Kebotakan – Penyebab, Gejala, Pengobatan, Pencegahan

Kebotakan merupakan kelainan yang terjadi di mana jumlah rambut yang rontok lebih banyak daripada jumlah rambut yang tumbuh. Sejarah medis kebotakan sering disebut alopecia, kebotakan selain karena rambut rontok lebih banyak daripada rambut yang tumbuh atau beberapa kasus hingga rambut tidak tumbuh kembali. Secara umum rambut rontok hanya sekitar 25 sampai 100 helai rambut perhari, namun jika setiap harinya rambut rontok lebih dari 100 helai per hari maka hal itu bisa saja menjadi salah satu faktor terjadinya kebotakan pada kepala. Ada tiga jenis kebotakan alopecia. (Baca juga: cara mengatasi kepala botak depan)

Jenis Kebotakan

1. Alopecia areata

Alopecia areata adalah jenis kebotakan yang hanya terjadi di beberapa titik saja.  alopecia areata biasanya tidak terlalu menjadi masalah karena akan tertutup rambut yang masih ada di sekitarnya, Meskipun demikian kebotakan alopecia areata tetap harus diatasi agar kebotakan tidak terjadi lebih parah. (Baca Juga:  Khasiat lidah buaya untuk kulit , penyebab rambut beruban)

2. Alopecia totalis

Alopecia totalis adalah jenis kebotakan yang dimana kebotakan tersebut terjadi pada seluruh kulit kepala, sehingga kulit kepala tidak memiliki Satu helai rambut. Kebotakan jenis ini yang merupakan kebotakan tingkat Tengah. Jenis kebotakan yang parah disebut dengan alopecia universalis yang dimana kebotakan tersebut terjadi pada seluruh rambut di dalam tubuh. (Baca Juga: Makanan yang mengandung omega-3)

3. Alopecia universalis

alopecia universalis adalah jenis kebotakan yang dimana kebotakan terjadi pada seluruh rambut di dalam tubuh. Kebotakan pada jenis ini adalah kebotakan yang sudah parah. (Baca juga: penyebab rambut rontok)

Terjadinya kerontokan rambut hingga menjadi kebotakan dapat membuat seseorang stress. Namun terjadinya kerontokan rambut yang menyebabkan kebotakan bisa saja merupakan salah satu tanda dari adanya berbagai penyakit. Kondisi kebotakan atau alopecia dapat terjadi lama maupun sementara hal ini tergantung pada penyebabnya,  Adapun beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kebotakan adalah. (Baca juga: penyakit yang menyebabkan rambut rontok parah)

Penyebab Terjadinya Kebotakan

1. Riwayat keluarga atau faktor keturunan

Riwayat keluarga atau faktor keturunan menjadi salah satu penyebab terjadinya kebotakan. Jika anggota keluarga anda ada yang menderita kebotakan atau alopecia maka anda memiliki resiko yang tinggi mengalami kebotakan. Riwayat keluarga juga dapat menunjukkan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada diri Anda mengenai penyakit alopecia atau kebotakan ini. (Baca juga: kulit kepala terasa panas dan perih)

2. Kondisi kulit

Kondisi kulit juga dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut atau kebotakan, salah satu kondisi kulit yang dapat menyebabkan kebotakan adalah kulit terkena infeksi seperti penyakit kulit Lupus, lichen planus, 2 penyakit tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya rambut rontok, untuk menghindarinya maka anda perlu merawat rambut dan kulit kepala agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena infeksi pada kulit kepala. Kondisi kulit ini bisa saja berpengharuh karena adanya penyakit yang menimpa kulit, dimaan pneyakit itu merupakan penyakit yang menyebabkan kerontokan rambut sehingga menyebabkan banyak kerontokan dan kebotakan.


3. Hormon

Adanya ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kebotakan sementara, terjadinya perubahan dan ketidakseimbangan hormon disebabkan karena kehamilan kelahiran ataupun seseorang mendekati masa menopause. Jika anda mengalami kebotakan yang disebabkan karena perubahan dan ketidakseimbangan hormon jangan terlalu khawatir karena kebotakan ini hanya bersifat sementara. Hormon memang sangat berpengharuh, karena hormon diperlukan untuk membuat rambut menjadi indah, namun efek kekurangan dan kelebihan hormon juga akan mempengharuhi rambut

4. Gangguan mencabut rambut

Gangguan mencabut rambut atau sering disebut dengan trikotilomania merupakan salah satu penyebab seseorang menjadi botak. Karena seseorang akan terdorong untuk mencabuti rambut pada kulit kepala atau bagian-bagian lainnya. Gangguan mencabut rambut atau rambut rontok dapat menyebabkan kebotakan, untuk itu perlu diketahui cara menumbuhkan rambut botak, agar anda tidak mengalami kebotakan. (baca juga: bahaya infra merah , penyebab rambut beruban)

5. Induksi obat

Mengkonsumsi obat-obatan juga dapat memiliki efek samping terjadinya kerontokan rambut pada kulit kepala sehingga menjadikan kulit kepala botak. Beberapa hal yang menyebabkan kulit kepala botak adalah obat radang sendi obat depresi obat kanker obat penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi obat-obatan tersebut dapat menjadikan Anda mengalami kebotakan sementara. (baca juga: penyebab kulit perih dan panas, penyebab alergi kulit)

Penyebab Lain Terjadinya Kebotakan

  1. Demam
  2. Pemakaian shampo yang berlebihan
  3. Pemakaian pengering rambut yang berlebihan
  4. Stres emosional dan stres fisik
  5. Terapi penyinaran
  6. Terapi kapitis
  7. Kebiasaan menarik rambut atau menggaruk-garuk kulit kepala
  8. Luka bakar

(baca juga: salep untuk luka bakar, pertolongan pertama pada luka bakar)

Selain penyebab terjadinya ke petakan ada beberapa gejala yang akan Anda rasakan ketika anda mengalami kebotakan. Adapun beberapa gejala atau tanda-tanda yang menyebabkan kebotakan akan dipaparkan di bawah ini

Gejala Kebotakan

1. Rambut rontok lebih dari 100 helai

Gejala kebotakan yang sudah pasti terlihat atau mudah diketahui adalah terjadinya kerontokan rambut 100 helai setiap harinya. Ciri-ciri atau gejala terjadinya kerontokan rambut lebih dari 100 hari merupakan gejala yang umum terjadi ketika seseorang mengalami kebotakan. (Baca juga: ciri-ciri lupuscara mengobati penyakit lupus)

2. Rasa terbakar atau sensasi gatal

Gejala lainnya selain kamu terlalu tak lebih dari satu sampai per hari ada pula terasa gatal atau seperti Terbakar pada kulit kepala. Rasa terbakar atau sensasi gatal pada kulit kepala merupakan salah satu gejala yang disebabkan karena akan munculnya kebotakan.

Baca juga:

3. Alopecia areata

Gejala terjadinya alopecia areata adalah di saat seseorang mengalami kebotakan yang berbentuk lingkaran pada kulit kepala, secara umum alopecia areata terjadi pada kulit kepala namun tidak menutup kemungkinan ketika Alopecia areata terjadi pada jenggot dan alis

4. Alopecia totalis

Gejala atau tanda-tanda dari alopecia totalis adalah kamu akan mudah rontok Ketika anda menyisir, sehingga alopecia totalis ini menyebabkan penipisan pada rambut, yang di mana jika hal tersebut dibiarkan terus terjadi akan menyebabkan kebotakan pada seluruh kulit kepala. (Baca juga: madu untuk penderita kistamadu bagi penderita tbc)

5. Alopecia universal

Gejala atau tanda-tanda dari alokasi universal adalah terjadinya kerontokan pada rambut di seluruh bagian tubuh. alopecia universal terjadi karena kita menjalankan kemoterapi kanker. alopecia universal dapat sembuh ketika kita sudah tidak menjalani kemoterapi kanker. (Baca Juga:  madu untuk penderita asam uratmadu untuk penderita pcos)

Itulah beberapa gejala yang disebabkan karena terjadinya kebotakan atau alopecia, agar kita dapat terhindar dari kebotakan maka ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya kebotakan. Adapun cara untuk mencegah terjadinya kebudayaan adalah:

Pencegah Terjadinya Kebotakan

  1. menggunakan vitamin rambut
  2. Mengkonsumsi makanan bergizi
  3. Tidak menggunakan shampo berlebihan
  4. Menghindari menggaruk kepala
  5. hindari mencabuti rambut
  6. Hindari mengkonsumsi obat yang berlebih

(Baca juga: cara mengatasi strescara mengatasi darah tinggicara menurunkan darah tinggi)

Selain beberapa cara mengatasi kebotakan untuk mencegah terjadinya kebotakan Jika anda sudah terlanjur mengalami kebotakan ada beberapa cara untuk mengobati agar kebotakan yang anda alami segera sembuh. Adapun beberapa cara pengobatan dari kebotakan adalah sebagai berikut:

Pengobatan Kebotakan

  • Terapi obat-obatan

Ada 2 obat yang biasanya sering digunakan untuk mengobati rambut rontok diantaranya adalah minoxidil dan finasterid. 2 obat ini dapat anda gunakan sebagai alternatif pengobatan dari kebotakan. Monoxidil berbentuk cairan atau biasa disebut solusi kebotakan sabun biasanya monoksida digunakan pada kulit kepala dua kali sehari obat ini mampu membantu untuk mengurangi kerontokan dan membantu rambut tumbuh kembali. Sedangkan terapi obat finasterid biasanya berbentuk obat yang diminum. Namun meskipun obat-obatan dapat mengatasi kebotakan, dalam mengkonsumsi obat tidak boleh berlebihan agar tidak overdosis. (Baca juga: cara meningkatkan daya tahan tubuh)

  • Pemakaian laser

Pengobatan kebotakan pemakaian besar akan membantu seseorang yang mengalami kebotakan untuk mengurangi terjadinya rambut rontok yang akan membuat kulit kepala menjadi botak. Dengan melakukan terapi ini maka rambut pada kulit kepala akan tumbuh kembali. (Baca juga: cara meningkatkan hormon testosteron , diet untuk golongan darah O)

  • Pembedahan

Pembedahan dapat dilakukan ketika anda mengalami rambut rontok yang permanen. Melakukan pengobatan ini membutuhkan biaya yang besar dan dapat menimbulkan rasa nyeri di kemudian hari. Melakukan pembedahan digunakan untuk melakukan implantasi rambut pada kulit kepala sehingga kulit kepala dapat tumbuh rambut kembali dan terhindar dari kebotakan. (Baca juga: diet yang benar dan yang salahmakanan yang dilarang saat diet)

  • Pemakaian rambut palsu

Jika terapi terapi lain untuk pengobatan kebotakan Tidak Efektif maka anda dapat menggunakan pemakaian rambut palsu agar dapat menutupi kebotakan yang terjadi pada kulit kepala anda. Memakai rambut palsu merupakan alternatif dari pengobatan yang terakhir sebab jika anda dapat melakukan atau terapi dan pengobatan di atas sangat efektif maka lebih dianjurkan untuk melakukan pengobatan dan terapi tersebut. Karena hal tersebut akan membuat kulit kepala anda tetap terjaga dan dapat terhindar dari penyakit kebotakan lainnya. (Baca juga: bahaya rambut rontok)

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan kebotakan dari penyebab cara mengatasi cara pengobatan gejala dan jenis-jenis kebotakan. Setelah mengetahui beberapa hal tersebut Semoga kita dapat terhindar dari berbagai penyakit kebotakan dan juga berbagai penyakit penyakit lainnya. Jika anda telah mengalami kebotakan jangan khawatir karena kami telah memaparkan beberapa cara dan pengobatan untuk mengatasi kebotakan Selain itu konsultasikan kepada dokter cara apa yang cocok untuk mengatasi kebotakan yang terjadi pada diri anda. Dan jangan lupa untuk tetap membiasakan pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan makanan yang bergizi karena hal tersebut akan membantu tubuh untuk mengatasi beberapa penyakit yang akan terjadi di dalam tubuh kita. Kebotakan dapat terjadi karena berbagai penyakit sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi akan membantu untuk mencegah terjadinya kebotakan. (Baca juga: penyebab kebotakan)

, ,
Post Date: Monday 19th, June 2017 / 03:04 Oleh :
Kategori : Kesehatan Rambut