Sponsors Link
     Sponsors Link

30 Cara Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

ads

Apakah anda merasa jika sekarang anda menjadi lebih mudah lupa? Jika iya, bisa jadi hal ini dikarenakan ada yang berubah dalam keseharian anda. Entah karena mungkin terlalu  banyak hal yang harus dikerjakan sehingga hal lain menjadi terabaikan atau mungkin karena kurangnya istirahat yang cukup sehingga otak tidak dapat fokus. Tingkat konsentrasi yang baik serta peningkatan memori otak yang lebih mudah dalam mengingat dan berpikir tentu menjadi keinginan bagi semua orang. Namun sayangnya stress dan rasa lelah dapat memicu turunnya konsentrasi sehingga kerjaan pun tidak beres. Turunnya konsentrasi bisa juga menjadi pertanda jika otak tengah kelelahan dan membutuhkan asupan energi yang tepat.

Aktivitas

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja otak seseorang sehingga mampu lebih fokus terhadap pekerjaan. Seperti tips yang berikut ini:

1. Hindari melamun

Melamun memang menjadi kebiasaan yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun melamun juga menjadi pekerjaan yang dapat membuyarkan konsentrasi. Melamun dapat membuat mood seseorang dalam menjalankan aktivitas menjadi berkurang karena tidak lagi bergairah. Melamun merupakan kebiasaan yang memakan banyak waktu juga membuat seseorang menjadi malas.

Untuk mengatasi kebiasaan melamun, anda bisa menyediakan waktu khusus untuk digunakan melamun. Sebagai contoh, anda bisa meluangkan setengah jam anda sebelum tidur untuk melamun. Menyediakan waktu khusus untuk melamun dapat memperkecil  kemungkinan anda untuk melamun di kala bekerja. (baca juga: cara menurunkan berat badan dengan olahraga)

2. Istirahat

Jangan pernah menggunakan otak dalam waktu yang lama tanpa diberi jeda untuk beristirahat. Ingat untuk selalu berisitirahat setidaknya lima menit pada tiap 60 menit yang anda gunakan untuk berpikir.  Terlebih jika pekerjaan atau aktivitas yang anda lakukan membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi, maka jeda untuk beristirahat merupakan hal yang penting yang harus dilakukan.

Menggunakan otak tanpa jeda, membuat daya konsentrasi atau fokus anda semakin berkurang. Istirahat, berguna untuk mempertajam kembali vitalitas otak anda. (baca juga: cara meningkatkan kinerja otak)

3. Ganti suasana

Cara meningkatkan fokus yang selanjutnya adalah dengan menyegarkan pikiran. Ada banyak cara yang bisa diterapkan mulai dari mendengarkan musik, mengonsumsi camilan atau bisa pula dengan berjalan-jalan keluar. Terutama bagi anda yang bekerja atau belajar dengan durasi yang cukup lama, maka mengambil waktu jeda untuk menyegarkan pikiran menjadi hal yang diperlukan.

4. Lakukan aktivitas untuk menyegarkan pikiran

Darah merupakan kendaraan utama bagi oksigen dalam tubuh kita. Kecukupan oksigen dalam otak dapat membantu anda untuk lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas yang harus diselesaikan. Cobalah melakukan aktivitas yang dapat membantu melancarkan aliran darah guna meningkatkan konsentrasi anda dalam belajar atau bekerja. Cara meningkatkan jumlah oksigen ke otak bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti berjalan-jalan, berbaring atau mungkin sekadar menggeser tempat duduk dan mengganti posisi duduk anda.

Jika anda berada di dalam kantor dengan area serta kondisi yang tidak memungkinkan bagi anda untuk berjalan-jalan, anda bisa melakukan peregangan anggota tubuh serta senam-senam ringan yang tidak menyita tempat. (baca juga: olahraga meninggikan badan latihan otot dan senam)

Sponsors Link

5. Jangan mudah terpengaruh lingkungan

Pernahkah anda melihat laba-laba yang tengah membuat sarang? Jika iya tentu anda tahu betul jika saat laba-laba tengah membuat sarang, mereka tidak terpengaruh keadaan sekitar dan tetap melanjutkan aktivitas mereka dalam membuat sarang. Bahkan saat kita menyalakan bunyi-bunyian yang begitu keras, si laba-laba tidak akan berkutik ataupun terganggu dengan bunyi-bunyian tersebut.

Hal yang harus anda pelajari dari laba-laba adalah bagaimana mereka bisa mempertahankan konsentrasi mereka di tengah bisingnya suasana sekitar. Sebagai contoh abaikan hal-hal kecil layaknya orang berlalu lalang di sekitar, abaikan suara orang membuka atau menutup pintu, abaikan suara musik yang tidak henti-hentinya mengalun dan tetaplah fokus dalam pekerjaan atau pelajaran anda.

6. Kerjakan satu per satu pekerjaan anda

Saat anda menginginkan hasil yang baik dan sempurna dari pekerjaan yang tengah anda geluti, ada baiknya anda mengerjakannya dalam satu waktu. Setelah selesai, baru kemudian anda bisa beralih ke pekerjaan lainnya. Jangan membiasakan diri menjadi seorang yang multitasking yakni mengerjakan banyak hal di satu waktu karena dapat menyebabkan tingkat konsentrasi anda terpecah-pecah. Alhasil, hasil kerjaanpun banyak yang tidak beres.

Biasakan pada diri sendiri untuk mengerjakan hal yang telah ada di depan mata sehingga jika ada pengalih perhatian, maka resiko buyarnya konsentrasi dapat berkurang. Keuntungan lainnya mengerjkan pekerjaan satu persatu adalah hasil akhir yang menjadi lebih maksimal. (baca juga: cara meningkatkan IQ)

7.  Meditasi

Meditasi merupakan salah satu latihan ringan yang mudah untuk dilakukan. Meditasi merupakan salah satu cara meningkatkan konsentrasi yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep utama dari melakukan latihan ini adalah dengan memusatkan pikiran pada satu hal tertentu dan bukannya membuat pikiran menjadi kosong. Meditasi yang dilakukan sebagai suatu kebiasaan, dapat membuat anda menjadi lebih mudah berkonsentrasi.

Bukan hanya meningkatkan fokus, namun meditasi juga membantu seseorang untuk lebih rileks, tenang dan nyaman. (baca juga: cara meningkatkan daya ingat)

8. Tetapkan tujuan anda

Melakukan pekerjaan sebaiknya dilakukan  atas dasar pencapaian target.Tanpa adanya target yang ingin anda capai maka fokus anda akan berkurang karena motivasi yang tidak cukup tinggi dalam bekerja. Saat anda menetapkan tujuan dalam hidup yang ingin anda capai, maka area otak yang tergubung dengan berpikir positif dan tindakan akan aktif. Alhasil anda akan semakin fokus dalam bertindak dan berpikir.

9. Dengarkan musik

Musik merupakan rentetan alunan nada yang dapat mempengaruhi cara berpikir seseorang. Mendengarkan musik merupakan salah satu cara jitu untuk merilekskan pikiran. Saat anda tengah dalam kondisi bekerja. Ambil jeda waktu sebentar untuk mendengarkan alunan nada yang menenangkan dan yang pasti mampu memberi energi positif bagi anda. Alhasil saat anda kembali bekerja, maka anda akan leboh fokus dan hasilnyapun akan menjdi lebih maksimal. (baca juga: cara menghilangkan mabuk perjalanan)

10. Hindari melakukan pekerjaan di tempat tidur

Ketika ada pekerjaan yang menuntut konsentrasi tinggi, maka hindari mengerjakannya di tempat tidur. Lakukan hal tersebut di atas meja belajar atau pada meja kerja. Jangan membiasakan diri untuk belajar dan bekerja di atas tempat tidur karena tempat tidur dapat menstimulus anda menjadi malas sehingga konsentrasi menjadi terpecah. Alhasil pekerjaan pun tidak dapat diselesaikan secara maksimal. Inilah pentingnya memiliki meja belajar atau meja kerja sendiri dalam ruangan khusus. Lengkapi juga meja anda dengan kursi yang nyaman serta sirkulasi udara yang cukup dan yang pasti penerangan yang memadai.

11. Lakukan pola hidup sehat

Daya konsentrasi seseorang memiliki kaitan yang begitu erat dengan aliran darah menuju otak. Semakin lancar aliran darah menuju otak maka akan semakin baik pula daya konsentrasi seseorang. Sebaliknya saat aliran darah dalam tubuh yang menuju ke otak tidak lancar, maka tingkat konsentrasi seseorang menjadi kurang maksimal. Untuk itu diperlukan pola hidup sehat dalam menunjang tingkat konsentrasi anda.

Melakukan pola hidup sehat dapat diawali dengan tidur yang cukup, olahraga dan yang paling penting adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Melakukan pola hidup sehat dapat dilakukan mulai dari sekarang sehingga dampaknya berlangsung panjang hingga anda tua nanti.

Orang yang melakukan pola hidup sehat memiliki resiko rendah terkena sifat pikun serta mudah lupa di kala tuanya. Bagi anda yang menginginkan masa tua tetap aktif, lakukan pola hidup sehat dari sekarang. (baca juga: 20 gaya hidup sehat untuk awet mudah bebas dari penyakit)

12. Hindari konsumsi alkohol serta beragam jenis obat-obatan lainnya

Mengonsumsi alkohol terlau banyak dapat membuat kesehatan otak menurun. Alhasil kinerja otak juga akan turun. Membatasi asupan alkohol dan menghentikannya sama sekali mampu menghindarkan anda dari gangguan memori serta tingkat fokus yang rendah. Selain alkohol, penggunaan obat-obatan tertentu, juga dapat membunuh kreativitas yang anda miliki sehingga keoptimalan fungsi otak tidak akan anda dapatkan. (baca juga: pengaruh alkohol terhadap sistem saraf manusia)

13. Liburan

Tingkat konsentrasi seseorang dapat menurun drastis jika terus digunakan dalam waktu yang lama dan tidak disertai dengan istirahat yang cukup. Terutama bagi anda yang bekerja di kantor maka sesekali mengambil cuti merupakan hal yang tepat untuk dilakukan demi meningkatkan kembali kreativitas serta tingkat konsentrasi anda. Selama cuti, anda bisa menggunakan full untuk beristirahat atau mungkin dengan melewatkan waktu dengan mengunjungi tempat-tempat yang anda suka. Berwisata merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan guna menyegarkan kembali pikiran kita.

Jangan biarkan kepenatan menguasai anda hingga kualitas kerja menurun. Gunakan waktu cuti anda dengan banyak meakukan aktivitas yang menyenangkan seperti berkunjung keluar kota, makan di tempat  yang menyenangkan dan lain-lain. Begitu kembali dari tempat cuti, maka konsentrasi dan mood anda akan kembali ke titik prima. Alhasil kualitas pekerjaan yang anda lakukan juga akan meningkat. (baca juga: cara menghilangkan stres)

14. Buatlah apa yang anda kerjakan menjadi sebuah kebiasaan

Ketika melakukan sesuatu yang sebelumnya telah menjadi kebiasaan atau dilakukan secara berulang-ulang, maka tingkat akurasi dalam pekerjaan yang anda jalani akan semakin baik. Bahkan pekerjaan tersebut tidak lagi membuat anda lelah karena anda telah terbiasa dengannya.

15. Sarapan

Sarapan menjadi kebiasaan penting yang harus dilakukan tiap hari. Orang yang tidak membiasakan sarapan umumnya memiliki daya konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan mereka yang gemar melakukan sarapan. Dengan sarapan, tubuh kita akan memiliki energi yang cukup untuk memulai aktivitas harian. Tidak hanya sekadar meningkatkan konsentrasi, sarapan juga terbukti dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah, meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood serta meningkatkan kualitas kinerja fisik ataupun mental. Sarapan menjadi asupan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang glukosa setelah sebelumnya anda tidur tanpa mengonsumsi makanan sama sekali. (baca juga: bahaya melewatkan sarapan)

16.Perbanyak antioksidan

Antioksidan terkenal sebagai zat yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus baik bagi kesehatan kulit. Tidak hanya itu, namun antioksidan juga berguna untuk melindungi sel-sel tubuh termasuk di dalamnya adalah sel otak anda. Kualitas otak yang baik menentukan tinggi rendahnya kemampuan anda dalam berkonsentrasi. Ada banyak makanan berupa sayur dan buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi seperti bluberry, strawberry, cranberry, blackberry, rasberry, kismis, bayam, dan bawang putih. (baca juga: makanan yang mengandung antioksidan)

17.Terapkan pola berpikir yang positif

Pikiran ternyata membawa pengaruh yang begitu besar dalam kehidupan sehari-hari anda. Ketika anda berpikir positif maka segala tindakan anda akan lebih terarah dan fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Berbeda dengan mereka yang gemar berpikir negatif, maka pola pikir ini justu bersifat merusak dan akhirnya membuat kinerja anda tidak maksimal. Pola pikir merupakan sesuatu yang bisa anda atur sendiri. Dalam hal ini anda tidak boleh mudah terpengaruh hasutan orang namun tetaplah pada pendirian anda. Percayalah pada kemampuan diri sendiri dan hindari sikap mudah emosional yang hanya akan membawa dampak buruk bagi anda.

18.Hindari perasaan tertekan

Merasa tertekan terhadap pekerjaan yang anda lakukan, merupakan salah satu hal yang hanya akan membuat kinerja anda menurun kualitasnya. Ketika anda memiliki banyak kerjaan menumpuk dan harus segera diselesaikan, anggaplah jika tugas-tugas tersebut merupakan bagian dari hidup anda dan harus dilakukan sebaik mungkin. Jangan berpikir jika pekerjaan adalah beban yang membuat hidup anda menjadi kurang menyenangkan.

Inilah kenapa ketika kita ingin bekerja, sebaiknya pilih jenis pekerjaan yabg menyenangkan dan sesuai dengan passion yang anda miliki. Kecocokan pribadi dengan jenis pekerjaan yang didapat, nyatanya berpengaruh besar terhadap kualitas anda sebegai pekerja. Pekerjaan yang dijalankan dengan sukacita dapat membuat seseorang terfokus dalam pekerjaannya sehingga hasil kerja pun menjadi lebih optimal. Ketikapun anda tidak mendapat pekerjaan yang anda sukai, jangan lantas berputus asa karena perlu ditekankan, salah satu fungsi bekerja adalah untuk mencari penghidupan dan bukannya untuk bersenang-senang.

Makanan

Untuk meningkatkan peningkatan kinerja otak sehingga daya fokus menjadi lebih tinggi ada baiknya bagi anda untuk mengonsumsi beragam jenis makanan yang baik bagi otak.

Berikut ini merupakan beragam makanan yang bisa anda gunakan sebagai penunjang kesehatan otak:

  1. Madu

Madu menjadi salah satu makanan terbaik bagi otak yang tidak boleh anda lewatkan. Madu memiliki banyak kandungan baik bagi kesehatan seperti vitamin, bio hormon, zat mineral serta enzim yang dapat menstimulus kerja otak. Dengan kandungan  madu tersebut konsentrasi anda akan lebih baik serta terhindar dari yang namanya stress. (baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

Biasakan mengonsumsi madu sebanyak 2 sendok makan pada tiap harinya. Madu merupakan produk alami yang dihasilkan oleh hewan lebah yang bagus dalam menunjang kesehatan tubuh sekaligus untuk mencegah datangnya penyakit. Madu telah lama dikenal sejak dulu memiliki banyak khasiat ajaib yang kini bisa anda dapatkan dalam bentuk kemasan sachet ataupun botol.

  1. Seledri

Dalam meningkatkan fokus, anda bisa mengonsumsi seledri sebagai asupan sehat untuk meningkatkan kinerja otak anda. Dalam seledri mengandung zat yang mampu menghindarkan anda dari migrain, mampu menghindarkan rasa cemas serta membantu jalannya berpikir. Untuk meningkatkan fungsi otak menggunakan seledri anda dapat mengonsumsi 2 gelas jus seledri tiap hari. Jika kurang suka dengan seledri yang dibuat jus, anda bisa mencampurnya ke dalam sayuran atau bisa pula dibuat salad. (baca juga: makaan yang memperlancar menstruasi)

sponsored links
  1. Ikan dan jenis makanan laut

Ikan dan makanan laut baik untuk menunjang fungsi otak. Jenis makanan ini mengandung asam amino yang berperan dalam menstimulus sekresi, noradrenalin juga dopamin. Beragam makanan laut lainnya juga dikenal sebagai makanan laut yang mampu meningkatkan fungsi otak. (baca juga: bahaya makanan laut)

  1. Kedelai

Di dalam kedelai terkandung vitamin B1 serta lesitin yang membantu komunikasi antar sel di dalam otak. Alhasil, otak bisa dengan cepat menyerap informasi yang diperoleh sehingga daya fokus pun menjadi lebih tinggi. Konsumsi kedelai dalam meningkatkan fungsi otak bisa dilakukan setidaknya 100 gr kedelai pada tiap harinya. Kedelai dapat diolah menjadi makanan seperti tempe, tahu atau bahkan dibuat rempeyek serta susu. (baca juga: bahaya rokok terhadap otak)

  1. Alpukat

Buah yang satu ini dikenal akan kandungannya yang sehat seperti kalium, zat besi, dan vitamin B6. Kandungan-kandungan alpukat tersebut mencegah terjadinya kerusakan pada saraf. Untuk hasil yang lebih baik dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi satu setengah alpukat pada tiap harinya. Konsumsi alpukat bisa dilakukan dengan membuat jus alpukat yang membuat tubuh semakin terasa segar ketika mengonsumsinya.

  1. Pisang

Buah yang satu ini bukan hanya populer melainkan juga digemari oleh banyak orang. Pisang tidak hanya memberi efek kenyang melainkan juga penting bagi kesehatan termasuk kesehatan otak. Pada tiap 100 gr buah pisang terdapat sekjitar 1,7 mg serotonin yang bagus untuk meningkatkan kemampuan otak serta konsentrasi yang lebih tinggi. Serotonin juga dikenal pula sebagai hormon yang memicu tumbuhnya rasa senang. Konsumsi 1-2 buah pisang pada tiap harinya mampu meningkatkan kualitas kerja otak. (baca juga: efek terlalu banyak makan buah pisang)

  1. Cabai

Banyak orang mengatakan jika tidak ada cabai, maka makanan tidak terasa nikmat. Konsumsi cabai tidak hanya berguna sebagai pelengkap hidangan melainkan juga berguna untuk memperbesar pembuluh darah pada bagian otak manusia. Di dalam cabai terdapat komponen aktif berupa capsaicin yang berguna untuk merangsang pelepasan endorfin.

Endorfin merupakan salah satu jenis hormon yang berguna untuk meningkatkan sikap optimis serta gairah seseorang. (baca juga: makanan yang dilarag saat diet)

  1. Kemangi

Kemangi merupakan jenis herbal lain yang bagus untuk kesehatan otak. Di dalam kemangi terdapat kandungan minyak essensial yang berguna untuk membantu seseorang dalam menyingkirkan rasa khawatir, kecemasan, dan bad mood. Hebatnya lagi minyak essensial juga dapat digunakan untuk meningkatkan daya fokus seseorang.

  1. Coklat

Terutama bagi wanita, coklat merupakan salah satu jenis makanan yang tidak lepas dari kegiatan sehari-hari. Coklat nyatanya memiliki kemampuan dalam meningkatkan aktivitas serta kesehatan mental seseorang. Coklat yang dicampur dengan gula, memiliki manfaat dalam menyeimbangkan kembali metabolisme otak. Dianjurkan untuk mengonsumsi 2-3 cangkir minuman coklat setiap hari atau bisa pula dengan mengonsumsi coklat dalam bentuk batang. (baca juga: bahaya cokelat bagi kesehatan)

  1. Nanas

Nanas mengandung zat yang baik bagi kesehatan otak. Asam amino triptofan yang terkandung dalam buah nanas mampu menginduksi relaksasi serta ketenangan bagi pengonsumsinya. Anda bisa mengonsumsi nanas sebanyak 250 gr setiap hari, entah dalam bentuk olahan atau pun yang masih segar.

  1. Kelapa

Kelapa merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang mengandung minyak essensial di dalamnya. Kandungan tersebut dapat membantu seseorang dalam memperoleh kesegaran serta suasana hati yang baik. Hebatnya lagi kelapa juga berguna dalam meningkatkan daya konsentrasi seseorang. Konsumsi kelapa dengan cara mencampurkannya ke dalam air gula. Tidak hanya untuk keperluan diminum, namun kelapa juga dapat digunakan untuk keperluan bumbu masak.

  1. Bawang putih

Tahukah anda jika mengonsumsi setidaknya setengah siung bawang putih setiap hari mampu meningkatkan asupan oksigen pada otak? Lancarnya sirkulasi darah karena konsumsi bawang putih memberi dampak positif tercukupinya oksigen pada otak. (baca juga: efek samping bawang putih)

Selain melakukan kebiasan atau kegiatan yang membuat otak semakin fokus seperti jalan-jalan atau dengan cara menyegarkan pikiran lainnya. Tidak hanya itu namun  anda juga diharapkan untuk mengonsumsi banyak makanan yang bagus bagi otak. Dengan otak yang sehat maka kualitas otak anda akan semakin meningkat. Alhasil kinerja anda pun akan lebih maksimal.

Dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen yang katanya mampu meningkatkan daya ingat ataupun konsentrasi, maka mengonsumsi makanan sehat yang alami menjadi pilihan utama bagi anda yang ingin hasil nyata. (baca juga: cara meningkatkan daya tahan tubuh)

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 02nd, May 2016 / 06:23 Oleh :
Kategori : Kesehatan Otak