Sponsors Link

9 Jenis Makanan yang Dapat Menyebabkan Bau Badan

Sponsors Link

Pernahkah anda mengalami bau badan? Bau badan yang tidak sedap memang dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Bagi diri sendiri, bau badan akan mengurangi rasa percaya diri. Bagi orang lain, bau badan kita dapat membuat mereka terganggu dan menjauh dari kita. Bergerak pun menjadi tidak nyaman. Apalagi jika anda adalah tipe orang penyuka olahraga. Aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat seperti olahraga tentu membuat semakin tidak percaya diri.

ads

Bau badan terjadi ketika tubuh mengeluarkan keringat melalui pori-pori dan bercampur dengan bakteri. Orang yang mempunyai bau badan tidak sedap sering dicap sebagai orang yang malas menjaga kebersihan diri sendiri. Padahal, bau badan tidak hanya terjadi karena kurang menjaga kebersihan diri. Bau badan dapat terjadi karena beberapa faktor lain, salah satunya adalah dari apa yang kita makan. Ya, makanan dapat menjadi sumber bau badan kita. Jenis makanan apa saja yang dapat menyebabkan bau badan? Mari kita simak penjelasannya!

1. Makanan pedas

Bagi anda penyuka makanan pedas, sebaiknya selalu perhatikan bau badan anda. Makanan pedas ternyata dapat menjadi salah satu penyebab bau badan. Seperti yang dikutip dari prevention.com, makanan berbumbu pedas atau berbau tajam seperti bawang putih dan bumbu kari, tidak hanya dapat menyebabkan bau mulut tetapi juga bau badan. Begitu juga dengan bawang merah. Ketika dicerna, makanan ini memproduksi sejenis gas sulfur yang bau. Bahan-bahan ini dicerna oleh usus dan hati. Namun sebagian, diserap ke dalam aliran darah dan dilepaskan ke paru-paru dan pori-pori. Efek bau ini dapat bertahan selama berjam-jam. (baca juga: bahaya makanan pedas)

2. Daging merah

Daging merah dapat menyebabkan bau badan. Menu makanan daging merah yang dimasak dengan cara apa pun, akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga akan lebih lama mengendap di sistem pencernaan kita. Ketika tidak dicerna dan membusuk, makanan ini melepaskan racun dan gas yang berbau busuk yang sebagian dapat dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Maka dari itu, memakan bahaya daging merah dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

3. Gorengan

Berbagai macam makanan yang diolah dengan cara digoreng dengan minyak, terutama yang berbahan baku tepung, dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Kandungan lemak yang didapat dari proses pengolahannya juga menjadi salah satu penyebab. Seringkali minyak yang digunakan untuk menggoreng, tidak segera diganti setelah berubah warna. Ketika dikonsumsi, minyak tersebut masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan gangguan pencernaan. Pencernaan yang tidak sehat dapat menyebabkan bau badan. Mengonsumsi gorengan terlalu sering tidak hanya berpengaruh terhadap bau badan, tetapi juga tidak baik untuk jantung anda. (baca juga: 25 bahaya mengkonsumsi gorengan bagi kesehatan)

4. Makanan berserat

Makanan berserat memang diperlukan nutrisinya oleh tubuh kita. Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat, seperti buah-buahan, sayuran (terutama kol, brokoli, asparagus, dan kembang kol), biji-bijian dan kacang-kacangan dapat menyebabkan bau badan yang tidak sedap.

Sponsors Link

Jenis makanan tersebut akan melepaskan gas seperti hidrogen, karbondioksida dan metan ketika dicerna pada usus besar, sehingga menyebabkan tubuh anda berbau. Sebaliknya, sama sekali tidak mengonsumsi atau kurang mengonsumsi makanan berserat juga dapat menyebabkan bau badan. Oleh karena itu, usahakan mengonsumsi makanan berserat sesuai dengan kebutuhan gizi seimbang untuk tubuh kita. (baca juga: makanan yang mengandung serat tinggi)

5. Ikan

Mengonsumsi ikan memang memberikan banyak manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Beberapa jenis ikan laut seperti tuna dan salmon dapat turut memberi nutrisi yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung dan organ vital lainnya. Ikan bahkan sangat penting dalam menunjang pertumbuhan anak-anak, termasuk pertumbuhan otak. Namun di sisi lain, kolin dan karnitin yang terkandung dalam daging ikan memberikan efek bau badan yang amis, meski tidak berlaku bagi semua orang, hanya sebagian saja yang mengalaminya. Beberapa orang bahkan dapat mengalaminya dalam jangka waktu beberapa hari setelah mengonsumsi masakan yang berbahan baku ikan. (baca juga: cara menghilangkan bau badan)

6. Junk food

Jika anda penyuka makanan cepat saji, jangan heran jika anda memiliki bau badan yang tidak sedap ketika anda terlalu sering mengonsumsinya. Makanan cepat saji, selain tidak baik untuk kesehatan, ternyata makanan jenis ini  juga tidak dapat dengan mudah atau secara sempurna dicerna oleh tubuh sehingga akan mengendap lebih lama di dalam sistem percernaan. Hal ini dapat menyebabkan makanan tersebut membusuk dan mengeluarkan racun serta gas berbau yang dilepaskan melalui pori-pori. (baca juga: penyebab kaki bau setelah pakai sepatu)

7. Makanan manis dan produk olahan dari susu

Makanan manis atau yang mengandung gula berlebih yang kita konsumsi dapat menjadi sumber makanan bagi bakteri di dalam pencernaan yang menjadi penyebab bau badan. Susu dan segala jenis produk olahan dari susu juga dapat menyebabkan bau badan. Produk olahan susu dapat menyebabkan risiko kecenderungan terhadap yeast infection yang dapat dialami oleh 75% perempuan di dunia. (baca juga: khasiat susu sapi murni)

8. Durian

Durian adalah salah satu jenis buah yang memiliki bau tajam. Sebagian orang sangat menyukainya. Sebagian yang lain bisa mengalami pusing dan mual hanya dengan mencium aromanya. Jika anda termasuk kelompok yang pertama, sebaiknya perhatikan baik-baik bau tubuh anda setelah mengonsumsi jenis buah satu ini. Durian mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Namun selain itu, ternyata durian mengandung senyawa sulfur yang berbau tidak sedap. Hal inilah yang menjadi penyebab bau badan setelah anda mengonsumsi buah durian. (baca juga: 9 efek samping bahaya makan durian bisa mematikan)

9. Makanan yang dimakan terburu-buru

Mungkin anda sering dihadapkan pada situasi dimana waktu makan menjadi sedikit dan anda harus makan dengan cepat demi menyelesaikan pekerjaan atau urusan tertentu. Segala jenis makanan yang dikonsumsi secara terburu-buru akan menyebabkan bau badan. Hal ini karena ketika mengunyah secara cepat, kita juga menghirup banyak udara masuk ke dalam rongga perut. Udara tersebut dapat dilepaskan kembali keluar dari tubuh dengan jalan melalui pori-pori. Selain itu, anda juga dapat mengalami sendawa yang berbau tidak enak.

Gaya Hidup Pencegah Bau Badan Wajib Dikonsumsi

ads

Itulah daftar makanan yang dapat menyebabkan bau badan. Memang terkadang kita tidak dapat menghindari makanan karena kebutuhan. Namun kita dapat tetap menjaga agar bau badan kita tidak mengganggu orang lain dan justru merugikan diri sendiri. Karena bagaimana pun, kita pasti tidak ingin hubungan sosial kita terganggu hanya karena bau badan. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana  yang bisa anda praktikkan agar anda terhindar dari bau badan meski mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan bau badan:

1. Konsumsi beberapa jenis lalapan

Mengonsumsi makanan yang dapat menghilangkan bau badan seperti daun mint, kemangi, dan daun beluntas. Jenis daun ini biasanya dipakai sebagai lalap untuk mengurangi efek makanan yang dapat menyebabkan bau badan. Daun-daunan ini juga dapat menjadikan bau badan anda menjadi lebih segar. (baca juga: makanan yang mengandung gas tinggi)

2. Mandi

Biasakan mandi dua kali sehari dengan bersih agar bakteri tidak bersarang di bagian-bagian lipatan tubuh kita. Campurkan cairan antiseptik ke dalam air mandi atau anda bisa menggunakan beberapa lembar daun sirih yang dimasukkan ke dalam air hangat untuk mandi. Setelah mandi, jangan lupa menggunakan handuk agar sisa-sisa air mengering. Tidak mengeringkan tubuh setelah mandi juga dapat menjadi penyebab bau badan itu sendiri. (baca juga: bahaya mandi saat masih berkeringat)

3. Menjaga kebersihan pakaian

Jagalah kebersihan pakaian dan perlengkapan yang anda pakai sehari-hari. Bakteri yang berukuran sangat kecil dapat terselip di antara benda-benda tersebut. Jika bercampur dengan keringat, hal ini dapat menambah masalah bau badan kita. (baca juga: bahaya hais makan langsung mandi)

4. Minum air mineral

Minumlah air mineral sesuai dengan kebutuhan tubuh, minimal 8 gelas atau 2 liter per hari. Air mineral dapat membantu melarutkan toksin-toksin yang ada di dalam tubuh. Terkadang toksin tersebut terbawa oleh makanan kita. Selain itu, air mineral memang memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Kurangilah konsumsi minuman bersoda karena hal ini justru akan menambah masalah baru bagi anda. Terlalu banyak minum soda dapat menyebabkan anda sendawa. Jika terdapat gas berbau di dalam pencernaan, aroma sendawa akan berbau tidak sedap. (baca juga: gangguan pencernaan)

5. Hindari stres

Jika anda ingin terbebas dari bau badan, sebisa mungkin hindarilah stres. Stres yang anda alami dapat menjadi pemicu tubuh memproduksi hormon-hormon yang dapat menjadi penyebab bau badan. Keringat yang dihasilkan saat stres, lebih banyak mengandung lemak dan protein yang menjadi makanan bagi bakteri penyebab bau badan. (baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

6. Memilih minuman

Beberapa jenis minuman seperti sari jeruk nipis, minuman berbahan jahe dan cengkeh dapat membantu anda mengatasi bau badan. Minuman ini dapat dikonsumsi setiap hari. Hindarilah minuman beralkohol karena jenis minuman tersebut justru dapat menjadi penyebab bau badan. (baca juga: pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia)

7. Jangan merokok

Jika anda seorang perokok, cobalah untuk berhenti mulai dari sekarang. Merokok dapat menyebabkan masalah bau badan anda menjadi semakin besar. Kandungan nikotin dalam rokok dapat diserap oleh kulit dan berpengaruh pada produksi keringat. (baca juga: bahaya rokok terhadap otak)

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk terhindar dari bau badan yang tidak sedap. Terkadang, kita tidak sadar mengenai bau badan kita sendiri. Jangan ragu untuk bertanya pada keluarga, teman atau orang terdekat apakah badan kita berbau atau tidak, agar kita dapat mengatisipasinya. Sekian artikel mengenai makanan yang dapat menyebabkan bau badan kali ini. Semoga bermanfaat!

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 28th, April 2016 / 04:30 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tubuh