Sponsors Link

18 Gejala Paru Paru Hitam – Penyebab, Jenis, Efek Samping dan Solusi

Sponsors Link

Gejala paru paru hitam muncul akibat masuknya partikel halus terus menerus kedalam paru paru lalu mengendap dan memiliki efek merusak. Kasus gejala paru paru hitam atau pneumoteoniosis dapat dialami siapa saja terlepas dari apa dan bagaimana seseorang memahami pentingnya untuk menghindari hal hal yang dapat mencederai jaringan paru.

ads

Baca juga:

Penyebab paru paru hitam atau pneumoteoniosis

  • Serbuk dari batu bara
  • Serat asbes (genting bangunan)
  • Obat obatan (penggunaan jangka panjang dann tanpa resep dokter)
  • Berbagai macam ( Asap Kendaraan, Pembakaran sampah dan lain lain)
  • Alkohol (Apapun bentuyk alkohol termasuk tuak)
  • Butiran halus semen
  • Bahan pengawet pembuatan sepatu
  • Pengelasan (Pengelasan besi atau materail logam yang serbuknya dapat terhirup melalui rongga hidung)
  • Merokok (Karena tar dan nikoton yang dapat masuk melalui mulut dan hidung dalam bentuk asap)
  • Debu (dapat berupa radikal bebas yang ada dijalan raya, Lokasi pembangunan gedung dan lain lain)
  • Silika kristal (Silika mineral senyawa yang ada pada bahan galian atau dari pertambangan berupa granit, Pasir kuarsa dan lain lain)

Jenis paru paru hitam atau pneumoteoniosis

1. Jenis Simplek

Yaitu menumpuknya partikel partikel halus dalam bentuk serbuk, Debu, Butiran kecil dan Asap. Kondisi ini bisa disebabkan dari karakteristik batu bara yang sangat halus ketika dibor, Dihancurkan dengan mesin atau pada saat diangkut langsung dari tangan. Batu barra bisa mengeluarkan serbuk halus yang kasat mata walaupun tanpa sengaja terhirup melalui rongga mulut dan hidung melalui udara dapat menyebbakan paru paru hitam.
Serbuk halus batu bara dapat menyerang bagian bronkilolus yang dapat berpindah kearaea paru dan menimbulkan terbentuknya plak plak hitam yang melekat pada rongga dada , Dimana penumpukan plak tersebut dapat dilihat dengan menggunakan foto sinarX.

2. Jenis komplek

Yaitu Serbuk atau partikel halus yang tidak menyebabkan penyumbatan pada saluran pernafasan tetapi bisa menyebabkan pembentukan jaringan parut dalam ukuran yang lebar dan luas pada arteri darah paru paru yang dalam panjang dapat menimbulkan kerusakan fungsi dari paru paru.

Gejala paru paru hitam atau pneumoteoniosis

Berubahnya warna paru paru menjadi hitam tidak akan terdeteksi tanpa pemeriksaan dengan menggunakan alat khusus seperti sinar X, Namun dari gejalanya dapat dilihat sebagai berikut:

  1. Batuk berkepanjangan/kronis
  2. Sesak nafas (baca juga: Pertolongan Pertama Sesak Nafas)
  3. Keluar lendir berwarna keruh kehitaman setelah batuk
  4. Mengalami peningkatan tekanan darah atau hipertensi
  5. Mengalami masalah jantung misalnya gagal jantung
  6. Permukaan kulit kering dan mengeras
  7. Tubuh kelelahan dan kehilangan stamina
  8. Mudah mengantuk dan lemas
  9. Mudah kehausan atau rentan terserang dehindrasi
  10. Nafas pendek dan sakit pada rongga dada
  11. Berat badan menurun
  12. Kesulitan tidur (baca juga: Penyebab Insomnia)
  13. Tidur mendengkur
  14. Sakit kepala ringan hingga berat
  15. Mulut kering
  16. Rongga mulut pahit
  17. Nafas bau tidak sedap
  18. Ginjal bermasalah
Sponsors Link

Efek samping

Gejala paru paru hitam atau pneumoteoniosis yang telah berlangsung jangka panjang dapaat menumbulkan beberapa efek samping yang dapat mencederai organ tubuh lain yang dekar dengan organ paru paru.

  • Muncul gejala gagal jantung sebelah kanan
  • Munculnya Tuberkulosios Paru (baca juga: Ciri-Ciri TBC)
  • Mempermudah pembentukan sel abnormal yang bisa menjadi sel kanker(kanker paru paru)

Pencegahan

  • Menghindari lokasi yang memungkinkan menimbulkan gangguan pada organ paru paru misalnya tempat penambangan batu bara
  • Jika anda bekerja ditempat dimana mengharuskan anda berinteraksi dengan serbuk serbuk halus seperti semen, Asap dan sebagainya , Sebaiknya anda menggunakan peindung hidung dan mulut Misalnya masker.

Solusi terbaik

Tips cara menjaga agar paru paru tetap sehat dan terhindar dari serangan gejala paru paru hitam

1. Apel

Buah apel mengandung antioksidan kuat untuk meningkatkan kekuatan jaringan paru. Minum jus apel 2 kali sehari secara rutin dapat memperbaiki fungsi paru dan membersihkan paru paru dari partikel halus yang melekat pada dinding paru secara dinamis (terus menerus).

2. Brokoli dan wortel

Brokoli dan wortel yang dikukus dapat diblender dan dibuat menjadi jus harian yang bisa dikonsumsi 2 kali sehari secara rutin. Brokoli memiliki zat isothiocyanate sedangkan wortel memiliki antioksidan kuat yang berasal dari betakaroten yang dapat membersihkan paru paru dari racun yang berasal dari serbuk atau partikel halus berbahaya misalnya dari batu bara sekaligus dapat mencegah munculnya sel kanker pada paru paru.

3. Kedelai dan susu murni

Kedelai dapat direbus dan dimakan langsung atau dapat digabungkan bersama penggunaan susu sapi murni yang diminum 2 sampai 3 kali sehari. Zat proteinnya yang tinggi dan zat antioksidannya mampu memblokir pergerakan bakteri yang berasal dari radikal bebas termasuk partikel halus dari batu bara, Sebagai salah satu makanan pembersih paru paru dan akibat Asap kendaraan atau alkohol.

ads

Baca juga:

4. Jeruk nipis dan kayu manis

Jeruk nipis mengandung zat anti peradangan, Antibakteri dan anti racun yang dapat diminum langsung atau digabungkan dengan madu dan kayu manis didalam segelas air panas. Kayu manis dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh yang juga bisa mempengaruhi kesehatan paru paru. Jeruk nipis dan kayu manis mampu menghilangkan plak yang menyebabkan munculnya gejala paru paru hitam , Membersihkan racun dalam paru paru dan menurunkan kecanduan seseorang terhadap alkohol dan merokok.

Baca juga:

5. Bawang putih

Bawang putih dapat dimakan bersama makanan lain dan dikonsumsi setiap hari setidaknya 2 hingga 3 siung perharinya. Jangan makan bawang putih dalam keadaan mentah karena efek samping bawang putih tetap akan muncul akibat karakteristik zat yang ada pada bawang putih mampu menggerus dan melukai jaringan tubuh termasuk paru paru.

Baca juga:

6. Olahraga

Untuk meningkatkan kekuatan arteri dalam paru paru dan menjaga agar fungsi paru tetap dalam kondisi terbiaknya sebaiknya selain mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki nutrisi tinggi, Anda mengimbanginya dengan melakukan olahraga rutin setipa hari atau dua kali dalam seminggu secara teratur dan konsisten.

Baca juga:

Sponsors Link

Olahraga sangat bermanfaat bagi:

  • Membersihkan tubuh dari berbagai macam bentuk racun termasuk serbuk, Partikel halus dan debu yang ada didalam paru paru.
  • Mengolah nutrisi yang ada didalam tubuh menjadi lebih maksimal terserap oleh jaringan tubuh termasuk menyehatkan paru paru.
  • Memperbaiki kerusakan kecil pada area paru paru akibat sisa atau limbah racun dari makanan, Zat kimia dari obat obatan dan memperkuat dinding paru secara dinamis.
  • Olahraga dapat melancarkan peredaran darah atau arteri sekitar paru paru dan memecah penumpukan partikel berbahaya didalam jaringan paru misalnya akibat kebisaan merokok, Menghirup semen, Serbuk halus dari batu bara dan lain lain.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 09th, August 2017 / 08:14 Oleh :
Kategori : Kesehatan Paru Paru