Sponsors Link
     Sponsors Link

16 Obat Herbal Panas Dalam Termujarab

ads

Panas dalam sebetulnya bukanlah jenis penyakit karena panas dalam sendiri merupakan sebuah tanda dari adanya respon tubuh yang sedang mengalami gangguan. Itu artinya, sebetulnya panas dalam merupakan gejala penyakit dan hal ini dapat menyerang siapapun, dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk mengatasinya, obat herbal panas dalam di bawah ini dapat Anda coba.

(Baca juga: buah untuk obat panas dalam)

1. Kacang Hijau

Untuk meredakan gejala panas dalam, Anda bisa mencoba untuk membuat ramuan dari kacang hijau. Kacang hijau yang termasuk di dalam jenis polong-polongan ini terdapat serat cukup tinggi di dalamnya dan kandungan serat ini tak hanya baik untuk menyembuhkan panas dalam. Gangguan pencernaan juga dapat diatasi dengan baik.

  • Caranya: Sediakanlah kacang hijau sebanyak 2 genggam dan rebuslah bersama air sebanyak 3 gelas dan tunggulah sampai sisanya sebanyak segelas air saja. Anda bisa menambahkan jahe serta gula batu sebagai pemanis supaya lebih nikmat. Saringlah setelahnya dan Anda bisa pisahkan ampasnya di mana airnya bisa langsung Anda minum secara rutin sehari sekali hingga panas dalam hilang.

2. Rambut Jagung Muda

Cukup jarang memang mendengar rambut jagung muda sebagai obat bagi panas dalam, namun Anda dapat membuktikan sendiri efektivitasnya. Bahan ini juga sangat baik dalam menjaga kesehatan tenggorokan serta mulut kita.

  • Caranya: Sediakan rambut jagung muda sebanyak 1 genggam yang masih segar dan rebuslah setelah dibersihkan. Rebus bersama air 3 gelas dan didihkan sampai tersisa 1 gelas saja. Supaya lebih menikmatinya, Anda bisa menambahkan gula batu dan jahe; campur merata dan saringlah. Air rebusan yang sudah jadi bisa Anda minum secara rutin sehari 1 kali setiap hari hingga meredakan panas dalam.

(Baca juga: cara mengatasi sakit tenggorokan)

3. Cuka Sari Apel

Untuk mengatasi masalah panas dalam, salah satu yang bisa Anda andalkan adalah cuka sari apel. Mengandung vitamin C tinggi beserta sifat antibakteri, cuka sari apel ini merupakan obat yang cocok untuk panas dalam. Bahkan berkat vitamin C-nya, cuka sari apel dapat menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Caranya: Sediakan 5 sampai 7 sendok makan cuka sari apel yang kemudian bisa Anda campur bersama segelas air hangat. Sesudah itu, air cuka bisa Anda pakai untuk berkumur sekitar 10 menit lamanya secara teratur. Saat selesai, air cuka dapat Anda buang dan ulangi berkumur menggunakan air hangat sebagai pembilas mulut.

4. Air Kelapa Hijau Muda

Ada elektrolit yang terkandung pada air kelapa muda yang manfaatnya cukup besar dalam mencegah bahaya dehidrasi. Tak hanya itu, khasiatnya yang lain adalah sebagai peningkat ion tubuh di mana kandungan tersebut juga bisa diandalkan untuk mengobati panas dalam.

  • Caranya: Sangat sederhana untuk menikmati air kelapa ini, yaitu dengan langsung meminumnya saja; asalkan air kelapanya juga yang masih segar. Untuk mengoptimalkan manfaat yang hendak Anda peroleh, tambahkan juga madu murni ke dalamnya. Minumlah rutin sekali sehari dan dalam 1 minggu biasanya hasil sudah terlihat. Panas dalam akan lebih cepat sembuh ketika menambahkan madu tersebut.

(Baca juga: buah penurun panas)

5. Madu dan Perasan Jeruk Lemon

Madu yang murni jelas sangat berkhasiat dengan kandungan vitamin dan mineral alaminya yang tinggi. Supaya hasilnya maksimal, Anda bisa mencampurkan madu bersama dengan air perasan jeruk lemon. Kandungan vitamin C-nya sangat tinggi sehingga memang bagus untuk menyembuhkan panas dalam secara efektif.

  • Caranya: Madu alami bisa Anda ambil sebanyak 6 sendok makan untuk dicampurkan bersama perasan air lemon sebanyak 3 sendok makan. Ramuan kemudian bisa Anda minum rutin sebanyak sehari 2 kali dan konsumsilah sebelum dan sehabis bangun tidur. Anda bisa mencobanya sampai panas dalam benar-benar sembuh.
sponsored links

6. Kencur

Obat herbal lainnya yang bisa Anda andalkan adalah kencur di mana bahan ini sangat baik untuk mengobati penyakit batuk. Kencur memang biasanya dipergunakan untuk memasak, namun rempah asli Asia ini telah terbukti memiliki kandungan mineral alami yang dapat membuat panas dalam reda dengan baik.

  • Caranya: Untuk memulai penggunaan, siapkan lebih dulu kencur yang ukurannya 2 sampai 3 ibu jari. Setelah itu, lanjutkan dengan mencuci, mengupas dan memarut kencur hingga halus. Halusan kencur kemudian bisa diperas sampai sarinya berwarna kuning pekat. Supaya menghilangkan kepekatannya, campur dengan beberapa ml air dan konsumsilah. Minumlah teratur paling tidak sehari 1 kali setiap harinya sampai panas dalam benar-benar sembuh.

(Baca juga: menggigil tapi tidak demam)

7. Telur Ayam Kampung

Sebagian orang desa masih mempergunakan telur ayam kampung sebagai bahan jamu. Mereka memercayai bahwa telur ayam kampung mentah dapat membuat stamina tubuh meningkat hanya dengan menenggaknya saja. Rupanya, sesudah diteliti para ahli, telur ayam kampung juga efektif di gunakan sebagai salah satu cara mengobati panas dalam secara alami.

  • Caranya: Sediakan telur ayam kampung sebanyak 1 butir dan pastikan telur tersebut masih segar. Di ujung telur, bisa Anda buat lubang kecil dan keluarkan bagian putihnya semua. Jangan sampai bagian kuningnya ikut tertuang. Sesudah itu, lanjutkan dengan membuat lubang menjadi tambah besar, lalu kuning telur bisa Anda tenggak tanpa tambahan apapun secara langsung.

8. Bunga Krisan Kering

Tak banyak yang tahu bahwa bungka krisan kering bisa membantu menyembuhkan panas dalam dengan baik. Cukup dengan membuatnya sebagai teh, lalu tambahkan madu atau gula sedikit sebagai pemanis, Anda bisa menikmati ramuan. Rupanya bukan cuma panas dalam, teh dari bunga krisan kering juga baik dalam menjaga kesehatan penglihatan serta organ hati.

9. Minuman Akar Ginseng

Mungkin Anda sudah pernah mendengarnya, yakni Yeong Sum atau Pow Sum di mana akar ginseng direbus di dalam air secukupnya selama beberapa menit supaya rasanya bisa muncul. Kemudian, ramuan juga bisa ditambahkan lagi dengan garam; biarkan dingin lebih dulu sebelum mengonsumsi.

(Baca juga: cara mengobati flu)

10. Cincau

Masih ada lagi bahan herbal yang juga bisa Anda gunakan, yakni cincau yang biasanya kita nikmati dengan es atau dalam kondisi dingin-dingin. Sebagai campuran cincau, madu murni bisa digunakan yang kemudian dikonsumsi sehari paling tidak 2 kali sampai panas dalam sembuh.

Biasanya, cincau ini digunakan untuk meredakan panas dalam yang dialami oleh anak-anak. Selain bagus untuk panas dalam, efektivitas cincau pun sangat baik untuk membuat Anda yang kemungkinan kehilangan selera makan bisa lebih kenyang setelah mengonsumsinya. Hanya saja, selama panas dalam belum sembuh, cincau tak dianjurkan untuk diminum dengan es.

11. Air Garam

Senyawa mineral alami ada di dalam garam sehingga memang sangat bagus dalam mengobati berbagai gejala panas dalam. Tak hanya efektif sebagai obat batuk, tapi iritasi, sakit tenggorokan, serta sariawan juga dapat disembuhkan dengan bahan sederhana satu ini.

  • Caranya: Untuk menggunakannya, Anda cukup menyediakan garam halus sebanyak 5-6 sendok makan ke dalam segelas air hangat. Seluruh garam kemudian bisa dilarutkan dan gunakan untuk berkumur paling tidak 5 menit lamanya. Melakukan metode pengobatan ini secara rutin akan sangat membantu dalam mengatasi panas dalam secara tuntas. Pastikan Anda melakukannya setiap hendak berangkat tidur dan esok paginya sehabis bangun tidur.

(Baca juga: obat radang tenggorokan tradisional)

12. Daun Sirih

Penyakit batuk memang biasanya dapat diatasi oleh daun sirih ini dan rupanya panas dalam pun dapat diatasi. Siapkan saja beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Rebuslah daun-daun yang sudah disiapkan tersebut dan didihkan. Airnya bisa Anda tunggu dingin lebih dulu sebelum Ada meminumnya untuk menghilangkan panas dalam tanpa efek samping.

Sponsors Link

13. Lidah Buaya

Tak banyak yang tahu bahwa selain khasiat lidah buaya untuk kulit, tanaman ini juga bisa dikonsumsi untuk mengobati masalah-masalah kesehatan tubuh. Panas dalam adalah salah satu kondisi kesehatan yang bisa disembuhkan. Cukup dengan 2 sendok makan gel lidah buaya, masukkan ke dalam air putih 1 gelas dan aduk rata.

Minumlah air campuran gel lidah buaya tersebut secara rutin di mana sehari Anda bisa meminumnya 1 kali. Pastikan Anda mengonsumsinya hingga panas dalam hilang, tapi ingat bahwa tidaklah disarankan untuk meningkatkan takaran lidah buaya. Akan berefek samping buruk apabila Anda mengonsumsi lebih dari 2 sendok makan gel lidah buaya dalam sehari.

14. Daun Alang-alang

Penyembuh herbal bagi penderita panas dalam adalah daun alang-alang, yakni dengan memanfaatkan bagian daunnya. Ambil saja daun alang-alang secukupnya untuk dicuci bersih lalu direbus. Hasil rebusan tersebutlah yang bisa Anda campur bersama gula batu secukupnya dan sesudah jadi, saringlah dulu barulah dikonsumsi rutin; sehari 2 kali bakal lebih efektif.

(Baca juga: efek samping bawang putih)

15. Bawang Putih

Kandungan antiseptik dan antibakteri di dalam bawang putih sangat tinggi dan Anda bisa mengobati panas dalam dengan bumbu dapur satu ini. Tak sulit untuk menggunakannya sebagai obat, Anda cukup memakannya mentah-mentah setiap hari. Walau ada bahaya bawang putih mentah, Anda tak usah takut selama mengonsumsinya secara tak berlebihan.

16. Kunyit

Sifat antiseptik serta anti-inflamasi di dalam kunyit termasuk tinggi dan Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan panas dalam. Bila tak ingin repot membuat bubuk kunyit sendiri, Anda bisa membeli yang sudah dalam bentuk bubuk untuk diramu.

  • Caranya: Sediakan bubuk kunyit sebanyak 1 ¼ sendok teh yang kemudian dimasukkan ke dalam 1 gelas air hangat. Saat pagi hari, Anda bisa meminumnya dalam keadaan perut kosong dan Anda dapat melakukan pengobatan ini 4-5 hari untuk merasakan hasilnya. Minumlah rutin dan hasil yang Anda dapatkan pasti sangat maksimal.

(Baca juga: cara mengobati mata merah)

Itulah beberapa daftar obat herbal panas dalam paling ampuh yang bisa Anda coba di rumah ketika panas dalam mulai menyerang. Perubahan cuaca bisa jadi penyebab utama Anda mudah terkena panas dalam, tapi dengan obat-obat herbal tersebut Anda tak usah bingung lagi.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 24th, December 2016 / 15:50 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tubuh