Sponsors Link
     Sponsors Link

45 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Cepat

ads

Cara menghilangkan bau badan secara alami sebenarnya dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus menggunakan obat atau benda lainnya. Bau badan mungkin ada yang sangat tidak terlalu kronis, namun ada banyak yang sudah sangat kronis hingga mengganggu orang sekitar bahkan sampai pergaulan yang menyebabkan kita harus menghilangkan bau tersebut agar tidak mengganggu.

Pengertian

Bau badan adalah bau yang sangat tidak nyaman yang dikeluarkan oleh tubuh manusia akibat dari bakteri yang hidup di kulit memecah keringat menjadi asam. Ada pun “bau badan manusia normal” umumnya tidak memiliki bau yang menyengat. Hanya dapat dicium saat hidung didekatkan atau ditempel pada kulit atau tubuh manusia, itu pun sebenarnya bukan bau badan, melainkan aroma khas setiap tubuh.

Akibat Bau Badan Menyengat

Bau badan dapat memberikan efek yang cukup mengejutkan, jadi jangan sepelekan.

  1. Bau badan menyebabkan “Penderitaan bagi orang yang ada di sekitar anda”
  2. Menghambat karir
  3. Menghambat pergaulan
  4. Mempersulit mendapatkan pasangan
  5. Menjadi “bahan pembicaraan”
  6. Menyebabkan putus hubungan dengan pacar bahkan pada perceraian

Jadi jangan sepelekan masalah batu badan ini yah, karena tidak ada yang tahu akibat apa yang akan kita dapatkan. Untuk kita kita harus sedini mungkin mengatasi masalah bau badan ini agar tidak terlambat. Tapi sebelum kita mengulas mengenai salah satu “Penyakit” ini, kita harus menyadari beberapa hal terkait hal tersebut.

Penyebab Bau badan

Penyebab bau badan yang paling utama adalah keringat, selain itu masih ada banyak lagi penyebab lainnya yang harus kita waspadai, berikut adalah penyebab bau badan yang sangat kronis.

  1. Obesitas
  2. Makanan pedas
  3. Penyakit tertentu seperti diabetes
  4. Keringat
  5. Tidak menjaga kebersihan kulit
  6. Jarang menggunakan sabun
  7. Tidak menjaga kebersihan pakaian.
  8. Hormon / Produksi keringat berlebihan
  9. Pakaian yang tidak menyerap keringat
  10. Makanan seperti bawang putih dan berlemak

Sumber bau badan yang paling utama adalah ketiak anda, jadi mau gak mau kita harus memperhatikan bagian ini paling utama. Nah, setelah mengetahui berbagai informasi tersebut kita mulai membahas bagaimana cara menghilangkan bau badan ini secara alami.

Cara Menghilangkan Bau Badan Melalui Kebiasaan dan Gaya Hidup Sehat

Cara menghilangkan bau badan secara alami paling ampuh adalah dengan menerapkannya dalam kebiasaan atau dalam pola hidup yang sehat. Ini mungkin adalah cara paling ampuh tanpa mengeluarkan biasa dan tanpa efek samping.


1. Mandi 2 x Sehari (Minimal), Siang hari usahakan mandi juga

Bakteri merupakan salah satu penyebab utama dari bau badan, bakteri memecah keringat menjadi asam yang menyebabkan bau badan. Mandi minimal 2 x sehari sangat efektif untuk membersihkan bakteri dalam kulit, Akibat jarang mandi berpotensi menjadi penyebab bau badan, usahakan minimal 2 x sehari, jika memungkinkan 3x sehari, dengan sabun tentunya.


2. Gunakan sabun anti bakteri

cara menghilangkan bau badan - sabun anti bakteriMasih terkait dengan kebiasaan, jika anda ingin menghilangkan bau badan secara permanen, maka anda harus mandi dengan sabun anti bakteri. Sabun anti bakteri dapat membantu mengurangi jumlah bakteri yang ada di tubuh anda, otomatis akan mengurangi intensitas bau badan kronis anda.


3. Bersihkan ketiak dengan sabun anti bakteri setiap mandi

WAJIB ANDA LAKUKAN !! setiap mandi harus membersihkan ketiak dengan sabun anti bakteri. Jika anda melakukannya secara rutin maka anda akan membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau ketiak kronis.

Jika dilakukan secara rutin, niscaya akan menghilangkan bau badan secara permanen tanpa perlu ribet.


4. Perhatikan cara menggunakan handuk yang benar setelah mandi

Percaya atau tidak handuk memiliki peranan penting untuk menjaga tubuh kita terhindar dari bau badan. Berikut beberapa informasi terkait handuk.

  • Pastikan handuk anda rutin di cuci minimal sebulan 1 x
  • Pastikan handuk anda di jemur / di keringkan setiap selesai mandi.
  • Jangan biarkan handuk basah di letakkan di tempat yang tidak tersentuh udara atau panas matahari.

Setelah hal tersebut, anda harus memastikan cara penggunaan handuk berikut ini.

  1. Keringkan kepala terlebih dahulu hingga benar-benar kering
  2. Bersihkan daerah lain jangan sampai ada air yang tersisa, terutama ketiak anda.
  3. Keringkan seluruh badan dengan handuk kering sampai tidak ada berkas air lagi

Bekas air, terutama di ketiak memungkinkan kuman kembali berkembang dan menyebabkan anda bau badan saat berkeringat. Air yang kita gunakan tidak tertutup kemungkinan banyak kuman, jadi solusinya keringkan dengan seksama.


5. Diet / Turunkan Berat Badan

Halah…halah…. mungkin itu yang anda rasakan, diet lagi…. diet lagi.. Tapi mau tidak mau bahwa bau badan orang yang gendut / overdosis diatas BMI (body mass index) standar lebih banyak dari pada orang yang memiliki berat badan ideal. “Orang Gendut” wajib berhati hati karena “penyakit ini” sangat berbahaya, dan banyak menyerang orang gendut.

Solusi yang paling ampuh adalah dengan melakukan diet atau menurunkan berat badan menjadi berat badan standar. Hal ini efektif menekan jumlah keringat yang muncul melalui tubuh serta bersarangnya bakteri dalam kulit.


6. Cukur bulu ketiak secara rutin

Bulu ketiak adalah salah satu sarang kuman serta menyebabkan keringat tertahan di daerah ketiak, hal ini akan menambah potensi bau badan menyengat pada tubuh anda. Dengan pendekatan ini, anda akan mengurangi bahkan menghilangkan bau badan yang kronis.


7. Gunakan pakaian yang bersih

Baju yang anda gunakan adalah adalah salah satu faktor yang menentukan bau badan pada tubuh anda. Pastikan juga anda tidak menggunakan pakaian yang kotor atau tanpa dicuci dengan sabun. Termasuk pakaian yang tidak di cuci beberapa hari.


8. Jangan gunakan kaos dalam

Wajib anda ketahui jika anda menggunakan kaos dalam, maka bau badan anda akan meningkat 10 x lipat. Gesekan yang terjadi pada kulit ketiak akan membuat keringat dan bakteri lebih leluasa, keringat tersebut akan menimbulkan bau badan yang sangat kronis.

Saran :  anda wajib menggunakan kaos yang lebih ketat diketiaknya agar tidak terjadi gesekan pada ketiak yang berdampak pada bau badan kronis.


9. Pakaian berbahan memungkinkan kulit bernafas

Bahan pakaian seperti woll, kapas, dan kain sutera akan membuat kulit bernafas lebih cepat yang menyebabkan keringat dapat cepat hilang. Pakaian ini berfungsi untuk menghilangkan bau badan yang menyebabkan keringat.

Anda juga dapat menggunakan bahan seperti katun di lapisan pakaian anda yang lebih dalam agar keringat tidak sampai pada baju di bagian luar. Hal ini sangat efektif untuk mencegah bau badan.


10. Merokok

Bahaya merokok sudah tidak tergantikan hampir sama dengan bahaya narkoba, asap tembakau yang bercampur dengan keringat akan menyebabkan bau tidak sedap atau bau badan menyengat.


Nah itulah berbagai cara dari kebiasaan serta pola hidup anda yang dapat di jadikan cara menghilangkan bau badan secara ampuh. Selain dari kebiasaan dan cara tersebut, ada cara lain yang tidak kalah ampuh yaitu dengan konsumsi sehari hari.

Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Menjaga Asupan Makanan dan Minuman

sponsored links

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan makanan dan gizi yang dapat dilakukan dengan mudah secara alami. Asupan makanan anda juga berdampak pada bau badan, berikut adalah beberapa tips yang harus anda lakukan dalam konsumsi makanan.

Makanan Penyebab bau badan yang harus di hindari

  1. Hindari rempah rempah. Rempah memiliki kandungan sulfur yang berlebihan, kandungan sulfur ini akan dilepas melalui kulit yang dapat berpotensi menyebabkan bau badan.
    • Contoh : Cabai, bawang putih, bawang merah, lada, cengkeh, kunyit, dan daun sop.
  2. Daging merah. Daging merah membuat proses pencernaan tubuh bekerja pada titik maksimum, hal ini menyebabkan keringat berlebihan yang berakibat pada bau badan.
    • Contoh : Sapi, kambing, domba, dan daging babi
  3. Junk Food. Junk food adalah salah satu penyebab bau badan karena dapat meningkatkan kadar lemak dalam tubuh serta menyebabkan mereka di proses lebih lama sehingga menyebabkan keringat berlebih. Akumulasi makan junk food terlalu banyak tanpa olahraga akan menyebabkan bau badan bertambah parah.
  4. Makanan rendah karbohidrat. Diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan keringat keluar lebih banyak dari tubuh. Proses ini akan melepaskan bahan kimia yang disebut keton dalam darah yang menyebabkan bau tidak sedap (Solusi : Makanan yang mengandung karbohidrat).
  5. Tembakau. Kita sudan mengetahui bahwa bahaya merokok sudah tidak tertandingi, salah satunya adalah menjadi penyebab bau badan. Tembakau yang bercampur dengan keringat akan menyebabkan bau badan.

Minuman yang harus di hindari

  1. Susu. Susu merupakan salah satu jenis minuman tinggi protein (baca : makanan yang mengandung protein tinggi). Hal ini akan membuat pencernaan sedikit lebih lama, yang mengakibatkan pelepasan hidrogen sulfida dan metil mercaptan dalam tubuh lebih banyak dan memicu bau tidak sedap.
  2. Minuman beralkohol, bahaya alkohol tidak hanya memabukkan, melainkan juga dapat menyebabkan bau badan.
  3. Minuman berbahan kafein, ada banyak bahaya kafein bagi tubuh salah satunya adalah memicu bau badan. (Baca juga : Makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi)
  4. Kopi. (baca  : Bahaya kopi)
  5. Teh. (baca : bahaya minum teh)
  6. Soda. (baca : Bahaya minuman bersoda)
  7. Coklat.

Makanan yang harus dikonsumsi agar bau badan berkurang

  1. Bayam, kangkung, kale, caisim, dan daun ubi. Sayuran hijau banyak mengandung klorofil yang memiliki efek penghilang bau dalam tubuh.
  2. Peterseli. Adalah salah satu jenis bahan penyedap mirip dengan seledri yang dapat digunakan sebagai anti bau. Caranya mudah yaitu cincang paterseli halus, dan tuang pada air hangat, lalu di minum.
  3. Daun bawang, seperti halnya sayuran lain, sayuran hijau seperti daun bawang juga dapat digunakan sebagai anti bau.
  4. Makanan lain seperti sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian mentah, minyak sehat (minyak zaitun, salmon, alpukat, dll), dan fitonutrien yang membersihkan bagian dalam Anda (seperti peterseli, ketumbar, seledri, permen, sage, rosemary , thyme, dan oregano.

Nah cara menghilangkan bau badan yang cukup ampuh juga adalah dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman. Hindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan bau badan sangat mudah bukan?

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami dan Herbal Tradisional

Cara menghilangkan bau badan secara alami dapat kita lakukan dengan mudah yaitu memanfaatkan bahan tradisional yang disediakan oleh alam.


1. Menggunakan Cuka Putih

Percaya atau tidak cuka putih adalah solusi dari bau badan kronis, keasaman bau badan dapat anda lawan dengan keasaman cuka. Cuka memiliki sifat membersihkan yang cukup kuat, juga efektif untuk membersihkan bakteri dalam ketiak anda.

Namun, bau menyengat dari cuka ini mungkin banyak tidak disukai oleh orang, anda dapat menggunakannya sebagai alternatif saja, berikut caranya.

Cara 1:

Teteskan cuka pada kapas kecantikan sedikit saja, selanjutnya usapkan secara perlahan pada ketiak atau pada bagian tubuh yang bau.

Cara 2 : 

Langsung teteskan pada kulit ketiak anda lalu usapkan dengan kain basah atau kapas kecantikan.


2. Konsumsi daun kemangi setiap hari secara rutin

Daun kemangi dapat digunakan sebagai herbal yang cukup ampuh untuk menghilangkan bau badan secara permanen. Anda hanya di wajibkan konsumsi 1 / 2 lembar daun kemangi secara rutin setiap hari. Daun kemangi memiliki zat anti bau yang dapat menetralisir bau dalam tubuh.


3. Manfaatkan Masker Mentimun di Ketek anda

Timun adalah salah satu sayuran hijau yang dapat anda manfaatkan sebagai masker bagi ketiak atau konsumsi secara langsung. Timun memiliki zat antioksidan dan anti bakteri yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mengurangi bau badan. Cara pengunaan timun dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :

1. Sebagai masker

Tempelkan timun pada ketiak setiap habis mandi 10-15 menit, lakukan secara rutin  setiap hari.

2. Konsumsi langsung

Konsumsi timun mentah dapat mengurangi bau badan dalam tubuh.


4. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis sudah terkenal sejak zaman dahulu terhadap berbagai masalah kecantikan dan kesehatan, jeruk nipis memang dapat dijadikan herbal untuk “Membersihkan” apapun tanpa sisa, terutama lemak. Ada dua cara penggunaan jeruk nipis untuk menghilangkan bau badan.

1. Jeruk Nipis TOK

Artinya menggunakan jeruk nipis saja, tanpa campuran herbal lainnya.

  • Peras air jeruk nipis
  • Oleskan pada kapas
  • usap ketiak atau bagian lain yang ingin dibersihkan.
  • Bersihkan dengan air.

2. Jeruk nipis dan kapur sirih

Perpaduan jeruk nipis dan kapur sirih sangat ampuh dalam mengurangi dan menghilangkan bau badan. Berikut caranya.

  • Ambil 2 buah jeruk nipis segar
  • Aduk kapur sirih dalam perasan jeruk nipis secara merata.
  • Oleskan pada bagian ketiak
  • Bersihkan dengan air


5. Menggunakan Cengkeh

Cengkeh memang termasuk rempah rempah yang tidak boleh dikonsumsi agar tidak menambah bau badan, namun untuk obat luar, justru cengkeh sangat ampuh untuk mengatasi bau badan.

Caranya : Rendam cengkeh dalam air hangat, lalu dilap pada bagian ketiak. Lakukan secara rutin


6. Bawang putih

Sama halnya seperti cengkeh, bawang putih juga menjadi penyebab bau badan, namun jika digunakan untuk obat luar, justru lebih baik. Karena herbal ini memiliki kandungan antioksidan yang ampuh untuk mengatasi bau badan. Anda cukup mengiris bawang putih dan oleskan pada ketiak.


7. Jahe

Jahe juga dikenal dengan herbal serba guna dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk bau badan. caranya sama yaitu tumbuk jahe lalu oleskan pada ketiak sebelum mandi, tunggu 10-15 menit.


8. Daun Sirih

Daun sirih juga memiliki sifat anti oksidan dan anti bakteri yang dapat digunakan untuk mengatasi bau badan. Caranya : Tumbuk daun sirih 2-4 lembar menjadi halus, lalu oleskan pada ketiak, lakukan secara rutin sebelum mandi.


9. Daun beluntas

Seperti halnya daun kemangi, daun beluntas juga dapat dijadikan sebagai lalapan, daun ini efektif sebagai anti bau dalam tubuh.


Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Menjaga Kesehatan

Sponsors Link

Cara menghilangkan bau badan dengan menjaga kesehatan sangat penting, karena menjadi salah satu penyebab bau badan kronis. Berikut adalah isu kesehatan yang harus anda perhatikan dalam hal kesehatan


1. Jaga Kesehatan Usus

Usus merupakan salah satu penyebab bau badan, karena memproses makanan yang sulit dicerna akan membuat usus terus bekerja sehingga membuang berbagai zat sepanjang hari. Hal ini menyebabkan bau badan akan meningkat. Konsumsi makanan kaya serat dan makanan yang mudah di cerna akan sangat membantu kesehatan usus dan mencegah bau badan. Akibat kurang serat selain bau badan, juga dapat menyebabkan penyakit kronis, jadi tidak salahnya anda konsumsi sayur dan buah yang cukup.


2. Cek gula darah secara rutin

Anda harus memperhatikan bahwa, bau badan juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti diabetes. Cek gula darah anda lalu perhatikan asupan makanan agar tidak terlalu manis.


3. Hindari stres

Stres merupakan salah satu pemicu naiknya hormon testoteron yang dapat berdampak pada bau pada badan. Penyebab stres ada banyak, jadi anda harus menghindarinya dengan cara yang efektif (baca : cara mengatasi stress).


4. Perbanyak minum air putih

Manfaat minum air putih adalah untuk melakukan detoksifikasi pada tubuh, dengan proses ini maka racun akan terus keluar dari tubuh. Hal ini akan menyebabkan bau badan yang disebabkan racun dalam tubuh akan berkurang jauh.


5. Olahraga secara teratur

Olahraga akan menyebabkan anda mengeluarkan banyak keringat, keringat ini biasanya akan menyebabkan tubuh bersih sehingga bebas dari bau badan.


Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Medis dan Bahan Kecantikan

Cara menghilangkan bau badan paling ampuh mungkin adalah secara medis dan menggunakan bahan kecantikan. Cara ini sangat ampuh mengontrol bau badan. Berikut beberapa diantaranya.


1. Menggunakan Deodoran

Deodoran adalah satu satunya cara super ampuh menghilangkan bau badan, pakai, lalu bau badan selesai, namun kekurangannya adalah anda harus menggunakannya setiap hari. Jika tidak digunakan akan kembali bau seperti sedia kala.

Deodoran bekerja mengontrol keringat atau apapun yang dapat menyebabkan bau dalam ketiak anda.


2. Aluminium klorida

Aluminium klorida adalah bahan aktif yang sangat banyak digunakan dalam antiperspirant. Zat ini sangat membantu untuk mencegah produksi keringat dalam tubuh manusia.

Anda dapat menemukan produk di apotik dengan berkonsultasi dengan apoteker. Penggunaannya biasanya diterapkan setiap malam hari sebelum tidur. Zat ini akan mengurangi produksi kelenjar keringat pada keesokan harinya sehingga anda bebas dari bau badan.


3. Toksin botulinum

Toksin botulinum, sering disebut sebagai Botox, pengobatan lain mungkin bagi orang dengan ketiak berkeringat berlebihan. Toksin botulinum adalah racun yang kuat yang dapat digunakan secara aman dalam dosis tertentu. Antara 12 dan 20 suntikan toksin botulinum yang dibuat di daerah yang terindikasi menjadi sumber bau, seperti ketiak, tangan, kaki atau wajah.

Toksin ini bekerja dengan memblokir sinyal dari otak ke kelenjar keringat, mengurangi jumlah keringat yang dihasilkan. Prosedur ini memakan waktu 30-45 menit, dan efek dari toksin botulinum biasanya berlangsung selama antara dua dan delapan bulan. Setelah waktu ini, pengobatan lebih lanjut akan diperlukan.


4. Menggunakan bedak

Ada banyak bedak yang dapat digunakan untuk mencegah timbulnya keringat pada kulit ketiak anda, bahkan anda dapat menggunakan bedak bayi.


5. Operasi

Terdengar sedikit mengerikan, namun jika bau badan tidak tersembuhkan dengan cara apapun, artinya ada sesuatu yang pecah atau tidak normal di tubuh anda sehingga mengharuskan operasi.

Salah satu jenis operasi mungkin akan dilakukan adalah menghapus area kecil dari kulit ketiak dan jaringan tepat di bawahnya. Ini akan menyingkirkan kelenjar keringat menjadi penyebab utama bau badan.


Nah itu lah berbagai cara mengatasi bau badan secara alami dan medis yang dapat anda coba, mungkin salah satunya dapat bermanfaat dan dapat menghilangkan bau pada badan dan tubuh anda secara permanen

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 17th, June 2015 / 15:34 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tubuh