11 Cara Meningkatkan Hormon Progesteron Secara Alami

Hormon progesteron merupakan hormon yang penting dalam reproduksi wanita dan fungsi seksual. hormon progesteron ini berperan aktif dalam menjaga stabilitas tubuh, stabilitas hormon serta menekan efek samping dari adanya ketidakseimbangan hormon tubuh. Hormon progesteron ini lebih penting peranannya untuk kaum wanita tidak hanya dalam fungsi reproduksi tetapi juga mengatasi kehamilan dalam resiko tinggi serta ketidakseimbangan hormon.

Fungsi Hormon Progesteron

Hormon pregesteron mempunyai banyak fungsi penting dalam kinerja tubuh wanita yaitu diantaranya seperti mengatur siklus haid, mempertebal dinding endometrium untuk persiapan proses implantasi jika terjadi fertilisasi antara ovum dan sperma. Hormon progesteron juga sangat penting perannya pada masa kehamilan terutama pada fase awal kehamilan yaitu untuk menghambat kontraksi uterus. Dalam hal ini berperan dalam mempertahankan keberadaan janin yang usianya masih muda sehingga tidak mudah keguguran. Selain itu hormon progesteron akan berperan dalam menurunkan gairah seksual pada saat masa kehamilan awal karena pada saat ini perlu untuk mempertahankan janin karena janin masih saat rentan terhadap benturan. Hormon progesteron juga akan berperan untuk mempersiapkan payudara sebagai proses laktasi. (baca juga: makanan penambah sperma)

Kekurangan hormon progesteron akan mempengaruhi beberapa kondisi tubuh sehingga akan mengalami seperti gangguan siklus menstruasi, merasa nyeri yang berlebihan saat menstruasi, resiko keguguran yang tinggi, tidak terjadinya ovulasi, merasa tidak nyaman dan stres pada kehamilan usia 3 bulan pertama, insomnia yang akan berakibat buruk untuk janin, menurunnya daya ingat, keringnya mukosa vagina, nyeri sendi lutut serta bahaya infeksi saluran kencing. (baca juga: bahaya kopi bagi penderita kista)

Efek Kekurangan Hormon Progesteron

Wanita yang mengalami kekurangan hormon progesteron ternyata mempunyai banyak efek tidak baik untuk kesehatan tubuh dan janinnya. Wanita mengalami kekurangan hormon progesteron tentunya dipengaruhi oleh beberapa sebab. Beberapa penyebab kurangnya hormon progesteron didalam tubuh yaitu seperti mengalami stres, efek negatif dari program diet, mengkonsumsi pil kontrasepsi, pengaruh lingkungan dan produk-produk yang dipakai seperti detergen dan produk kecantikan.

Stres yang terjadi dapat mengurangi kadar hormon progesteron di dalam tubuh karena stres memang sangat mempengaruhi kondisi kesehatan wanita. Dalam mengkonsumsi pil kontrasepsi seorang wanita juga seharusnya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahlinya karena tidak semua pil kontrasepsi baik cocok pada setiap wanita. konsultasikan kondisi kesehatan anda sehingga dokter akan memberikan saran untuk mengambil pil kontrasepsi yang sesuai sehingga tidak akan mempengaruhi hormon progesteron di dalam tubuh. (baca juga: cara menghilangkan stres)

Wanita yang mempunyai masalah kekurangan pada hormon progesteron banyak yang berhasil mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung senyawa yang identik dengan hormon progesteron. Beberapa makanan yang dapat meningkatkan hormon prgesteron yaitu sebagai berikut:

  1. Susu murni hewani

Susu murni dari hewan seperti sapi, kambing dan unta mempunyai kandungan senyawa yang identik dengan senyawa progesteron sehingga susu murni hewan mampu meningkatkan kadar hormon progesteron didalam tubuh wanita. hormon progesteron akan diproduksi dengan maksimal ketika masa kehamilan dan menyusui. Pada sapi, kambing serta unta hal ini akan terjadi sehingga akan didapatkan sejumlah hormon progesteron dalam susu murni hasil dari produksi hewan-hewan tersebut. Mengkonsumsi susu murni akan baik untuk kesehatan tubuh serta meningkatkan tingkat kesuburan karena kandungan hormon progesteronnya tinggi. (baca juga: khasiat susu sapi murni)

  1. Makanan dengan kadar vitamin E

Makanan yang mengandung vitamin E terbukti bisa meningkatkan hormon progesteron didalam tubuh. Makanan yang banyak mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan, biji-bijian, kecambah, tempe. Wanita yang ingin memiliki reproduksi subur juga biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin E seperti tauge. Vitamin E mampu meningkatkan hormon progesteron telah terbukti dengan adanya penelitian dalam journal of ovarian research tahun 2009 yang mengungkapkan bahwa 67% dengan mengkonsumsi vitamin E akan meningkatkan hormon progesteron sebanyak 1,5 kali lebih baik. (baca juga: 30 makanan yang mengandung vitamin E dan manfaatnya)

  1. Makanan dengan vitamin B6

Vitamin B6 mampu menjaga keseimbangan progesteron didalam tubuh. tubuh yang kelebihan atau kekurangan hormon progesteron juga tidak baik untuk kesehatan. Proporsi hormon progesteron dalam tubuh baiknya yaitu seimbang sehingga reproduksi wanita baik serta kesehatan tubuh juga baik tanpa adanya gangguan kesehatan. Makanan yang mengandung vitamin B6 seperti kenari, sereal serta susu kedelai. Susu kedelai merupakan minuman sehat yang mengandung gizi baik yaitu vitamin B6.

Susu kedelai ini bisa menjadi solusi anak yang alergi terhadap susu sapi atau tidak suka dengan susu sapi. Anda bisa mengkonsumsi susu kedelai setiap hari dengan memproduksi sendiri atau membelinya dengan berbagai macam produk yang sekarang sudah banyak terjual. Susu kedelai sangat enak rasanya sehingga anda tidak usah khawatir dengan rasa yang dihasilkan dari susu yang dibuat dar kedelai. (baca juga: kandungan vitamin B6 pada makanan)

  1. Makanan yang mengandung seng

Makanan yang mengandung zat seng akan menghasilkan tingkat progesteron yang memadai didalam tubuh. beberapa makanan yang mengandung zat seng yaitu seperti daging merah, kerang, ayam serta kalkun. Makanan tersebut mempunyai potensi untuk cara meningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh. Konsumsi makanan tersebut secara rutin agar tubuh terpenuhi akan zat seg yang dapat memproduksi hormon progesteron seimbang di dalam tubuh. Bayam merupakan sumber makanan yang mengandung zat seng yang dapat meningkatkan kadar progesteron di dalam tubuh. anda dapat mengkonsumsinya dengan dibuat sayur, kripik atau jenis makanan lainnya sesuai dengan selera dan kreatifitas anda. (baca juga: fungsi zinc)

  1. Mengkonsumsi tanaman herbal

Beberapa tumbuhan atau tanaman obat juga jika dikonsumsi akan bisa meningkatkan hormon progesteron didalam tubuh. Tanaman obat yang bisa meningkatkan hormon progesteron seperti kunyit. Anda dapat mengkonsumsi kunyit dengan dibuat jamu atau minuman. Dengan mengkonsumsi kunyit secara teratur maka akan membantu menyeimbangkan hormon progesteron yang ada di dalam tubuh anda.

Kunyit memang memberikan manfaat banyak untuk kesehatan tubuh salah satunya yaitu memang dapat meningkatkan kadar progesteron di dalam tubuh. Manfaat lain kunyit untuk kesehatan tubuh juga banyak sehingga dengan mengkonsumsi kunyit maka akan mendapatkan manfaat peningkatan kadar hormon progesteron di dalam tubuh serta manfaat lainnya yang menyehatkan tubuh anda. (baca juga: cara meningkatkan hormon testoteron)

  1. Makanan sumber vitamin C

Banyak makanan atau 21 buah yang mengandung vitamin C super tinggi dan manfaatnya. Vitamin C baik untuk meningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh. penelitian telah dilakukan kepada 122 wanita yang mengalami keluhan terhadap fertilitas dan menstruasi yang tidak teratur, serta ada juga wanita yang mengalami masalah dengan hormon progesteron. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% wanita berhasil meningkatkan hormon progesteron dalam tubuhnya setelah mengkonsumsi vitamin C 750 mg selama 3 minggu.

Setelah diteruskan mengkonsumsi wanita yang mengalami masalah dengan kesusahan dengan kehamilan juga bisa hamil. Banyak buah yang mengandung vitamin C seperti tomat, jeruk, noni serta banyak lagi buah lainnya. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin setiap hari untuk dibuat juz atau di konsumsi langsung. (baca juga: 34 makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi)

  1. Buah dan sayuran

Buah dan sayur memang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh. buah dan sayur juga ada beberapa yang mengandung senyawa yang terbukti dapat meningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh. beberapa buah dan sayur yang mengandung senyawa yang dapat meningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh yaitu diantaranya seperti bayam merah, noni, aneka macam buah berry, srikaya dan kiwi. Konsumsi buah dan sayur setiap hari agar hormon progesteron dalam tubuh anda dapat seimbang sehingga tubuh anda subur dan sehat. (baca juga: makanan yang mengandung gas tinggi)

  1. Mengkonsumsi teh herbal

Teh herbal merupakan teh yang memiliki sejumlah senyawa unik bersifat anti oksidan. Senyawa tersebut terbukti baik dalam melakukan detoksifikasi dan membantu memperbaiki fungsi endokrin termasuk juga mendorong terbentuknya hormon progesteron di dalam tubuh. Teh herbal diantaranya seperti teh hijau, teh oregano, daun teh ekstrak sarang semut. Teh tersebut mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan kadar progesteron di dalam tubuh.

  1. Kuning telur

Kuning telur merupakan makanan yang mengandung gizi tinggi, serta ternyata makanan ini mengandung zat gizi yang dapat meningkatkan kadar hormon progesteron di dalam tubuh. kuning telur yang mengandung gizi lebih baik yaitu kuning telur dari ayam kampung. Ayam kampung mempunyai proses reproduksi yang lebih baik karena makanan ayamnya alami tidak mengandung bahan kimia sehingga telur yang dihasilkan juga akan mempunyai zat gizi yang lebih baik. Kuning telur akan utuh kandungan gizinya jika di masak dengan direbus. (baca juga: bahaya konsumsi telur berlebihan)

  1. Daging ayam

Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang juga bisa meningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh. Konsumsi daging ayam dengan memilih ayam kampung yang mempunyai kandungan gizi yang lebih baik. Daging ayam bisa dimasak denga sesuai selera sehingga anda menikmati dalam mengkonsumsi sehingga kebutuhan protein dalam tubuh terpenuhi serta hormon progesteron di dalam tubuh akan semakin meningkat tetapi tetap seimbang.

  1. Tanaman progesteron

Tanaman progesteron merupakan tanaman yang mengandung senyawa sejenis hormon progesteron. Salah satu tanaman yang termasuk dalam kategori ini yaitu ubi liar (wild yam). Senyawa yang terkandung dalam ubi liar ketika dikonsumsi oleh tubuh maka dipercaya dapat meningkatkan kadar hormon progesteron di dalam tubuh.

Demikian makanan yang bisa anda konsumsi untuk dapat meningkatkan kadar hormon progesteron didalam tubuh. Kadar hormon progesteron didalam tubuh juga tidak baik jika terlalu banyak kadarnya. Untuk itu anda harus tetap waspada dalam usaha menaikkan kadar hormon progesteron di dalam tubuh. Periksakan secara rutin kondisi kesehatan tubuh anda agar anda dapat mengetahui kondisi kesehatan sehingga anda akan lebih mudah dalam mengambil langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

Cara meningkatkan Hormom Progesteron Lainnya

Cara meningkatkan hormon progesteron didalam tubuh juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi atau menggunakan obat progesteron yang bisa langsung dimasukkan kedalam tubuh. penggunaan obat progesteron memang cepat terbukti meingkatkan hormon progesteron di dalam tubuh, tetapi jika bisa maka lebih baik jika meningkatakan hormon progesteron dengan cara alami yaitu mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa memacu meningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan hormon progesteron di dalam tubuh akan lebih aman dan bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh. Dalam usah meningkatkan kada hormon progesteron di dalam tubuh juga harus hati-hati karena jika kebanyakan hormon progesteron di dalam tubuh juga berbahaya.

Kebanyakan kadar hormon progesteron didalam tubuh juga akan mengganggu kesehatan tubuh, sehingga baiknya kesehatan tubuh mengandung hormon progesteron yang seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Beberapa efek negatif yang bisa timbul akibat terlalu banyak kadar hormon progesteron didalam tubuh yaitu seperti tampak kelelahan, kehilangan gairah seksual, emosi yang tidak stabil, perut kembung, nafsu makan berkurang, serta siklus menstruasi menjadi tidak teratur. (baca juga: penyebab darah beku saat haid)

Jadi kelebihan atau kekurangan hormon progesteron dalam tubuh memang tidak baik untuk kesehatan reproduksi atau kesehatan tubuh wanita. untuk menjaga kesehatan tubuh maka perlu adanya keseimbangan hormon progesteron di dalam tubuh. Perlu adanya penyeimbangan hormon progesteron didalam tubuh dengan memeriksakan kesehatan ke dokter kemudian melakukan hal-hal yang dapat menyeimbangkan kaar hormon progesteron di dalam tubuh.

Tentunya kehidupan rumah tangga tidak akan bahagia jika tidak adanya kehadiran anak dari hasil cinta suami istri. Maka tingkat kesuburan menjadi kunci mendapatkan keturunan. Sayangi dan jaga kesehatan anda dan keluarga anda dan selamat mencoba.

, , ,
Post Date: Tuesday 19th, April 2016 / 13:40 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tubuh