Sponsors Link

Manfaat Menaruh Bawang Putih di Telinga

Sponsors Link

Bawang Putih (Allium Sativum) merupakan salah satu tanaman umbi yang sering dijadikan sebagai bumbu masak. Konon, bawang putih telah memiliki sejarah dimanfaatkan oleh manusia sejak lebih dari 7.000 tahun yang lalu. Bawang putih yang dapat tumbuh subur di daerah Asia Tengah dan dijadikan bahan makanan di Laut Tengah sejak lama ini juga diknenal sebagi bumbu umum di daerah Asia, Afrka dan Eropa.  Bahkan menurut catatan Mesir kuno, umbi yang berwarna putih ini selain diguanakan sebagai campuran masakan juga dapat digunakan sebagai obat tradisional.

ads

Bawang putih memiliki kandungan beberapa senyawa kimia yang sebenarnya dapat bermanfaat bagi tubuh manusia. Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur, Allicin dan Allin, dan juga minyak atsiri yang dapat digunakan sebagi anti bakteri dan anti septik pada tubuh manusia. Dalam setiap 100 gram pun bawang putih mengandung 150 kalori, 33 gram karbohidrat dan 6,36 gram protein. Selain itu, terdapat pula kandungan Vitaimin B1, B2, B3, B6, folat, Vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan seng dalam bawang putih.

Meskipun memilki bau khas dan rasa agak pedas, kandungan senyawa dalam bawang putih tersebut dipercaya memiliki khasiat yang bagus untuk tubuh sejak jaman dahulu kala. Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari bawang putih adalah menyembuhkan atau membersihkan telinga dengan cara menempelkan bawng putih pada telinga.

Manfaat Meletakkan Bawang Putih di Telinga

Bawang putih memiliki kandungan asam fosfor yang dipercaya para pakar dapat membasmi dan membunuh apapun yang menyebabkan masalah kesehatan pada telinga. Penggunaan bawang putih sebagai pembersih telinga ini telah diketahui oleh bangsa China sejak lama. Bahkan khasiat tersebut telah banyak disebutkan dalam literatur. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Ambil bawang putih, kupas
  • Potong bawang putih dengan memilih umbi bagian tengahnya yang berwarna lebih kuning dibandingkan dengan luarnya
  • Taruh irisan bawang putih tersebut pada lubang telinga
  • Perhatikan agar bawang putih tidak masuk ke dalam telinga
  • Biarkan bawang putih di dalam lubang telinga selama semalam
  • Ambil bawang putih pada telinga ketika pagi hari

Bawang putih yang Anda taruh pada telinga Anda selama semalam tersebut dapat melembutkan dan menghilangkan sejumlah kotoran sehingga telinga dapat terjaga kebersihannya. Selain itu, bawang putih juga dapat bermanfaat untuk mencegah infeksi dan menyehatkan telinga Anda. Namun sayangnya, tidak sembarangan bawang putih dapat digunakan untuk membersihkan telinga.

(baca juga: bahaya bawang putih mentahefek samping bawang putih)

Sponsors Link

Syarat Bawang Putih yang dapat Digunakan

Menurut Health Wild and Free, tidak semua bawang putih dapat digunakan sebagai pembersih telinga. Berikut kriteria ideal bawang putih yang dapat digunakan sebagai pembersih telinga.

1. Bawang putih organik

Bawang putih yang dapat digunakan sebagai pembersih telinga merupakan bawang putih organik. Hal ini dikarenakan bawang putih non-organik biasanya mengandung zat pestisida yang tidak akan aman untuk telinga Anda

2. Gunakan hanya tengah bawang putih

Ketika memotong bawang putih, pilih hanya bagian tengah bawang putih yang berwarna agak keuning-kuningan diandingkan dengan bagian lainnya. Setelah itu, letakkan pada telinga dengan menghadap ke atas.

Sponsors Link

3. Biarkan bawang putih semalaman pada telinga dan buang pada pagi hari

Bawang putih yang digunakan untuk membersihkan telinga perlu dipastikan pada saat diletakkan ditelinga agar tidak keluar atau jatuh dengan sendirinya. Setelah pagi, cuci telinga dengan segera dengan air bersih agar tidak ada sisa fosfor maupun residu yang tertinggal dalam telinga.

Demikian merupakan infromasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat meletakkan bawang putih pada telinga. Setelah membaca artikel ini, silahkan Anda memanfaatkan bawang putih tersebut untuk membersihkan telinga. Semoga bermanfaat!

baca juga artikel terkait:

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 23rd, September 2016 / 08:08 Oleh :
Kategori : Kesehatan Telinga