Sponsors Link

13 Penyebab Panas pada Perut

Sponsors Link

Jika anda tengah mengalami gejala rasa panas seperti terbakar pada area perut anda maka ada baiknya anda menyimak beberapa daftar kemungkinan tentang perihal penyebab yang menimbulkan keluhan anda tersebut demi menemukan pengobatan yang lebih sesuai, sekarang mari langsung saja simak berikut ini ya:

ads

1.Dehidrasi

Sejujurnya dari keseluruhan hal yang kita lakukan akan sangat berdampak pada sistem tubuh kita dan tentunya memicu beragam respon dari setiap adanya semacam rangsangan aksi tersebut. Semisal saja perut kita akan mulai menimbulkan rasa tak nyaman atau bahkan sakit saat kita terus memaksa makan dalam jumlah banyak secara cepat atau bahkan hampir melebihi kapasitas kemampuan daya tampung sistem cerna tersebut. Begitulah tubuh kita memberi sinyal kepada kita untuk mengutarakan apa yang ingin mereka sampaikan. Terlebih lagi semisal untuk beberapa jenis makanan tertentu semisal ragam bahan tepung maka sistem cerna terkhusus untuk beberapa individu akan mengalami ekstra kesulitan juga dalam mencernanya. Dan jika perut kita memberi sinyal rasa panas maka hal tersebut bisa saja merupakan satu sinyal tubuh untuk memberi tahu kita bahwasanya sistem cerna kita utamanya sedang mengalami dehidrasi. Yakni benar-benar membutuhkan asupan cairan yang lebih mencukupi demi melakukan tugasnya dengan maksimal saat mencerna makanan kita.

Topik selanjutnya: Akibat Dehidrasi

2.Pengaruh menu makanan

Rasa panas pada perut juga tak dapat dipungkiri erat kaitannya dengan segala jenis makanan yang kita konsumsi. Karena pada dasarnya semua menu makanan kita memang akan berujung untuk diproses pada sistem cerna kita di dalam perut. Semisal saat kita memakan kudapan ekstra pedas dengan bumbu cabai yang berlebih maka rasa panas pada perut juga muncul bereaksi bahkan dapat pula berujung pada diare jika memang kita mengabaikan kebijakan saat memilih makanan yang kita konsumsi. Dalam kasus lain meminum wedang berbahan dasar jahe akan memberi efek hangat pada saluran cerna dalam perut kita meskipun memang tidak sampai menimbulkan rasa panas. Namun tetap saja lebih perhatikan lagi tentang menu kudapan anda demi menjaga kesehatan sistem cerna anda.

Topik selanjutnya: Bahaya Makanan Pedas

3.Alergi makanan

Rasa panas pada perut selanjutnya juga tak jauh berhubungan dengan menu makanan yang anda konsumsi. Rasa panas tersebut bisa saja timbul lantaran sistem cerna anda begitu sensitif terhadap jenis makanan tertentu. Dan hal ini seringkali disebut sebagai alergi makanan. Maskipun menimbulkan rasa tak nyaman namun alergi makanan yang satu ini terbukti tidak begitu berbahaya bagi jiwa penderitanya. Namun tetap saja meminimalisir terjadinya alergi dengan menjaga untuk membatasi konsumsi makanan pencetus alergi tersebut akan berkontribusi banyak demi menjaga sistem cerna anda tetap dalam kondisi bagus dan nyaman terhindar dari keluhan panas yang mendera.

Topik selanjutnya: Obat Alergi Makanan

4.Intoleransi laktosa

Rasa panas yang mungkin timbul dan anda keluhkan juga bisa jadi erat kaitannya dengan kemungkinan anda memiliki gejala intoleransi laktosa. Jika hal ini benar terjadi pada anda maka serangan gejala panas pada perut dapat anda rasakan saat anda sehabis mengkonsumsi beragam produk olahan susu. Hal ini dikarenakan kandungan laktosa tersebut justru menghambat  proses pencernakan yang sedang terjadi pada lambung anda sehingga tidak dapat berjalan dengan maksimal.

Topik selanjutnya: Laktosa

Sponsors Link

5.Radang lambung

Pada keluhan radang lambung maka di sekitar dinding lambung akan didapati beberapa luka yang pastinya menimbulkan keluhan sakit. Sementara setiap kali lembung kita berusaha mencerna makanan  maka akan selalu membutuhkan jenis asam lambung untuk membantu memaksimalkan proses pencernakan tersebut. Nah saat luka lambung tersebut bersinggungan dengan asam lambung maka rasa sakit dan panas pada perut tak dapat lagi terhindarkan. Utamanya yakni saat perut pada kondisi cenderung kosong atau lama tidak diasupi makanan maka rasa sakit dan panas tersebut akan timbul semakin menjadi lantaran asam lambung langsung melakukan kontak dengan luka lambung tanpa ada makanan di dalamnya yang bisa menjadi semacam tameng keduanya.

Topik selanjutnya: Gejala Radang Lambung

6.GERD

Kepanjangan dari Gastro Esophageal Reflux Disease merupakan suatu jenis gangguan kesehatan sistem cerna yang kronis. Hal ini utamanya dipicu lantaran buruknya kemampuan sistem cerna dalam memproses makanan secara sempurna. Dan akibatnya serangkaian asam lambung akan terangsang untuk terus naik sampai menuju kerongkongan atau bahkan sampai ke mulut yang pastinya menimbulkan rasa sakit, tidak nyaman dan juga panas pada saluran sistem cerna yang dilaluinya tersebut.

Topik selanjutnya: Obat Sesak Nafas Karena Maag

7.Infeksi bakteri

Namanya Helicobacter pylori dan dia sangat berpotensi mengacaukan proses cerna makanan dalam lambung dan yang pasti juga bakteri satu ini menimbulkan kerusakan pada selaput lapisan pelindung sistem cerna kita yang bisa menarah pada timbulnya masalah peradangan yang serius. Dampak dari terhambatnya proses cerna serta munculnya peradangan tersebut akan timbul pula gejala panas pada area sistem cerna dalam perut kita.

Topik selanjutnya: Obat Infeksi Usus

8.Kebiasaan buruk

Ternyata gaya hidup yang kita lakukan erat dampaknya berhubungan dengan kesehatan sistem cerna kita. Semisl jika kita seorang perokok apalagi jika ditambah lagi sebagai pecandu minum-minuman keras maka dengan seiring berjalan waktu kita telah membuka potensi bagi sistem cerna kita utamanya lambung untuk lebih rentan terdampak peradangan. Dan pastinya selain menimbulkan rasa sakit maka rasa panas bagai terbakar pun menjadi suatu gejala yang menyertainya.

Topik selanjutnya: Cara Menghilangkan Alkohol dalam Tubuh

9.Stres

Jangan remehkan dampak stres pada keseluruhan sistem cerna anda ya. Karena jika kita rajin memelihara kondisi stres hal tersebut dapat menghambat serta memperlambat roses cerna yang sedang berlangsung dalam tubuh kita. Dan akibat daripada itu yakni keberadaan asam lambung dalam perut kita pun akan semakin menumpuk semakin lama dan berujung pada munculnya keluhan terbakar dalam perut kita.

Topik selanjutnya: Makanan untuk Menghilangkan Stres

10.Reaksi obat

Radang lambung yang menimbulkan gejala perut terasa seperti panas terbakar bisa juga berefek lantaran konsumsi beberapa jenis obat. Semisal obat anti radang atau beberapa jenis obat non steroid pengurang sakit atau nyeri pada kepala semisal aspirin dan ibuprofen juga terbukti dapat mempertinggi potensi timbulnya gastritis yang menimbulkan keluhan tak nyaman pada area perut penderitanya.

Topik selanjutnya: Efek Samping Obat Jangka Panjang

ads

11.Sembelit

Saat frekuensi buang air besar anda mulai terganggu atau bahkan terhambat maka kondisi saluran cerna utamanya pada area ujung usus mendekati pembuangan akan senantiasa terasa penuh tentunya dengan sisa makanan yang telah tercerna dan menunggu untuk dikeluarkan. Hal ini akan bermanifestasi pada munculnya rasa panas pada area sistem cerna anda jika lagi ditambah dengan kondisi lambung yang baru saja terisi dengan konsumsi menu makanan baru. Rasa panas yang mendera bisa semakin parah lantaran semakin penuhnya tanggungan makanan yang tengah mengisi saluran cerna kita. Ada baiknya anda konsumsi makanan kaya serat untuk kelancaran buang air besar anda atau jika diperlukan bisa juga mulai mengkonsumsi obat pencahar demi membantu melancarkan kembali aktifitas sistem cerna anda.

Topik selanjutnya: Penyebab Sembelit

12.Hernia

Hernia merupakan suatu keadaan dimana organ ataupun jaringan karena sebab tertentu mendorong bagian tubuh yang lemah sehingga kemungkinan dapat memindahkan beberapa letak atau posisi yang tidak seperti semestinya terdahulu. Dan hernia yang terjadi pada perut juga jamak yang mampu memberi gejala sensasi rasa seperti terbakar pada area perut.

Berikut beberapa penyebab yang memungkinkan dapat merangsang terjadinya hernia perut:

  • Kegemukan
  • Pemberian beban berat pada area yang bersinggungan dengan perut
  • Sembelit
  • Diare
  • Cidera atau kecelakaan
  • Bersin yang terlampau keras

Topik selanjutnya: Penyebab Hernia pada Pria dan Wanita

13.Usus buntu

Hal ini terjadi lantaran adanya peradangan pada daerah apendik dalam perut kita dan menimbulkan gejala rasa panas serasa terbakar dalam perut kita. Utamanya gejala usus buntu akan semakin jelas terlihat sesaat setelah mengkonsumsi makanan yakni dengan munculnya rasa sakit yang teramat pada bagian bawah kanan dari perut kita. Dan pastinya keluhan semisal hernia seperti yang telah disebutkan sebelumnya di atas dan juga gejala usus buntu ini membutuhkan perhatian lebih khusus artinya yakni jangan segan bagi anda untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan ahli medis anda.

Topik selanjutnya: Obat Usus Buntu

Beberapa cara alamiah untuk redakan keluhan sensasi panas pada perut:

  1. Konsumsi makanan kaya serat demi mencegah sembelit
  2. Mengkonsumsi minuman jahe dapat membantu meredakan gejala peradangan pada sistem cerna
  3. Gabungan bahan peppermint beserta madu dapat meringankan rasa sakit serta meringankan luka pada saluran cerna
  4. Keluhan rasa terbakar dapat diminimalisir dengan konsumsi bahan makanan mengandung yogurt serta mentega
  5. Ekstrak kamomil terbukti ampuh untuk mengurangi keluhan ketegangan pada otot sekitar saluran cerna kita.
  6. Rajinlah mengkonsumsi olahan berkandungan probiotik atau bakteri baik yang bermanfaat bagi saluran cerna
  7. Hindari makanan instan sarat lemak, soda, kafein berlebih dan juga makanan yang terlampau pedas
  8. Atur porsi makanan anda agar tak berlebihan dan imbangi pula dengan rajin gerak badan ataupun olahraga demi mendapat metabolisme yang lebih maksimal juga tentunya.

Topik selanjutnya: Daftar Contoh Menu Makanan Sehat Sehari-hari

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , ,
Post Date: Friday 18th, November 2016 / 02:55 Oleh :