Sponsors Link

28 Cara Menghilangkan Angin dalam Perut secara Alami

ads

Pencernaan tubuhlah yang menyebabkan perut terkadang terasa kembung dan penuh dengan angin. Sebagai hasilnya, tubuh akan mengeluarkan gas melalui proses buang angin maupun bersendawa. Ketika angin atau gas menumpuk di dalam saluran pencernaan, otomatis perut kembung adalah akibatnya di mana ini sama sekali tidak nyaman. Lalu, apakah cara menghilangkan angin dalam perut?

(Baca juga: cara mencegah masuk angin dan perut kembung)

1. Kompres Panas

Mengompres perut dengan air hangat atau yang juga dinamakan dengan kompres panas sangatlah manjur. Cukup pakai saja bantalan panas yang bisa membuat tekanan pada perut menjadi lebih lega. Terkadang dikarenakan adanya gas, tekanan di perut lebih besar. Sambil berbaring, tempelkan bantalan atau botol berisi air hangat ke perut yang nantinya bisa membuat gas keluar dengan sendirinya.

2. Menggunakan Jeruk Nipis

Dalam mengatasi perut kembung atau angin di dalam perut, jeruk nipis yang bisa Anda jumpai dengan mudah sehari-hari pun bisa dimanfaatkan. Tak hanya berguna sebagai obat batuk, air perasannya dapat Anda campurkan dengan beberapa tetes minyak telon atau minyak kayu putih yang kemudian dioles ke perut.

3. Memakai Bawang Merah

Dalam mengatasi adanya angin di dalam perut, silakan juga untuk menggunakan bawang merah. Terlepas dari efek samping bawang merah yang mungkin cukup mengkhawatirkan, sebetulnya tak apa-apa asalkan takarannya tepat dan tidak berlebihan. Parutlah bawang merah yang bisa dicampur bersama dengan minyak kayu putih atau minyak telon, kemudian terapkan di bagian pusar supaya perut mendapatkan efek panasnya.

(Baca juga: cara mengatasi perut kembung)

4. Memanfaatkan Jahe

Rempah ini pun juga berguna dalam mengusir angin dari dalam perut di mana meski ada efek samping jahe, Anda tak usah khawatir selama pemakaiannya benar. Obat kembung alami ini bakal membantu Anda dalam meredakan angin dalam perut hanya dengan menyiapkan 3 potong, lalu cuci bersih dan tumbuk serta seduh dengan air panas. Tambahkan gula sedikit sebelum akhirnya bisa Anda minum untuk mengeluarkan gas yang menumpuk di dalam perut. Banyak yang bahkan sudah membuktikan keampuhan dari bahan ini sebagai pengusir angin dari dalam tubuh.

5. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih selain bisa mencegah bahaya dehidrasi, juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan pencernaan dan perut. Bagi Anda yang ingin mengusir angin dari dalam perut secara lebih sederhana, minumlah air putih seperti yang banyak dianjurkan; 8-10 gelas adalah yang terbaik.

Dengan air putih atau air mineral, Anda akan mampu menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh, metabolisme tubuh, membasmi bakteri serta kuman, dan menjadikan kulit jauh lebih sehat dan segar. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi air putih secara teratur, jadi Anda tak akan pernah rugi.

6. Banyak Bergerak

 Aktiflah bergerak untuk menghilangkan angin dari dalam perut secara lebih alami tanpa harus susah-susah meramu bahan-bahan atau rempah tertentu. Dengan banyak bergerak, Anda bisa otomatis mendorong supaya angin dari perut keluar sedikit demi sedikit. Perut pun tak akan kembali sakit maupun tertekan nantinya saat Anda memraktikkan cara ini.

(Baca juga: penyebab tidak bisa kentut dan cara mengatasinya)

7. Menghindari Rokok

Merokok adalah salah satu cara untuk meningkatkan jumlah udara yang masuk ke dalam tubuh dan perut dengan menelannya. Merokok tak hanya tak bagus untuk kesehatan paru-paru, tapi juga mampu menjadi pemicu dari kondisi gangguan perut, gangguan pencernaan, sekaligus nyeri ulu hati yang tentunya cukup berbahaya.

8. Mengonsumsi Labu

Mungkin banyak dari Anda sudah sering mendengar akan khasiat labu sebagai penghilang atau pengusir gas yang berlebihan pada perut. Anda bisa memanggangnya, mengukus, atau dibuat bahan utama sup. Sajikan bersama dengan santapan lainnya untuk menambah kenikmatan saat makan sambil mengobati perut yang dipenuhi angin dan gas.

9. Mengonsumsi Nanas

Angin di dalam perut juga bisa dikurangi dengan mengonsumsi buah nanas. Ingat bahwa ada kandungan berkadar tinggi akan enzim bromelain yang siap untuk memecah protein. Bahkan pencernaan akan terasa lebih ringan serta membuat rasa kembung jauh lebih lega. Konsumsilah langsung, atau bisa juga dengan membuat jus nanas supaya lebih segar.

(Baca juga: obat perut kembung pada anak)

sponsored links

10. Olahraga

Berolahraga adalah salah satu cara ampuh nan alami dalam mengatasi masalah angin di dalam perut. Setiap harinya, Anda tak usah berolahraga terlalu lama, cukup dengan menyediakan waktu sebanyak 15 menit saja. Lakukanlah olahraga-olahraga ringan seperti halnya senam, bersepeda atau jogging supaya sistem pencernaan terjaga kelancarannya dan sistem metabolisme tubuh juga tetap baik.

11. Menghindari Garam

Makanan-makanan yang mengandung kadar garam tinggi harus Anda hindari demi menghilangkan angin dari dalam perut. Makanan kemasan adalah yang paling banyak mengandung garam, begitu juga dengan makanan olahan. Untuk sementara waktu, selama angin belum bisa keluar tuntas, hindari dulu makanan-makanan tersebut.

12. Menghindari Makanan Penghasil Gas

Kacang-kacangan biasanya adalah penghasil gas, seperti kacang lima, kacang merah, kacang hitam, dan juga kacang polong. Tak hanya itu, produk olahan susu sapi, serta aditif buatan adalah yang paling perlu Anda hindari juga atau paling tidak batasi.

(Baca juga: penyebab perut kembung)

13. Makan Perlahan

Ketika sedang melahap makanan, makanlah secara perlahan untuk membuat banyak udara tercegah masuk ke dalam perut. Pernah mengalami cegukan ketika menikmati makanan? Ini karena proses makan Anda yang terkadang terlalu cepat sehingga perut pun gampang kemasukan angin dan menjadi kembung.

14. Mengonsumsi Serat

Dalam menghilangkan angin dari perut, silakan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi supaya makanan bisa masuk ke dalam tubuh dengan lebih mudah. Maksudnya adalah makanan bisa dengan mudah masuk ke dalam usus secara lebih lancar. Tak hanya perut kembung, sembelit pun bisa tercegah dengan baik.

15. Makan Sup Hangat

Dalam mengatasi perut kembung, konsumsilah sup hangat yang biasanya akan secara efektif dapat membuat perut kembung kembali lega. Saat gas berada di dalam perut terlalu banyak dan penuh, sup hangat selain nikmat akan mampu menghangatkan tubuh sekaligus membuang gas tersebut secara alami. Cara ini cukup efektif, jadi tak ada salahnya untuk mencoba.

(Baca juga: penyebab perut panas)

16. Mengonsumsi Teh Manis yang Hangat

Seseorang dengan masalah perut kembung alias perut dipenuhi gas akan sangat bisa mengandalkan teh manis atau teh tawar hangat. Teh hijau maupun teh hitam bakal jauh lebih baik, apalagi bisa juga ditambahkan dengan beberapa tetes perasan jeruk nipis serta sesendok makan madu. Ramuan ini sangat manjur dan boleh dicoba.

17. Menggunakan Peppermint

Kandungan minyak menthol ada di dalam peppermint sehingga menjadikan bahan ini bagus untuk mengatasi masalah angin di dalam perut. Bahkan peppermint jugalah yang memiliki peran sebagai anti-spasmodik di mana peppermint mampu mengurangi ketidaknyamanan pada perut. Kunyah-kunyah saja daun peppermint segar ini sehingga angin bisa keluar dengan mudah.

18. Makan Teratur

Angin yang ada di dalam perut Anda bisa jadi dikarenakan pola makan yang kurang teratur. Perut yang ditinggalkan dalam keadaan kosong tak terisi cukup lama bakal memicu tubuh lebih gampang kemasukan angin. Udara pun akhirnya menumpuk di dalam perut, maka tetaplah makan sehari 3 kali seteratur mungkin.

(Baca juga: makanan yang mengandung gas tinggi)

19. Menghindari Makanan dan Minuman Dingin

Perut yang kemasukan angin dan belum bisa dikeluarkan sebaiknya tidak diisi dengan makanan atau minuman dingin. Angin yang menginvasi perut bisa juga disebabkan oleh suhu yang dingin di lingkungan Anda, jadi hindarilah makanan serta minuman dingin. Konsumsilah yang hangat-hangat agar angin terdorong keluar.

20. Memakai Daun Pepaya

Daun pepaya sangatlah berguna untuk kesehatan, termasuk juga sebagai pereda dan penghilang angin dalam perut. Bila Anda membutuhkannya, tinggal rebus saja daun pepaya secukupnya, dan minumlah air rebusannya sewaktu hangat. Tambahkan madu secukupnya supaya rasa pahitnya tersamarkan dan Anda bisa lebih menikmatinya.

Sponsors Link

21. Minum Jus Jeruk

Jeruk yang kaya dengan kandungan vitamin C-nya ini bukan hanya berperan sebagai peningkat daya tahan tubuh, tapi pengusir angin dari dalam perut. Buah yang mengandung vitamin C super tinggi ini boleh Anda buat minuman jus, tapi pastikan tidak usah menggunakan es. Konsumsi jeruk adalah salah satu cara ampuh mengatasi perut kembung.

22. Minum Teh Kamomil

Kalau sebelumnya sudah disebutkan teh hijau dan teh hitam, kali ini teh kamomil pun akan menjadi penyelamat bagi Anda yang kesulitan mengusir angin dari dalam perut. Dengan kandungan anti-spasmodik dan anti-inflamasi, teh ini siap untuk membuat organ pada perut Anda lebih lega dan nyaman.

(Baca juga: dampak bahaya minuman bersoda bagi kesehatan)

23. Menghindari Minuman Bersoda

Ketika hendak menghilangkan angin dalam perut, jangan menambahnya dengan minum minuman bersoda. Jenis minuman bersoda ini memang nikmat dan segar, tapi mengganggu kinerja sistem pencernaan Anda dan menimbulkan penumpukan gas. Minuman berkarbonasi ini bisa mengancam kondisi perut dan lambung Anda, jadi hindarilah sementara waktu.

24. Mengonsumsi Makanan Probiotik

Probiotik sama dengan bakteri baik dan biasanya banyak orang akan mengonsumsi makanan ini demi membantu supaya proses sitem pencernaan berjalan secara lebih lancar. Ketika perut dipenuhi angin dan gas, mengonsumsi makanan berprobiotik tinggi bakal sangat membantu. Contoh makanan yang bisa Anda konsumsi adalah yogurt.

25. Memanfaatkan Bawang Putih

Bila sebelumnya bawang merah sudah disebutkan, kali ini bawang putihlah yang bisa menjadi penghilang angin dari perut Anda. Buatlah sup bawang putih dengan mengiris beberapa siung bawang putih sebelumnya, lalu tumis dengan memakai minyak zaitun serta tambahkan kaldu ayam serta sayuran. Didihkan beberapa menit dan makanlah selagi hangat.

(Baca juga: bahaya bawang putih mentah)

26. Jangan Menahan Gas

Demi menghindari rasa malu, banyak orang kemudian menahan gas untuk tidak keluar. Padahal sebenarnya inilah yang Anda tunggu-tunggu di mana nanti akhirnya penumpukan gas di dalam perut berkurang cukup banyak. Atur posisi tubuh untuk bisa mengeluarkan gas lebih mudah, atau langsung pergi ke kamar mandi bila berada di tempat umum.

27. Menaikkan Kaki ke Atas saat Berbaring

Dalam membantu Anda mengusir angin dari dalam perut, cobalah untuk melakukan aktivitas ini. Berbaringlah dan angkat kaki ke atas; cara ini boleh dicoba karena pada dasarnya cukup efektif juga dalam membuat angin keluar dengan cepat. Ini akan membantu tubuh dan perut agar bisa melepaskan gas secara alami.

28. Wind Relieving Pose

Pose yoga satu ini bisa juga Anda lakukan ketika sedang dalam waktu luang karena pose mengibaskan angin ini merupakan gaya yang bisa mendorong perut. Dengan demikian, gas akan terlepas secara lebih mudah. Berbaringlah telentang, satu lutut bisa Anda tarik ke arah dada dan tahan di sana dengan kedua tangan. Secara pelan, lutut ditarik hingga dapat semakin dekat ke arah dada, tahan di sana, lalu ulangi dengan menggunakan kaki yang lain.

(Baca juga: penyebab perut buncit)

Itulah cara menghilangkan angin dalam perut yang bisa coba Anda praktikkan saat merasa tidak nyaman dengan gas dan angin yang sudah terlalu menumpuk dan menekan perut.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, November 2016 / 18:17 Oleh :