya yang bisa digunakan untuk mengurangi gejal sakit tulang adalah ibuprofen. Ibuprofen ini termasuk dalam obat anti inflamasi non steroid. Fungsinya untuk mencegah terjadinya peradangan di bagian tulang manusia. Saat nyeri dan panas muncul bukan tidak mungkin di dalam tulang manusia terjadi peradangan. Tulang yang mengalami peradangan akan diberikan ibuprofen  yang berkerja untuk menghentikan peradangan tersebut.

Baca : Penyebab kelainan tulangObat pengapuran tulang

  1. Kodein

Obat kimia lainnya yang bisa dignakan sebagai obat sakit tulang adalah kodein. Kodein ini merupakan obat dengan sifat yang keras. Sifatnya ini lebih keras dibandingkan dengan paracetamol biasa. Fungsi dari obat ini adalah sama dengan obat pereda nyeri lainnya, yang berbeda adalah obat pereda nyeri ini berguna untuk mengatasi nyeri yang terasa begitu parah. Saat nyeri tulang seseorang dalam tahap ringan, dia akan diberika obat parasetamol biasa namun saat nyerinya terasa sangat parah, medis akan memberikan obat ini bersamaan dengan paracetamol.

Baca : Bahaya retak tulang belakangCara mengobati patah tulang secara alami

sponsored links
  1. Obat Antidpresan

Obat kimia lainnya yang biasa digunakan untuk mengobati sakit tulang adalah obat anti depresan atau obat anti depresi. Antidepresan perlu diberikan jika obat yang diberikan sebelumnya seperti obat penghilang rasa nyeri tidak manjur untuk menghilangkan rasa nyeri di tulang. Fungsi obat anti depresi untuk mencegah penderita penyakit tulang merasa dpresi dikarenakan sakit tulang yang dialaminya. Dokter yang menangani penyakit tulan akan memberikan resep berupa amitriptilin dalam dosis yang kecil.

  1. Didronel

Obat kimia lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit tulang osteoporosis yang diderita oleh wanita setelah menopause. Setelah terjadi menopause, pengeroposan tulang semakin tinggi di kalangan wanita. Osteoporosis itu berpotensi untuk mengakibatkan patah tulang. Untuk mengatasi sakit tulang yang diakibatkan oleh menopause obat ini berfungsi bisa digunakan untuk meningkatkan kepadatan tulang wanita terutama tulang wanita bagian belakang. Tidak hanya itu saja, Didronel juga mampu mengobati sakit paget tulang. Paget tulang penyebabnya belum diketahui, gejalanya yang menonjol adalah tulang lemah dan terasa nyeri. Ketika digunakan untuk mengatasi paget tulang, obat didronel bisa memperbaiki tulang secara cepat, mencegah nyeri tulang yang parah serta bisa mencegah kepatahan tulang.

Baca : Penyebab sakit pinggulPenyebab kelainan tulang belakang

  1. Dandelion

Selain obat kimia yang disebutkan diatas, ada beberapa obat herbal yang bisa digunakan untuk mengobati sakit tulng yang dialami oleh manusia. Salah sat obat herbal yang bisa digunakan untuk mengobati sakit tulang adalah daun dandelion. Anda akan mudah menemukan daun ini di pinggir pinggir jaan. Dandelion adalah sejenis rumput liar yang mudah untuk tumbuh di mana saja. Bunga Dandelion ini akan mudah berguguran jika ditiup atau terkena angin. Meskipun hanya rumput liar, dandelion ini mengandung banyak vitamin, vitamin yang ada di daun dandelion adalah vitamin A dan juga vitamin C. Kandungan vitamin tersebut bermanfaat untuk mengeluarkan racun dan bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan organ yang ada di dalam tubuh manusia. Cara mengobati sakit tulang menggunakan daun dandelion ini adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan daun dandelion sebanyak 10 gram.
  • Cuci bersih daun dandelion tersebut.
  • Setelah dicuci bersih, kukuslah daun dandelion tersebut selama 3 menit saja.
  • Kunyahlah daun dandelion yang sudah dikukus tersebut kemudian ditelan.
  • Lakukanlah cara ini secara teratur tiga kali dalam sehari agar sakit tulang anda segeraa sembuh. ( Baca : Akibat kelebihan vitamin CKekurangan dan kelebihan vitamin C )
  1. Jahe

Jahe merupakan obat herbal yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang bisa diobati menggunakan jahe adalah sakit tulang. Selain bisa digunakan untuk mengobati sakit tulang, jahe bisa digunakan untuk mengobati masuk angin. Sakit tulang yang bisa diobati menggunakan jahe adalah rematik. Rematik merupakan penyakit yang ditandai dengan sakit di persendian dan sakit di bagian tulang. Cara mengobati rematik menggunakan jahe sangatlah mudah yaitu dengan mencampurkannya ke berbagai macam masakan yang anda buat. Yang harus diingat disini adalah jahe yang digunakan di dalam masakan haruslah digeprek terlebih dahulu agar sari sari jahe keluar. Anda juga bisa membuatnya sebagai minuman jahe hangat dengan sedikit gula, meminum air jahe itu sebanyak tiga kali dalam sehari, pagi siang dan juga malam hari sebelum tidur.

Baca : Pantangan rematikJenis rematikMakanan penyebab rematik

  1. Lidah Buaya

Selama ini lidah buaya banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti penyakit kulit dan bisa juga digunakan untuk kecantikan kulit maupun rambut. Lidah buaya bisa digunakan untuk melembabkan kulit dan menyuburkan rambut. Untuk kesehatan, lidah buaya bisa mengobati sakit tulang. Sifatnya sebagai anti infamasi bisa membuat lida buaya berguna untuk mengobati penyakit rematik. Cara mengobati rematik menggunakan lidah buaya adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil lidah buaya berukuran sedang.
  • Cuci bersih lidah buaya tersebut.
  • Belah lidah buaya menjadi dua bagian sampai bagian putihnya terlihat.
  • Ambil daging lidah buaya bagian putihnya. Setelah itu blenderlah daging lidah buaya yang putih tersebut menggunakan satu gelas air.
  • Minum secara teratur satu kali dalam sehari.
  • Lidah buaya bisa meningkatkan sistem imun dan mengembalikan jaringan tubuh yang sedang mengalami peradangan dan juga mengalami kerusakan. ( Baca : Khasiat lidah buaya untuk kulit )
  1. Akar Beluntas

Tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati rematik adalah akar beluntas. Akar beluntas ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit pinggang dan juga nyeri sendi. Selama ini banyak orang yang menggnakan akar beluntas untuk mengobati berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan tulang. Untuk mengobati sakit tulang menggunakan akar beluntas sangatlah mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Bahan yang disiapkan adalah akar beluntas yang sudah dikeringkan.
  • Setelah kering, anda bisa mencuci bersih akar beluntas tersebut.
  • Rebuslah akar beluntas itu menggunakan segelas air.
  • Tunggulah sampai mendidih, ssetelah mendidih tunggu air rebusannya sampai hangat. Saat berubah menjadi hangat, minumlah air rebusan itu secara teratur setiap hari.
  1. Lengkuas

Obat sakit tulang lainnya yang bisa digunakan adalah lengkuas. Selama ini lengkuas atau laos banyak digunakan untuk masakan atau penyedap masakan. Lengkuas ini juga banyak digunakan untuk mengobati gangguan kesehatan. Berikut ini adalah cara mengobati sakit tulang mengguunakan lengkuas atau laos :

  • Ambil rimpang lengkuas sebanyak 2 rimpang.
  • Cuci bersih rimpang tersebut kemudian potong kecil kecil rimpang lengkuas tersebut.
  • Parutlah lengkuas tersebut.
  • Setelah diparut, peras lengkuas tersebut menggunakan kain.
  • Gunakanlah air perasan itu untuk minyak oles pada bagian tubuh yang sakit.
  • Urut urut bagian yang sakit itu menggunakan sari lengkuas.
  • Selama tulang masih terasa sakit, anda bisa mengoleskan bagian tulang yang sakit itu menggunakan sari dari lengkuas.
  • Sari lengkuas tersebut merupakan obat luar bukan obat oral sehingga bisa digunakan sesering mungkin.
  1. Akar Sembung

Selama ini orang hanya mengetahui manfaat dari daun sembung saja, namun siapa sangka jika jika akar tanaman sembung ini bisa digunakan untuk mengobati sakit tulang seperti rematik. Untuk bisa mengobati rematik ini, akar sembung harus dicampurkan menggunakan bahan tradisional lainnya. Berikut ini adalah cara mengobati sakit tulang menggunakan akar sembung secara efektif :

  • Bahan yang disiapkan adalah 30 gram akar sembung, 60 gram daun gandarusa.
  • Kumpulkan semua bahan bahan, selanjutnya cuci bersih semua bahan bahan tersebut.
  • Setelah dicuci bersih, potong potonglah seperlunya saja.
  • Rebuslah menggunakan 3 gelas air, saat sudah mendidih sisakan air rebusannya menjadi satu gelas saja.
  • Saat air rebusan sudah dingin, minumlah air tersebut dua kali dalam sehari. Pagi dan malam hari sebellum tidur, masing masing bisa meminum air rebusan sebanyak setengah gelas. ( Baca : Sakit punggung sebelah kiriSakit leher sebelah kiri )
Sponsors Link

Tips Mengatasi Sakit Tulang

Selain obat kimia dan obat herbal yang telah disebutkan diatas, ada beberapa tips yang harus dilakukan agar sakit tulang yang dialami bisa segera menghilang dan segera sembuh. Berikut ini adalah tips mengatasi sakit tulang paling efektif :

  • Aktif Begerak

Untuk mengatasi sakit tulang agar tidak bertambah sakit adalah dengan aktif bergerak. Jika tidak aktif bergerak, tulang yang mengalami rasa sakit akan terus terasa kaku sehingga saat digunakan bergerak justru bertambah sakit.

Baca : Dampak negatif tidak pernah olahragaBahaya makan dan minum langsung sehabis olahraga

  • Terapi

Ada salah satu terapi yang bisa digunakan sebagai tips untuk mempercepat penyembuhan penyakit tulang yang dialami. Terapi itu adalah dengan menempelkan benda yang dingin maupun hangat di bagian tulang ang terasa sakit. Jika ingin melakukan terapi dingin sebaiknya jangan langsung meletakkan es di atas bagian tubuh yang terasa sakit namun lapisi es menggunakan kain lembut setelah itu baru diletakkan di bagian tubuh yang sakit.

Baca : Terapi infeksi saluran kemihTerapi mata juling

  • Posisi Tidur

Posisi tidur yang salah akan membuat sakit punggung terasa semakin sakit.

Oleh sebab itu untuk mempercepat penyembuhan sakit tulang yang dialami bisa dengan menggunakan posisi tidur yang baik. Posisi tidur yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit tulang adalah dengan tidur menyamping kemudian angkat sediki bagian kaki menuju ke dada, tempatkan bantal diantara kedua kaki anda. Posisi itu bisa membantu posisi punggung pada kondisi yang nomal.

Itulah obat saki tulang dan tips mengobati sakit tulang yang bisa anda lakukan di rumah. Jika sakit tulang tidak segera mereda, segera hubungi dokter ahli orthopedi untuk mengatasi sakit tulang yang anda derita.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 06th, September 2016 / 16:51 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang