20 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Otak Super Cepat

Otak merupakan organ internal paling penting karena berhubungan dengan motorik, kecerdasan, Cara berfikir dan berperan besar dalam mengkoordinasi pergerakan tubuh.
Tips mudah menjaga kesehatan otak sebaiknya diketahui masyarakat agar mereka mampu mencegah keluhan kesehatan yang berhubungan dengan otak.

Tips Mudah
Ada 20 solusi terbaik cara menjaga agar otak tetap sehat

1. Menghindari alkohol
Alkohol bersifat panas dan tajam sehingga mampu melukai dan merusak pembuluh darah seputar kepala sehingga dapat menyumbat dan memblokir masuknya darah dan oksigen keotak. Alkohol juga dapat melubangi selaput otak dan memicu seseorang terserang kelainan otak. Menghindari alkohol adalah tips mudah menjaga kesehatan otak bagi penderita vertigo.
Baca juga : pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia

2. Menghindari rokok
Jika ingin kondisi otak selalu dalam keadaan yang baik maka hindarilah kepulan asap rokok. Sebagai perokok aktif ataupun pasif, Asap rokok dapat masuk lewat rongga hidung dam masuk kejaringan otak melalui aliran darah dan mengotori pembuluh darah menuju otak. Asap rokok mengandung radikal bebas berbahaya yang mampu menyebabkan otak dalam kondisi kekurangan cairan dan oksigen. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan kerusakan jaringan otak yang memicu seseorang menjadi lambat dalam berfikir.
Baca juga : bahaya rokok terhadap otak yang harus anda ketahui

3. Cukup tidur
Kurang tidur akibat terlalu sering begadang selain berbahaya bagi kestabilan jumlah sel darah merah dalam tubuh ternyata dapat menyebabkan kualitas sel otak menurun. Sel otak yang berkurang dapat mengakibatkan seseorang menjadi tidak mampu konsentrasi dalamn beraktifitas sehari hari termasuk aktifitas yang membutuhkan pemikiran.
Baca juga : bahaya akibat kurang tidur malam bagi kesehatan

4. Olahraga
Olahraga adaalah jaln termudah untuk membuat aliran darah dan pembuluh arteri seputar otak menjadi lebih sehat dan aktif dalam merespon pesan dari reaksi tubuh bagian luar. Olahraga dapat menghancurkan penumpukan racun dan kolesterol lebih yang ada disekitar jaringan otak, Sehingga fungsi otak lebih baik. Olahraga juga dapat membawa oksigen lebih banyak masuk kejaringan otak.
Bacaa juga :akibat kurang Olahraga pada tubuh dan kesehatan

5. Refresing
Salah satu tips mudah menjaga kesehatan otak adalah dengan cara refresing. Sesibuk apapun manusia pada kenyataanya refresing sangat diibutuhkan untuk menjernihkan pikiran dan penyegaran terhadap saraf saraf bagian otak. Otak merasa lelah dan terbebani karena aktifitas sehari hari, Jika tidak pernah melakuakn kegiatan refresing maka akan memicu ketegangan saraf otak yang menyebabkan sakit kepala dan stres. Refresing dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu jalan jalan ketempat yang dapat membuat otak lebih santai dan nyaman, seperti pegungungan, Pantai, Acara panggung rakyat dan sebagainya.

6. Melatih otak kanan dan kiri
Melatih kecakapan, kecepatan dan ketyepatan otak kana dan kiri dalam merespon sesuatu adalah sangat penting. Melatih otak kana dan kiri secara bersamaan dapat meningkatkan kecerdasan, Memperkuat daya ingat dan dan membuat kerja otak semakin aktif dan kreatif. Misalnya untuk meningkatkan kualitas otak kanan seseorang biasa belajar melukis dan berimajinasi stinggi mungkin melalui permainan musik, Sedangkan untuk otak kiri dapat belajar berhitung dan keterampilan dalam menganalisa sebuah rumus dan angka.


7. Hindari narkoba
Zat kimia pada obat obatan terlaraang misalnya heroin, Pil ekstasi dan semacamnya sangat keras dan mampu merusak jaringan pembuluh darah kepala hingga kebagian dalam otak. Zat kimia yang bersifat racun jika sudah masuk dan mengendap dalam otak dapat melukai dan mencemari saraf saraf halus otak , Akibatnya fungsi otak akan terganggu dan kesehatan otakpun terancam akan menurun. Penurunan daya ingat dan kehilangan kemampuan berfikir secara rasional adalah awal dari kerusakan yang terjadi pada otak akibat pemakaian narkoba dalam jangka panjang.

8. Lindungi kepala
Agar otak selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari berbagai masalah , Lindungilah dengan benar dari ancaman benturan atau hantaman benda tumpul ataupun benda tajam. Benturan keras atau hantaman dapat melukai otak dan memicu pendarahan internal otak yang dapat menyebabkan kelainan pada fungsi otak, Misalnya Lindungilah kepala dengan menggunakan helm ketika sedang membawa kendaraan motor.

9. Hindari aktifitas berbahaya
Sedapat mungkin hindarilah kegiatan atau aktifitas apapun yang berbahaya dan berpotensi melukai kepala, Misalnya bermain adu balap sepeda, Balap motor atau panjat tebing, naik gunung atau memanjat tempat tempat yang tinggi dan terjal tanpa pelindung kepala. Kesehatan otak cenderung ditentukan oleh kebiasaan sehari hari. Jika ingin melakuakn aktifitas yang membutuhkan keberanian dan keterampilan khusus sebaiknya berkonsultasi dan berlatihlah terlebih dahulu dengan orang orang ahli dibidangnya.

10. Hindari obat pereda rasa nyeri
Jika terserang sakit kepala mendadak sebaiknya jangan langsung mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri dalam bentuk apapun. Kebiasaan minum obat ketika terserang sakit kepala daapat mempengaruhi kesehatan pembuluh darah menuju otak. Otak adalah organ internal yang sangat halus dan sensitif terhadap bahan kimia apalagi jika diminum setiap kali sakit kepala. Sakit kepala disebabkan karena banyak hal, Misalnya karena stres, Kurang tidur, Kurang darah, Minus mata bertmbah, Karena terlalu lama didepan komputer dann lain lain. Sakit kepala tidak selamanya harus disembuhkan dengan penggunaan aspirin atau obat pereda rasa nyeri jenis lain. Sebenarnya Sakit kepala dapat sembuh dengan sendirinya jika seseorang berusaha untuk beristirahat cukup dan mengkonsumsi miunuman jahe hangat.

11. Hindari stres berat
Terlalu banyak berfikir dan larut dalam kesedihan selama berminggu minggu atau bahkan berbulan bulan dapat menyebabkan ketegangan pada otot leher bagian belakang, Kepala dan mengganggu aliran darah seputar kepala. Segera kurangi stres dengan mendengarkan musik atau sekedar minum teh hangat sambil menyaksikan acara televisi yang disukia damn sebagainya. Stres hanya membuat otak bekerja lebih ekstra sehingga ketegangan otot kepala akan semakin berat.
Bac juga : cara menghilangkan stres berat dengan cepat

12. Minum air putih
Minum air putih 7 sampai 8 liter perhari selain menyehatkan tubuh dapat pula mempertahankan cairan didalam otak agar otak terhindar dari dehidrasi dan perdangan. Air putih mampu melancarkan aliran darah diotak dan melindungi otak dari kekeringan.
Baca juga : bahaya akibat kurang minum air putih

13.Mengkonsumsi jenis ikan
Ikan tuna, Salmon dan ikan Sarden sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas otak anak anak dan orang dewasa, Karena mengandung Omega 3 yang tinggi. Omega 3 sangat berperan besar dalam mempertahankan dan melindungi jaringan otak dari keterlambatan berfikir. Omega 3 juga dapat meningkatkan kecerdasan dan memperkuat daya ingat.

14. Mengkonsumsi jenis daging
Daging sapi, Ayam tanpa kulit atau daging domba mengandung protein tinggi yang baik untuk mempertahankan kesehatan otak.

15. Mengkonsumsi buah buahan
Buah buahan segar dapat dikonsumsi lansung atu dibuat menjadi jus yaitu dengan car menggabungkan 2 jenis buah yang berbeda agar manfaatnya segear dapat diserap tubuh. Kandungan vitamin, Mineral dan seratnya dapat melindungi otak dari searngan radikal bebas akibat seseorang menghirup asap rokok tanpa sengaja. Perokok pasif dapat menyebabkan asap masuk melalui rongga hidung dan mulut lalu menyebar mencemari pembuluh darah menuju otak.

Nutrisi paad buah mampu menetralisir keadaan tersebut menjadi kembali normal. Nutrisi pada buah juga mampu menstabilkan suasana hati menjadi lebih rileks dan terhindar dari rasa gelisah yang berlebihan. Rajin makan buah buahan adalah salah satu tips mudah menjaga kesehatan otak untuk anak anak usia dini. Karena anak anak cenderung menyukai buah buahan.
Baca juga : 10 buah beracun yang mematikan

16.Mengkonsumsi sayuran
Sayur sayuran misalnya bayam, Kangkung, Daun singkong, Sawi, Buncis dan sebagainya memiliki kandungan serat dan vitamin yang baik bagi kesehatn otak. Otak dapat lebih aktif dalam merespon dan mengelola informasi yang disampaikan oleh visual (indera mata) dan indera penciuman.

17 Mengkonsumsi kacang kacangan
Nutrisi yang ada pada jenis kacang kacaangan misalnya kacang kedelai, Kacang hijau, Almond, Kacang merah, Kacang kenari dan sebagainya sangat baik untuk anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan, Termasuk perlindungan terhadap jaringan otak agar tetap sehat. Nutrisi pada sayuran mampu meningkatkan motorik anak dan mempertajam instuisi serta daya imajinasinya.

18. Mengkonsumsi Susu dan telur
Susu dan telur adalah sumber protein tinggi dan mengandung Omega 3 yang sangat tinggi sehingga baik bagi peningkatan kecerdasan otak dan ketajaman berimajinasi bagi anak anak usia dini. Agar jaringan otak anak tetap sehat berikan susu dan telur setiap hari.

19. Teh hangat tanpa gula
Beraktifitas sehari hari dapat menyebabkan otak menjadi kelelahan. Agar otak kembali tenang dan santai sebaiknya sepulang dari beraktifitas menyempatkan diri untuk minum teh tanpa gula. Teh mengandung zat antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam aliran darah menuju otak. Kafein pada teh mampu menghilangkan ketegangan otot otot kepala dan melancarkan peredaran darah sekitar kepala sehingga efek menenangkan dari teh segera dapat dirasakan.
Bac juga : bahaya minum teh campur susu bagi kesehatan

20. Minuman kunyit
Kunyit adalah bumbu masakan yang mengandung vitamin C, Anti bakteri dan zat antioksidan tinggi. Kunyit dapat dibuat menjadi minuman segar yang ditambahkan dengan madu dan perasan air lemon. Ramuan sederhana tersebut mampu merilekskan ketegangan otak dan aliran darh sekitar leher bagian belakang. Zat antioksidanya mampu menghilangkan ketegangan pada otak akibat terlalu banyak berfikir.

Pentingnya pengertian tentang tips mudah menjaga kesehatan otak

-Tips mudah menjaga kesehatan otak sebaiknya diberikan dan diajarkan pada anak anak usia dini agar kelak mereka dapat bertanggung jawab untuk senantiasa menjaga kesehatan otak mereka dari berbagai macam aktifitas dan kesibukan mereka diluaran rumah. Menjaga kesehatan otak lebih baik dilakukan pada usia muda ketimbang ketika seseorang telah berusia dewasa, Karena semakin baik kondisi otak dalam usia pertumbuhan maka akan semakin besar berpotensi tetap sehat diusia senja.

-Tips mudah menjaga kesehatan otak dapat langsung dicari diberbagai artikel tentang kesehatn yang berhubungan dengan otak melalui internet, Buku buku atau langsung berkonsultasi dengan dokter yang terkait. Pemahaman tentang tips mudah menjaga kesehatan otak sebaiknya tidak diberikan hanya dalam bentuk kata kata melainkan melalui praktek dan terjun langsung pada rumah sakit yang menampung pasien korban penggunaan narkoba, Perokok aktif yang puluhan tahun telah menghisap rokok atau pada orang orang yang menderita kurang gizi. Survey langsung adalah yang terbaik karena pemahaman yang dibarengi dengan pembuktian fisik lebih mudah dicerna oleh anak anak yang belum mengerti tentang pentingnya menjaga kesehatan otak.

, ,
Post Date: Monday 27th, June 2016 / 13:28 Oleh :
Kategori : Kesehatan Otak