Sponsors Link

30 Cara Meningkatkan Fisik Dengan Cepat dan Ampuh

ads

Entah karena cuaca yang panas atau mungkin karena asupan dalam tubuh yang kurang, tubuh menjadi lebih mudah capek. Jika sudah begitu, umumnya rasa kantuk dan malas akan menghinggapi dan berakibat pada terbengkalainya pekerjaan. Bukan hanya itu, namun beragam penyakit ringan seperti flu bisa dengan mudah menyerang tubuh kapan saja. Beragam aktivitas yang dijalani, membutuhkan kesegaran serta tubuh yang fit untuk melakukannya. Dengan tubuh yang fit dan stamina tubuh yang mumpuni, maka pekerjaan pun akan menjadi lebih mudah diselesaikan tanpa hambatan. Tubuh yang fit, membuat kesehatan tubuh menjadi lebih terjamin dengan perlindungan yang matang.

Menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh harus dilakukan mulai dari sekarang. Budayakan konsumsi makanan sehat serta jauhi kebiasaan dan asupan yang mendatangkan penyakit. Daya tahan tubuh yang kuat bukan hanya melindungi anda dari bahaya kuman dan bakteri, namun juga melindungi anda dari cuaca yang ekstrim layaknya hujan, angin serta panas yang begitu menyengat. (baca juga: cara meningkatkan daya tahan tubuh)

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melindungi tubuh dari bahaya penyakit sekaligus membuat kesehatan fisik meningkat seperti contoh di bawah ini :

1. Perbanyak antioksidan

Mengonsumsi banyak antioksidan merupakan langkah yang tepat dalam menjaga kesehatan tubuh dari banyaknya kuman dan bakteri yang sewaktu-waktu bisa menyerang. Antioksidan merupakan zat yang begitu penting bagi tubuh terutama untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat radikal bebas, merupakan salah satu pemicu datangnya penyakit kronis seperti kanker, gangguan pada pembuluh darah atau radang di bagian sendi.

Radikal bebas dapat menyerang pertahanan tubuh kita kapan saja dan jika daya tahan tubuh lemah maka tubuh dapat dengan mudah digerogoti penyakit. Inilah kenapa mencukupi kebutuhan antioksidan dalam tubuh merupakan hal yang wajib dan tidak boleh ditinggalkan. Daya tahan tubuh yang kuat maka virus flu dan infeksi kuman lainnya akan lewat. (baca juga: makanan yang mengandung antioksidan)

2. Cukupi kebutuhan air

Tahukah anda betapa pentingnya asupan air bagi tubuh manusia? Perlu diketahui tubuh terdiri dari 70% air yang ketika kita kekurangan air tersebut, tubuh akan menjadi lebih mudah sakit. Memperbanyak konsumsi air minum juga dapat menjaga tubuh dari gangguan dehidrasi yang berakibat pada mudah stres, sering sakit kepala, kelelahan serta penyebab migrain.

Mencukupi kebutuhan tubuh akan air memiliki banyak manfaat seperti membantu anda tetap fokus dan menjaga tubuh dari bahaya serangan bakteri dan virus sehingga tubuh akan meningkat kekuatan fisiknya. Bagi anda yang gemar bepergian atau mungkin saat kerja atau sekolah, bawa selalu air minum di tas anda. Jika sewaktu-waktu anda merasa lelah atau mungkin pikiran kacau akibat bahaya dehidrasi, lekas konsumsi air yang anda bawa.

Kebiasaan membawa selalu air putih merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan. Bahkan di rumah sekalipun, ada baiknya jika anda menyiapkan selalu air putih di dekat meja. Ketika anda merasa capek, entah saat bekerja atau mengerjakan tugas sekolah, langsung minum air yang anda bawa. Meletakkan botol air di dekat anda, merupakan langkah mudah menjaga tubuh dari dehidrasi. Kenapa bisa demikian?

Banyak orang yang terkadang malas untuk sekedar berjalan ke dapur dan mengambil air dari sana. Jika sudah demikian, mereka akan lebih memilih untuk berdiam diri dan mengerjakan pekerjaan yang berada di depan mereka.

Ada banyak minuman sehat yang bisa anda konsumsi di samping kebutuhan akan air putih seperti halnya jus dan teh. (baca juga: bahaya akibat terlalu banyak minum air putih)

3. Sediakan buah dan sayuran di rumah

sponsored links

Makanan yang paling bagus dalam menyegarkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kekuatan fisik menjadi lebih baik adalah buah dan sayur segar. Sayur dan buah merupakan bahan makanan alami yang bisa dijadikan sebagai menu pilihan untuk dikonsumsi secara rutin tiap hari. Cara terbaik untuk mendapatkan kandungan gizi secara maksimal dari sayur dan buah adalah mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Namun jika anda tidak cocok dengan menu tersebut maka sebaiknya anda merebusnya terlebih dahulu. Ingat untuk tidak merebusnya dalam waktu yang lama.

Sayuran yang dimasak terlalu lama, bisa kehilangan zat dan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Alhasil kandungan gizinyapun menjadi kurang maksimal. Jika sudah demikian, maka tubuh akan mudah sakit sehingga kondisi fisik tidak lagi prima.

Untuk hasil yang lebih baik dan tubuh anda terjamin asupan nutrisinya, maka sediakan selalu buah dan sayur di rumah anda. Konsumsi sayur dan buah yang dilakukan secara rutin mampu menjauhkan tubuh anda dari bahaya datangnya penyakit. (baca juga: makanan yang dilarang saat diet)

4. Konsumsi kopi dengan cukup

Kopi identik dengan minuman yang mampu membantu kita untuk lebih fokus saat mengerjakan sesuatu. Namun sayangnya kopi yang dikonsumsi dalam kadar yang berlebihan, malah berdampak sebaliknya. Konsumsi kopi yang berlebihan dapat membuat seseorang terjaga semalaman penuh atau mungkin mengalami sakit kepala yang tidak kunjung reda. Mengonsumsi kopi dengan takaran yang baik, mampu meningkatkan energi fisik tubuh seseorang. (baca juga: kopi untuk penderita anemia)

5. Hindari alkohol dan merokok

Merokok dan konsumsi alkohol, merupakan dua kebiasaan yang sulit dihilangkan terutama bagi anda yang telah terlanjur mengenalnya. Kedua kebiasaan ini, merupakan biang kerok dari banyak jenis penyakit bahkan jenis penyakit yang berbahaya sekalipun. Mengonsumsi alkohol terutama saat menjelang tidur merupakan kebiasaan buruk terlebih 3 atau 4 jam sebelum anda beranjak tidur.

Nikotin merupakan zat yang dapat menciptakan banyak masalah kesehatan seperti insomnia dan tekanan darah yang meningkat. Jika kebiasan ini berlanjut maka fisik anda akan menjadi lebih mudah lelah dan lemas. Alhasil kinerja apapun yang anda lakukan, hasilnya juga tidak akan maksimal. (baca juga: efek bahaya nikotin rokok)

6. Lakukan pernapasan perut

Melakukan pernapasan perut atau yang disebut pula dengan pernapasan diafragma merupakan salah satu cara dalam meningkatkan energi fisik anda. Cara ini merupakan langkah ampuh dalam membantu tubuh agar lebih rileks dan yang pasti menghindari stres, pernapasan perut merupakan teknik sederhana yang hanya dibutuhkan beberapa menit saja untuk melakukannya. Caranya cukup mudah yakni dengan duduk, rileks lalu bernapaslah dalam-dalam dari hidung dan secara perlahan keluarkan dari mulut anda. Ulangi langkah ini beberapa kali ketika anda tengah dalam waktu istirahat atau saat merasa dalam kondisi tertekan. (baca juga: cara mengatasi sesak nafas)

7. Gula merupakan peningkat energi jangka pendek

Banyak orang yang menganggap jika gula merupakan penambah energi instan. Namun tahukah anda jika ternyata hal ini hanya berlaku dalam jangka waktu yang pendek? Gula memang dapat meningkatkan energi seseorang namun hanya dalam sementara waktu saja selebihnya, penurunan kadar gula dalam tubuh akan membuat anda mudah lelah.

Hal yang penting dan harus anda perhatikan adalah untuk menjaga kadar gula dalam tubuh konstan. Hindari pula terjadinya lonjakan penurunan gula secara tiba-tiba. Ada beberapa makanan terbaik yang dapat anda konsumsi untuk pembakaran energi yang stabil dengan lambat pada tubuh seperti halnya biji-bijian. (baca juga: cara menjaga kadar gula darah agar normal)

8. Lakukan peregangan

Saat anda melakukan jenis pekerjaan yang manual, pastikan jika anda beristirahat meski hanya sekedar 5 menit saja. Terutama saat anda melakukan pekerjaan kantor, maka duduk sepanjang hari di depan layar monitor kerja dapat membuat anda mengalami pegal-pegal dan penurunan kekuatan fisk. Mengantisipasi hal ini, anda bisa bangun dan meluruskan kaki, lengan serta tangan anda. Lakukan peregangan untuk memberi tubuh lebih banyak energi sekaligus merilekskan otot anda yang pegal. (baca juga: olahraga lompat tali bagi wanita)

9. Jaga mood anda

Suasana hati dan energi ternyata saling berkaitan satu sama lain. Bagi anda yang berada dalam suasaha hati yang buruk umumnya penurunan energi terjadi. Alhasil kinerja tidak maksimal. Namun ketika suasana hati anda baik maka anda juga akan lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu. (baca juga: cara meningkatkan mood)

10. Ikuti jam tubuh anda

Setiap orang memiiki jam tubuhnya masing-masing. Untuk itu penting bagi anda untuk mentolerasi jam tubuh anda sendiri. Ada beberapa orang yang kekuatan fisiknya bagus di pagi hari namun beberapa tipe orang, kekuatan fisiknya baik di kala sore atau malam harinya. Langkah untuk mengetahui waktu optimal anda sendiri adalah dengan cara menjaga jadwal harian anda secara teratur mulai dari kebiasaan makan, tidur dan bangun di waktu yang sama pada tiap harinya. Saat anda sudah tahu kapan waktu terbaik bagi tubuh, maka anda dapat meningkatkan produktivitas anda saat anda dalam kondisi optimal tersebut. (baca juga: makanan yang cocok untuk golongan darah AB)

11. Dengarkan musik favorit

Langkah sederhana dalam meningkatkan fisik yang selanjutnya adalah dengan cara mendengarkan musik. Telah dilakukan banyak penelitian, jika ternyata musik dan energi memiliki kaitan yang cukup erat. Suara dari frekuensi yang tinggi akan mampu memberikan energi yang secara efektif dapat mengalihkan rasa lelah seseorang. Penuhi ipod atau ponsel anda dengan lagu-lagu pembangkit semangat yang bisa anda dengarkan untuk memperoleh energi ekstra saat anda membutuhkannya. (baca juga: cara meningkatkan fokus)

12. Istirahat yang cukup

Banyak orang yang menganggap tidur selama 7 hingga 8 jam dalam sehari dapat membuat produktivitas mereka menurun. Alhasil banyak pekerja serta pelajar yang lebih memiliki begadang supaya target yang mereka inginkan segera tercapai. Namun tahukah anda jika kegiatan tersebut nyatanya sangat merugikan fisik serta mental anda?

Mereka yang kurang tidur biasanya lebih mudah emosi serta keadaan fisik yang mudah terkena penyakit. Tidur merupakan kegiatan positif yang dapat meremajakan kekuatan pikiran serta tubuh anda. Tidur juga bisa mengurangi resiko datangnya penyakit layaknya gejala flu dan jenis penyakit lain. Saat tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang terhadap penyakit. (baca juga: cara menjaga kesehatan mental)

13. Perbanyak protein

Protein merupakan salah satu zat penting yang berfungsi sebagai pembangun bagi tubuh. Saat tubuh kekurangan protein maka tubuh akan menjadi tidak stabil dan rentan terhadap banyak jenis penyakit. beberapa penyakit yang timbul akibat kurangnya asupan protein dalam tubuh antara lain adalah rambut mudah rontok, warna kulit yang berubah, luka yang lama sembuh, kurang cairan dalam tubuh, gangguan pencernaan, gangguan liver serta daya tahan tubuh yang menurun. (baca juga: akibat kekurangan dan kelebihan protein)

14. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu kebiasaan baik yang harus dilakukan secara rutin setiap hari. Olahraga memiliki begitu banyak fungsi bagi tubuh terutama untuk meningkatkan kebugaran serta daya tahan tubuh seseorang. Kebiasaan berolahraga membuat metaboliesme tubuh menjadi lebih lancar. Bukan hanya itu, namun keluarnya keringat dalam tubuh karena olahraga juga dapat melepaskan racun dalam tubuh.

Olahraga yang dijadikan sebagai kebiasaan rutin berpengaruh pada hormon peningkat daya tahan tubuh agar lebih meningkat sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit. Selain itu sirkulasi dalam darah juga akan menjadi lebih lancar. Alhasil otak akan terpasok dengan oksigen yang cukup. (baca juga: mual setelah olahraga)

15. Hindari stress

Jalanan macet, suasana yang begitu panas membuat gerah sekaligus stress menjadi meningkat. Stress yang tidak segera ditangani dengan baik terntata dapat membahayakan kesehatan. Saat seseorang dilanda stres, maka hormon adrenalin dan kortisol akan dilepaskan. Adrenalin merupakan hormon yang dapat meningkatkan denyut jantung serta meningkatkan tekanan darah darah dalam tubuh. Sementara kortisol dapat menaikkan gula dalam darah.

Stress dapat memicu kerusakan pada sistem alami tubuh yang berguna untuk melindungi tubuh dari serangan beragam jenis penyakit. Menghindari stress dapat dilakukan melalui banyak cara seperti jalan santai serta beragam jenis aktivitas yang menyenangkan lainnya. Aktivitas yang dilakukan tentu membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga tekanan darah dalam tubuh dapat menurun. (baca juga: 15 cara mengatasi stress super ampuh)

16. Kunjungi tempat menarik

Mengunjungi tempat menarik merupakan  salah satu cara ampuh dalam mengusir stress. Ada banyak tempat pilihan yang dapat anda kunjungi entah yang memiliki panorama alam menarik ataupun yang penuh dengan area permainan. Mengunjungi tempat menarik dapat menghilangkan stress yang memicu tubuh mudah lelah akibat dan tidak bersemangat. (baca juga: cara menghilangkan stres)

17. Konsumsi ikan sebanyak 2 kali dalam seminggu

Ikan merupakan salah satu bahan makanan sehat yang bagus dikonsumsi karena mengandung protein, asam amino, vitamin, omega-3 serta mineral yang bagus untuk tubuh. Memgonsumsi ikan dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi gangguan penyakit jantung. Bukan hanya itu, namun konsumsi ikan juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh menjadi lebih baik, alhasil tubuh anda pun akan semakin energik. (baca juga: bahaya penyakit liver)

18. Makan makanan peningkat energi

Mengonsumsi jenis makanan ringan atau mungkin camilan bisa dilakukan pada tiap beberapa jam sekali, mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit namun intensitas yang sering ternyata lebih baik dibandingkan dengan mengonsusmi makan besar sehari 3 kali. Metode ini dilakukan untuk meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh sekaligus untuk meningkatkan kinerja otak dengan nutrisi. Alhasil otak pun akan semakin aktif.

Jenis makanan yang memiliki GI rendah dapat memberikan anda lebih banyak energi karena dapat menjaga kadar gula dalam darah. Ada banyak makanan sehat yang dapat anda gunakan untuk menunjang penambahan energi harian anda seperti biji-bijian, buah serta kacang-kacangan. (baca juga: cara meningkatkan metabolisme tubuh)

19. Jalan cepat saat pagi

Melakukan kebiasaan berjalan selama 10 menit, dapat meningkatkan energi tubuh anda. Sebuah studi juga menyebutkan jika berjalan cepat di pagi hari merupakan peningkat energi yang lebih baik dari permen. Kelebihan dari aktivitas ini adalah untuk membantu pembakaran kalori dalam tubuh serta melancarkan sistem metabolisme dan pembangunan organ-organ dalam tubuh anda. (baca juga: cara mengecilkan perut buncit dengan berolahraga )

Jalan cepat bisa dilakukan cukup dengan berjalan di sekitar rumah atau pekarangan anda. Olahraga sederhana ini mampu menigkatkan kebugaran tubuh sehingga tubuh menjadi lebih fit.

20. Hindari junk food

Semakin lama produksi junk food dengan segala macam bentuk dan rasa yang beragam mampu menggugah selera sehingga susah untuk dihindari. Konsumsi junk food tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama untuk jangka waktu yang panjang. Junk food mampu membuat tubuh tidak fit dan beresiko terkena banyak masalah kesehatan. Alhasil kondisi fisik pun menurun.

Menghindari junk food dapat dilakukan dengan banyak cara terutama dengan memasak makanan anda sendiri di rumah. Memasak makanan yang dibuat di rumah tentu jauh lebih sehat daripada anda harus mencari makanan di luar. Banyak makanan di luar sana yang diberi tambahan zat-zat tertentu untuk membuat orang tertarik membelinya. Meski menarik namun kandungannya yang berbahaya tentu tidak bagus bagi kesehatan tubuh anda. (baca juga: 21 dampak bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan)

21. Konsumsi buah lemon

Lemon terkenal sebagai bahan pembuat minuman yang enak diseduh dengan air panas ataupun dicampur dengan es. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi pemasok antioksidan yang bagus bagi tubuh. Vitamin C dalam lemon berperan sebagai pencegah masuknya bakteri serta kuman yang mampu membahayakan kesehatan tubuh.

Mengonsumsi lemon tidak hanya menghindarkan anda dari masalah kesehatan namun ketika anda dalam keadaan sakit pun, penyembuhannya juga akan menjadi ;lebih cepat. Bagi anda yang memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya mengonsumsi lemon dengan cara menyeduhnya menggunakan air hangat.

Selain berperan dalam membantu menghindarkan tubuh dari bahaya penyakit dan baik untuk penyembuhan, lemon juga merupakan detoksifikasi yang alami. Jus lemon yang dikonsumsi teratur, mampu meningkatkan buang air kecil sehingga mampu membantu tubuh dalam membuang racun dalam tubuh. Mengonsumsi air hangat dengan lemon di pagi hari, juga membantu jalannya proses pencernaan dalam tubuh. Daya tahan tubuh kuat dengan lemon, tentu membuat kekuatan fisk anda menjadi lebih baik. (baca juga: akibat kekurangan dan kelebihan vitamin C)

Sponsors Link

22. Bawang putih

Bagi anda yang terserang flu, fisik anda akan menjadi lebih lemah dan yang pasti kerjaan yang tengah anda lakukan pun akan terbengkalai. Mengonsumsi bawang putih terutama dalam keadaan mentah bisa jadi pengusir flu yang ampuh. Meski rasanya kurang nyaman saat terkena lidah, namun khasiat bawang putih tidak perlu diragukan lagi.

Bawang putih juga mengandung antioksidan yang bagus dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai solusi cepat dalam membunuh virus penyebab sakit flu. Di dalam bawang putih, juga terkandung zat baik yang bernama allicin. Zat ini berguna untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri.

Kelebihan bawang putih ternyata cukup banyak  tidak hanya sebagai antibakerti melainkan juga untuk merangsang produksi sel darah putih yang memiliki peran sebagai pelawan kuman penyakit. Jika tidak kuat dengan rasanya, anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan mencampurnya ke dalam mie atau sup. (baca juga: bahaya bawang putih mentah)

23. Coklat

Cara meningkatkan kemampuan sekaligus kesehatan fisik lainnya adalah dengan cara mengonsumsi coklat. Coklat berguna untuk menenangkan pikiran serta mengandung antioksidan konsentrat. (baca juga: akibat kelebihan antioksidan)

24. Bayam

Bayam mengandung folat yang cukup tinggi yang berguna dalam mencegah kerusakan DNA serta gangguan pada pembuluh darah. Mengonsumsi bayam secara aktif dapat menjaga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit. Alhasil tubuh akan terasa lebih fit dan segar. Di dalam bayam, juga terkandung vitamin C, serat, antioksidan serta beragam jenis nutrisi lainnya. Anda bisa mengonsumsi bayam dalam keadaan mentah atau direbus dulu sebentar.

25. Brokoli

Satu lagi sayuran hijau yang baik dalam menjaga kesehatan serta kesehatan tubuh adalah brokoli. Di dalam brokoli terkandung zat yang baik bagi tubuh. Bukan hanya mengandung vitamin C sebagai antioksidan, di dalam brokoli juga terkandung banyak zat baik lainnya seperti glutathione serta vitamin A. (baca juga: akibat kekurangan vitamin)

26. Semangka

Buah dengan warna merah dan daging yang mengandung banyak air ini menjadi salah satu jenis buah dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Selain antioksidan, semangka juga mengandung glutathione yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit.

27. Jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu tanaman yang bukan hanya digunakan untuk mempersedap makanan, melainkan juga berguna untuk menghangatkan badan. Jahe bisa digunakan sebagai perangsang sistem kekebalan tubuh serta membersihkan paru-paru dengan cara memicu produksi lendir. Saat tubuh terasa kurang fit dan cepat lelah. Jahe bisa dijadikan solusi sehat dengan cara diseduh. Konsumsi saat masih hangat, dan tubuh akan terhindar dari rasa lelah.

28. Madu

Madu memiliki rasa yang manis dengan kandungan sehat yang bagus untuk kesehatan. Madu juga bisa digunakan sebagai antibiotik dan berperan sebagai antiseptik. Madu berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan bagus untuk menyembuhkan asma. Konsumsi madu secara rutin untuk menghindarkan tubuh dari serangan penyakit supaya aktivitas menjadi lebih lancar.

29. Kacang tanah

Kacang tanah dapat digunakan sebagai teman sehari-hari terlebih di kala senggang. Kacang dapat diolah dan dijadikan sebagai camilan untuk menemani saat anda senggang. Kacang baik untuk tubuh karena mengandung antioksidan yang mampu menghindarkan tubuh dari gangguan penyakit. Hebatnya lagi kacang juga mengandung vitamin E, omega-3 serta zinc. Mengonsumsi kacang, membantu tubuh terhindar dari banyak jenis penyakit kronis. (baca juga: 30 makanan yang mengandung vitamin E dan manfaatnya)

30. Konsumsi yogurt

Di dalam yogurt terdapat lactobasillus yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan kanker serta infeksi. Selain itu yogurt juga dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh sehingga mampu menghindarkan tubuh dari infeksi. Dengan tubuh yang sehat maka aktivitas serta kekuatan fisik anda akan lebih baik.

Bukan hanya berolahraga dan melakukan aktivitas peningkat fisik, namun mengonsumsi makanan sehat juga menjadi salah satu hal yang harus anda penuhi.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 02nd, May 2016 / 13:40 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tubuh