Sponsors Link

Jenis Sakit Tenggorokan dan Penyebabnya

ads

Jenis sakit tenggorokan merupakan kelainan saluran kerongkongan yang dapat menimpa segala usia namun mudah disembuhkan ketika baru muncul gejala awalnya. Rasa sakit pada area tenggorokan dapat menjalar kebagian tubuh lain jika tidak segera mendapat tindakan medis dan efeknya dapat mengganggu aktivitas sehari hari.

Jenis sakit tenggorokan

Sakit pada tenggorokan umumnya ada 2 golongan, diantaranya:

1. Sakit tenggorokan karena serangan bakteri
Tenggorokan dapat mengalami luka, Iritasi lalu meradang akibat serangan bakteri yang efeknya menyebabkan seseorang sakit ketika menelan makanan, Saluran tenggorokan terasa gatal dan kering. Jenis sakit tenggorokan ini disebabkan adanya bakteri yang berkembang biak pada area tenggorokan. Aktivitas bakteri memicu munculnya rasa nyeri pada saluran dan dinding tenggorokan, Ini dapat memicu munculnya keluhan kesehatan lain misalnya sariawan, Bau mulut dan rongga mulut kering.

2. Sakit tenggorokan karena serangan virus
Jenis sakit Tenggorokan ini akibat virus cenderung menghasilkan iritasi pada dinding dan saluran tenggorokan , sakit ketika menelan sesuatu dan batuk batuk serta pilek. ketika tenggorokan terserang virus maka maka akan muncul keluhan kesehatan lain misalnya pita suara menjadi berubah parau, Muncul sakit kepala dan kehilangan nafsu makan.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Jenis sakit tenggorokan memiliki penyebab yang berbeda beda pada setiap individu tetapi memiliki efek buruk yang sama bagi kesehatan organ lain yang dekat dengan tenggorokan misalnya rahang, Mulut dan amandel.

1. Alkohol
Alkohol adalah salah satu pemicu paling aktif sebagai penyebab munculnya jenis sakit tenggorokan , Karena Alkohol bersifat panas dan mengiritasi serta membakar dinding tenggorokan sehingga menyebabkan tenggorokan mengalami luka dan Lecet sehingga memicu rasa nyeri ketika menelan makanan .

2. Nikotin pada rokok
Nikotin memiliki sifat panas dan tajam pada saluran tenggorokan sehingga asap yang dihasilkan dari nikotin akan membentuk endapan atau gumpalan dan menjadi dahak yang kotor yang jika tidak segera dibuang akan mengakibatkan gatal gatal , Suara serak dan muncul peradangan. Nikotin yang melekat berlebihan pada dinding tenggorokan merupakan pemicu munculnya beberapa jenis sakit tenggorokan yang sering dialami oleh para perokok aktif.

3. Dehidrasi
Tubuh yang kehilangan banyak cairan dapat menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme tubuh dan menurunkan daya tahan tubuh sehingga tenggorokan mudah kering dan gatal serta batuk. Jika didiamkan saja makan dinding tenggorokan akan mengalami iritasi dan sakit.

Sponsors Link

4. GERD
Jenis sakit tenggorokan yang umum dialami oleh orang dewasa adalah sakit yang diakibatkan dari reaksi Gastroesophageal reflux disease merupakan gangguan lambung yang mengakibatkan naiknya asam lambung berlebih menuju kerongkongan dan meninggalakan jejak rasa panas serta sensasi rasa seperti terbakar. Kondisi ini dapat mengiritasi dinding tenggorokan sehingga menyebabkan rasa sakit pada tenggorokan.

5. Tumor jinak pada tenggorokan
Salah satu Jenis sakit tenggorokan yang awalnya tidak menghasilkan rasa nyeri pada tenggorokan adalah munculnya jenis tumor jinak di area tenggorokan. Ketika tumor semakin membesar maka akan timbul rasa mengganjal dan perlahan lahan akan muncul rasa sakit pada tenggorokan dan kesulitan untuk menelan makanan secara normal.

6. Adanya bakteri Streptococcus
Munculnya salah satu jenis sakit tenggorokan pada seseorang dapat pula disebabkan karena pembesaran tonsil atau amandel yang disebabkan adanya serangan bakteri streptococcus. Pembesaran tonsil menyebabkan seseorang sakit ketika makan karena gesekan makanan yang masuk kearah amandel mengalami gesekan terus menerus dan memicu munculnya luka. Luka inilah yang menyebabkan seseorang merasa sakit tenggorokannya ketika menelan makanan.

7. Alergi
Pada sebagian orang dapat mengalami sakit tenggorokan karena telah mengkonsumsi makanan tertentu misalnya makanan yang mengandung banyak penyedap rasa (MSG), Terlalu banyak garam, Terlalu pedas, Berminyak, atau makanan yang telah terkontiminasi kotoran dari polusi udara. Reaksi alergi yang ditimbulkan adalah terjadinya luka dan infeksi pada saluran tenggorokan.

8. Kanker tenggorokan
Kelainan kondisi kerongkongn berupa tumbuhnya sel abnormal pada area faring , Laring dan tonsildengan jenis karsinoma dan skumosa.

Kanker tenggorokan meliputi :

• Kanker nasofaring yang berada pada tenggorokan bagian atas namun dibelakang rongga hidung
• Kanker orofaring yang berada pada tenggorokan bagian tengah dibalik jaringan lidah
• Kanker hipofaring yang berada pada tenggorokan bagian bawah yang rasa sakitnya bisa menjalar kearah dada
• Kanker laring yang berada pada pita suara dan getaran suara

Gejala sakit tenggorokan

Tanda tanda kesehatan tenggorokan sedang dalam keadaan tidak stabil yang perlu anda ketahui

• Suara serak atau parau
• Muncul batuk batuk, Pilek, Hidung tersumbat
• Nyeri ketika menelan makanan bahkan minuman
• Area rongga telinga ikut nyeri dan berdengung
• Sakit kepala dan kehilangan nafsu makan
• Badan sumeng hingga menderita demam
• Pangkal tenggorokan dekat amandel menderita kemerahan
• Kelenjar getah bening mengalami pembesaran
• Tenggorokan kering dan gatal

sponsored links

Solusi pengobatan terbaik

Pengobatan untuk mengatasi jenis sakit tenggorokan ada 2 macam yaitu cara medis dan alami

1.Cara medis mengobati sakit tenggorokan
Mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri jenis acetaminophen, Ibuprofen dan naproxin yang berguna untuk menyembuhkan pilek penyebab munculnya sakit pada tenggorokan ketika sedang berbicara dan menelan makanan. Jenis obat tersebut hanya bisa diberikan pada orang dewasa sesuai dengan anjuran dokter yang terkait.

2. Cara alami mengobati sakit tenggorokan

• Cengkih
Cengkih adalah obat herbal untuk mengatasi sakit pada tenggorokan yang disebabkan bakteri dan virus. Cengkih dapat dihaluskan atau gunakan cengkih bubuk kemudian seduhlah dengan air panas matang , Aduklah beberapa kali lalu saringlah untuk kemudian digunakan untuyk berkumur dalam keadaan hangat. Lakukan kumur dua kali sehari. Efeknya mampu meredakan rasa sakit dan panas pada tenggorokan. Ramuan ini dapat diberikan pada orang dewasa dan bukan anka anak, Mengingat cengkih memiliki rasa getir dan pedas yang dikhawatirkan tidak disukai anak anak.

• Madu
Madu kaya manfaat termasuk mampu menghilangkan panas dalam dan sakit tenggorokan serta membantu menghentikan pergerakan bakteri yang ada diarea tenggorokan. Madu dapat ditambahkan teh hangat tanpa gula dan berikan beberapa tetes air jeruk lemon atau sesuai selera. Ramuan herbal ini dapat diminum dua kali sehari oleh anak anak maupun dewasa.

• Garam
Berkumur dengan air garam dapat mengahntarkan efek meredakan rasa sakit pada area kerongkongan yang sedang mengalami iritasi dan peradangan. Garaam dapat membunuh bakteri penyebab rasa sakit pada tenggorokan. dan memiliki kemampuan mempertahankan keadaan asam yang stabil diarea tenggorokan bagian atas maupun bawah sehingga meredakan rasa panas dan teerbakar pada dinding tenggorokan akibat reaksi GERD.

• Daun kemangi
Ambilah beberapa daun kemangi, Cuci sampai bersih kemudian rebuslah dengan 2 gelas air hingga menyisakan air segelas saja. Ramuan sederhana ini sapat diminum dua kali sehari sampai sakit tenggorokan akibat penyakit batuk dan pilek sembuh. Daun kemangi terbukti ampuh untuk mengobati iritasi dan mencegah munculnya jenis sakit tenggorokan pada anak anak dan orang dewasa. Namun penggunaan yang berlebihan dan tanpa aturan yang telah ditentukan oleh ahli gizi atau tim pengobatan alternative, Ternyata dapat memicu munculnya efek samping daun kemangi.

• Jahe
Ambilah rimpang jahe dengan ukuran besar lalu kupas kulitnya lalu potong menjadi beberapa bagian lalu rebuslah. Jahe dapat ditambahkan madu dan jeruk nipis untuk kemudian diminum dalam keadaan hangat. Jahe dapat mempercepat proses penyembuhan, Memblokir aktivitas bakteri penyebab tenggorokan sakit dan menghilangkan racun pada dinding tenggorokansisa dari limbah makanan berminyak dan lemak trans. Namun gunakan jahe secara wajar karena jika menggunakannya secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping jahe .

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 21st, November 2016 / 02:37 Oleh :