Sponsors Link

21 Makanan Penyebab Rasa Kantuk

ads

Bila ada makanan yang akan membuat Anda betah melek alias semangat terus dan mencegah dari rasa kantuk, maka ada juga makanan yang dapat memicu rasa kantuk. Kalau Anda memiliki jadwal atau acara penting, maka sebaiknya makanan yang dapat menyebabkan rasa kantuk ini perlu dihindari. Namun jika Anda ingin cepat beristirahat dan mengantuk, beberapa jenis makanan ini akan sangat membantu agar Anda bisa cepat tidur pulas, yaitu:

1. Nasi Putih

Tentu banyak yang sudah pernah secara nyata mengalami yang namanya mengantuk setelah makan nasi putih, apalagi jika makan dengan porsi banyak. Indeks glikemik di dalam nasi putih terbilang tinggi sehingga saat makan terlalu banyak atau terlalu sering akan membuat Anda mengantuk seketika. Jika hendak datang ke sebuah acara penting yang membutuhkan fokus tinggi, sebaiknya tidak makan nasi terlalu banyak.

Namun ketika malam hari, demi membuat diri Anda mengantuk, makan malam dengan nasi serta lauknya tidak boleh terlewat. Saat Anda sudah kenyang dan dalam keadaan senggang tidak melakukan kegiatan apapun, maka Anda akan mengantuk dengan cepat. Hanya saja, tunggu 2 jam sebelum Anda benar-benar boleh berbaring di tempat tidur karena kalau setelah makan langsung tidur, asam lambung akan naik. Sebaiknya memilih buah atau biji-bijian jika ingin mengemil sebelum tidur.

artikel terkait: bahaya makan nasi dengan mi instanmakanan pengganti nasi untuk diet sehat

2. Ikan Tuna

Sebagai salah satu jenis makanan laut, ikan tuna sangat berguna dalam meningkatkan maupun menjaga kesehatan tubuh serta mencegahnya dari beragam penyakit serius. Lebih dari itu, fakta menyatakan bahwa ikan tuna adalah makanan laut yang mampu membuat pengonsumsinya cepat mengantuk dan mudah terlelap. Makanan super sehat satu ini memiliki kandungan vitamin B6 yang termasuk tinggi. Karena kandungan vitamin B6 akhirnya produksi melatonin dan serotonin dapat meningkat di dalam tubuh sehingga dalam waktu singkat, rasa kantuk akan tercipta dan Anda akan sulit untuk menahannya. Oleh sebab itu, mengonsumsi ikan tuna di malam hari merupakan pilihan tepat.

3. Pisang

Kebanyakan orang mengatakan bahwa saat fisik lelah, tidur pun akan bisa lebih cepat karena lelah dapat menjadikan mata lebih berat. Jika ingin cepat merasakan kantuk, makanlah buah pisang dan Anda akan mengantuk seketika. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki kandungan magnesium dan kalium yang dapat membuat saraf serta otot lebih tenang. Kandungan vitamin B6 yang ada di dalam pisang juga akan membuat triptofan berubah menjadi serotonin sehingga tubuh yang tegang akan berubah menjadi lebih santai.

artikel terkait: khasiat buah pisang untuk kesehatanefek terlalu banyak makan buah pisangbahaya pisang karbit

4. Salad

Dengan mendengar nama makanan ini, langsung diketahui makanan ini tergolong makanan sehat. Namun menurut seorang ahli gizi, ketika Anda mengonsumsi salad pada waktu yang tidak tepat maka rasa kantuk yang akan timbul. Seperti telah diketahui bahwa salad adalah makanan yang terdiri dari sayur-sayuran seperti tomat, wortel yang diserut, potongan selada, serta sayuran segar lainnya.

Sponsors Link

Kalori yang terdapat pada semangkuk salad hanya sekitar 200 kalori sehingga tidak heran bila Anda pun akan cepat merasa lapar dan bahkan gampang merasa ngantuk. Dalam mengonsumsi salad, biasanya orang dapat menambahkan raspberry vinaigrette atau madu mustard sebagai sausnya yang mana akan membuat rasa kantuk menjadi lebih besar. Agar tidak mengantuk usai makan salad, tambahkan protein ke dalam salad melalui daging ayam serta karbohidrat kompleks supaya energi Anda dapat terbakar.

5. Kacang Almond

Almond adalah salah satu cemilan sehat yang memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh sehingga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan. Di dalam almond, kandungan triptofan dan magnesium cukup tinggi dan kedua zat inilah yang berperan dalam membuat fungsi saraf serta otot menjadi berkurang sehingga otomatis Anda akan merasa sangat rileks dan perlahan akan muncul rasa kantuk. Alasan mengapa rasa kantuk mudah muncul setelah mengonsumsi almond adalah karena kedua zat tersebut akan menstabilkan irama jantung. Mengonsumsi segenggam kacang almond saja ternyata dapat memberikan efek ngantuk, maka makanlah pada malam hari sebagai cemilan sehat sebelum tidur.

6. Kacang Kenari

Rupanya yang berperan besar dalam membuat rasa kantuk muncul tidak hanya kacang almond, kacang kenari juga berfungsi sama seperti kacang almond. Kacang-kacangan ini adalah cemilan yang sangat pas untuk dikonsumsi di malam hari sebelum tidur. Biasanya orang memiliki kebiasaan mengemil di malam hari supaya bisa cepat tidur jika kenyang. Daripada memilih cemilan yang tidak sehat seperti junk food, kacang kenari boleh dimakan.

Selain membuat perut terisi, Anda juga akan dapat beristirahat lebih baik karena akan mengantuk lebih cepat. Kandungan melatonin dalam kacang kenari yang membuat mata Anda menjadi berat dan mengantuk. Hanya dalam sekejap, Anda pasti terlelap setelah mengonsumsi kacang kenari asalkan tidak terlalu berlebihan dan dalam porsi yang normal. Mungkin manfaat dari kacang almond untuk kesehatan organ dalam tubuh sudah diketahui, bagaimana dengan kacang kenari? Keuntungan dari mengonsumsi kacang kenari adalah dapat menjaga dan bahkan meningkatkan kesehatan jantung.

7. Pretzel

Pasti Anda tahu makanan pretzel dan mungkin bahkan sebagian dari Anda suka menyantapnya sebagai cemilan. Namun perlu diketahui bahwa pretzel merupakan makanan penyebab kantuk dan terlelap sehingga sebaiknya hindari mengonsumsi di pagi maupun siang hari kecuali sedang hari libur dan Anda tidak melakukan aktivitas apapun. Ini dikarenakan pretzel mempunyai indeks glikemik tinggi dan tepat sehabis mengonsumsinya, maka akan terjadi kenaikan insulin serta gadar glukosa dalam tubuh.

Ketika lonjakan insulin dan gula darah secara alami tersebut, maka waktu yang biasanya diperlukan oleh Anda untuk tidur makin diperpendek sehingga terlelap makin cepat. Anda mungkin biasanya akan mengharapkan kadar keduanya stabil supaya perubahan suasana hati dan resistensi insulin dapat dihindari, namun bila ingin mengistirahatkan tubuh serta pikiran, peningkatan insulin dan gula darah akan sangat berguna. Kedua kondisi ini justru mampu membuat tryptophan masuk ke dalam otak Anda dan membantu Anda tidur dengan cepat dan nyenyak.

artikel terkait: penyebab gigi berlubang

8. Madu

Madu adalah salah satu makanan yang sangat berguna untuk kecantikan, kesehatan tubuh, kulit, serta rambut dan perlu diketahui bahwa madu mengandung kadar glukosa tinggi. Glukosa ini yang membuat produksi zat kimia otak terjaga. Zat kimia tersebut dikenal dengan sebutan orexin dan gunanya adalah membuat Anda terus terjaga, maka jika produksinya ditutup otomatis Anda akan merasakan kantuk seketika itu juga. Tidak perlu mengonsumsi banyak, bahkan hanya satu sendok madu yang Anda campurkan ke dalam makanan atau minuman favorit Anda, Anda akan cepat merasakan kantuk. Selalu perhatikan seberapa banyak Anda mengonsumsi dan jangan sampai Anda makan atau minum madu terlalu berlebihan. Bahkan satu sendok makan untuk mendapatkan tidur nyenyak di malam hari termasuk banyak.

9. Roti Gandum

Ketika kadar glukosa yang ada di dalam darah naik, maka energi pun akan naik. Sedangkan saat kadar glukosa menurun, percaya tidak percaya energi Anda juga malah melemah sehingga Anda akan merasakan tubuh yang lemah dan lesu. Roti gandum yang biasanya dikonsumsi sebagai menu sarapan memang dapat membuat kadar gula naik di pagi hari yang membuat energi Anda penuh. Namun asupan glukosa dari roti gandum akan cepat turun sehingga bisa membuat Anda cepat mengantuk meski waktu masih terlalu pagi. Itulah mengapa Anda perlu menghindari sarapan dengan menu roti gandum.

10. Buah Cherry

Segarnya buah cherry pasti dapat terbayangkan dan muncul di benak Anda. Akan tetapi buah satu ini memiliki efek yang tak terduga. Buah ini boleh berukuran kecil, namun efeknya dalam membuat pengonsumsinya merasa ngantuk cukup mengejutkan bagi beberapa orang yang sama sekali belum tahu. Zat yang terdapat di dalam buah cherry adalah zat melatonin yang akan membuat tubuh menjadi lebih santai dan membuat Anda mudah mengantuk. Sebagian orang belum tahu bahwa sulit tidur atau insomnia dapat diatasi dengan mengonsumsi buah cherry sebelum berangkat tidur.

Selain dapat langsung dimakan, buah cherry juga bisa dibuat jus dan jus cherry ini juga tentu memberikan efek yang sama dalam membuat ngantuk. Meminum segelas saja di malam hari akan membantu Anda tertidur dengan sangat mudah menurut sebuah penelitian. Jus cherry ini akan menawarkan sejumlah perbaikan kesehatan yang membuat Anda insomnia lebih besar daripada yang memilih untuk mengonsumsi minuman plasebo. Jadi, jangan ragu untuk membelinya dan mengonsumsinya di saat yang tepat, yaitu pada malam hari tepat sebelum tidur dan bukan pada pagi hari.

artikel terkait: cara mengatasi susah tidurdampak insomnia bagi kesehatan

11. Keju

Merupakan salah satu produk susu yang sangat nikmat dan disukai oleh berbagai kalangan. Keju memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat membuat Anda sehat dan terhindar dari penyakit. Gangguan tidur alias insomnia pun mampu diatasi dengan mengonsumsi keju, karena keju biasanya hanya dimanfaatkan untuk menaikkan berat badan atau menambah asupan mineral. Memang betul, kandungan kalsiumlah yang menawarkan kebaikannya dalam mengobati gangguan sulit tidur alias insomnia.

Insomnia sendiri dikenal sebagai suatu kondisi sulit tidur di mana mungkin sebenarnya secara fisik kita sudah sangat lelah namun sangat susah untuk dapat terlelap walau telah mencoba memejamkan mata. Kandungan kalsium yang ada pada keju ini membuat otak Anda memanfaatkan tryptophan. Pada akhirnya, melatoninlah yang akan terproduksi sehingga Anda akan mengantuk dan tidak salah lagi, Anda akan cepat tertidur tanpa harus membaca atau melakukan sesuatu agar mata lelah.

artikel terkait: makanan yang mengandung kalsium tinggi

12. Oatmeal

Makanan satu ini biasa dijadikan sebagai menu sarapan serta menu sehat bagi para penderita jantung. Bagi para pengonsumsinya, mungkin sebagian dari Anda belum tahu bahwa saat mengonsumsi oatmeal, maka produksi insulin akan terdorong lebih sehingga otomatis kadar gula darah naik. Makan oatmeal menjadikan Anda lebih mudah mengantuk bukan karena alasan tersebut, melainkan juga karena kadar tinggi zat melatoninnya sehingga tubuh dapat menjadi tenang sehingga tidur pun menjadi lebih cepat di malam hari. Bagi para penderita insomnia, makanan ini boleh dicoba dikonsumsi agar mengatasi kondisi gangguan tidur tersebut.

13. Selada

Apabila salad adalah sebuah makanan yang terdiri dari bermacam-macam sayuran, maka cobalah untuk mengonsumsi selada saja jika tidak ingin makan salad. Alternatif dari salad ini juga dapat menjadi alternatif cemilan sehat ketika Anda lapar di malam hari dan enggan mengonsumsi makanan berlemak seperti junk food. Selada akan memberikan kesegaran bagi Anda karena memang rasanya yang lezat dan segar. Namun selada juga akan membantu Anda cepat terlelap karena memberikan efek mengantuk yang cukup tinggi.

Selada adalah salah satu jenis sayur berserat tinggi dan selalu dapat membuat sistem pencernaan lancar serta membantu diet Anda berhasil. Pada malam hari sebelum tidur, jika Anda lapar bisa langsung mengambil beberapa lembar selada untuk membuat perut terganjal dan sekaligus menimbulkan rasa kantuk. Kandungan apa yang ada di dalam selada sehingga memberikan efek ngantuk begitu besar? Zat alami yang menawarkan efek tersebut adalah lactucarium yang akan menjadikan istirahat Anda di malam hari menjadi lebih maksimal.

14. Dark Chocolate

Asyiknya mengonsumsi dark chocolate ketika sedang bersantai atau bahkan saat berada dalam keadaan stres maupun tertekan. Kabar baiknya, jenis cokelat ini dapat dimakan kapan saja secara lebih fleksibel, entah itu siang atau malam. Apabila milk chocolate dikenal sebagai stimulan yang akan memberikan Anda energi lebih sehingga tidak mudah lelah dan justru betah melek sepanjang hari, dark chocolate adalah kebalikannya.

Cokelat disebut sebagai makanan penyebab kantuk yang baik dalam membuat tubuh serta pikiran lebih rileks dan cocok untuk dikonsumsi bagi yang tengah berada dalam kondisi stres. Kenyataannya, dark chocolate yang memberikan efek tenang pada pikiran dan tubuh karena kandungan serotonin dalam dark chocolate cukup tinggi, maka saat Anda mengonsumsinya, Anda akan merasa sangat rileks dan cepat mengantuk.

sponsored links

15. Sereal

Sereal berbeda dari oatmeal, namun akan memberikan efek yang sama besarnya dalam membuat Anda bisa rileks dan akhirnya tidur dengan lebih cepat. Sereal pada umumnya jelas dikonsumsi di pagi hari sebagai menu sarapan, akan tetapi pada kenyataannya sereal mengandung kalsium serta karbohidrat yang keduanya akan sangat mendukung Anda mendapat tidur yang cukup. Yang perlu Anda tahu di sini adalah bahwa semangkuk sereal tidak hanya menjadi menu sarapan di pagi hari, tetapi malam hari pun sebelum tidur Anda boleh menyantapnya sehingga tidur yang lebih baik bisa didapatkan. Ini adalah cara yang lebih disarankan untuk para penderita insomnia.

artikel terkait: makanan yang mengandung karbohidrat tinggi

16. Buncis

Tryptophan adalah yang paling dibutuhkan untuk menciptakan rasa kantuk dan rileks pada tubuh serta pikiran. Buncis adalah salah satu jenis sayuran yang dapat diandalkan untuk membuat rasa kantuk muncul dengan cepat. Masakan dengan bahan utama buncis tentu akan sangat membantu, khususnya jika dimasak untuk menu makan malam. Mengonsumsi buncis di siang hari diperbolehkan asalkan tidak dalam jumlah yang terlalu banyak serta waspadai rasa kantuk saat menjalankan aktivitas. Sumber dari tryptophan ini akan mengiringi tryptophan untuk mencapai bagian otak. Jika pada siang hari Anda membutuhkan tidur siang sejenak, makan buncis adalah salah satu solusi aman untuk dicoba.

artikel terkait: buncis bagi penderita asam urat

17. Bayam

Termasuk di dalam jajaran jenis sayuran hijau yang banyak mengandung nutrisi, bayam bukan hanya akan dapat membantu menjaga kesehatan Anda, melainkan fungsinya dalam menciptakan rasa kantuk pun cukup besar. Seperti yang sudah diketahui umum, bayam mengandung kadar kalsium tinggi yang tidak hanya baik untuk tulang, tapi juga sangat bagus dalam mengatasi insomnia atau gangguan sulit tidur. Kalsium di dalamnya berfungsi membantu otak dalam menggunakan tryptophan dalam memroduksi melatonin. Bayam boleh juga dimasak untuk makan malam karena jarak waktu istirahat tidak akan terlalu lama dan pada saat itu jelas Anda akan mengantuk dengan mudah sehingga bisa beristirahat lebih awal.

artikel terkait: bayam untuk penderita asam uratbahaya sayur bayam yang dihangatkan

18. Kalkun

Daging kalkun yang biasa disantap pada hari Thanksgiving di luar negeri rupanya memiliki efek baik yang dapat membantu para penderita gangguan sulit tidur agar cepat mengantuk dan terlelap dengan mudah. Beberapa ahli mengatakan bahwa kalkun tidak memiliki efek apapun dalam membuat pengonsumsinya mengantuk, kalaupun si pengonsumsi mengantuk, itu hanya karena makan daging kalkun terlalu banyak. Efek kenyang yang para ahli tunjukkan sehingga pengonsumsi akan mengantuk. Namun peneliti lain menjelaskan bahwa di dalam kalkun terdapat kandungan tryptophan yang akan dimetabolisme menjadi melatonin dan serotonin, sama seperti ikan tuna. Kedua zat tersebut yang akan bertanggung jawab dalam membawa Anda ke alam tidur lebih cepat dari biasanya. Jika ingin membuktikannya, Anda boleh mengonsumsinya pada waktu makan malam.

19. Teh Markisa

Pernahkah Anda mencoba menikmati teh markisa? Atau paling tidak pernah mendengarnya? Sebuah studi di Australia menunjukkan bahwa teh ini berefektifitas tinggi sebagai obat insomnia karena pada dasarnya mengonsumsi teh markisa 1 cangkir saja akan sangat merilekskan tubuh dan pikiran. Apabila mengonsumsi secangkir teh markisa tepat 60 menit sebelum berangkat tidur, maka tidur Anda akan dijamin sangat lelap.

Para peneliti percaya bahwa kandungan di dalam bunga, yaitu Harman alkaloid yang berkadar tinggi adalah pemicu rasa kantuk tersebut muncul. Zat tersebut yang mengirimkan sinyal pada sistem saraf yang kemudian menginformasikan pada tubuh agar menjadi lelah. Tidak heran bila setelah itu Anda akan dengan cepat mengantuk dan sudah berada di alam mimpi.

20. Teh Chamomile

Satu lagi teh yang tidak hanya akan membuat pikiran menjadi tenang, tapi juga membuat ngantuk dengan cepat yaitu teh chamomile. Setelah seharian bekerja atau setelah mendapat banyak stres dan tekanan, pada malam hari Anda kemungkinan tidak bisa tidur. Teh chamomile adalah salah satu solusi terbaik dalam menenangkan pikiran dan tubuh Anda secara alami tanpa perlu mengonsumsi obat tidur. Menurut penelitian, ketika seseorang meminum teh maka terjadi peningkatan glisin. Glisin ini diketahui sebagai bahan kimia yang berfungsi dalam membuat otot serta saraf menjadi lemas. Teh ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penenang ringan tanpa adanya efek samping bagi tubuh. Menyeduh secangkir teh chamomile sudah cukup untuk mengantar Anda tidur nyenyak sampai keesokan pagi.

21. Kangkung

Telah dipercaya oleh masyarakat kita bahwa kangkung adalah jenis sayuran yang mampu membuat pengonsumsinya menjadi cepat mengantuk. Terkenal sebagai makanan penyebab kantuk yang bisa memicu seseorang merasa ingin tidur, sebetulnya belum ada penelitian yang dapat menjelaskan secara pasti tentang kebenaran dari efek kangkung tersebut. Namun, banyak yang menduga bahwa kangkung ini memiliki senyawa kimia sedatif. Banyak yang mencurigai adanya zat di dalam kangkung yang dapat membuat pengonsumsinya menjadi lebih tenang. Ketika pikiran seseorang sudah rileks dan tenang, akan sangat mudah baginya merasa mengantuk lalu tertidur dengan lelap. Hanya saja, hal ini belum tentu berlaku bagi semua orang sebab untuk dapat mengantuk, kadar senyawa sedatif yang diperlukan tubuh setiap orang tidak sama. Oleh karena itu, sangat mungkin jika seseorang sehabis mengonsumsi kangkung akan tetap kelihatan segar.

artikel terkait:  khasiat dan kandungan kangkung – sayur kangkung bagi penderita asam urat

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 21st, April 2016 / 11:06 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tubuh