Sponsors Link

30 Cara Mengatasi Keringat Berlebih Penyebab Bau Badan

ads

Tubuh manusia sangatlah wajar ketika harus mengeluarkan reaksi berupa keringat untuk pendinginan. Namun, ada beberapa kasus di mana sebagian orang mengalami yang namanya berkeringat secara berlebihan dan ini dinamakan hiperhidrosis. Produksi keringat yang sangat banyak melebihi normalnya akan menimbulkan masalah secara psikososial dan psikologis sehingga akan menurunkan rasa percaya diri penderitanya.

Tak hanya berdampak pada sisi psikologis dan psikososialnya, para penderita hiperhidrosis pun bakal mempunyai risiko lebih tinggi terkena penyakit, seperti misalnya iritasi kulit. Iritasi dapat lebih terjadi saat kulit selalu basah dan lembab dan itulah mengapa kulit yang basah sangat rentan mengundang jamur dan bakteri tambahan.

Karena terlalu aktifnya kinerja eccrine, otomatis keringat yang terproduksi pun menjadi berlebih; eccrine sendiri merupakan kelenjar keringat pengatur suhu tubuh dan lokasi dari kelenjar ini ada di seluruh tubuh. Jadi saat seseorang mengalami hiperhidrosis, itu artinya segala bagian tubuh seperti wajah, leher, telapak kaki dan telapak tangan bakal berkeringat secara luar biasa tidak seperti normalnya.

Sebelum keringat yang keluar secara ekstrem menyebabkan masalah yang lebih serius, Anda perlu mencari cara mengatasi keringat berlebih secara alami. Sebagai solusi, Anda bisa mencoba melirik sejumlah informasi rekomendasi cara menjadikan produksi keringat lebih terkendali secara lebih aman tanpa efek samping berbahaya. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda coba di rumah.

(Baca juga: penyebab tubuh sering berkeringat)

1. Memakai Cendana Putih

Cendana putih yang sudah dalam bentuk bubuk mampu membantu mengontrol keringat yang super berlebih dan mengganggu. Bubuk cendana putih ini menawarkan kemampuan untuk menjaga kulit senantiasa kering dan enzim di dalamnya bakal menyerap kelembaban ekstra dari kulit.

  • Caranya: Ambil bubuk cendana putih sebanyak sesendok makan bersama dengan air mawar secukupnya untuk dicampurkan dan membentuk pasta yang agak cair. Tambahkan pula sedikit jus lemon dan pasta siap untuk dibalurkan ke area tubuh yang berkeringat ekstrem. Tunggulah sampai mengering dan gunakan air hangat untuk membersihkannya nanti; lakukan perawatan ini sehari sekali saja supaya keringat tetap terkendali.

2. Menggunakan Teh Hitam

Teh hitam adalah bahan alami lainnya yang sangat efektif untuk mengendalikan keringat berlebih berkat kandungan asam tannic-nya. Pada teh hitam, ada asam tannic yang memiliki astringent dan antiperspirant  sehingga keringat tak akan terproduksi secara berlebihan. Ditambah lagi, teh hitam mampu membunuh bakteri akibat bau badan.

  • Caranya: Taruh 1 atau 2 kantong teh hitam ke dalam 3-4 cangkir air hangat yang kemudian bisa Anda seduh lebih dulu selama kurang lebih 10 menit. Sediakan kain bersih yang kemudian dicelupkan ke dalam larutan solusi dan gunakanlah untuk menggosok bagian yang berkeringat lebih. Khusus pemakaian untuk tangan dan kaki, rendam bagian tubuh tersebut ke larutan teh hitam 20-30 menit; lakukan cara ini sekali sehari saja.

3. Memanfaatkan Baking Soda

Walaupun ada bahaya baking soda yang perlu diketahui, sebetulnya penggunaan yang tepat tak akan berbahaya sama sekali untuk tubuh Anda. Bahkan baking soda sebetulnya merupakan bahan ampuh yang bisa dijadikan sebagai perspirant alami.

  • Caranya: Siapkan baking soda sebanyak 1 sendok teh yang dicampur dengan air secukupnya untuk membuat adonan pasta kental. Tambahkan pula minyak esensial pilihan Anda beberapa tetes lalu aplikasikan ke area yang berkeringat banyak dan berlebih. Sesudah 15-20 menit, Anda bisa membasuhnya sampai bersih dengan air biasa; lakukan perawatan ini beberapa kali seminggu untuk hasil efektif.

(Baca juga: keringat di telapak tangan dan kaki)

4. Memakai Sage

Sage adalah bahan alami yang bisa juga diandalkan karena sifat astringent dan antiperspirant alaminya. Herbal satu ini akan mengontrol kelenjar keringat untuk tidak menghasilkan keringat terlalu banyak. Selain itu, vitamin B dan magnesium di dalam sage pun sangat tinggi kadarnya.

  • Caranya: Sediakan sesendok teh daun sage kering yang bisa dicampurkan ke dalam 2 cangkir air, didihkan. Setelah mendidih, Anda bisa mengangkatnya dan menunggu dingin lebih dulu sebelum digunakan untuk membersihkan area tubuh yang berkeringat lebih banyak. Paling tidak, Anda perlu melakukan cara ini sehari 3 kali untuk hasil maksimal.

5. Memanfaatkan Cuka Sari Apel

Sifat astringent di dalam cuka sari apel sangat tinggi sehingga bahan alami ini dijamin mampu untuk mengendalikan produksi keringat yang terlalu berlebihan. Selain untuk pemakaian luar, cuka sari apel dapat digunakan untuk menyeimbangkan level pH pada tubuh.

  • Cara Pemakaian dari Luar: Setiap sebelum tidur malam, Anda bisa membersihkan area tubuh yang berkeringat ekstra lebih dulu sebelum Anda kemudian menggosokkan larutan ini ke area tubuh tersebut menggunakan kapas. Tinggalkan semalaman dan esok paginya barulah Anda bisa mandi untuk membersihkan dan aplikasikan deodoran.
  • Cara Pemakaian dari Dalam: Anda bisa mencoba menyiapkan cuka sari apel organik 2 sendok teh yang dicampur dengan madu secukupnya pada segelas air putih. Minumlah sehari sekali saat perut kosong di pagi hari.
sponsored links

6. Menggunakan Witch Hazel

Karena kemampuannya dalam mengecilkan pori-pori berkat adanya antiperspirant dan astringent di dalamnya, maka witch hazel adalah bahan yang tidak salah untuk dipilih demi mengatasi keringat berlebih dan ekstrem.

  • Caranya: Ambil kapas bersih untuk dicelupkan ke dalam ekstrak witch hazel yang berupa cairan untuk kemudian diusapkan ke area tubuh yang berkeringat lebih setiap hari.
  • Alternatif: Sediakan sesendok makan bubuk witch hazel yang bisa dicampur bersama sedikit air untuk membentuk adonan pasta. Aplikasikan pasta ini ke area yang berkeringat secara ekstrem dan tinggalkan selama 1 jam. Gunakan air dingin untuk membersihkannya setelah 1 jam.

(Baca juga: bahaya tubuh tidak berkeringat)

7. Mengonsumsi Air Putih Lebih

Mungkin cara ini membuat sebagian dari Anda menjadi bingung karena banyak-banyak minum air putih bukankah justru membuat keringat lebih banyak yang keluar? Ketika mengonsumsi air putih secara cukup, hal ini bakal menolong tubuh untuk senantiasa dalam keadaan lembab dan dingin.

Guna dari air putih adalah menjaga kestabilan suhu tubuh walau aktivitas yang Anda jalani cukup berat. Berkat asupan air yang cukup jugalah Anda bakal terhindar dari bahaya dehidrasi, maka minumlah paling tidak 8-10 gelas setiap harinya untuk menjaga keringat tetap terkontrol dengan baik.

8. Memakai Minyak Kelapa

Anda bisa mencoba memakai minyak kelapa untuk membunuh bakteri berlebih yang juga terjadi akibat dari berkeringat serta bau badan. Aromanya yang menyegarkan menjadi salah satu alasan untuk Anda memilih bahan alami ini.

  • Caranya: Sediakan minyak kelapa ekstra virgin 3 sendok teh untuk dicampurkan bersama shea butter 2 sendok teh di dalam sebuah mangkuk. Taruh dalam microwave selama 1 menit hingga campuran tersebut mencair atau meleleh. Tambahkan dengan bubuk arrowfoot bila ada, beberapa tetes minyak esensial apa saja dan juga baking soda 3 sendok teh. Campuran ini bisa Anda simpan lebih dulu di dalam sebuah wadah tertutup sebelum menggunakannya sebagai deodoran.

9. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Berkat adanya kandungan antijamur alami di dalam minyak ini dan juga sifat astringent di dalamnya, maka bahan ini bisa diandalkan untuk mengontrol produksi keringat super berlebih. Kandungan tersebut jugalah yang berperan untuk membasmi bakteri.

  • Caranya: Ambil sebuah kapas untuk kemudian dicelup ke dalam minyak pohon teh. Kemudian aplikasikanlah ke area tubuh atau kulit yang menghasilkan banyak keringat. Namun bila Anda memiliki kulit tipe sensitif, Anda bisa mencampurkan minyak pohon teh 4-5 tetes ke dalam ½ cangkir air. Lakukan perawatan ini setiap hari serutin mungkin.

(Baca juga: telapak tangan dan kaki berkeringat)

10. Memanfaatkan Jus Wheatgrass

Fungsi dari wheatgrass ini salah satunya adalah sebagai penyeimbang racun dan asam di dalam darah yang menjadi penyebab produksi keringat berlebih. Karena kaya juga akan vitamin B serta nutrisi lainnya, maka bahan ini akan membantu Anda untuk menjaga kestabilan suhu tubuh dengan baik.

  • Caranya: Caranya sangat sederhana, yakni dengan mengonsumsi wheatgrass setiap hari 1-2 gelas saja. Bila Anda rutin meminumnya, dijamin hasilnya efektif dan Anda bisa terus melanjutkan konsumsi hingga hasilnya terasa dan Anda puas dengan itu.

11. Memakai Lemon

Lemon merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dan biasanya dapat digunakan sebagai deodoran alami yang bisa mengontrol keringat sekaligus meminimalisir bau badan.

  • Caranya: Sediakan segelas air yang bisa dicampurkan dengan jus sebuah lemon. Ambil kain bersih untuk dicelupkan ke dalam larutan, lalu gunakan kain ini untuk digosokkan ke area tubuh dengan produksi keringat lebih. Tinggalkan selama 20-30 menit yang kemudian bisa dibersihkan menggunakan air dingin; melakukannya sehari sekali saja sudah cukup.

12. Menggunakan Jus Tomat

Tomat merupakan bahan alami lainnya yang dapat membantu Anda mengatasi masalah keringat berlebih berkat agen astringent di dalamnya. Karena kaya akan antioksidan jugalah, tomat yang diambil sari jusnya dapat mengendalikan kelenjar keringat agar tak begitu berlebih memroduksi keringat.

  • Caranya: Untuk mengatasi keringat ekstrem, Anda bisa minum secangkir jus tomat segar setiap hari selama 1 minggu, lalu lanjutkan selama beberapa minggu kemudian dengan mengurangi takarannya, yaitu 1 cangkir beberapa hari sekali.
  • Alternatif: Anda bisa mengaplikasikan jus tomat ke area tubuh yang berkeringat ekstrem dan biarkan selama 10 menit sebelum Anda mandi dan membersihkannya.

(Baca juga: berkeringat saat tidur)

13. Memanfaatkan Kamomil

Kamomil seperti yang kita tahu mengandung astringent serta antibakteri di mana kamomil juga dapat digunakan sebagai deodoran alami yang dapat mengatasi keringat berlebih. Bakteri pun mampu dibasmi sehingga Anda tak perlu khawatir akan bau badan yang dihasilkan dari keringat tersebut.

  • Caranya: Sediakan saja sesendok teh kamomil kering yang dapat Anda seduh bersama secangkir air panas. Tunggulah selama beberapa menit seperti ketika menyeduh teh pada umumnya, lalu setelah dingin, saringlah dan tehnya bisa Anda konsumsi. Atau, dengan teh yang sama Anda bisa mencelupkan kapas dan mengusap-usapkannya ke area yang berkeringat banyak selama beberapa menit.

14. Memakai Kentang

Untuk mengatasi bahaya keluar keringat berlebihan, maka Anda juga dapat memanfaatkan kentang yang juga merupakan bahan alami. Kentang adalah bahan yang tepat untuk digunakan karena mampu menyerap kelebihan air dar tubuh secara efektif. Berperan sebagai antiperspirant, penggunaan kentang pasti akan sangat membantu.

  • Caranya: Iris kentang yang sudah dicuci dan dikupas, dan irisannya bisa Anda gosok-gosokkan ke area tubuh yang menghasilkan keringat secara berlebih; lakukan ini selama beberapa menit. Kemudian biarkan dulu selama beberapa waktu untuk sari kentang mengering pada kulit. Atau, Anda bisa mengambil jusnya dan mengaplikasikan menggunakan kapas ke kulit tubuh Anda. Tunggu kering seperti tadi, barulah dibersihkan dengan air biasa.

(Baca juga: penyebab tangan sering basah)

15. Menggunakan Tepung Jagung

Berkeringat berlebihan juga dapat Anda atasi dengan menggunakan tepung jagung karena bahan ini sangat baik untuk mengendalikan keringat. Gantilah bedak yang biasanya Anda bawa dan pakai dengan tepung jagung karena telah terbukti pula bahwa efeknya lebih baik untuk menyerap keringat.

  • Caranya: Anda perlu menyiapkan kertas tisu lebih dulu untuk menyeka keringat yang sudah keluar; tujuannya untuk membersihkannya lebih dulu dan mencegah tepung jagung menggumpal nantinya. Setelah itu, balurkan tepung jagung ke area yang berkeringat ekstrem, lalu tunggu kering. Lanjutkan dengan menerapkan tepung jagung lagi sebagai lapisan lainnya dan tunggulah kering sebelum Anda mengenakan pakaian.

Cara ini akan jauh lebih efektif apabila Anda melakukannya secara rutin, atau paling tidak Anda mengulangi perawatan ini setiap kali Anda membutuhkannya. Khusus untuk bagian kaki yang terus-terusan mengeluarkan keringat, Anda dapat juga menggunakan tepung jagung dan menerapkannya setiap sebelum memakai kaos kaki. Ingat bahwa kaki berkeringat bisa menyebabkan juga bau kaki.

16. Mengonsumsi Makanan Kaya Akan Magnesium

Kekurangan magnesium bisa menjadi alasan mengapa Anda berkeringat terlalu banyak dan seperti tidak terkendali. Hanya saja, kebanyakan berkeringat juga bisa menjadi pemicu kekurangan magnesium pada tubuh. Setiap mineral berperan penting untuk kinerja tubuh kita, tak terkecuali magnesium yang mampu menjadikan suhu tubuh lebih stabil.

Diet tinggi magnesium bisa dilakukan dan Anda bisa mulai mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung magnesium tinggi. Biji-bijian, gandum utuh, kentang, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, pisang, brokoli, kacang, apel, dan alpukat adalah contoh makanan bermagnesium tinggi yang bakal membantu tubuh Anda tercegah dari proses produksi keringat berlebih. Masukkan makanan-makanan ini ke dalam daftar menu diet Anda dari sekarang.

(Baca juga: penyebab tangan sering berkeringat)

Sponsors Link

Tips Lain untuk Mengatasi Keringat Berlebih

Selain dari bahan-bahan alami nan ampuh di atas, Anda juga bisa mengikuti berbagai tips di bawah ini untuk menjaga supaya keringat tidak berlebih. Ada beberapa cara lain yang dapat Anda praktikkan di rumah atau di manapun supaya keringat tak begitu banyak.

  1. Tetap Tenang. Anda mungkin adalah tipe orang yang suka gugup dan mudah stres. Keringat dapat keluar begitu banyak saat Anda tak tenang dan terlalu tertekan maupun gugup. Jadi, selalu tenangkan diri apapun yang menjadi masalah Anda supaya tak terjadi hiperhidrosis.
  2. Akupuntur. Metode pengobatan alternatif satu ini tentunya sudah sangat populer karena mampu menjadi solusi bagi banyak masalah kesehatan. Rupanya akupuntur yang kelihatannya menyakitkan ini bisa menjadi solusi untuk masalah keringat berlebih. Anda pun tak akan merasakan kesakitan seperti yang Anda bayangkan pada proses terapinya dan justru ada manfaat di mana energi tubuh menjadi lebih seimbang.
  3. Membatasi Kafein. Anda mungkin salah satu penggemar minuman berkafein, namun rupanya ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan Anda mudah gugup. Ketika gugup, keringat dapat keluar lebih dari biasanya dan bisa berlebihan. Maka dari itu, sementara waktu Anda bisa mencoba untuk membatasi asupan kafein atau malah menghindarinya sama sekali.
  4. Menghindari Mandi Air Panas. Memang benar bahwa mandi air panas mampu mengeliminasi segala bentuk racun di dalam tubuh kita. Namun perlu juga Anda ketahui, bahwa mandi air panas/hangat bakal menaikkan suhu tubuh. Suhu tubuh yang meningkat otomatis menjadi permasalahan utama di mana keringat pun bakal bercucuran lebih banyak.
  5. Mandi Air Dingin. Sebagai gantinya, Anda bisa mulai membiasakan untuk mandi air dingin saja daripada mandi air panas. Mungkin beberapa dari Anda tak begitu nyaman melakukan ini, tapi sebenarnya mandi air dingin sangat bekerja untuk mengatasi masalah keringat berlebih. Plus, mandilah menggunakan sabun antibakteri supaya tubuh juga bebas kuman dan bau badan.
  6. Menghindari Makanan Olahan, Makanan Pedas, dan Makanan Manis. Kebanyakan orang sangat termanjakan dengan makanan-makanan pedas karena begitu nikmatnya. Namun bila Anda penderita hiperhidrosis, sebaiknya tidak makan makanan pedas sebab ini bakal memicu keringat berlebih untuk keluar dari tubuh. Sama halnya dengan makanan maupun minuman manis, di mana pengaruh yang lebih buruk biasanya bakal dialami oleh yang berbadan gemuk atau penderita obesitas. Makanan-makanan instan olahan dan kemasan, serta makanan beku dan makanan cepat saji juga sangat tidak dianjurkan bila ingin terbebas dari masalah keringat ekstrem.
  7. Menghindari Alkohol. Sebagian orang sangat suka minum minuman beralkohol dan bahkan cukup sering sehingga terkadang menjadi berlebihan. Penting untuk diketahui bahwa tubuh manusia akan lebih sulit mengendalikan keringat ketika tubuh terus-terusan mendapatkan asupan alkohol ini.
  8. Menghindari Rokok. Anda adalah perokok aktif dan sekaligus penderita hiperhidrosis? Bisa jadi keringat berlebih yang dialami ada hubungannya dengan kebiasaan merokok. Sama halnya dengan alkohol, di dalam rokok ada kandungan jahat dan buruk bagi tubuh. Kandungan tersebut bakal membuat tubuh sulit untuk mengontrol produksi keringat karena menyebabkan hambatan pada sirkulasi darah.
  9. Melakukan Yoga. Yoga merupakan salah satu latihan fisik yang tak hanya dapat menyeimbangkan tubuh dan pikiran serta menenangkannya. Cara alami ini pun dapat mengendalikan keringat yang keluar secara berlebihan dari dalam tubuh. Karena pada kelas Yoga Anda bakal diajari untuk bernapas dengan benar, ini akan sangat bekerja untuk mengontrol kelebihan produksi keringat yang disebabkan oleh rasa stres. Yoga dengan cara meditasi dan menenangkan saraf sangat efektif dalam membuat produski keringat lebih sedikit.
  10. Menghindari Pakaian Ketat. Mengenakan pakaian yang terlalu ketat bisa jadi menimbulkan ketidaknyamanan ditambah pula menyebabkan keringat keluar secara berlebihan dikarenakan kulit tak bisa bernapas. Terutama saat cuaca sedang panas, sebaiknya Anda mengenakan pakaian yang longgar dan ringan ditambah pula dengan bahan yang menyerap keringat dengan baik. (Baca juga: bahaya memakai celana ketat bagi kesehatan)
  11. Mengenakan Kaos Kaki. Anda bisa mulai membiasakan juga untuk menggunakan kaos kaki ke manapun Anda pergi. Ketika bagian kakilah yang terlalu berkeringat, kaos kaki sebetulnya bisa menyelamatkan di mana fungsinya adalah sebagai pendingin kaki. Keringat pun dapat terserap dengan baik oleh kaos kaki, khususnya dengan bahan yang tepat dan memang mampu menyerap keringat.
  12. Mencukur Bulu Ketiak. Ketika bulu ketiak dibiarkan tumbuh semakin lebat, maka otomatis kesempatan keringat dan bakteri lebih banyak pun semakin besar. Jadi, cukurlah dan bersihkan rutin area ketiak dari bulu atau rambut yang tumbuh supaya tak menyebabkan keringat berlebih maupun bau badan.
  13. Menurunkan Berat Badan. Percaya atau tidak, rata-rata orang-orang yang menderita hiperhidrosis adalah yang mengalami obesitas dan persentasenya ada sekitar 90 persen. Oleh sebab itu, turunkanlah berat badan apabila memang penyebab hiperhidrosis adalah kelebihan berat badan.
  14. Menghindari Minuman Panas. Sebagian dari Anda mungkin akan lebih memilih minum kopi atau teh hangat ketimbang es kopi atau es teh. Namun saat memiliki masalah keringat berlebih, minuman panas dan hangat adalah musuh terbesar Anda yang perlu dihindari. Sebagai gantinya, Anda bisa menikmati minuman dingin, seperti es jus lemon untuk bisa menetralkan suhu tubuh dan menjaganya agar tetap stabil.

(Baca juga: cara mengurangi keringat berlebih)

Demikianlah berbagai cara mengatasi keringat berlebih yang kiranya dapat membantu Anda secara efektif. Ketika berbagai cara sudah dilakukan dan masih belum ada hasil yang signifikan, jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 08th, December 2016 / 05:08 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tubuh