Sponsors Link

14 Cara Mencegah Tulang Keropos Secara Alami

Sponsors Link

Tulang keropos atau yang biasa dikenal sebagai osteoporosis merupakan gangguan tulang dimana kepadatan tulang menurun karena berbagai faktor. Pengeroposan tulang umumnya karena usia yang lanjut, namun juga bisa terjadi kapan saja tanpa memandang umur. Kondisi ini menyebabkan tulang Anda menjadi rapuh dan mudah retak. Di Amerika, osteoporosis dikenal sebagai penyakit “pencuri tanpa suara” karena kepadatan tulang menurun tanpa ada gejala atau pertanda yang jelas.

ads

Meskipun tulang yang keropos sering tidak menimbulkan gejala, namun kondisi ini sebenarnya bisa dicegah sejak awal. Langkah pencegahan bisa dilakukan sejak masih muda. Berikut ini adalah beberapa cara pencegahan tulang keropos yang bisa Anda lakukan dari sekarang.

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kalsium memang menjadi faktor utama bagi Anda untuk merawat tulang dan menghindari osteoporosis. Cukupi kebutuhan kalsium harian Anda dengan mengkonsumsi makanan dan minuman berkalsium tinggi. Anda juga bisa mengkonsumsi buah yang mengandung kalsium tinggi secara rutin. Cara ini akan membantu tubuh Anda lebih sehat dan kuat. Selain itu juga bisa membantu tubuh Anda sehat dan terhindar dari bahaya kekurangan kalsium bagi tubuh. Namun konsumsi kalsium juga harus sesuai kebutuhan harian. Jangan sampai berlebihan karena ada akibat kelebihan kalsium dalam tubuh. (baca juga: makanan yang mengandung kalium tinggi dan manfaatnya)

  1. Olahraga

Jaga kualitas metabolisme tubuh Anda untuk mempertahankan kemampuan tulang menyerap kalsium serta vitamin D. Hal ini bisa mengindari osteoporosis secara alami. Berolah raga secara rutin dan teratur terbukti menjauhkan Anda dari osteoporosis, namun ingat, jangan terlalu banyak berolah raga karena tubuh Anda bisa terkena bahaya olahraga yang berlebihan. Lakukan cara melakukan olahraga yang baik dan benar bagi tubuh sehingga Anda mendapatkan manfaat yang paling tepat. Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh tidak hanya untuk tulang, tapi juga jiwa Anda.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin D Super Tinggi

Vitamin D tidak memiliki pengaruh langsung terhadap tulang namun vitamin D membantu penyerapan kalsium bagi tulang. Konsumsi vitamin D yang cukup dapat menjaga kualitas tulang dan gigi Anda. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin D secara seimbang bisa membantu mencegah bahaya akibat kekurangan vitamin D pada tubuh. Efek vitamin D tidak hanya untuk tulang dan bagian tubuh lain, tapi juga keseimbangan metabolisme tubuh. (baca juga: bahaya akibat kekurangan vitamin A, B, C, D, E, K)

  1. Menghindari Kebiasaan Merokok

Kandungan kimia dalam rokok bisa mencegah tulang untuk mendapatkan kalsium dalam jumlah optimal. Kalsium dari makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dilarutkan menjadi urin. Mengurangi kebiasaan merokok atau berhenti merokok sama sekali dapat menjauhkan Anda dari osteoporosis. Merokok tidak hanya buruk untuk tulang karena bisa menyebabkan macam macam penyakit akibat merokok. Resiko kematian akibat rokok bahkan sangat tinggi, termasuk komplikasi masalah kesehatan seperti stroke, tekanan darah tinggi, ejakulasi dini serta gangguan janin dan kehamilan. Jika Anda sering terkena paparan asap rokok maka bisa mencoba melakukan cara menghindari asap rokok bagi perokok pasif.

  1. Menghindari Kebiasaan Minum Alkohol
Sponsors Link

Sama seperti rokok, alkohol juga membuat kalsium dilarutkan menjadi urin sehingga tulang Anda bisa kekurangan kalsium. Untuk mencegah osteoporosis, batasi konsumsi alkohol. Alkohol menjadi bagian gaya hidup tidak sehat sehingga sering menyebabkan resiko penyakit. Resiko penyakit ini bisa muncul dalam waktu yang cepat atau lambat. Selain itu memang ada beberapa efek bahaya alkohol bagi kesehatan dan kehidupan sosial. Tidak hanya untuk penyakit yang menyerang organ tubuh seperti liver namun juga ada pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia. (baca juga: bahaya minum alkohol 70 persen yang mematikan – bahaya minuman keras bagi kesehatan)

  1. Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh Tinggi 

Lemak merupakan salah satu zat esensial yang penting untuk tubuh Anda karena menjadi sumber energi. Lemak yang disimpan dalam tubuh akan dibakar ketika Anda beraktivitas berat dan menjadi bahan bakar utama tubuh Anda. Namun lemak yang terlalu banyak memiliki efek mirip seperti alkohol dan rokok. Lemak bisa mencegah tulang menyerap kalsium secara optimal dan dapat menyebabkan osteoporosis. Jika Anda terkena obesitas maka bisa melakukan cara membakar lemak dengan cepat dan mengkonsumsi makanan yang menurunkan lemak jahat untuk tubuh. Kebiasaan yang sehat ini bisa mencegah Anda terkena bahaya lemak jenuh bagi kesehatan tubuh , bahaya lemak di perut bagi tubuh dan akibat kelebihan lemak dalam tubuh.

Baca juga: jenis jenis lemak dan fungsinya bagi tubuh – akibat kekurangan lemak jenuh yang perlu Anda ketahui – contoh lemak jenuh pada makanan yang tidak sehat.

7. Hindari Diet Ekstrim

Diet sering dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun diet juga dapat menghambat penyerapan kalsium dan vitamin serta mineral lainnya. Ketika tubuh melakukan diet berlebihan maka bisa meningkatkan resiko osteoporosis dan penyakit akibat kekurangan gizi pada balita, anak dan orang dewasa. Agar terhindar dari resiko penyakit Anda bisa mengikuti tips diet sehat dan cepat langsing. (baca juga: diet mayo – aturan dan manfaatnya)

Langkah diet yang tepat untuk menurunkan berat badan

8. Dapatkan Sinar Matahari yang Cukup

Sinar matahari dapat memberi Anda vitamin D yang membantu penyerapan kalsium. Vitamin D sangat penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium bagi tubuh. Sinar matahari pada waktu pagi hari menjadi solusi yang sangat ramah lingkungan dan murah. Anda bisa menyempatkan berjemur sebentar pada pagi hari. Namun bagi penderita penyakit yang tidak boleh terkena sinar matahari sebaiknya memang menghindari berjemur. Selain itu hindari sinar matahari diatas jam 10 pagi sebab ada beberapa bahaya seperti:

9. Hindari Minuman Bersoda 

Soft drink memiliki efek seperti rokok. Kalsium akan dilarutkan menjadi urin dan dibuang sehingga bisa menyebabkan tulang Anda kekurangan kalsium dan menyebabkan osteoporosis. Selain itu kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda bisa meningkatkan dampak bahaya minuman bersoda bagi kesehatan tubuh & ibu hamil. (Baca juga: minuman penyebab pengerasan otakefek bahaya minuman energi sangat mematikan)

10. Cukupi Kebutuhan Vitamin K

Vitamin K memiliki efek yang sama seperti vitamin D, yaitu untuk membantu tulang menyerap kalsium. Banyak orang yang tidak memperhatikan kebutuhan vitamin K yang penting untuk tubuh. Selain untuk tulang vitamin K juga membantu proses pengentalan darah dan mencegah penyakit hemofilia. (baca juga: makanan yang mengandung vitamin K tinggi dan manfaatnya)

11. Konsumsi Teh Hijau

Kandungan dalam teh hijau dipercaya dapat membantu Anda untuk memadatkan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis. Teh hijau memang tidak terlalu dikenal dibandingkan dengan jenis teh merah. Namun penduduk Jepang yang sering mengkonsumsi teh hijau, ternyata memiliki resiko kecil terkena pengeroposan tulang. Tapi asupan teh hijau tetap harus dibatasi karena ada bahaya minum teh bagi kesehatan dan bahaya es teh manis bagi kesehatan. Teh juga mengandung kafein sehingga jika dikonsumsi berlebihan akan meningkatkan berbagai resiko efek bahaya kafein bagi tubuh.

12. Atur Berat Badan yang Ideal 

Berat badan berlebihan menyebabkan tubuh Anda mengandung terlalu banyak lemak yang dapat melarutkan kalsium menjadi urin dan menyebabkan tulang kekurangan kalsium. Selain itu ketika tulang anda mulai keropos, berat badan yang terlalu tinggi akan menyulitkan tulang Anda dalam menopang berat tubuh. Sebaliknya, kekurangan berat badan berarti metabolisme tubuh Anda kurang baik dan asupan kalsium pun menjadi kurang sehingga dapat menyebabkan osteoporosis.(Baca juga: cara menguruskan berat badan dengan cepat dan alami – kalkulator berat badan ideal (BBI) online pria & wanita)

13. Melakukan Pemeriksaan Tulang

Untuk mencegah osteoporosis, salah satu langkah terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengecek keadaan tulang. Cara ini bisa Anda lakukan di rumah sakit atau klinik terdekat. Bagi wanita atau pria yang sudah berusia lebih dari 40 tahun bisa melakukan pemeriksaan secara rutin. Terutama ketika anda mulai merasakan gejala osteoporosis.

14. Mengkonsumsi Suplemen

Di dunia modern ini ada banyak suplemen khusus untuk meningkatkan asupan kalsium. Cara ini bisa membantu tubuh mendapatkan kalsium tanpa harus bersusah payah. Namun meskipun Anda mengkonsumsi suplemen kalsium, pola hidup sehat harus tetap diutamakan. Selain multivitamin Anda juga bisa minum susu secara rutin. Ada berbagai khasiat susu sapi murni bagi kesehatan yang sangat menguntungkan, termasuk untuk tulang. (baca juga: akibat kelebihan multivitamin (# sangat mengerikan) – vitamin untuk daya tahan tubuh dan sumbernya)

Gejala Osteoporosis

  1. Rasa sakit yang mengganggu pada punggung, pundak atau pergelangan tangan. Pada tahap awal osteoporosis, tulang punggung, pundak, pergelangan tangan dan pinggang adalah bagian tubuh yang paling sering terserang. Jika Anda merasakan sakit yang mengganggu pada bagian bagian tersebut terutama ketika Anda mulai memasuki usia dewasa, jangan anggap remeh dan segera lakukan diagnosa untuk mengetahui kemungkinan anda terkena osteoporosis. (baca juga: penyebab sakit pinggang pada pria dan wanita – ciri ciri flu tulang dan pengobatannya)
  2. Kehilangan berat badan yang terus menerus. Rata rata berat tubuh manusia terdiri dari 30% tulang, 15% otot dan 15% lemak dan sisanya adalah berat air. Osteoporosis akan mengurangi massa tulang sehingga cukup berpengaruh pada berat badan anda. Jika anda mengalami penurunan berat badan yang signifikan meskipun pola makan Anda normal, segera diagnosa tulang anda untuk memeriksa kemungkinan anda memiliki osteoporosis. (baca juga: badan gemuk jadi kurus – penyebab dan resiko)
  3. Postur tubuh bungkuk. Osteoporosis akan menyebabkan tulang kehilangan kemampuannya dalam menopang berat badan, salah satu yang terkena dampaknya adalah tulang punggung karena harus menopang 30% dari berat seluruh tubuh manusia termasuk kepala sehingga orang yang terkena osteoporosis cenderung menjadi bungkuk. (baca juga: penyebab terjadinya lordosis, kifosis, dan skoliosis)
  4. Tulang berbunyi. Meskipun berbeda dengan osteoarthritis, osteoporosis juga dapat mempengaruhi persendian Anda, terutama di tangan dan kaki. Perhatikan ketika Anda membawa beban berat dengan tangan Anda atau ketika hendak berjongkok dan duduk, jika tulang Anda sering berbunyi maka ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk memeriksa kemungkinan Anda memiliki osteoporosis. (baca juga: nyeri sendi lutut – penyebab, gejala, komplikasi dan pengobatannya – penyebab encok pegal linu – pengobatan – pencegahan)
  5. Pegal pegal. Bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas, rasa pegal mungkin merupakan hal yang sangat umum dan biasa. Namun jika rasa pegal di tubuh Anda tak kunjung hilang justru malah semakin sakit, sebaiknya anda memeriksakan tubuh ke dokter dan melakukan diagnosa karena bisa saja anda memiliki osteoporosis. Rasa pegal disebabkan oleh tulang yang semakin rapuh tidak mampu lagi menopang berat tubuh sehingga rasa pegal pun terjadi. (baca juga: pundak kaku dan pegal – penyebab dan cara mengatasi – leher terasa kaku dan pegal – penyebab, gejala dan pengobatan)
  6. Jika rasa pegal akibat osteoporosis tak kunjung diobati, rasa pegal tersebut akan berkembang menjadi kram yang menyiksa. Otot yang tidak ditopang lagi oleh tulang secara optimal terpaksa menopang dirinya sendiri sehingga menyebabkan kontraksi otot yang berlebihan dan menyebabkan kram. (baca juga: kaki sering kram saat tidur malam – penyebab dan cara mengatasi – tangan kram dan kaku – penyebab, cara mengatasi dan gejala penyakit)
ads

Penyebab Osteoporosis

  1. Kurang olah raga. Olah raga sangat penting bagi kesehatan tulang anda, olah raga dapat membantu tubuh menyerap vitamin D dan kalsium secara efektif untuk merawat tulang. Kekurangan olah raga dapat menyebabkan anda terkena osteoporosis. (baca juga: akibat kurang olahraga pada tubuh dan kesehatan)
  2. Rokok memiliki kandungan berbahaya yang dapat merusak kualitas tulang Anda. Merokok secara berlebihan dapat menyebabkan osteoporosis, mengurangi konsumsi rokok atau berhenti merkokok dapat menjauhkan Anda dari osteoporosis dan juga penyakit lainnya.
  3. Penelitian menyatakan bahwa alkohol dapat melarutkan dan menghilangkan kalsium serta magnesium yang berguna bagi kesehatan anda. Konsumsi alkohol yang terlalu banyak dapat merusak kualitas tulang anda sehingga osteoporosis pun tidak dapat dihindarkan.
  4. Kekurangan kalsium. Kalsium dipercaya sebagai penyokong utama kesehatan tulang anda. Kekurangan kalsium tentu dapat merusak tulang dan menyebabkan osteoporosis. Perlu diperhatikan bahwa ketika umur manusia mencapai 30 keatas, kadar kalsium dalam tubuh akan berkurang hingga sebanyak 50%, oleh karena itu asupan kalsium harus terus anda perhatikan.
  5. Kafein terbukti dapat melarutkan kalsium yang dibutuhkan tulang anda dan dikeluarkan sebagai urin. Mengkonsumsi kafein (contohnya kopi) lebih dari 3 gelas sehari dapat menurunkan asupan kalsium anda dan memperbesar kemungkinan terkena osteoporosis. (baca juga: efek terlalu banyak minum kopi bagi tubuh – bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikan)
  6. Kelebihan protein. Protein merupakan salah satu zat yang paling dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi dan otot. Namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi protein karena terbukti bahwa protein dapat mengurangi kepadatan tulang dan menyebabkan osteoporosis.(baca juga: makanan yang mengandung protein super tinggi – akibat kelebihan protein pada tubuh)
  7. Kelebihan garam. Sama seperti kafein, garam dapat melarutkan kalsium dan dibuang sebagai urine yang menyebabkan kualitas tulang menurun. Para ahli menyarankan untuk menghindari osteoporosis, sebaiknya konsumsi garam per hari tidak melebihi 1 sendok teh atau sekitar 2000mg sodium. (baca juga: bahaya konsumsi garam berlebihan bagi kesehatan –  bahaya konsumsi garam berlebihan pada tubuh dan kesehatan)
  8. Hormon esterogen pada wanita. Hormon esterogen pada wanita menyebabkan menopause, tahap dimana kepadatan tulang wanita berkurang hingga 50%, berkurangnya kepadatan tulang karena hormon esterogen tidak dapat dihindari, namun osteoporosis tetap dapat Anda cegah. Cara mencegah osteoporosis akan dijelaskan dibawah. (baca juga: akibat kelebihan estrogen bagi wanita – makanan yang mengandung estrogen dan manfaatnya)
  9. Obat kortikosteroid. Mereka yang memiliki penyakit autoimun seringkali terpaksa mengkonsumsi obat kortikosteroid dimana obat tersebut dapat menghambat penyerapan kalsium, vitamin D dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh anda untuk menjaga kualitas tulang, sehingga dapat menyebabkan osteoporosis.
  10. Kondisi medis. Beberapa penyakit seperti fibrosis cystic dan lupus, dapat merusak tulang dengan pencemaran sel yang mengurangi kepadatan tulang sehingga dapat menyebabkan komplikasi berupa osteoporosis. (baca juga: ciri-ciri lupus ringan dan berat – penyebab lupus dan pengobatannya)
  11. Hormon testosterone pada pria. Hormon testosterone pada pria memiliki efek yang serupa seperti hormone esterogen pada wanita dimana ketika memasuki usia lanjut, hormone testosterone akan menyebabkan kepadatan tulang berkurang dan menyebabkan osteoporosis. Namun tingkat kepadan tulang yang berkurang tidak akan separah yang terjadi pada wanita. (baca juga: cara meningkatkan hormon testosteron pada pria)

Pengeroposan tulang adalah kondisi kesehatan yang sangat berbahaya. Penyakit ini bisa mengurangi produktivitas dan mengganggu berbagai kegiatan sehari-hari. Selain itu rasa sakit yang berlebihan bisa sangat menyiksa tubuh. Karena itu lebih baik jika mencegah pengeroposan tulang sejak masih muda.

Artikel lain tentang kesehatan tulang dan penyakit osteoporosis.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 13th, April 2016 / 03:53 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang